OPERASI DI USIA SENJA ? SIAPA TAKUT !!!!

October 31, 2010 BERITA, ortopedi 63 Comments

Kalau mendengar kata “OPERASI” yang ada dalam benak pikiran kita adalah  rasa takut, entah takut karena di sayat, takut disuntik, takut setelah dibius tak bangun lagi dan lain-lain.

Disisi lain usia yg sudah lanjut yang terbesit dalam pikiran untuk apa operasi kan sudah tua, nanti resiko operasinya berbahaya , percuma toh kan kalau orang sudah tua tidak perlu jalan2 , cukup di rumah saja.

Padahal kenyataannya saat ini angka harapan hidup manusia umumnya  di dunia dan khususnya di negara kita sudah semakin meningkat, untuk negara kita AHH (Angka Harapan Hidup) mencapai usia rata2 68 thn, dan tidak sedikit usia mencapai lebih dari rata2, BPS melaporkan penelitian pada 7 propinsi di negara kita termasuk Jakarta, ada sekitar 17,9 % usia lanjut, cukup besar ini jadi masalah serius karena usia lanjut diharapkan berkualitas , tidak lagi hanya di kursi roda, atau di rumah saja.

Sebenarnya apa sih “operasi“, operasi adalah suatu prosedur  tindakan yang dilakukan di kamar operasi , baik dengan sayatan atau , sayatan kecil, atau tanpa sayatan, dilakukan dengan pembiusan umum atau bius sebagian (epidural,spinal,blok) pasien sadar selama berlangsung operasi.

Sebelum orang menjalani tindakan operasi , ada beberapa pemeriksaan yang harus dilakukan seperti darah, foto rontgen rekam jantung yang bertujuan untuk screening ,bila dijumpai kelainan maka dilakukan perbaikan agar persiapan operasi lbh baik dan resiko akibat tindakan pembiusan kita bisa hindari.

Dengan kemajuan ilmu kedokteran dan perkembangan farmasi saat ini obat2an untuk pembiusan sangat aman meskipun pada orang tua. Khususnya kasus2 bidang orthopedi ( berkaitan dengan tulang, sendi, urat) banyak berkaitan dengan usia senja, prinsip penanganannya adalah aktifitas sehari bebas dari nyeri dan hidup berkualitas.

Masalah tindakan operasi jg tdk seheboh yang dibayangkan, saat ini orang beranggapan kalau di operasi ada yang dipotong lah, di amputasi lah, itu tdk benar, tindakan medis saat ini relatif aman, krn ada tindakan yang tdk perlu menyayat (Reposisi), hanya sayatan kecil (minimal invasif), atau dengan bantuan kamera (endoskopi).

Pada gambar ini tampak kasus2 pada usia lanjut yang telah kami lakukan operasi 2 pada bidang Orthopedi, seperti

operasi ganti panggul sebagian (Hemiartroplasty), atau ganti panggul seluruhnya. pada foto ini tampak manula usia 83 thn yg mengalami patah tulang panggul kanan dan kiri, dan

telah dilakukan operasi penggantian sendi sebagian sekaligus , dgn pembiusan spinal dan hanya butuh operasi 2,5 jam  .Jadi operasi pada usia senja  ?? SIAPA TAKUT!!!!!!!!!!!!!!

About author:

63 Responses to “OPERASI DI USIA SENJA ? SIAPA TAKUT !!!!”

  1. Bartho L. Daton says:

    Mat pagi dok. Saya mau tanya. Saya pernah mengalami patah tulang di tangan kanan saya pada bagian sikut pada tahun 1988. Setelah berobat ke dukun patah tulang ternyata sampai sekarang tangan kanan saya tidak bisa ditekuk. Posisi tulang jadi bergeser. Yang saya mau tanya, apakah tangan saya bisa dioperasi untuk kembalikan posisi tularng seperti semula. Saya mohon bantuan dokter karena saya pengen kembali seperti sediakala. Thank’s atas jawaban dokter.

    • muki partono says:

      kami lihat dulu kondisi nya insya allah bisa , pengalaman bisa lbh baik dari kondisi sebelumnya kalau normal seperti semula tergantung latihan setelah operasi

  2. sapto says:

    Assalamualaikum Dokter Muki.
    Saya ingin bertanya, Ibu saya (usia 73 th dan menderita diabet) mengalami patah tulang di persendian pangkal paha (bola dan mangkok persendiannya patah).
    1. Tindakan terbaik apa terhadap patah tulang seperti itu (bola dan mangkok persendiaanya diapakan)?
    2. Apakah di usia 73 th tulang masih bisa menyambung lagi?

    Saya mengucapkan terimakasih banyak atas perhatian dan jawabannya. Wassalam.u

  3. Irsan Z says:

    Assalamualaikum Dokter Muki.
    Saya ingin bertanya, Ibu saya (usia 60 th mengalami nyeri pada persendian ke 2 pangkal pahanya. Hal ini telah dia derita selama hampir 6-7 tahun.

    Beberapa saat yang lalu kami pernah melakukan Rontgen Foto Ap/Lat dengan hasil sbb:

    ” Terlihat ada gambaran arthritis pada sendi Coxae Kanan-Kiri.
    Sisi Kanan: telah terjadi kerusakan pada permukaan ACETABULUM. Ada Deformitas pada permukaan Caput Femuris. Sela sendi terlihat menyempit.
    Sisi Kiri : Ada kerusakan sebagian permukaan Acetabulum. Permukaan Caput Femuris masih baik. Penyempitan sela sendi terlihat lebih ringan.

    Tampak juga ada deformitas dari tulang Sacrum no 4&5 yang tampak menipis (kesannya oleh proses lama, bekas keradangan dll). Terlihat pada Projecsi Lateral.

    Kesimpulan: Gambaran Osteoartritis Coxae Kanan Kiri, Sisi Kanan lebih berat (stage 3 s/d 4), Sisi kiri stage 3.”

    Menurut dokter:
    1. Tindakan terbaik apa terhadap kerusakan sendi tulang seperti itu? Jika harus operasi, berapa persen tingkat keberhasilannya & berapa lama operasinya dan apakah operasi seperti itu memiliki resiko cacat (ibu kami takut sekali dg operasi tulang)?

    2. Apakah di usia 60 th kerusakan persendian tulang masih bisa normal kembali?

    Saya mengucapkan terimakasih banyak atas perhatian dan jawabannya. Wassalam

    • muki partono says:

      Kalau menderita pengapuran pada tulang panggul kedua sisi sdh wajib operasi THR , krn pasti membuat tdk bisa jalan, kita lakukan operasi pada 1 sisi dul yg paling nyeri dgn harapan ibu anda bisa berjalan lagi, tolong anda buka pada kolom operasi, pada gambar paling akhir itu ada contoh pasien kami yg sama dn ibu anda yg saat ini sdh aktif kembali dan malah bisa sholat kembali

  4. ari says:

    selamat malam dok
    apakah penyembuhan HNP hrs selalu dengan operasi?
    terima kasih

  5. yanto says:

    malam dok, ayah saya sudah dua tahun kecelakaan patah tulang paha dan belum dioperasi, saya ada keinginan mau bawa ayah saya operasi tulang pahanya, apakah masih bisa dok??? terima kasih infonya

    • muki partono says:

      Insya allah masih bisa, kami pernah menangani yg sdh dari dukun 7 tahun , mudah2an kasusnya tdk sulit

      • Sri says:

        Ass.Wr.Wb.Dok,
        Salam kenal,suami sy berumur 39 tahun, mengalami kecelakaan pada Pebruari 2013 sehingga patah tulang kaki hampir mendekati angkle, setelah berupaya berobat alternatif tp belum mengalami pemulihan bahkan sekarang terjadi penyambungan yg tidak sempurna. Apakah masih ada harapan sembuh jika dioperasi Dok?Sedangkan dokter yg kami kunjungi memberi gambaran tingkat keberhasilan 50:50 dan resiko infeksi tinggi. Mohon pencerahannya Dok?

  6. ali says:

    Ass. Wr.Wb. dok,

    Ibu sy umur 54 thn, pd tahun 2006 mengalami kecelakaan jatuh di kamar mandi yg mengakibatkan susah berjalan Dan nyeri sepanjang bad an. Kemudian diperiksa oleh dokter tulang Ada pergeseran panggul Dan syaraf kejepit. Kemudian setelah menjalani fisioterapi, ibu sy dot beraktivitas normal kembali. Kemudian sekarang rasa sakit itu datang lagi Dan menurut dokter tulang harus dilakukan operasi penanaman pen Karen a tulang belakangnya bengkok Dan apabila dibiarkan akan mengakibatkan kelumpuhan.
    Menurut Dr muki apakah operasi tsb diperlukan? Moon informasinya secepatnya mengenai alamat praktek Dr muki, krn kami ingin segera berkonsultasi dg Dr.
    Trmksh

    • muki partono says:

      alamat praktek kami bisa anda KLIK pada Jadwal praktek di web ini. masalah operasi paa ibu anda kami tdk bisa memberi saran , sebaiknya kami dapatkan informasi tentang foto dan kondisi klinis ibu anda , baru kami bisa beri saran, krn bisa saja kita berbeda dalam metode penanganan ibu anda

  7. maurid gultom says:

    Salamat malam dokter muki, usia saya sakarang 32 thn. Lengan kiri saya terbakar sewaktu usia kurang dari 1 thn. Sehingga d amputasi dari pangkal tapak. Saya ingin kembali sprti sedia kala punya 2 tangan ?ª?? normal. Bsa ?ª?>:/ Dok? Mohon petunjuk. Makasih yah Dok

  8. oscar says:

    Yth. Dr. Muki
    Ibu saya umur 68 tahun mengalami patah tulang panggul akibat jatuh & beliau ada hipertensi 120/90 serta diabet 300. Apa solusi/tindakan yang terbaik & berapa perkiraan biaya operasi & alatnya.
    Terima kasih banyak + hormat saya
    oscar

  9. Nurul says:

    Ass wr wb dok, ayah saya umur 72 th sudah 6 bulan tdk bisa berjalan normal karena kaki lemas dan dari lutut ke bawah merasakan sakit pernah berobat ke dr spsialis saraf dan difisioterapi tapi belum ada perkembangan bahkan sekarang otot betis semakin kecil . Kemana lagi kami harus berobat dok dan apakah bisa disembuhkan mengingat usia ayah saya sdh lanjut terimaksih infonya kami tunggu

    • muki partono says:

      Ayah anda mwnderita spinal stenosis, sebaiknya kam periksa utk memastikan lefel mana yg terjepit dan tdk perlu kawatir kalau memang ada penekanan kami bisa lakukan operasi dengan tehnik MED

  10. Tri Hastono says:

    selemat pagi dok saya tri usia 44 tahun pankal paha saya sebelah kanan terasa sakit sudah sekitar 5 tahun pernah saya rontgen katanya ditulang pangkal paha saya agak kasar pakah harus operasi dan berapa biayanya terima kasih atas jawaban dokter

    • muki partono says:

      Bila keluhan hebat dan sanga mengganggu zebaiknya dilakukan operasi, kalau keluhan masi bisa tertahan sebaiknya berobat jalan saja lbh dulu

  11. Wilky wijaya says:

    Hallo dr.Muki
    Salam kenal, saya wilky wijaya, 27 tahun. Saya mengalami cidera di sebelah pangkal paha atas. Jadi posisinya saya tidak bisa menaikkan kaki kedepan, kecuali lutut saya lipat. Sakitnya nyeri dari dalam paha, pinggang dan pantat. Saya sudah pernah ronsen, kata dokter sebelummya itu ada radang di panggung kanan. Namun ini susah hari ke 6, dan saya belum merasa ada perbaikan didearah sana. Setiap kali bangun tidur harus dibantu tongkat. Dan badan pun miring ke kiri, karna sakit begitu membebankan berat di sebelah kanan.. Menurut dr.Muki sebenarnya saya cidera dibagian mana? Kenapa sudah 6 hr tidak ada kemajuan dibagian yang saya sakit…? Perlukah saya melakukan mri? Terimakasih dok.

    • muki partono says:

      Coba istirahatkan dulu tungkai yg cedera dan konsumsi obat nyeri , serzta kompres es, kita lihat 2 minggu ke depan jika tdk kunjung sembuh baru kita lakukan pemeriksaan MRI

  12. Tjung Siok Tin says:

    Dear dr Muki,

    Ibu saya terkena stroke sebelah kiri 8 tahun yg lalu, 2 tahun terakhir dapat berjalan dengan menggunakan tongkat, tetapi 23 Des 2011 dia jatuh telah di rontgen, tidak terdapat tulang yg patah dan retak, tetapi merasa sakit pada paha, terkadang gerak sedikit saja, merasa sakit. sudah konsul ke dr syaraf, dikasih obat penahan sakit. tetapi sampai sekarang masih merasa sakit. apabila berdiri dengan kaki kanan, maka kaki kiri mengantung dan bengkok kearah dalam. sabtu lalu kami konsul dengan dr tulang, di rontgen dan hasilnya bonggol kiri patah. bagaimana solusinya, karena usia ibu sudah 72 tahun, apakah risiko di operasi ?

    • muki partono says:

      Baca artikel kami tentang hal spt ib anda , kami punya pengalaman utk menangan kasus spt ibu anda tak perlu khawTir usia 72 thn tdk perlu takut, krn kami pernah menangani kasus di usia yg lbh tua 84,91,94

  13. Novi says:

    Dr.Muki..ibu saya (66 thn) patah tulang paha (patah singkong) akibat terbentur beton d pinggir selokan, kejadiannya d awal puasa tahun ini, sudah ke alternatif dan d rawat selama 20 hari, 1 minggu di rawt d sana d rongent sudah lurus tapi belum tersambung benar. kira-kira berapa lama untuk patah tulang seusia ibu saya? apa harus pasang pen? Terima kasih Dr Muki.

    • muki partono says:

      Pengalaman kami pengobatan alternatif bila terjadi penyambungan tulang akan menyebabkan pemendekan tungkai krn tarikan otot paha yg kuat, umumnya tdk menyambung, sebaiknya dioperasi pasang pen

  14. asti says:

    dr Muki, saya pendertita scoliosis di tulang belakang seb kanan sktr 40%, sering merasa pegal2 setelah pulang kerja. Apakah operasi merupakan keharusan? / masih ada terapi lain?

  15. suhermy says:

    Dokter.ayah saya usia 70th.sudah ronsen mri hasilnya hancur tulang ekornya,dokter menyarankan pasang pen.berapa lama operasi pasang pen,berapa lama masa pemulihannya Dok.terima kasih

    • muki partono says:

      paska pemuliha tergantung pasien bisa berbeda kalau tulang ekor biasanya 1 1/2 bulan dan tetap pakai korset setelah operasi

  16. Mimin Tarsih says:

    Dr. Muki, berapa harga bonggol palsu? Terima kasih.

    • muki partono says:

      Harga bervariasi tergantung jenisnya dipasaran bongkol palsu ada yg pakai semen atau tdk pakai semen ada yg sebagian atau seluruhnya diganti itu akan berbeda harganya

  17. panggih says:

    dr muki, saya umur 35th..sy kecelakaan di th 1998 tidak dioperasi..disangkalputun. kemudian thn 2007 saya operasi karena tumbuhnya tdk bagus (dibenarkan) sampe sekarang tulang belum menyatu, keropos dan bernanah..ada pen yg didalam tulang belum sy ambil krn sbg penyangga. apakah tulang kaki sy masih bisa di betulkan?

    • muki partono says:

      kalau anda mau insya allah kita perbaiki mungkin dengan pemasangan pen diluar (spt antene)dan dipasang antibiotika bernebtnuk tasbih

  18. Ocvan says:

    Malam dok.. ibu dari teman saya berumur 82th. dia terjatuh dan mengenai tulang belakang. jatuhnya sudah dari 1/2th yang lalu, dan sakitnya baru terasa selama 3 bulan ini.
    udah di rontgent, dan hasilnya di bagian tulang belakang ada beberapa ruas tulang yang kosong gitu.
    dan gejalanya kalau sudah tidur, tidak bisa bangun sendiri (harus d bantu).
    klo mau duduk, paha kanannya sakit banget sampe mau nangis.
    kalau jalan masih normal, tetapi tidak bisa lama.
    katanya sih uratnya ada yang terjepit gt dok..
    solusinya bagaimana dok? apakah bisa di pulihkan seperti semula?
    terima kasih..

  19. novi says:

    Dok saya dari jogja yg pernah telfon dokter , insya allah sy kl ga april ato mei baru bisa periksa ke dokter …
    Keluhan ibu saya tulang belakang patah sudah nyambung tinggal syaraf terjepit sdh terapi pemanasan ga ada efeknya kaki kiri kalo duduk lama bengkak trus kadang2 sakit bisa sampai kepala senut2 dan kondisi kaki bebal ga berasa solusi apa dok perlu operasikah?biaya sekitar berapa?perlu waktu berapa hari berada dijakarta kl semisal operasi?

  20. ruwaida says:

    Assalamualaikum dok,

    beberapa bulan ini saya begitu galau, dengan hasil ronsen tulang belaang, ternyata sy menderita skoliosis dengan kurva S dan dokter menyarankan untuk segera operasi, sebab kalau tidak, dokter mengatakan bahwa sy akan terus merasa nyeri di tulang belakang sebelah kiri(arah lengkungan) dan pinggung sebelah kanan.

    Saat ini,yeri saya rasakan bila saya terlalu banyak aktifitas dan banyak berkurang (hilang) bila sy pakai korset penyangga sampai leher (ada besi ditengah).

    yg sy khawatirkan adalah efek negatif pasca operasi, krena kepadatan tuang yang berkurang di usia 54th ini.

    adakah resiko yg timbul?

    mohon pejelasan, apakah operasi adalah solusi terakhir?

    Terima kasih banyak dokter atas jawabannya.
    Wassalam

    Ruwaida

    • muki partono says:

      ibu tak perlu galau yg menderita spt ibu banyak dan saran kalau blm mau perasi lakukan berenang saja dan perkuat tulang dengan berjemur matahari dibawah jam 10 pagi selama 20 mnt sebanyak 3 kali seminggu lbh bagus bisa tiap hari. memang ibu benar , hrs dipikirkan kemungkinan implant yg terpasang bisa melekat pada tulang atau malah tdk bisa yg berakibat kendor atau tdk rigid , itu hrs jd bahan pertimbangan

  21. ruwaida says:

    assalamualikum dokter yang insyaAllah selalu diberkahi……………..,

    terima kasih banyak utk jawabannya

    ada beberapa hal lagi yang ingin saya tanyakan:
    1. Berjemur, apakah paparan sinar matahari harus langsung mengenai seluruh kulit? apakah bisa tetap memakai baju?
    2. Apakah akupungtur dapat mengurangi rasa sakit (nyeri)pada skoliosis? sejauh mana manfaatnay?
    3. jika tidak menjalani opresi, selain melakukan hal-al yang dokter anjurkan sebelumnya, apakah ada terapi khusus yg paling tidak bisa mencegah kelengkungan yg lebih parah?
    4. Apakah keliru jika renang yg sy lakukan selama ini adalah gaya katak? yg semula sy pikir gaya inilah yg cocok utk usia lanjut

    Terima kasih untuk jawaban berikutnya.
    Wassalam,
    Ruwaida

  22. nurul says:

    Assalmualaikum dokter..
    Saya nurul dari aceh,ad bberapa hal yg ingn sya tnyakan dkter,ibu saya 57 thn mndrita tb tulang di bgian femur kiri,shngga ktika dilihat hsil rontgen mnnjukkan tlah trjd dstruksi caput femur yg mnginfiltrasi ke trochanter mayor dan abses tb tlah dlkukan eksisi.. Skg brjln hny bs mnggunakan walker,ttpi keluhan nyeri di paha smkin hri smkin brtmbh hngga mnggnggu tdur mlam.. Prtnyaan sya dok,hruskan ibu sya dpsang prosthese?jka prlu,kira2 brpa biaya ksluruhan yg hrus dbayar? Mngingat kami ini agak jauh dktr.. Trmksih bnyak sblmnya dokter..wassalam

    • muki partono says:

      Sebaiknya dilampirkan.foto rontgen utk memastikan apakah bisa dipasang prostese. biaya tergantung jenis protese yg akan.dipasang jd kami tdk bisa memberi estimasi biaya

  23. Sri says:

    Salam kenal Dok, suami sy berusia 39 tahun. Mengalami kecelakaan pada bulan pebruari 2013 hingga patah tulang betis pada kedua tulangnya dan hingga sekarang belum dioperasi. Upaya pengobatan alternatif tidak memberikan hasil yang memuaskan malah sekarang terjadi penyambungan tidak tepat, dan penebalan kalus sehingga telihat tonjolan pada patahannya Dok.Apakah masih bisa dioperasi Dok?dan apakah msh ada harapan pulih Dok?

    • muki partono says:

      insya allah bisa kami tangani saran sebaiknya kami periksa utk memastikan apaka bisa kita perbaiki atau tidak,

  24. Ari patria says:

    Ass, dok, ayah saya 58 tahun, sudah 12 hari tidak bisa bangun, sekarang di rshs, awal nya sakit pinggang karena polisi tidur yang terlalu tinggi ketika bawa motor, sudah ronjen sama mri, kata dokter ada tulang yang rusak dan ada sejenis tumor atau kanker, tindakan operasi nya seperti apa dok?

    • muki partono says:

      kami tdk bisa memberi gambaran pada web ini saran sebaiknya harus ada data dan foto sertaa MRI dan kondisi klinis anda

  25. Minar says:

    Sore Dok. Ibu saya umur 73 thn opname di RS HAM Medan menderita nyeri di punggung.dokter saraf mendiagnosa Spondylosis thoracalis. 6 10 hari di RS HAM tdk ada perkembangan malah makin lumpuh dan lemas, akhirnya kami MRI hasilnya : Proses inflammation pada corpus Th-1, Th-5 s.d Th-11 dan paravertabral soft tissue dan penekanan pada spinal cord dan compression fracture Th-5. Juga tampak Spondylosis thoracalis. Spondylitis TB ?
    Mohon dokter bantuannya bagaimana menyembuhkan ibu saya
    Salam hormat
    Minar Saragih
    Medan

    • muki partono says:

      pada kasus ibu ada 2 masalah , masalah infeksinya dan penekanannya oleh tulang Th5 akibat proses infeksinya saran sebaiknya dilakukan operasi utk membersihkan sekaligus mengurangi penekanan sarafnya,timing operasi menunggu dulu sampai pengobatan tbc selama 2 minggu

  26. Minar says:

    Terimakasih Dok, atas jawabannya. mau tanya lagi Dok, Kalau sama Dokter biaya operasinya berapa Dok mengingat ortu saya hanya pensiunan guru. Sekarang saya sdh jadi makin bingung karna diagnosa dr. tulang bukan Spobdilitis TB dan pemeriksaan foto torach paru-paru bersih.diagnosa terkhir dari dr Tulang metastasis dari payudara, rahim atah teroid.jadi duanjurkan USG ke dr. OBzyn.
    maaf ya DOK. pertanyaanya banyak sekali.

  27. Lusia says:

    Siang Dok, mau tanya Ibu saya berumur 67, jatuh terpleset dan dalam posisi duduk pada satu bulan yang lalu, setelah jatuh pernah ronsen pada Pelvis dengan hasil seperti ini : Tampak diskontinuitas inter colum femoris kanan, os pelvis intact, tak tampak dislokasi art. Coxae kanan/kiri, tak tampak symphyolysis pubis kesan Fraktur colum fomoris dextra. Jika seperti itu artinya apa ya Dok, soalnya belum sempat ketemu dokter spesialis untuk tanya hasil ronsen, kami langsung membawa ke ahli tulang, setelah ronsen sempet bisa jalan dan setelah itu ada bunyi pada kaki…setelah itu kaki sakit untuk digerakkan. Dengan kondisi seperti itu sebaiknya gimana ya Dok? Terima kasih atas penjelasanya.

    • muki partono says:

      ibu anda menderita patah tulang panggul sebaiknya dilakukan tindakan operasi , krn biasanya sukar menyambung kembali krn faktor usia , biasanya kami lakukan operasi penggantian sendi palsu

  28. Minar says:

    Sore Dok, rencana kami ibu saya mau dioperasi sama Dokter aja, biayanya berapa ya Dok ? apakah daftar tunggu juga

  29. Subakti says:

    Assalamualikum. selamat pagi dok. maaf saya mau tanya dua mingguan kebelakang bapak saya (usia 74 tahun), operasi (daging jadi/tumor) di otot perutnya. tapi akhir2 ini badannya teus menerus lemas. apakah itu dampak dari opersai tersebut??

  30. joice says:

    selamat Malam Dokter Muki, suami saya 74 tahun telah dilakukan MRI Lumbal Non Contrast kesan : Fraktur kompresi (recent) corpus L2 dengan penonjolan fragmen aspek superior posterior ke posterior/intrakanal, disertai spondiliolistesis minimal, penebalan epidural fat posterior dan hipertrofi facet joint bilateral segmen tersebut, yang mengakibatkan penekanan terhadap thecal sac, tetapi tidak menekan radix. Fraktur kompresi (recent) corpus L3,L4,L5 tetapi tidak tampak penonjolan fragmen fraktur ke posterior/intrakanal yang menekan thecal sac. Osteopenia, Degenerasi discus intervertebralis dan Spondiloarthrosis lumbalis. Pada segmen L4/5 tampak protrusio discus intervertebralis dan spur ke posteromedial dominan kanan, disertai spondilolistesis minimal , penebalan ligamentum flavum, penebalan epidural fat posterior dan hipertrofi facet joint bilateral segmen tersebut mengakibatkan stenosis canalis spinalis dengan penekanan terhadap thecal sac/cauda equina dan radix L5 (kanan>kiri),serta penyempitan foraminal kanan dengan penekanan terhadap radix L4 kanan ( intraforaminal) pada segmen L3/4 tampak bulging discus intervertebralis dan spur, disertai spondilolistesis minimal, penebalan ligamentum flavum , penebalan epidural fat posterior facet joint bilateral segmen tersebut , yang mengakibatkan penekanan terhadap thecal/sac cauda equina dan kemungkinan iritasi radix L4 bilateral. pada segmen L2/3 tampak bulging discus intervertebralis dan spur , disertai retrolistesis minimal. penebalan ligamentum flavum, penebalan epidural fat posterior dan hipertrofi facet joint bilateral segmen tersebut, yang mengakibatkan penekanan terhadap thecal sac, tetapi tidak menekan radix. Pada segmen L5/S1 tamapak bulging discus intervertebralis dan spur, disertai hipertrofi ringan facet joint bilateral segmen tersebut yang mengindentasi ringan thecal sac, tetapi tidak menekan radix. Tidak tampak herniasi discus intervertebralis segmen lainnya maupun kelainan pada medulla spinalis distal. saya kurang dapat penjelasan yang lengkap dari dokter saraf yang mengatakan saraf kejepitnya tidak parah tetapi tulangnya turun kebawah dan banyak patahan? sudah disuntik Transforaminal blok tetapi hanya yang kiri tetapi sakitnya hanya berkurang 20 % dan sekarang sakit kembali.dan susah untuk berjalan jadi terapinya harus apa ya Dok? kalau di operasi apakah bisa dengan MED dan berapa biayanya ya Dok. terimakasih Dokter Muki

    • Muki Partono says:

      sebaiknya kami periksa kembali secara klinis agak sulit berpatokan hanya hasil MRI tanpa melihat gejala klinisnya,

  31. eko@asi.co.id says:

    Dok …ayah saya 75 tahun patah tulang paha pangkal…dibawah ke husada utama…dg dr.spot disuruh operasi ..penggantian sendi….sampai saat ini blm berani memutuskan operasi karena ada riwayat hipertensi dan stroke dan psikis yg bsngkutan….saat ini hanyan di terapi tarik kaki yg seminggu sekali visit dokter umum….apakah keptusan tidak operasi bs sy teruskan ? Dan apakah konsekuensinya ? (Sebelumnya jalan nya juga nyeret -stroke) dan dg usiq ayah sy 75 thn brp biaya nya jika hrs operasi…thxatas perhatian dan jawabnya…tq

    • Muki Partono says:

      sebaiknya di op saja tunggu kondisi baik masalah biaya memang bervariasi prinsip kami op penggantian sendi yg penting cocok dgn kondisi patahnya jd blm tentu harga yg mahsl cocok buat ayah anda

  32. tami says:

    dok, nenek saya usia 81th, sudah suli berjalan krn osteophorosis, humerus sin.proximal sepertinya mengalami fraktur. apakah bahaya apabila di operasi?

    • Muki Partono says:

      tergantung kondisi secara umumnya , yg bisa menetukan dokter penyakit dalam dan dokter jantungnya , masalah keropos tulang tak perlu khawatir ada pen yg didesign memang buat keropos tulang

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome