nyeri pada tengkuk dan sakit kepala belakang

January 11, 2012 Dr Menjawab 27 Comments

sudah 2 hari ini saya mengalami sakit di sekitar tengkuk sebelah kiri dan menuju kepala belakang sebelah kiri pula, sebelumnya kira2 seminggu yg lalu sudah terasa tapi kemudian hilang setelah bangun tidur saya berfikir mungkin karena kelelahan namun setelah seminggu kambuh lagi. dan sekarang mulai terasa kebahu kiri dan punggung kiri. mula2 juga saya pikir karena kolestrol tinggi atau tekanan darah namun saya cenderung bertekanan darah rendah, mohon infonya dok.
terima kasih

Jawab : anda mengalami kekakuan otot leher dan ada gejala penekanan saraf d leher sebaiknya berobat ke dokter tulang, dan perl fisioterapi dan pakai penangga leher utk sementara wakt

About author:

27 Responses to “nyeri pada tengkuk dan sakit kepala belakang”

  1. alseva says:

    saya sering merasa sakit kepala sebelah kiri bagian belakang,gejala penyakit apakah itu dok? terimakasih banyak….

    • muki partono says:

      Sakit kepala satu sisi bisa akibat migren bisa akiba pengapuran di leher, bisa sebab lainnya saran konsultasikan ke dokter

  2. sore dokter saya nimas umur 17 tahun saya suka sakit ditengkuk leher saya tepat nya bagian kepala ,memang jarang kambuh tapi kalau kambuh nyeri banget kadang sampai puyeng gitu dokter ..itukenapa ya dok terus apa solusinya??makasih dokter

    • muki partono says:

      bisa akibat pembengkokan tulang belakang atau kekakuan otot saja, saran lakukan olah raga berenang rutin 1 kali seminggu

  3. Nurul Eka says:

    Dok, saya sudah beberapa bulan ini menderita karena Nyeri kepala yang hebat.
    Terasa nyeri di mulai dari tengkuk hingga kepala belakang sebelah kiri, dekat dg telinga. Kemudian pusing- pusing seperti mau jatuh.
    Gejala apa nih?
    Dokter spesialis apakah yg harus saya kunjungi ?

    • muki partono says:

      keluhan anda bisa akibat pengapuran di leher bisa akibat gangguan keseimbangan telinga tengah , bisa akibat dari kepala saran sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter THT

  4. dewi says:

    suami saya mengeluh sakit di bagian tengkuk leher, terasa berat sehingga susah tidur dan tidak bebas bergerak.Dia kira mgkn kolesterol naik sehingga makan lipitor.Tp tdk ada perubahan . sbgi data suami saya berbadan tinggi besar. Gejala apakah ini dokter ?
    Apa yg harus kita lakukan ?? Trimakasih

    • muki partono says:

      nyeri leher salah satunya bisa akibat kolesterol tinggi, tapi bisa sebab lain spt pengapuran suami anda kami duga menderita pengapuran pada leher sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang utk memastikannya

  5. deasy rosfiana says:

    Malem dok saya deasy 27 tahun,kemaren siang leher saya seperti nya keseleo,sampe sekarang rasa pegel nya masih terasa,kalo menoleh ke kiri ato ke kanan atopun di tekukan ke belakang tuh seperti tertarik dok. Gmn ya dok berbahaya ga ya dok trs penyembuhan nya gmn ya,apakah hrs periksa ke dokter tp dokter umum ato dokter spesialis apa ya dok? Terimakasih sebelumnya dok

    • muki partono says:

      anda sebaiknya cek ke dokter tulang saja, kemungkinan cedera pada otot leher atau kekakuan pada otot leher akibat aktifitas yg berlebihan pada posisi tertentu

  6. dony03 says:

    dok, salam kenal, saya dony.
    saya umur 24 tahun, berat badan 52kg, tinggi 165 cm, kemudian pekerjaan sehari2 duduk di depan komputer +- 9jam, saya jarang sekali berolahraga.

    saya setiap bangun pagi mengalami kaku dan nyeri di leher dan bahu kanan, padahal tidur cukup dan malamnya tidak melakukan aktivitas yg berat.
    kondisi seperti ini sudah berlangsung cukup lama (mungkin ada 3 tahun).
    saya berangkat kerja menggunakan motor, +- 1jam di motor dan leher dan bahu makin nyeri.

    saya sudah konsultasi ke dokter orthopedi dan dokter saraf. sudah di rongen jg disekitar leher namun tidak ada gejala yg aneh.
    sudah disuntik dan minum obat namun kondisinya tidak membaik.
    lalu saya sudah melakukan medical check up, hasilnya masih dalam batas normal. kecuali trigliseride melebihi batas normal,158.

    kira2 saya harus bagaimana dok?

    • muki partono says:

      anda harus lakukan tidur terlentang di alas keras , atau di lantai saja, dan lakukan berenang secara rutin 1 kali seminggu, dan jgn membawa ransel saat naik motor, kami sering lihat banyak orang naik motor ranselnya tetap dipakai itu tdk BENAR !!!

  7. dony03 says:

    dok, terima kasih atas sarannya.
    akan saya coba.
    saya naik motor namun tidak membawa ransel.
    lalu baru2 ini, saya seminggu 3x tiap bangun tidur, melakukan pemanasan dan lari pagi +- 30 menit.
    lalu mengkonsumsi beras merah, mengurangi makanan yg berlemak dan mengkonsumsi lebih banyak sayur dan buah.
    apakah itu bisa membantu juga?

  8. Lina arIMONA says:

    dok, saya lina umur 18 tahun. dok kenapa bagian tengkuk saya ituu seringg terasaa sakiitt,, nyerii nn berat gitoo dok,, teruss ntarr larinya kekepala terasaa berat bgtss,, tapii pabila ditidurin gag terasa nyerii dok,, kenapa ya dok,, kaiihh solusinya yaa?

    • muki partono says:

      anda mengalami masalah pada daerah sekitar leher saran sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang utk memastikan kelainan tsb

  9. Fitria Indri says:

    Halo Dokter, salam kenal

    Saya Fitri, usia 29 Tahun, tinggi 150cm dan berat 40kg. Saya mengalami nyeri/sakit kepala belakang, tengkuk dan merambat ke punggung hingga pinggang. dan setiap bangun pagi hari sakitnya sangat terasa hingga kadang-kadang saya tidak bisa bergerak. sakit ini sudah berlangsung lama sejak tahun 2006, tetapi tiap hari makin terasa sakitnya bertambah.
    awalnya saya kira gejala hipertensi, tetapi beberapa kali medical check up normal. Sekarang sakitnya sering membuat saya mual atau muntah. selain itu saya juga mengalami nyeri dan kesemutan di lengan hingga ujung jari terasa kebas.
    Apa yang harus saya lakukan Dokter?
    Dan kira-kira kalau harus ke dokter, tepatnya dokter specialis apa?

    Trimakasih Dok

    Salam
    Fitria

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala penekana saraf di leher saran sebaiknya konsultasuikan ke dokter tulang dan perlu pemeriksaan MRI Leher

  10. Deni says:

    selamat siang dok,

    ibu saya umur 61 tahn, menderita sakit di bahu sebelah kiri, jika sakitnya kambuh itu seperti menjalar dan harus berdiri. setelah di ronsen dikatakan pengapuran tulang leher. sdh diberikan obat anti nyeri atau fisioterapi tapi sakitnya tidak hilang juga malah semakin parah sekarang sampai kepala dan telinga.

    yang saya tanyakan apakah pengapuran tulang leher sampai ke kapala dan telinga. obat apa yg diberikan u penghilang sakitnya.

    Terima kasih
    Deni

    • muki partono says:

      memang pengapuran leher disertai dgn gejala penekanan saraf leher bisa mengakibatkan hal demikian saran sebaiknya dievaluasi kembali agar pengobatan tuntas

  11. tini says:

    Siang Dok, umur saya 47th, berat 74kg tinggi badan 170cm, sudah 1 mg ini kepala dibelakang kuping nyeri menjalar ke tengkuk, skrg sudah smp ke punggung sebelah kiri. Rencana saya mau kedokter spesialis, tp bingung dokter apa sebaiknya? Mohon sarannya, terima kasih dokter.

    Wassalam

  12. mariyati says:

    Dok, sdh hmpr 6 bln sy merasakn nyeri ditengkuk smpai dikepala belakang sblh kiri. Sbnrnya penyakit apa yg sy derita ini dok?

  13. irma says:

    malam dok saya mau tanya. mama saya sudah jalan seminggu ini merasakan sakit di tengkuknya dibagian kanan sakitnya dari syaraf otak kecil samapai bagian tengkuk. itu disebabkan kenapa ya dok dan apa ada obatnya ?
    mohon infonya.
    makasih

    • muki partono says:

      ibu anda kemungkinan menderita pengapuran leher , minum obat nyeri dan latihan otot2 leher cari di Youtube tentang latihan leher

  14. Muhammad Alwan says:

    Selamat sore dokter,

    Usia saya 59th, berat badan 62kg, punya penyakit diabetes sejak tahun 2001 yang lalu. Saat ini sedang mengkonsumsi obat Amaril M2mg/500mg pagi dan malam, siang minum Grendis+trajenta 5mg dan malam selain amaryl +Crestor 20mg+Triatec 5mg.
    Sudah hampir 2 minggu ini terasa nyeri dibagian belakang leher dan sedikit berat sampai kepala belakang jika tidur paling terasa, sehingga susah tidur lelap.
    Pernah konsultasi ke dokter umum dan diberi obat Myonep 50mg , Proneuron 2mg, tetapi tidak banyak pengaruhnya.

    Mohon nasehatnya menurut analisa dokter, gejala apakah ini dan sebaiknya saya konsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis apa?

    Terimakasih sebelumnya.

    Salam ,
    Alwan

    • Muki Partono says:

      anda mengalami bejala pengapuran pada leher kalau dengan minum obat kurang berhasil dibantu dengan fisioterapi , dan bila tdk berkuarang juga sebaiknya lakukan pemeriksaan mRI leher utk memastikan penyebabnya

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome