nyeri tulang ekor

June 22, 2011 Dr Menjawab 27 Comments

Dokter, saya wanita umur 40 th.4 bulan terakhir saya merasakan nyeri yang hebat di tulang ekor setelah saya duduk terlalu lama, terutama setelah saya mengendarai motor lebih dari 30 menit rasa nyeri itu kambuh..sehinga untuk berpindah posisi dari duduk ke berdiri sangat nyeri.juga saat berubah posisi dari duduk ke jongkok. dan sebulan terakhir tumit kaki kiri saya juga sering nyeri bila bangun tidur. Dokter apakah penyakit yang saya derita?ke dokter syaraf atau ortopedikah saya harus berobat?apakah saya harus operasi dokter?terimakasih.
jawab ; keluhkan yg anda keluhkan saat ini banyak krn kondisi saat ini mengharuskan kita pakai motor, berobat saja bisa ke dokter tulang biasanya krn posisi tulang ekornya atau ada kelainan penekanan saraf pinggang

About author:

27 Responses to “nyeri tulang ekor”

  1. etha says:

    siang dok, umur saya masih 28 th, cuma beberapa minggu belakangan ini tulang ekor saya terasa nyeri apabila saya duduk beranjak berdiri atau berganti posisi. apa hal ini ada hubungannya dengan wasir? lalu apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi rasa nyeri ini. terima kasih

  2. maret says:

    selamat malam dok, saya mau konsul 1 tahun yang lalu saya mengendarai motor dan menabrak lobang, semenjak itu saya sakit saat duduk, tetapi tidak jelas sakitnya dimana, kalau menekan tulang ekor tidak terasa sakit, yang sakit saat kalo menekan tulang duduk sebelah kanan, sebelah kirinya tidak sakit, apakah ini termasuk sakit tulang ekor atau hemoroid (yang timbul didalam).

  3. Melani says:

    selamat pagi, sekitar seminggu yg lalu saya terjatuh dlm posisi duduk, saat itu terjadi nyeri. sampai skg masih terasa ketika sedang batuk atau bersin di tulang ekornya. ketika duduk di atas motor dan jln diatas jln yg tdk rata, terasa sakit lagi. Mohon bantuannya :)

    • muki partono says:

      Sebaiknya dipastikan dgn foto rontgen apakah ada yg patah, bila tdk seminggu waktu yg belum cukup utk pemulihan lanjutkan saja

  4. amel says:

    askum dok,ibu saya sering kali merasakan sakit spada tulang ekor bahkan terasa sampai ke anus dan vagina,kira2 gmn solusinya dan adakah obatnya?

  5. jemmy says:

    Mau tanya dok, istri sy sering sakit di tulang ekor dkt pantat, sebaiknya periksa dan kontrol ke dokter mana ya???, dokter saraf, specialist tulang atau rehab medik ???

    Sudah di ronsen…sebaiknya hasil itu di tunjukan ke dokter mana ???

    Tolong advisenya, Terima Kasih.

  6. doddy says:

    selamat siang dokter, dokter saya mau tanya kebetulan sehari sebelum lebaran kemaren saya cuci mobil dan pas cuci yg bagian belakan saya ngga ngliat jelas pas mau keluar dari dari mobil saya kira sudah dekat dengan ubin garasi maklum pas lagi ngga pake kacamata, setelah itu saya jatuh kebawah pas kena tulang ekor saya tapi untungnya saya agak ketahan dengan tangan jadi ngga langsung bgt, tapi tetep setelah itu sakit sampe sekarang saya udah coba minta di pijitpub masih sakit juga, boleh kasih tau solusinya dok apa yg harus saya lakukan saya mau ke dokter belom sepmet2 karena waktu kerjaan saya sibuk terus, mohon bantuan dokter, what should i do? thanks dokter..

    • muki partono says:

      anda hrs berobat ke dokter dan lakukan pemeriksaan rontgen tulang ekor pastikan apakah ada retak/patah , krn itu akan menjelaskan nyeri yg anda alami sekarang

  7. Wulan says:

    Selamat siang dok, saya wanita berusia 28 tahun, sudah 2 tahun belakangan ini saya setiap duduk maupun menjelang tidur sering merasakan nyeri dan pegal pada tulang ekor saya. Kata ibu saya itu karna saya terlalu lama duduk selama bekerja dan kurang minum, namun setelah saya perbanyak minum air putih ternyata nyeri dan pegalnya itu tidak berkurang sedikitpun….saya memang pernah jatuh dari sepeda dalam keadaan duduk, tapi itu dulu saat berusia 10 tahun…..apakah itu mempengaruhi? kira-kira apa yg saya derita ini dok? Terimakasih

  8. Erlyn says:

    Dok, saya masih 12 tahun, tetapi tulang ekor saya sering sakit. Tidak hanya saat duduk, saat jalan pun tulang ekor saya sakit. Jika seperti itu apakah ada penyakit? Bagaimana mengatasinya dok? Terimakasih.

    • muki partono says:

      Biasanya kelainan dimana tulang ekor posisinya terlalu menekuk atau goyang, mengatasi, pakai bantal btk DONAT dipakai saat duduk

  9. Teresa says:

    halo dok, beberapa thn lalu sy pernah jatuh pd posisi terduduk. sampai sekarang saya merasakan nyeri di daerah tulang ekor dan akan lebih terasa sakit saat haid. apa ini gejala penyakit serius? sy harus ke dokter syaraf kah?

    • muki partono says:

      kami rasa anda menderita gejala penekanan saraf yg diperberat dengan riwayat jatuh, keluhan anda masih wajar utk orang yg menderita penekanan saraf , saraf sebaiknya periksa MRI Lumbal utk memastikan kelainan tersebut

  10. sugeng says:

    aslm dok. saya sering mengalami sakit tulang ekor. tapi ketika saya istirahat cukup maka akan hilang. Tapi saya kadang juga nyeri pinggul bagian kanan dan sakitnya sampai ke bawah/betis. jika saya membungkuk kemudian tegap akan terasa sakit. tapi jika saya pakai bungkuk lagi dan bangun maka sering sakitnya hilang. nyeri sakit pinggul kanan dan tulang ekor kadang bersamaan kadang salah satunya. apakah penyakit saya dok? apa harus ke dokter tulang atau cukup minum kalsium? trimakasih.

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang, sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang dan perlu pemeriksaan MRI Lumbal

  11. akmal says:

    Dok, tulang ekor saya dan sekitarnya sering terasa nyeri dan sakit klo membungkuk dan duduk klo tidak menyandar. Trus klo mau berdiri jg sering terasa sakit. Dan juga klo bersin jg terasa sakit seperti terasa tercabut..
    terima kasih dok..

    JAWAB : ANDA MENGALAMI GEJALA KHAS PENEKANAN SARAF , SARAN SEBAIKNYA KONSULKTASIKAN KE DOKTER TULANG DAN LAKUKAN PEMERIKSAAN MRI LUMBAL

  12. emmie says:

    Dok…
    Daerah tulang vagina sebelah kanan dan sekitarnya terasa sakit..
    Dua minggu sebelumnya saya jatuh dari motor…
    Posisi du2k menyamping kanan,
    kira2 napa y Dok..??
    Smpe skrang kalau kaki kanan diangkat keatas,daerah vagina msih terasa sakit..

    • muki partono says:

      kemungkinan anda mengalami retak pada tulang kemaluan atau bisa jadi retak pada tulang belakang yg menyebabkan penekanan saraf pinggang yg mempersarafi daerah vagina

      • emmie says:

        Trus sbaiknya periksa ke dokter pa y Dok??
        Kira2 nnti bahaya nggak kalau nnti saya hamil dan melahirkan…??
        Padahal jatuhnya tidak terlalu keras dan tidak kena tulang ekor,yg jatuh dulu pantat sebelah samping kanan,

  13. dewi says:

    Dok, Pebruari saya jatuh dari motor, waktu mo turun celana panjang saya nyangkut, jadi saya jatuh posisi duduk, malamnya sakit banget sekitar pantat dan depan. akibatnya sekarang kalo bangun tidur pagi hari atau tepatnya jam 4 pagi pasti sekitar tulang ekor yeri sekali. saya sudah rongent tapi hasil lumbal nya bagus gak ada yang retak. apa yang harus saya lakukan?

  14. Umi Romiyati says:

    Dok, saya sudah satu bulan terakhir sering merasakan sakit di tulang ekor, saat BAB terasa pantatnya mau copot. kira-kira sakit apa yang saya derita ini ya Dok?

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome