Operasi Bedah Tulang

Dear Dr. Muki,

13 Mei 2007 saya mengalami kecelakaan kendaraan bermotor dan mengalami open fracture femur dan knee dislocation. Saya menggunakan pengobatan alternatif untuk menyambung tulang yg patah tersebut. Tetapi selama pengobatan, beberapa kali saya terjatuh dan mengakibatkan hal yang cukup fatal (tergesernya sambungan tulang).

Saat ini kondisi kaki saya sepintas terlihat bengkok (jika disatukan dengan kaki kiri, seolah-olah membentuk huruf K), dan lutut saya hanya dapat tertekuk 90 derajat saja (menurut dokter rotgen, terdapat sedikit tulang yang hilang di tempurung lutut). Mungkin ini akibat dari penyambungan tulang yang tidak sempurna itu. Saat ini saya masih menggunakan 1 buah US Arm Cructh, karena jika dipaksakan berjalan tanpa cructh, lutut akan terasa sakit. Saat ini saya berusia 35 tahun.

Pertanyaan saya :
1. Apakah memungkinkan untuk melakukan bedah tulang untuk memperbaiki tulang yang sudah tersambung (tidak sempurna)?
2. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk recovery setelah bedah?
3. Kira-kira berapa besar biaya untuk operasi perbaikan tulang ini? (termasuk biaya pasca operasi/fisioterapi)?

Terima kasih Dok atas jawabannya. Saya sertakan juga foto rotgen setelah kecelakaan dan setelahnya (saya sempat jatuh dan bertumpu pada kaki yg patah dengan keras, akibatnya tulang malah menjauh.)

Salam,
– Betty Marlina –

Femur Fracture.JPG (47 KB)

jawab : 1. masih bsia dioperasi, masa rekoverinya biasa spt operasi yg lain , hanya fisioterapi lbh giat dibanding kasus biasa, perlu rutin pada 1 bulan paska operasi mungkin perlu fisioterapi 3x/seminggu, setelah itu sesuai kebutuhan , mengenai perkiraan biaya, sebaiknya kami periksa dulu , krn and punya 2 kasus yaitu tlg paha dan tempurung sebaiknya kami periksa dulu

About author:

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome