nyeri tulang dada bagian tengah

July 20, 2010 Dr Menjawab 36 Comments

selamat siang dok, saya akhir2 ini merasakan nyeri di bagian tulang dada tengah, apalagi jika sehabis bersin, selama ini saya rutin bermain futsal dengan posisi kiper, saya pernah merasakan sakit di tulang dada sewaktu bermain futsal, posisi kiper mengharuskan saya jatuh bangun di lantai. pertanyaan saya:
1. apakah penyebabnya akibat bermain futsal?
2. apakah dada saya retak?
mohon penjelasan dari dokter. terimakasih

jawab : ya bisa krn cedera olah raga, utk memastikan anda sebaiknya diperiksa mungkin perlu foto rontgen

About author:

36 Responses to “nyeri tulang dada bagian tengah”

  1. efka says:

    Dok, saudara saya mengalami kecelakaan, mobil rusak parah bagian kanan depan , saudara saya susah bergerak, klo bergerak dadanya sakit.
    setelah di rontgen dirumah sakit ( tidak opname ) ada tulang yang retak.
    bagaimana cara mengobatinya setelah obat dari rumah sakit tsb habis ?
    dan berapa lama kah proses penyembuhannya, karena saudara saya ini pegawai biasa yang harus kerja dengan mengendarai motor.
    terima kasih Dok.
    efka.

  2. echie says:

    pagi dok,sya mo tanya pacar sya kmren trtabrak mobil,dadanya trbentur stang mtor,, udah 2 mnggu dya ngerasa dadanya sakit skali sampe suah brgerak ,stiap brgerak tulangnya bunyi,
    bgaimana pengobatan untuk tulang retak sperti itu ? trims

    • muki partono says:

      periksakan foto rontgen dada, takutnya ada patah pada tulang iga, dan konsultasikan ke dokter bila memang ada patah tulang iga

  3. rama says:

    Selamat malam dok, saya pria umur 22th, sudah 6 bulan ini tulang dada bagian tengah nyeri dan bila ditekan sakit,bila saya busungkan dada sampai maksimal,timbul bunyi “tek” dibagian rasa sakit,dan rasa sakitnya berkurang,tidak ada sesak,gejalanya timbul setiap waktu,saat inspirasi maksimal terasa sakit sedikit,apa penyebabnya dok? Terima kasih

    • muki partono says:

      sebaiknya difoto rontgen dulu utk memastikan aa patah atau tdk, bila hasilnya tdk ada patah artinya hanya masalah otot2 dada saja yg mungkin cedera, keluhan spt ini kadang bisa lama sampai 8 bln, penyebab perlu dicari tahu. sebaiknya dikonsultasikan

  4. Candra says:

    Dok, saya mengalami kecelakaan,. luka lecet pada dada. saya ronjgen kata dokter katanya tak apa.. tapi saya merasa agak sulit bernafas.. kira-kira mungkinkah ada masalah luka dalam??? takutnya ada masalah dengan paruparu saya

    • muki partono says:

      pastikan dgn foto rontgen apakah ada retak atau patah, biasanya nyeri dada dan sesak bisa akibat retak atau patah tulang iga

  5. Satrio says:

    Iya dok masalahnya dikit2 tulang di dada bunyi gt, efeknya nafas jadi pendek2 gt. apa itu gpp y dok??
    Riwayatnya dulu mungkin waktu jaman masih aktif beladiri mungkin bagian dada sering kena tumbukan, awalnya sih gk terlalu peduli tapi pas lagi berenang kerasanya koq aneh yg biasanya berenang bisa bolak-balik kolam tapi ini satu balikan aja dada udah gk kuat.

    Kasus yg kedua (kayanya seh gpp) di kantung mata yg salurannya berhubungan dengan hidung koq bolong dan tembus ke mata. awalnya cuman mata kiri tapi berlanjut ke mata kanan juga. itu juga baru tau pas kena flu lagi bersin koq bisa muncrat dari mata (sampe basah kena kacamata). setelah dicheck dan dilihat2 ternyata kantung matanya yg ke saluran hidung bolong di bagian kantung matanya, jadi aja klo lagi menghela nafas suka kerasa dingin2 gimana gt ke mata. apa itu gpp dok?? normal2 saja kah? efek yg saya rasa jelas mata jadi makin gampang kering, ke kepala juga jd ky yg pening gt. normal kah itu.

    • muki partono says:

      sebaiknya diperiksakan ke dokter mungkin ada masalah pada tulang dada anda, mengenai ada hubungan antara kantung mata dengan hidung itu nggak apa2 masih dalam batas normal,

  6. dewi says:

    dokter, sudah beberapa minggu ini ibu saya sakit tulang rusuk sebelah kanannya. waktu itu ibu saya pernah slh diurut. sekarang badannya tambah habis. saya harus bawa beliau berobat kemana ya dokter.
    terima kasih

  7. surya says:

    met siang pak dokter! saya punya kasus sama sperti Rama (26 April 2011) xray dada saya normal tp otot dada bagian dalam saya sakit. saya sudah k dokter 2 kali tetapi masih sakit! dan saya baca di jawaban pak dokter untuk kasusnya Rama bapak bilang :sebaiknya difoto rontgen dulu utk memastikan aa patah atau tdk, bila hasilnya tdk ada patah artinya hanya masalah otot2 dada saja yg mungkin cedera, keluhan spt ini kadang bisa lama sampai 8 bln, penyebab perlu dicari tahu. Nah, pak dokter pertanyaan saya apakah setelah 8 bulan saya bisa sembuh dan obat apa yg harus saya minum. Terimakasi buat waktunya pak dokter dan tolong di jawab, met siang!

    • muki partono says:

      Kalau keluhan sdh 8 bulan sebaiknya dicari tahu penyebabnya , mungkin bisa daari punggung atau bahu, atau daerah dada sendri

  8. wisnu kertanegara says:

    17 november 2011
    DOK, saya mau tany.. bbrapa hari yang lalu ibu saya tidak sngaja jatuh terpelese, dan jatuh hmpir tengkurap, stelah kjadian itu beliau sering mengeluh dada tengahny sakit, terkadang skit itu hilang.. lalu beberapa jam kmudian skit,, apa kmungkinan yang menyebabkan dadany skit?? mohon jawabab. terimakasih

    • muki partono says:

      Mngkin ada retak pada tulang iga ata tulang belakangnya sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang, krn tulang iga biasanya pada orang tua rapuh, dan dgn trauma minimal bisa menyebabkan retak/patah

  9. innda says:

    dok, saya karyawan berumur 22 tahun, saya merasakan sakit pada bagian tulang rusuk atas perut sebelah kanan, rasanya terkadang sangat nyeri. riwayatnya 3 tahun yg lalu saya pernah kecelakaan dan bagian tersebut membentur benda keras. namun terasanya baru sekarang dan sering mendadak nyeri, kira-kira sakit apa ya dok?

  10. firda says:

    Dok mau tanya.. Saya merasa nyeri di tulang sternum saya.. Sudah hampir sebulan lebih.. Postur badan saya memang agak bungkuk, ketika saya mencoba menegakkan badan saya, sakit tulang dada nya semakin terasa..
    Sebelumnya juga ada nyeri di daerah lumbal dan punggung.. Sudah dilakukan foto rontgen punggung dan lumbal hasilnya normal.. Namun belum foto thorax
    Kemarin diberi dokter obat ultracet + lyrica untuk nyeri punggungnya, dan itu berkurang.. Sekarang malah sternum saya yg kembali sakit..
    Apakah ada suatu cedera sternum atau bagaimana dok?
    Trimakasih bnyak

  11. irma says:

    saya mau tanya dok, kenapa y sy kadang2 suka sakit tulang dada depan ketika sy lagi tidur terlentang, lalu pas sy tidur posisi miring, dada sy jadi sakit.
    terus saya suka nyeri dada sebelah kiri kenapa y dok, tp kadang nyeri tiba2 hilang lg trus nyeri lg. tp hanya dada kiri tidak menjalar kmn2 lg,
    atas perhatian dokter. saya ucapkan terima kasih

    • muki partono says:

      Sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang , bisa saja ada kelainan pada otot2 dindijg dada atau sebab lainnya

  12. erdi says:

    tanya dok…istri saya sering mengeluh dada bagian tengahnya (diantara payudara ) sering terasa nyeri tetapi tidak menetap. Istri saya tidak pernah kecelakaan. Apakah penyebabnya dok thnx

  13. febri says:

    dok, saya mau tanya. tulang dada diantara payudara saya sudah 2hari terasa sakit dan diikuti dengan panas tubuh yg naik. apakah penyebabnya ? mksih dok

    • muki partono says:

      nyeri dada bisa akibat anda mau sakit da diserta rasa panas, sebaiknya minu obat nyeri dulu bila selama 1 minggu tak kunjung baik sebaiknya konsultasikan ke dokter

  14. riski says:

    dok, saya sering nyeri dada di tulang bagian tengah sehingga kalo buat nafas terutama fase inspirasi sering sakit.. kemungkinan knpa ya? terus sebainya saya bersikap seperti apa terhadap keluhan saya.

  15. fahmi says:

    dok kenapa dada kiri atas saya sakit saat bergerak, dan kadang2 bunyi kalo diem terlalu lama, apakah itu karan otot atau tulang dada nya dok? terim kasih

    • muki partono says:

      sebaiknya diperiksakan foto rontgen utk memastikan apakah kelainan yang sebenarnya apakah ada retak/patah atau sebab lain

  16. Wiwi Andriyani says:

    Dok,, saya mengeluhkan dada saya sakit, nafas saya juga sesak. sudah lebih dari 3 tahun saya bersin-bersin terus dok, apalagi jika terkena debu dan udara dingin, kepala saya sering pusing, dan berat badan saya pun tidak pernah menambah, darah saya juga terkadag rendah. mohon penjelasan tentang keluhan saya ya dok.
    Terima kasih sebelum dan sesudahnya.

    • muki partono says:

      Keluhan anda lbh kearah sistem kekebalan tubuh, ungkin anda mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh sehingga mudah terjadi reaksi alergi dan penurunan daya tahan tubuh, saran sebaiknya konsultasikan ke dokter alergi

  17. Lia says:

    dok, saya mau tanya.. saat ini saya berumur 22thn sejak sekitar 4 tahun lalu saya sering mengalami sakit dan nyeri di tulang dada bagian tengah, saya sudah pernah periksakan ke dokter dan rongsen, hasilnya baik2 saja, katanya kurang kalsium dan saya d beri obat osteoflame tp hingga saat ini terkadang masi sering nyeri…terlebih jika saya terlalu capek…bagaimana mengatasinya ya dok?apakah berbahaya? terima kasih dok…

  18. dedy says:

    Dok saya mau tanya …sya biz tabrakan tulang kaki kanan saya retak di bgian tulang kring … Udah di gips .. Dah skitar 3 minggu .. Kaki saya kalo bergerak kadang kadang bunyi di bagian yang retak .itu knapa ya dok

  19. karina says:

    Dok…sy mau tanya, adik saya berumur 20 th dia sering merasakan sakit dada tengah kalau ditekan sakit dan disertai mual” padahal jatuh ataupun terbentur gak ada dok cuma sewaktu SMP,SMA dia sering menulis tugas telungkup dok apakah ada perngaruhnya, dan udah periksa ke spesialis penyakit dalam, rontgen,rekam jantung tapi dok hasinya bagus pada tulangnya hanya saja detak jantung agak kurang normal kata dokter spesialisnya itu bisa saja akibatnya kegemukan dok, sesudah itu program penurunan udah dilakukan namun sakitnya timbul lagi berselang 3 bulan dan disertai lemes, kenapa ya dok apakah itu ada pengaruh penyakit jantung???

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome