NYERI PINGGANG KIRI , PINGGUL SAMPAI KE LUTUT

April 18, 2012 Dr Menjawab 155 Comments

Selamat malam dok,
Nama saya sri wahyuni usia 37 tahun jenis kelamin perempuan, sudah hampir setengah bulan pinggang sebelah kiri saya terasa sakit bahkan sampai ke pinggul dan kaki ( lutut). saya sudah melakukan pemeriksaan sebelumnya karena takut ada hubungannya dengan ginjal tetapi ternyata menurut dr saya menderita kram otot pinggang dan di anjurkan untuk terapi, selama ini saya belum mengkonsumsi obat2an hanya vitamin dan memperbanyak minum tapi sampai sekarang masih terasa sakit.
Memang sebelumnya saya pernah jatuh ( sudah -/+ 2 bulan ) tapi tidak saya urut.apa yang saya harus lakukan ya dok?
terima kasih untu jawabannya.

Jawab : anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang sebaiknya dikonsultasikan ke dokter bila domisili di jakarta sebaiknya kami periksa dan perlu pemeriksaan MRI Lumbal

About author:

155 Responses to “NYERI PINGGANG KIRI , PINGGUL SAMPAI KE LUTUT”

  1. Dodik says:

    Selamat pagi dok,
    Nama saya Dodik soesriyanto 50th,Laki2,
    pertama pinggang saya sakit karena salah skop pasir
    waktu itu kemudian minum jamu 3hari sembuh, hbis itu kumat lagi sampai 2mingguan, menjalar ke otot bokong sampai belakang paha ngilu sakali,untuk jalan rasanya sakit sekali, persendian tidak sakit, apalagi habis duduk trus berdiri rasanya sakit sekali ototnya kaya kaku,. sampai saya menulis pertanyaan ini, saya masih merasakan nyeri yg tidak terkira saat berjalan.
    Apa yg harus saya lakukan Dok, sebelum dan sesudahnya saya mengucapkan banyak terima kasih.

    • muki partono says:

      Sebaiknya berobat ke dokter karena sdh lama keluhan anda dan gejalanya sdh khas, anda kemungkinan menderita penekanan saraf pinggang yang dicetus oleh akitifitas yang berat, saran konsultasikan ke dokter tulang

    • mirnawati says:

      Selamat Pagi,

      nama saya Mirna,belakangan ini suami saya sering merasakan keram dari pinggang sampai betis apabila jalan kelamaan.sedangkan aktifitas sehari-hari suami saya memang harus banyak jalan.kira-kira penyebabnya apa ya dok ? dan suami saya harus minum obat apa ? terimakasih.

      • muki partono says:

        suami ibu menderita gejala penekanan saraf pinggang , sebaiknya diperiksakan ke dokter dan perlu pemeriksaan MRI lumbal utl memastikan kelainan tsb

  2. Hartanto says:

    Selamat pagi
    saya laki-laki berusia 16 tahun
    saya sudah sekitar 2 minggu mengalami nyeri dibagian pangkal paha atas saya di paha kiri, tapi nyeri itu saya rasakan jika membuka kaki saya cukup lebar, dan saya merasakan seperti ada yg sedikit mengganjal dibagian pantat saya..
    rasa sakit ini saya rasakan setelah beberapa lama saya latihan split dan cium lutut.
    saya belum melakukan pengobatan apapun karena takut salah penanganan. apa ini hanya masalah biasa atau apa yg sedang saya alami?

  3. heti says:

    dok,suami saya srg mengeluh sakit pinggang sblh kiri..ada benjolan dsebelah kiri pinggang..awalny benjolan tsbt tdk skt saat dtekan tp 1 mgg belakangan tersa skt..gejala apa ya dok

    • muki partono says:

      Sebaiknya kami periksa utk memastikan benjolanmpada pinggangnya apakah ada tumormatau hanya kekakuan otot saja

  4. slmt pagi dok.. saya laki laki umur sdh 40thn.sdh 3bln nyeri pada kaki sblh kanan sampai kepinggang dok,sdh sering dibawa renang pati nggak mau sembuh.dan juga diterapi juga nggak mau,gimana cara mengatasinya dok?mksh

    • muki partono says:

      Kalau begitu perlu kami periksa secara klinis utk memastikan lokasi penekanan saraf pinggang krn itu penting utk keberhasilan fisioterapi dan terapi yg lannya, mungkin juga perlu MRI Lumbal

  5. michael says:

    Selamat malam dok….saya laki-laki berumur 20 tahun…
    saya mengalami sakit di bagian pinggang kemudian menjalar ke tungkai , paha dan dengkul saya terasa berbeda dan kadang suka berbunyi jika kakinya di gerakan naik turun..Awal nya saya gym yg di lanjutkan dengan futsal ketika futsal baru 15 menit tiba” pinggang sya terasa tertarik…smnggu kemudian saya coba bermain lagi ternyata masih sama terasa sakit di pinggang tidak bsa berlari..kemudian saya pergi urut ke 3 tempat berbeda tidak ada perubahan…sudah sekitar 2 bulan…Mohon penjelasannya dan solusi nya yah dok ..terima kasih.

    • muki partono says:

      Anda mengalami gejala khas HNP lumbal, saran sebaiknya dilakukan MRI lumbal, utk meastikan kelainan

    • feri adhari says:

      Selamat siang Dok.
      Saya Feri,26thn. Saya mau tanya,pangkal paha,paha hingga ke lutut yg kanan juga yg kiri sring nyeri tiba-tiba. Itu gejala penyakit apa ya Dok. Mohon kejelasannya,terima kasih.

  6. bahrun says:

    selamat sore dok nama saya bahrun umur 24 thn saya sering merasa sakit dan jeri dibagian pinggang saya sejak beberapa bulan terakhir tetapi beberapa saat sembuh dengan sendirinya. tpi sejak tiga hari selama lebaran ini saya seperti sering merasa sakit pinggang di sebelah pantat kiri yang lekas sembuh.
    apa yg harus sya lakukan dok? jawaabannya sangat saya harapkan dok.

    • muki partono says:

      Sebaiknya diperiksakan ke dokter utk pemeriksaan MRi Lumbal , mngkin anda mengalam gejala penekanan saraf pinggang

  7. Rhoelly says:

    Dok, saya sudah seminggu ini merasakan sakit nyeri pada pinggang, paha kanan kiri terasa ngilu. Dan saya akhir2 ini kurang lancar BAB-nya. Saya udah pergi ke tukang pijit, namun tidak ada hasilnya, malah semakin ngilu saja. Apa yang harus saya lakukan untuk menghilangkan rasa nyeri dan ngilu ini dok?

  8. Zaky says:

    Dok saya saat ini merasakan sakit pada otot betis sebelah kiri hingga otot bokong. Sudah melakukan MRI namun tidak ada benjolan pada tulang belakang. Saya juga sudah melkukan fisioterapi namun nyerinya hanya hilang sebentar dan sekarang kambuh lagi.

    Apakah ada obat atau cara supaya rasa nyerinya berkurang?

    terima kasih

    • muki partono says:

      kami tak yakin MRInya tdk ada apa2 sebaiknya minta second opini ke dokter radiologi yg lain , sebab kami sering dapatkan kasus seperti ini, krn patokan yg paling objektif adalah keluhan bukan hasil MRI

  9. Vina says:

    Dok, sudah beberapa hari ini pinggang saya sebelah kiri bagian belakang terasa sakit..tepatnya daerah sekitar tulang dibagian atas pantat saya..
    nyerinya sampai terasa dibagian pantat, paha hingga kaki dok..
    saya pikir itu karena pegal atau kram karena saya sering berjongkok ketika mencuci piring dan mencuci baju, jadi 2 hari yg lalu saya urut..
    kt tukang urutnya saya kram otot.
    namun tadi pinggang saya sakit lagi ketika saya duduk agak lama ketika saya mengiris-iris sayur.
    kira-kira itu kenapa ya dok??
    terima kasih dok sebelumnya..

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang, gejalanya sdh khas sekali

      • Vina says:

        ooo…jadi itu gejala penekanan saraf pinggang ya dok..
        umur saya 22 tahun dok..
        ada tidak obat alami untuk pengobatan sakit saya ini?
        jika ada, apa dok obatnya?
        terima kasih dok sebelumnya.

  10. mulyadi says:

    dok. saya sdh 2 thn menderita asam lambung. sdh 3 minggu sy skit pinggang dan tembus ke bagian kana perut kadang ngilu di paha. yg sering pinggang sebelah kanan. apa penyakit sy dok?? apa ada hubungannya dg asam lambung. trm ksh

  11. yusida says:

    siang dok, saya mempunyai keluhan, daerah sekitar pinggul dan pinggang kiri saya terkadang suka tiba tiba terasa nyeri, linu, itu kenapa ya? mohon pencerahannya, terimakasih

    • muki partono says:

      Mnrt penelitian orang akan menderit nyeri pinggangnya immal 1 kal dalam hidupnya, penyebab paling serim krn duduk laka dan pekerkaan

  12. alfian says:

    dok knp kaki kiri bgn depan betis saya kram?juga pantat kiri dan paha kiri blkg?trims dok

  13. nick says:

    mlm dok, ini nick , tiba-tiba pinggang disebelah kiri aku nyeri dan sakit , dan saya melakukan pemeriksaan urine dgn hasil baik tidak masalah tp masih sakit dan nyeri, sdh menjelang 4 hari tp masih belum sembuh, knp ya dok? thanks dok.

  14. resty says:

    dok,saya perempuan 23 tahun domisili karawang pinggang saya sakit kanan-kiri rasanya linu. mau bangun tidur, ruku, jongkok selalu sakit dan ini sudah 10 hari. dan juga sya suadah telat 6 bulan mens saya suka tidak lancar. rasanya juga kok perut kanan juga kiri juga sakit tapi bagian kanan kerasa sih kayak yg tegang gitu. saya bingung harus priksa k saraf atau penyakit dalam?

  15. Wahyu says:

    Siang dok, Tiba-tiba pantat kanan dan paha belakang nyeri,terkadang menjalar sampai ke betis rasa nyerinya. Kegiatan saya sehari hari lebih kebanyakan duduk di depan komputer.Maklumtumtutan pekerjaan. Sudah 3 hari ini terasa nyerinya.Itu kira kira kenapa ya dok?

    Terima kasih

    • muki partono says:

      Anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang yg dicetus oleh pekerjaan duduk lama, saran tiap 1 jam duduk anda lakukan latihan berdiri dan menggerakkan badan kebelakang tahan dengan 5 hitungan , lalu duduk kembal, kala anda muslim setiap habis solat berbaring 5 mnt posisi terlentang

  16. Rya Sasye says:

    Dok saya prmpuan, usia 23thn. Saya 1minggu ini mengaLami ngiLu di pinggang sampai ke paha-Lutut, saya bLm prnh cedera dok. Sakiiitt skaLi dok, kambuh terus. Jd saya sering tdk tidur krna sakitnya dok. Bgymna soLusinya dok…?

  17. yanti says:

    pagi dok. aku perempuan umur 29. aku sakit tulang belakang sebelah kiri .tpi akhir2 ini dari kepala nyampe kaki sakit , tpi sebelah doang dok sakit nya, sampai dada’a suka sakit , trs klo jongkok kaya ada yg ngganjel,,, itu knp y dok ???

  18. Rangga says:

    Dok, saya mau tanya
    pangkal paha kanan sampai ke bokong kanan rasanya nyeri
    kenapa ya dok?
    sebaiknya periksa ke dokter saraf/dokter tulang?

    Terima kasih

  19. Maria says:

    Siang dok, saya perempuan usia 24th. Seminggu belakangan ini, kalau sedang jalan tiba2 tulang pangkal paha atas kiri saya kadang sakit… Tp setelah berhenti jalan sebentar, Sudah Baikan.. Hal ini sering terjadi.. Kenapa yah dok? Saya akhir2 ini ikut latihan beban di gym.. Intrukturnya bilang ini hanya karena Badan saya kaku.. Gimana dok? Bahayakah? Thank you …

  20. dyah says:

    pagi dok,saya perempuan umur 23th.3 bln lalu sya usg dg hsil ad kristal ginjal dan isk.keluhan sblmnya kolix d perut kiri.tapi akhr2 ini tdk nyeri pd perut lg.nyeri bpindah d paha,pantat smpai dada sblah kiri.tp pling sakit d pantat kiri.aplg utk membungkuk.apakah it jg tmsuk dr skit gnjal saya?

    • muki partono says:

      Nyeri pinggang yg menjalar ke kaki itu bukan keluhan yg berasal dari ginjal, tapi itu akibat saraf terjepit d pinggang sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang utk memastikannya

  21. bunga says:

    siang dok,saya ibu seorang anak umur 40 th,sudah 1 tahun ini tulang sblh kanan, letaknya di pinggul saya kurang tahu apakah tulang pinggul atau tulang pangkal paha,letaknya disblh kanan pangkal paha (bukan yg dekat v,tp yg sblh luar)suka nyeri,tidak lama juga tidak setiap hari,cenut2 menusuk,dan setelah duduk lama(posisi kaki tertekuk )sakit sekali untuk berdiri,harus pelan2 baru bisa berjalan,kira 2 kenapa ya dok,thank.

    • muki partono says:

      Anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang atau kelainan yg terjadi pada sendi panggul saran sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang

  22. mas is says:

    saya laki-laki 35 th dok. saya tidak melakukan pekerjaan angkat berat, paling hanya ketik komputer dalam waktu sekitar 3-4 jam. saya sering mengalami nyeri pinggang pada bagian kiri, hanya satu titik/tidak meluas. ketika nyeri datang, saya sering memijat-mijat bagian paha, betis, dan jari kaki bagian sebelah kiri. hasilnya rasa nyeri bisa berkurang dan tinggal sedikit, namun tetap terasa terus meskipun hanya sedikit. bagaimana menurut dokter? makasih. salam

  23. agus says:

    dok, saya laki-laki 30 tahun. sudah seminggu ini saya mengalami rasa nyeri dilutut (kedua-duanya, tapi yang lebih terasa yang sebelah kanan)dan bagian pinggang (tepatnya dibagian tulang belakangnya). saya sering mengetik menggunakan laptop dengan duduk bersila. kalau sudah dipijat terasa agak enakan, tapi nanti kambuh lagi, khususnya nyeri dibagian lutut. mohon sarannya dok?

    • muki partono says:

      mungkin hanya posisi duduk saja coba dikurangi dulu duduk silanya, nanti kita evaluasi kembali, kami menduga anda ada masalah di pinggang spt penekanan saraf pinggang

  24. ayang says:

    Siang dok..
    Saya seorg wanita berumur 22thn.sudah hampir 1 bln sya merasa kan nyeri di pinggang/panggul tepatnya di tulang ekor saya pdhl sya tdk prnh terjatuh n perut bawah sebelah kiri terasa sakit kadang”.
    Awalnya saya mengangkat tv 21 inci dok.sya sudah pernah berobat dan di therapy akupuntur serta diberi obat anti nyeri (ada paracetamol nya klo ga salah) tp sakarang sakitnya muncul kembali aplg klo saya duduk lama dan tiduran.kira” saya kenapa ya dok? Mohon bantuannya.trims

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala penekana saraf pinggang yg khas sekali saran lakukan pemeriksaan MRI LUMbal utk memastikan dan konsultasikan ke dokter tulang

  25. Dimas says:

    dok pantat bagian kiri saya nyeri pada saat tidur terlentang dan tidur menghadap ke kanan.
    Terus pada saat berdiri pantat bagian kiri saya juga nyeri.
    Ini saya alami sejak tanggal 11-12-2012 ketika selesai olahraga angkat barbel.

    Itu kenapa iya dok ?
    Terus cara pengobatan’a gimana ?

    • muki partono says:

      itu gejala HNP Lumbal sarabn sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang. sementara jgn angkat berat selama 1 1/2 bulan

  26. Rismawati says:

    Pagi dok,

    Sya sering mengalami sakit pinggang sebelah kiri, akan terasa sakit/kambuh, kalo sya terlalu lama berdiri/duduk,atau melakukan pekerjaan berat, ini terjadi stlah bbrp thun y? lalu ketika adik bayi saya jatuh dari ayunan, dan saya kaget dgn spontan saya angkat adik bayi saya sehingga menyebabkan sakit didaerah pinggang saat itu jga, rasanya sakit sekali dok ( tidak saya urut ), dan berlanjut sampai skrg sakittnya sering kambuh jika terlalu lama bberdiri, saran dokter tuk keluhan saya ini apa yah Dok? Trimakasih

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala penekanan saraf yg makin hari makin parah saran sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang dan lakukan pemeriksaan MRI LUMBAL bila sdh ada hasil laporkan kembali

  27. Yustin says:

    Pg Dok. Saya prmpuan usia 24 thn. Akhr2 ini kaki kiri saya pada bgian betis pegal2 n keram saat du2k. Du2k dng kaki luruspun demikian, saa tdur kaki sakit jika dibengkokkan. Pinggul pun saya terasa sakit n antar pangkal paha n perut sakit. Hal tersebut mulanya terjadi 1 bln yg lalu mungkin gara2 terpeleset. Saya kemudian bwa ke tukang urut n skitx hlang. Tp kambuh lg setlah angkt brg brat. Mau diurut lagi tapi takutx nanti penyakit ginjal. Kira2 pengaruh apa ya Dok n kalau mau periksa, i2 kdokter mana ya? Trima kasih

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala penekanan saraf pinggangs ebaknya konsultasikan ke dokter tulang dan perlu pemeriksaan MRI lumbal , nyeri yg dirasakan di paha itu akibat penekanan saraf di pinggang , bisa disertai nyeri pinggang atau tidak nyeri pinggang

  28. IGst Ngurah Kompyang Putra says:

    selamat sore dok, saya mengalami nyeri pinggang sebelah kanan, sampe kadang2 dr paha sampe betis terasa pegal2, apa ada pengaruhnya ya dokter, makanya klo naik tangga aja bisa capek, mohon solusinya dok?

    • muki partono says:

      anda mengalami nyeri pinggang yg disertai rasa nyeri menjalar ke paha dan betis itu gejala penekanan saraf pinggang akibat HNP Lumbal saran sebaiknya berobat ke dokter tulang dan perlu pemeriksaan MRI Lumbal

  29. hanif says:

    Pagi Dok saya sudah berapa tahun menderita sakit/nyeri pinggang suda ke puskesmas tp belum ada hasil sekarang kaki kiri seperti pegal-pegal terus dan kepala sebelah kiri atas sering terasa cenut-cenut hilang, leher kiri atas terasa kaku. kenapa ya Dok ?

    • muki partono says:

      sebaiknya berobat , kami mendapatkan kasus spt ini bisa akibat MS , konsultasikan ke dokter utk memastikan kelainan tsb

  30. romyati says:

    dok, saya pnya penyakit saat bngun tidur pinggang selalu sakit .. Kenapa ya .. ?

    • muki partono says:

      coba alas tidurnya diganti dngan yg FULL LATEX serta posisi tidur hrs terlentang

    • romyati says:

      pagi dok,awalnya si ni sakit dr hbs lhiran 2 mnggu,krna wktu itu sya suka du2k di bwh kaki suka nekuk klo tiap bngun suka sakit terasa kaku gtu klo kbw jln jga kdng sakit kya di trik2 ,wkt itu sembuh krna tdr di ksur spring bard stlh itu pindh tdr ksur lantai,tpi skrng agak mdngn tuh knpa ya !

  31. devin says:

    dok saya laki laki usia 15th,sudah sebulan ini pinggang kanan dan lutut kanan saya sakit ketika sesudah bermain basket ,apakah karna saya terlalu menumpu pada kaki kanan saat melompat?

    • muki partono says:

      bisa ya, bia juga kemungkinan anda menderita HNP Lumbal sebelah kanan saran sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang

  32. eka says:

    pagi dok, mau tanya..saya eka, 20 th. sudah 2 minggu ini punggung sebelah kiri dan kanan bawah saya sakit..barengan juga sama perut bagian bawah sebelah kiri (pas letak ovarium)..kalau posisi duduk terus kaki diluruskan itu rasanya sakit sekali..sudah berobat ke dokter 2 hari yang lalu..tapi setelah minum obat masih terasa sakit..malah lebih parah..apalagi yang bagian depan itu dok..seperti ditekan terus menerus rasanya..kira2 kenapa ya?saya terganggu sekali..tidak bisa bebas beraktivitas..makasih dok

  33. aries says:

    malam dok…saya aris 27 tahun…sudah hampir empat tahun otot pinggang saya aebelah kiri sampai pundak terasa kaku…sampai kalau bernafas terasa sesak kenapa yah dok ? mohon jawabannya dok….trima kasih…..!!

  34. feni says:

    selain kedokter tulang, ap saja cara yg dapat dilakukan untuk mengatasi penekanan saraf pinggang, dok? karena kalau ke dokter pasti butuh biaya yg banyak..
    trima kasih..

  35. Dia says:

    Assalamu’alaikum..
    Dok..saya berumur 16 th, saya sering merasakan sakit di pinggang kiri saya tapi bagian belakang. terkadang sakit sekali sampai2 kaki susah untuk di gerakkan . Rasanya nyeri dan ngilu . Itu gejala apa ya dok? Dan bagaimana mengatasinya .Terima kasih
    wassalamuaikum,

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang , sdh khas sekali, perlu pemeriksaan MRI LUmbal dan konsultasikan ke dokter tulang

  36. joe says:

    pagi dok,saya mw tanya,bbrp hr ini saya mengalami nyeri di pinggang sblh kiri,yg kdg menjalar ke kaki
    Awalnya saya rasa saya kurang minum,tp stelah minum bnyk dan saya tunggu bbrp hari,tetap nyeri
    Knp ya dok?

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang , pada usia muda biasanya karena HNP Lumbal saran sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang

  37. aniL says:

    Selamat malam dok, saya aniL umur 20thn
    Sudah 2 minggu tulang ekor saya terasa sakit sehabis duduk
    Memang saya pernah jatuh duduk tapi sudah saya urut ke tukang urut tapi tidak terjadi apa apa.
    Dan menstruasi saya jadi tidak lancar/teratur apakah ada sangkutan Sama datang bulan.
    Itu gejala apa ya dok.
    Mohon saran nya
    Terima kasih.

    • muki partono says:

      nyeri tulanmg ekor tak berhunbungan dengan siklus mensturasi , yg berhubungan adalah riwayat jatuh yg dulu, kemungkinannya saran pakai bantak donat dan minum obat nyeri, jgn duduk terlalu lama , nanti 3 minggu baru rasa enak , kurangi naik kendaraan motor

  38. Sugeng says:

    Siang dokter, saya pria 36th, sejak dua minggu yang lalu betis kanan saya terasa kaku dan sakit untuk berjalan dan bangun dari tempat tidur. Saya periksa darah lengkap dan asam urat hasilnya asam urat saya masih normal.
    Lalu saya ke dokter saraf untuk konsultasi dan dikatknan otot betis kaku dan di beri obat bio atp dan epsonal. Tetapi setelah 5hari konsumsi saya merasa sakit. Suhu badan saya juga normal tidak demam tetapi telapak kaki saya terasa dingin… Kenapa ya?? Thanks dokter

    • muki partono says:

      gejala sisa kadang seperti itu, anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang saran rendam air hangat utk merangsang saraf perasanya

  39. ratna says:

    Dok saya ada benjolan dipinggang sebelah kanan terkadang suka terasa nyeri sampai betis

  40. Sore dokter, sy seorang suami (30th) mau tnya, istri sy (33th) seringkali mengalami sakit nyeri dr pangkal paha sampai telapak kaki, sebelah kiri. Bahkan untuk berjalan pun tdk kuat, lemas.
    Itu disebabkan karena apa dok.?? Lalu apa solusi dan pengobatannya. Bila harus minum obat, obat apakah yg harus di konsumsi. Terima kasih atas bantuan dan sarannya.

    • muki partono says:

      istri anda menderita HNP ( saraf terjepit) , pada pinggang saran sebaiknya dilakukan pemeriksaan MRI Lumbal dan pengobatan bisa dgn obat , Fisioterapi suntik saraf atau operasi

  41. Via says:

    selamat siang dok, saya seorang perempuan usia 23th. sdah lma bagian pinggul/piggang bagian kiri saya nyeri. rasa nyeri kadang muncul kdg tidak. awalnya saya pikir cuma karena kecapaean tapi lama-lama menjalar ke lutut… lutut saya dan pinggul bagian kiri saya nyeri sekali kalau kambuh. untuk jalan atau duduk nggak sakit dok. dipencet atau pun dtekan juga tidak sakit. sudah periksa k 2 dokter dberi obat sembuh tp masih suka kambuh lagi. kira-kira kenapa ya dok terus sebaiknya saya periksa ke dokter spesialis apa? terimakasih.

    • muki partono says:

      anda menderita gejala penekanan saraf pinggang sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang , kalau domisili di jakarta bisa hubungi kami di RS siaga, PURI Indah dan RS jakarta (jadwal dan jam praktek ada pada web)

  42. Sitti Sulaiman says:

    aslam alaikum. dok saya sebulan terakhir ini sering merasakan nyeri bagan pinggang kiri menjalar kepaha kiri. saya sudah melakukan USG hasilnya kata dokter ahli dalam ada batu empedu ukurannya sangat kecil.apakah ada hubungannya dengan nyeri dipinggang tersebut. mohon penjelasan,trimakasih sebelumnya

  43. EMI says:

    ASalam alaikum.dok saya merasakan nyeri di bagian pinggang kiri dan kanan.tapi yang paling nyeri bagian pinggang kiri menjalar kepaha kiri,keluhan ini saya rasakan kira- kira mulai sebulan yang lalu,tapi sekarang nyerinya semakin hebat. saya sudah ke dokter ahli dalam.hasil USG ada batu empedu yang ukurannya sangat kecil. apakah ada hubungannya dengan hasil USG tersebut. dan setahun yang lalu dokter ahli kandungan katanya ada kista diovarium, apakah nyeri tersebut ada hubungannya dengan hasil kedua USG tersebut.trimakasih

    • muki partono says:

      Anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang, tdk ada kaitan dengan batu empedeu , kalau keluhan bat empedu hrsnya di kanan atas dan punggung belakang agak ke kanan, saran sebaiknya knsultasikan ke dokter tulang kalau domisili di jakarta bisa hubungi kami (lihat jadwal praktek)

  44. rory wirawan says:

    selamat pagi dokter…
    saya pria 35 th, saya merasakan ngilu dan pegal pegal dari pantat sampai dengkul, kalau malam tumit saya selalu nyeri dan susah diajak jalan…sakit apakah saya dok? tolong infonya…trims

  45. RISNA ROHAENI says:

    ASSALAMUALAIKUM DOK!
    nama saya Risna,dok apabila terasa sakit diperut bagian kanan,terus pinggangnya panas,tambah lagi kakinya suka gak berasa,itu gejala penyakit apa ya dok?
    udah dirongsen tapi kata dokternya gak ada apa-apa,bersih katanya!
    awalnya saya susah BAB sudah dari 1,5th kebelakang.tapi sekarang BAB udah lancar malh tmbul sakit kaya gitu!
    tolong bales ya dok,terima kasih!!

    • muki partono says:

      nyeri perut kanan dan kaki tak berasa biasanya gejala pemekanan saraf pinggang saran sebaiknya diperiksakan MRI Lumbal utk memastikan kelainan tsb

  46. rustiah sani says:

    dok saya mau tanya kenapa saya setiap hari sering sakit pinggang sebelah kiri sejak saya berumur 18 tahun sampai sekarang umur 21,
    rasanya pegal-pegal dan nyeri pinggang sebelah kiri serba salah dok.
    saya minta solusinya,
    terima kasih

  47. boi p sipahutar says:

    Pak dokter, usia saya 46th,keluhan sakit pinggang sebelah kiri,ngilu dari kaki, bokong,punggung dan leher kaku sebelah kiri. Sejak usia 27th suka kambuh sampai skrg. Pernah sampai bungkuk dan condong kiri. Pak dokter, saya sakit apa,syaraf terjepit,tulang atau ginjal?. Terimakasih.

  48. Cahyadi says:

    Malam dok,
    Sy baru melahirkan 1.5 bulan yg lalu, proses persalinan normal, Sebelum hamil, sy ada sedikit masalah dgn lutut diakibatkan aktifnya bermain badminton semasa kuliah. Sejak melahirkan, lutut sy sering berbunyi jika digerakkan. Dan baru hari ini sy aktif lg melakukan olahraga body combat, skrg otot pinggang sy nyeri dan kalo dari duduk ke berdiri, terasa sakit dr tulang pinggang dan lutut nyeri, apa sy terkena osteoarthritis?
    Tima kasih sebelumnya Dok

    • muki partono says:

      Saran sebaiknya sdh konsumsi glukosamin, bisa saja kelijan anda pada pinggang adanya penekanan saraf pingganh

  49. Lia says:

    dok, saya remaja 18 thn. beberapa hari/waktu belakangan ini jadi sering terasa nyeri atau pegal dr pangkal paha. Awalnya hanya berkisar di paha sampai ke kaki, kadang hanya satu sisi kaki tapi terkadang dua-duanya. Kalau lagi muncul bisa sampai susah tidur karena rasanya sangat mengganggu. Lalu skrg pinggang bawah dekat tulang ekor juga ikutan pegal yg banget2 rasanya. Itu kenapa ya dok?? trims sebelumnya

  50. febtri says:

    Dok, sy usia 38 tahun, awalnya sy sakit dipinggang ketika bangun tidur sakit, dan pernah keluar seperti butiran saat kencing. sekarang sakit dipinggang sdh hilang tapi sakit nyeri di pantat (maaf) dan betis terasanya nyeri saat jalan. Kalau duduk tidak sakit tapi ketika berjalan terasa nyeri. pekerjaan saya di kantor dan duduk dok. dari pagi sampe sore. bagaimana menurut dokter,apa kira” sakit saya dok? trims.

  51. Dika Arya says:

    Asalamualaikum dok, bapak saya sering terasa nyeri bagian paha kiri usianya 53 bagaimana cara mengatasinya yaa dok…

  52. IKIN says:

    Assalamu’alaikum dok ! Usia sy 32 tahun. Pinggang saya yang kiri dan kanan sering sakit tp kadang2 hilang dan klo pagi biasanya dibarengi dengan mules. Kira2 kenapa ya dok? Apakah gejala gagal ginjal?

    • muki partono says:

      kala nyeri pagi hari disertai mules bisa akibat kelainan pada sistem pencernaan saran sebaiknya konsultasikan ke dokter penyakit dalam

  53. nawi says:

    askum dok, usia saya 31th,pinggang kiri saya koq terasa linu ya dok stelah berhub dengan isrti, itu normal gak dok? terus suplem /obat apa dok biar pinggang saya gak terasa linu dan nyeri? pa da gangguan saraf di pinggang saya dok, maksh sebelumnya dok

  54. Hana says:

    Dok.. saya usia 28 thn, bagian perut kanan dan kiri saya terasa sakit (tp msh blm bgtu sakit msh bisa beraktifitas dgn normal), frekuensi sakitnya siy tdk bgtu sering tetapi agak mengganggu, nyerinya sampai ke paha, saya sdh melakukan cek lab dengan USG Abdomen, hasilnya tidak ada kista ataupun tumor, ginjal normal, dan organ-organ yang lain normal, kalau memang tdk apa2 kan seharusnya tdk sakit. apa dokter ada saran apa yg harus saya lakukan, apakah ada masalah dengan usus saya sehingga harus endoskopi?

  55. wismanto says:

    Ass…, sukes selelu dok. nama saya anto. usia 27thn. dok saya sering merasakan sakit pada pinggul lutut hingga betis. sakitnya bersama’an dok apabila dari posisi duduk/jongkok/baring ke posisi berdiri. sakit banget dok. hingga sa’at ini sakitnya sudah berlangsung -/+ dua bulan dok.pertanya’anya penyakit yg saya alami tegolong penyakit apa ya dok. apa berpengaruh pada ginjal. dan bagai mana penangananya ya dok. bila haruh di terapi. terapi apa yang cocok buat saya dok? cacatan, saya berdomisili di kota jambi. trims.

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang saran sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang dan anda perlu pemriksaan MRI lumbal

  56. sakinah says:

    Dok saya perempuan menikah, usia 27 th. Beberapa hari lalu sy kencing dan diakhir terasa nyeri dan ada sebercak darah. Setelah banyak minum dan ke dokter di vonis infeksi kandung kemih. Yang mau saya tanyakan sekarang nyeri sudah hilang tetapi kenapa ad rasa pegal dan tdk enak d perut dan pinggang kiri. Apakah penyakit saya sudah sembuh atau belum. Apkah dg kondisi saya,saya boleh berhub intim dengan suami.
    Atas jawabannya sy ucapkan terima kasih.o

    • muki partono says:

      gejala anda sebaiknya dikonsultasikan ke dokter urologi , karena kelihatannya anda menderita gejala batu ginjal ,

      • romyati says:

        pagi dok..saya romyati umur 20 thun pinggangbelakang saya pantat ssmpe kaki tetasa pegel. klo di bwa tidur suka pegel dan tegang trasa brat sekli..suka pngen kentut trus..apa gejala saya yg saya rskan dok…
        sbelumnya trima ksih

  57. YoseRizal says:

    Selamat siang dok, saya Yoserizal umur 57 tahun, piggang, bokong dn kedua paha saya kadang2 akit dan pegal…saya sdh kedokter saraf dan diberi obat..tetapi kadang2 timbul lagi pegal2 nya..gjala apa ya dok? trima kasih jawabannya dok….

  58. Amir says:

    Selamat sore dr,sy Amir 39 tahun,sdh satu bulan sakit pinggul sebelah kiri linu pegal sebelumnya sakit pinggang sekitar 1,5 bulan tp berangsur sembuh hanya sakit pinggul masih, sementara aktifitas sehari hari banyak berdiri,naik tangga kenapa ya dok,trimakasih

  59. Titink Riyani says:

    Assalamualaikum dok,saya umur 51 th punya keluhan pada kaki kiri tersasa nyeri apabila lama jalan atau lama duduk dan paling tersasa sakit kalau bangun tidur dan kadang2 terasa juga dipinggang sebelah kiri ..Dok gimana solusinya trimakasih dok

  60. elsye vera rosanieta says:

    Dok, saya sudah menikah,ank 1,umur saya 27 tahun,saya sudah beberapa bulan ini mengalami ngilu dan nyeri pada pinggul sampai ke paha…kalo lg jongkok atau duduk terasa sekali linu nya…saya pernah kecelakaan motor 1 kl,jatuh dikamar mandi 2 kl,tapi gak pernah urut..gimana y dok..obat apa yg hrs sy konsumsi,terimakasih dok

    • muki partono says:

      Saran turunkan Herat Badan kalau blm ideal, Dan tidur alas Keras, konsumsi boat nyeri sedentary Lakukan Olay rags berenang Rutin 1 Kali seminggu

  61. dian says:

    dok sy perempuan usia 35 taon sdh menikah dan punya anak mengalami gangguan nyeri pada pinggang sampai betis sebelah kiri setiap jelang akhir haid bahkan after haid, solusinya dok please yah!

  62. sri rejeki says:

    Nama saya Sri Rejeki wanita,usia 44 tahun, sudah 7 bulan bahu kiri sakit,leher kiri sakit kadang mata kiri terasa ketarik,dada kiri sakit,kuping kiri sakitdan sudah satu minggu ini pinggang kiri dan dengkul keduanya juga sakit terasa linu, dan setiap bngun tidur saya pasti mual, tidak bisa bekerja terlalu lama karena bahu kiri dan dada terasa sakit, kadang juga kedua tangan saat tidur terasa linu , dokter saya sakit apa ya ?
    Sudah tidak tahan, apalagi bahu belakang sakit sekali?…oya dok saya pernah operasi hnp c5-6 pasang inflan tapi ketika dii mri hasilnya sudah bagus, dan keluhn sebeum operasi dulu sebelah kanan tp sudah hilang……

  63. Lina says:

    Dok sy lina sy perempuan berusia 26 th,sy ingin bertanya mengenai sakit leher sy kanan dankiri,terasa skt yg kiri karna terdapat benjolan celon deket bahu,dan kepala sy terasa sakit sering pusing gitu,apa sakit sy ini dok..sdh hampir 1 bln ini.

  64. ichat says:

    Sore dok,sy pria 38thn. Sdh 1 mggu ini kaki kanan sy bengkak & paha serta pinggul sya berasa linu & nyeri, kemudian nampak d sktr mata kaki keluar urat alus tipis warna biru jga sktr betis,blakang dengkul jg kluar urat. Sya mengalami gjala pnyakit apa ya dok?? Sy jg seorang alkoholic dok,,trima ksh.

    • Muki Partono says:

      kebiasaan anda akan menyebabkan tulang keropos jd bisa saja sdh mulai ada gejala kekuarangan densitas tulang kemungkinan lain adalah saraf terjepit di pinggang, kalau bearat badan blm ideal sebaiknya turunkan berat badan

  65. ratna sari dewi says:

    dok,sudah lama kaki saya sering sakit dan nyeri dr pinggul smpai tumit tu sakit smua,tiap bangun pagi,kaki ini terasa pegal2,lutut kanan saya kykny mnglmi pengapuran dok,soalnya sering bunyi2 kyk abis di tekuk, apa ini gejala asam urat/ rematik dok? saya hr konsults ke dokter apa dok? Mhn blsannya dok … >_<

  66. nurul says:

    Malam dok, sy nurul umur 24thn. Sdh 1 bulanan ini sy merasa sering nyeri dan keram d dari pinggang belakang smpai kaki bagian kiri saya. Itu kenapa yah dok?

    Trima kasih.

  67. Rudy says:

    dok, saya pernah mengalami nyeri dipinggang, setelah di bawa kusuk sudah sembuh, tp beberapa bulan kemudian sakit nya muncul kembali lebih sakit, kalau badan dibungkukkan kedepan sambil duduk tidak terasa sakit tp jika berdiri setelah duduk terasa nyeri di ujung pantat sampai ke kaki tp hanya sebelah kiri, kalau dibawa berjalan sakit nya tidak terasa sekali, saya sudah pernah rontgen tp kata dokternya tidak ada yg bermasalah di tulang, mohon petunjuk nya dok, sudah hampir satu tahun saya mengalami ini, dan jari telunjuk saya sebelah kiri kalau ditekuk kan kedalam terasa sakit, terima kasih dok atas sarannya

    • Muki Partono says:

      anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang sebaiknya berobat ke dokter tulang masalah jari mungkin anda mengalami Trgger finger

  68. Ryan M says:

    Dok sy pria usia 34. Sdh setahun otot punggung kiri smp pangkal pantat sampai betis mengalami ngilu / sakit. Jika sudah terkena cuaca dingin. Ada saran kah dok?

  69. Zoya says:

    dok saya sering nyeri pinggang, kadang kiri kadang kanan.. Nyeri nya dah lama skitar 2thnan diabaykan. Krn skrg mengganggu bgt n lbh sering kumat. Pernah ke dokter cek lumbal dan hslnya normal ktanya. Dan aq disuruh reenang sminggu 3x dan g boleh gaya katak..sdgkn aq ga bisa renang.. Trus aq hrus gmn dok?skrg nyeri g hnya dipinggang. Tpi dipundak sering pegel dan kesemutan… Skrg apa yg hrus lakukan?

    • Muki Partono says:

      kalau hasil foto rontgen tak ada kelainan sebaiknya lakukan pemeriksaan MRI pinggang utk mencari tahu penyebab lainnya

  70. Mareta Yuniarsari says:

    Dok, mama saya kok sering kerasa kesakitan di bagian dengkul sampai mata kaki. Dibuat jalan sebentar udah gak kuat. Terus juga kakinya pada biru2 semua. Mama saya kenapa ya dok?

    • Muki Partono says:

      Kemungkinan bisa akibat pengapuran lutut atau akibat penekanan saraf pinggang sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang

  71. bella says:

    dok tadi pagi saya merasakan pinggang dan perut kanan bagian bawah sakit namun setelah diberi koyo sakit pada perut hilang. tapi pinggang kanan saya bertambah sakit bila ditekuk dibeberapa menit awal. Apa ini efek melepas koyo terlalu keras ya?
    terimakasih

  72. sumiyati says:

    Siang pak

    Saya udah satu minggu ini, merasakan sakit pada pinggul kiri , dan betis kiri, sakitnya trasa banget, dan saya blm memriksakan ke dokter, kira kira sakit apa yg saya derita ya? pekerjaan saya cumi duduk di depan komputer, tp saya juga sering jalan jalan naik turun tangga.
    mohon penjelasannya,trimakasih

    • Muki Partono says:

      anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang saran kurangi duduk lama , dan tidur alas keras, dan lakukan berenang tiap 1 kali seminggu utk menetralisirnya

  73. wence sirait says:

    Malam..dok..umur sy 23 tahun..aq udah 6 bulan sakit di bagian pinggang lebih tepatnya sih diatas pantat sedikit klo ga salah disekitaar tulangekor dok..(klo ga salah ya dok)…klo duduk lama dilantai gt ga bisa tahan lama…duduk 3 mnit aja udah lngsung sakit dok..nah kemaren aq teh duduk di lantai sekitaar 4 jam..dan hasilnya aq ga bisa berdiri pinggang terasa sakit dan menaiki anak tangga pun tidaak kuat..klo dr posisi duduk trus berdiri itu teh sakit pisan dok….apa.karena aq jarang minum dok..aq memang jarang myinum dok…aq blm pernah periksa ke dokter dok…
    Kira2 aq.knp ya dok…
    Thanks pisan dok..

    • Muki Partono says:

      bisa 2 masalah penyebabnya ada kelainan pada tulang ekor atau gejala saraf terjepit di pinggang, saran konsultasikan ke dokter utk memastikannya

  74. Julia says:

    Dok. Saya wanita usia 17thn. Saya sedang mengalami rasa ngilu di bagian pinggang kiri saya. Dan rasa sakit itu sampai keselangkangan juga paha. Saya fikir itu gangguan di lambung saya tapi saya tidak yakin. Karena dia ada dibagian bawah lagi dari lambung. Terus kepala saya juga sakit disaat yang bersamaan tapi hanya dibagian kiri saja dok. Mohon dijawab terimakasih

    • Muki Partono says:

      biasanya kalau mau dpt mens bisa spt itu , gejala lain mungkin ada masalah di pinggang , coba minum obat nyeri dulu , tidur alas keras, berenang 1 kali seminggu kita evaluasi 1 minggu ke depan kalau tdk berkurang sebaiknya konsultasikan ke dokter

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome