Nyeri Lutut, di samping kiri bawah.

Yth. Dr. Muki,

saya Bambang Sudarto, laki-laki, umur 54 tahun dengan berat badan 81 kg.

Sudah lebih dari setahun lutut kanan saya pada kondisi / posisi tertentu (jadi, tidak selalu) terasa nyeri (bagian yang sakit yaitu, jika saya melihat ke lutut, bagian samping kiri agak kebawah), khususnya jika saya berjalan cukup jauh, berjongkok, bersila, dsb.

Latar belakang rasa nyeri itu saya sinyalir karena (sekitar 3 tahun yang lalu) saya over-training (jalan cepat & jogging sejauh +/- 30 km per minggu, seringkali memang tanpa pemanasan / stretching ). Sejak itu, dokter melarang saya jalan cepat & jogging. Yang dianjurkan ialah bersepeda stationer, maupun menggunakan beberapa alat fitness.

Saya sudah ke dokter spesialis rheumatology, spesialis syaraf, spesialis ortopedi, sinshe, dan ahli urut. Semuanya tidak menghasilkan kesembuhan tuntas karena (menurut saya), diagnosanya mungkin tidak akurat (setiap dokter mendiagnosa berbeda-beda) DAN pengobatannya tidak ke inti masalah (hanya mengobati gejala, bukan penyakitnya). Para Dokter spesialis itu pada umumnya hanya memberikan suntikan (semacam pelumas), dan obat anti inflamasi sehingga setelah tiga bulan-an, rasa nyeri itu kembali lagi.

jawab : di dunia medis perbedaan mendiagonosis itu hal yg sering terjadi, kalau menurut pendapat kami sebaiknya anda dilakukan pemeriksaan MRI lutut, mungkin ada masalah lain yg terjadi pada lutut anda, hanya saja data yg mendukung dengan keluhan anda sebaiknya anda lakukan program penurunan berat badan

Beberapa diagnose dokter spesialis : gejala pengapuran (tapi hasil X-ray tidak menunjukkan hal itu), sinovitis, dan otot ligament ‘terpelecok’. Saat ini setiap hari saya masih rutin minum 1500 mg Glucosamine HCL.

Aktivitas sehari-hari saya memang relative tidak terlalu terganggu karena rasa nyeri itu tidak selalu muncul. Namun, jika sedang kambuh, ya cukup sakit / menganggu.

Apakah Dokter mempunyai SOLUSI TUNTAS atas penyakit saya, dan bagaimana treatment-nya serta apa sebenarnya penyakit saya?

Last but not least, berapa TOTAL biaya yang perlu saya siapkan, dan berapa lama treatment penyakit ini sampai sembuh?

Terima kasih atas perhatian dan bantuan Dokter.

Salam,
Bambang Sudarto

About author:

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome