nyeri di punggung atas sebelah kanan

selamat sore dokter muki,
saya ingin bertanya sudah 6 bln belakangan ini saya mengeluhkan adanya nyeri di punggung atas sebelah kanan, rasanya seperti urat ditarik. untuk menghilangkan rasa sakit itu saya tempelkan koyo…hasilnya langsung hilang. jd setiap rasa nyeri muncul selalu saya kasih koyo. tp 2 bln terakhir rasa nyeri itu hilang dan berubah seperti rasa kesemutan dan pegal sekali. memang 2 bulan ini saya selalu ada didepan laptop. yg ingin saya tanyakan apakah kondisi seperti ini berbahaya dan apa saya mesti melakukan fisioterapi? terima kasih sebelumnya..dan saya tunggu jawaban dari dokter
jawab : kondisi ini bisa berbahaya sebaiknya periksakan sptnya anda menderita gejala penekanan saraf di leher, yg manifestasinya nyeri dan ada kesemutan pada punggung

About author:

80 Responses to “nyeri di punggung atas sebelah kanan”

  1. siang dok. saya sering sekali mengalami sakit punggung di sebelah kanan atas. sudah sekitar 4 tahun ini.awalnya saya pikir hanya masuk angin biasa, lalu saya berfikir lagi mungkin karna bekas suntik anestesi dulu sewaktu saya melahirkan caesar anak saya. tapi belakangan ini sangat sakit sekali dok.sakitnya bahkan sampai membuat saya gak bisa menggerakkan tangan kanan saya. sampai saya gak bisa bernafas saking sakitnya. bisa sampai tembus ke bawah payudara sebelah kanan. rasanya seperti ditusuk-tusuk yang sakit sekali. itu kenapa ya dok?dan apa yang harus saya lakukan?

    • muki partono says:

      Sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang anda mengalami gejala penekanan saraf di leher, nanti kami periksakan foto rontgen , kala perlu pemeriksaan MRI Lumbal

  2. hanni says:

    dok, punggung saya yg bagian atas sbelah kanan, tepatnya dekat lengan itu sakit sekali,, nyeri.. apakah ini rasa sakit yg timbul karena saya tdk bisa menulis dg cepat. kdang rasa sakit itu ilang,, tapi tiba2 kambuh lagi. nyerinya ngga tertahankan,, kalo tangan ato punggung buat duduk membungkuk itu sakit, tapi kalo tangan saya yg sbelah kanan saya pindah di belakang punggung itu rasa sakit berkurang. saya sakit apa ini dok.? dan apa obatnya.? terima kasih. [saya mengetik ini hanya pake' tangn kiri.
    ]

    • muki partono says:

      Sebaiknya diperiksakan kemngkinan anda mengalami gejala penekanan saraf leher, obatnya sementara minum obat nyeri , pakai soft collar, excercise leher

  3. elly says:

    Dok..mw tny tmn saya atas pinggang kanan agak keatas srg terasa nyeri?apa itu brhub dg bagian hati?trs mw tny wkt dy mw lahirin sblm caesar dy dites darah dan hbsag positip yg kt rs kena hepatitis b..apa dg hbsag positip pst kena virus hepa b?makasih

    • muki partono says:

      Ya teman anda pernah ternfeks virus hepatitis B, nyei kanan atas bisa dari organ hatinya, sebaiknya konsultasikan ke dokter penyakit dalam ahli HEPATOLOGO

  4. Nur Amalia says:

    Dokter… saya mau tanya.? belakangan ini terasa nyeri di bagian punggung sebelah kanan & juga payudara sebelah kanan bagian bawah & samping yg menuju punggung.? kira2 saya perlu konsultasi dgn dokter spesialis apa yach.?
    terima kasih..

  5. dian says:

    dok,,udah 3 minggu ini punggung kanan atas saya terasa sakit kadang baal dan linu,,,bahkan sampai ke leher sekitaran itu hingga ke kepala/tengkuk..sebelumnya saya secara tidak sengaja ketika melakukan memebungkuk secara mendadak,urat sendi punggung saya kaya ada yg ketarik gitu rasanya seperti kesetrum..saya sangat terganggu dengan kondisi ini,apalagi ketika sakitnya sampai ke leher/kepala belakang yg bawah(tengkuk)..mohon penjelasannya dok,apakah saya harus ke dokter spesialis tulang ato saraf??terima kasih sebelumnya.

  6. dian says:

    gmn dok?mohon penjelasannya,,,terima kaasih.

  7. asep says:

    dok saya mau tanya sudah hampir 4 bulan punggung bagian kanan dekat dengan lengan saya terasa nyeri seperti urat yang ditarik kencang dan hampir setiap hari sering kambuh saya sudah berusaha dgn di urut tapi masih saja terasa apakah itu berbahaya dan bagai mana cara pengobatan yg benar dok…?
    di tunggu jawabannya

    • muki partono says:

      Sebaiknya anda berobat ke dokter tulang kemungknan karena penekanan saraf pada leher yan menjalar ke lengan , mungkin perlu fisioterapi utk membantu mengurangi keluhannya

  8. yesi says:

    pak dokter, saya usia 32 th, saya sekarang lagi menyusui, pak punggung sebelah kanan atas saya sakit sekali, seperti ada yang bengkak pak ditengah – tengahnya, sudah seminggu saya merasakannya, saya telah melakukan urut dan disarankan untuk mengurutkan ramuan seperti jahe, serai, lada hitam, merica yang dipanaskan pada tukang urut, tapi hasil tetap sakit. katanya ada urat yang berpilin, apa solusi yang lain pak, sangat sakit bila malam, mungkin dingin atau yang lain, saya juga tidak tahu,

  9. renata says:

    dok, saya sering sakit dipunggung sebelah kanan. rasanya pegal, jika di urut tradisonal sekencang apapun tidak terasa. tolong penjelasan untuk penyakit saya ini, dan apakah saya perlu rongsen??

    • muki partono says:

      Kemungkinan bila diurut tdk berpengaruh artinya sumber nyeri bukan dari otot kemungkinan dari organ yg lbh dalam saran periksakan ke doktertulang

  10. yani sudarto says:

    dok, suami saya punya benjolan teksturnya sedikit keras tapi gak berpindah pindah. gak terasa sakit tapi bila di perhatikanm dulu benjolan itu kecil sekarang makin nampak. letaknya di punggung kanan atas dekat tulang belikat ato hampir ke bahu. dan sekarang ada mirip kelenjar kecil di tangan kiri bagian bawahnya dan bila di tekan tidak menimbulkan rasa sakit. mnrt dokter itu kelenjar apa ya? berbahaya kah? trima kasih sebelumnya atas jawabannya dokter.

    • muki partono says:

      Bejolan pada tubuh kita secaramedis dibilang TUMOR bila membesar artinya hidup saran sebaiknya konsultasikan ke dokter, dan kelenjar yg anda maksud bisa berhubungan dengan benjolan tsb

  11. achmad says:

    Dok keluhan saya. pada tulang ekor yang terkadang terasa nyeri dan sebelumnya saya sering merasakan pusing sampai sekarang tidak begitu parah namun sangat mengganggu aktifitas saya jika muncul rasa sakit walaupun hanya sedikit. kira apa penyakit saya dok. terima kasih

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang yg manifestasinya nyeri tulang ekor saran sebaiknya konsultasi ke dokter tulang

  12. alfi says:

    dok mau tanya, belakangan ini punggung saya bagian kanan atas terus-terusan merasa nyeri dok, dan tidak hilang-hilang, bagaimana dok? kasih sarannya ya? terus obat alami apa yang bsik untuk mengobatinya dok?
    tolong di balas ya.. trimakasih

    • muki partono says:

      Kalau nyerinya sdh mengganggu dan terus menerus sebaiknya berobat ke dokter, utk langkah awal yg alami coba tidur posisi terlentang adan alas tidur yg keras, bila perlu tidur di lantai saja

  13. makmur says:

    dokter saya kalo bangun tidur sering punggung kanan kiri agak tengah kaku sakit seperti masuk angin,tp setelah ditekan2 kadang ada suara krucuk2 dan buang angin,tp pegelnya sampe berhari2 gak hilang dan setiap bangun tidur lebih pegel lagi kadang disertai mencret.gejala lainya saya kalau makan pedes perut terasa panas,mohon penjelasan apa penyakit saya dan solusinya,trimk

  14. armen says:

    dokter… ibu saya menderita sakit punggung sebelah kanan, rasanya seperti berat, ball, kadang sesemutan… sakitnya sampai terasa dibahagian kaki sebelah kanan juga…. baru baru ini dia sudah melakukan operasi batu empedu, tetapi hasilnya, sakit pada punggunggnya masih tetap dan tidak berkurang…. mohon saran nya.. terima kasih

    • muki partono says:

      ibu anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang yg disebut SPINAL STENOSIS saran sebaiknya berobat ke dokter tulang da perlu pemeriksan MRI Lumbal

  15. away says:

    Selamaj pagi dok.dok saya sakit dada dan punggung sebelah kiri dok.gejala apa yang sedang saya alami.!?mohon bantuannya ya dok

  16. Rini says:

    Dok,saya mau tanya,,sudah sekitar 5 bulan ini,ibu saya sering merasakan kesemutan di punggung sebelah kanan atas,agak ke tengah.apakah ini disebabkan karena kecapekan.trus kalau mandi itu sering malam tetapi pakai air hangat.itu bermasalah gak dok??kadang kalau kerja rasanya agak kencang kesemutannya?itu penyakit apa ya dok?tolong penjelasannya dok.terima kasih

    • muki partono says:

      Ibu anda menderita gejala penekanan saraf di leher akibat perkapuran pada leher, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter tulang

  17. diana says:

    Dokter,saya mengalami sakit dibagian kiri punggung,dan kalo badan saya ditidurin terasa sangat sakit semua.dan harus pelan2 mengangkat badan juga menidurkanya.Tapi kalo posisi tidur tengkurap atau miring sebelah kanan,tidak terasa sakit!tolong pak dokter saya sakit apa&harus ke sepesialis dokter apa
    Trimakasi

  18. AINY says:

    DOKTER, saya berusia 19 tahun
    keluhan saya sering sakit ketika habis menahan kencing.
    kadang terasa panas di pinggang.
    saya sudah periksa di dokter umum dan katanya ISK
    mohon solusinya dok, saya takut kalau sakit saya ini akan berakibat pada kesehatan ginjal saya.
    trims dokter.

    • muki partono says:

      gejala anda memang pada sistem perkencingan jd sebaiknya konsultasikan ke dokter Urologi , jangan dibiarkan takutnya infeksi bisa menyebar jadi ke ginjalnya

  19. indri says:

    dok saya wanita berusia 22 tahun,saya sering naik motor antara 2 sampai 3 jam setiap minggu dari surabaya,saya juga sering pingsang waktu kelelahan pada saat ada kegiatan diklat dikampus,,yang saya keluhkan sakit pungnggung saya tepat dibelakang dada sebelah kanan kalau sudah seperti itu bagaimana??

  20. Nana says:

    Selamat Malam Dokter Muki..saya mau tnya,sdh hampir 6 bln punggung kanan atas saya terasa sakit sekali pas di urat belikat,kdang timbul kdang hilang..kalau sudah sakit dada saya ikut sesak,ini knpa ya Dok? sesak nya speti ada sesuatu yg menekan dan ditenggorakan seperti ada mkanan yg tak bisa di telan.
    saya periksa ke dokter itu bkn karna maag,jd apa ya Dok?
    Terima kasih Dok

  21. Angel says:

    Selamat siang Dok,,
    Sy ibu rmh tangga 34th. sjk kmrn Punggung sy sebelah kanan bengkak dan baal mulai belikat smp pinggang.
    Kmrn awalnya sakit sy diemin aja dan makin sakit smp sy ga bs gerak, nafas aja sakit. Nafas jd nya pendek2, krn kl tarik nafas gede lsg sakit spt di tusuk punggung sy. Trs sy kerik, pakein bantal panas, di pijit dikit, malah bengkak.. sy ksh counterpain,, ksh thrombophob.. Msh benngkak smp skrg, msh sakit kl di pk nafas dalem atau gerak2 tertentu. Rasanya spt msk angin dan salah urat jg.. gejala lainnya sy mual n ga nafsu makan.
    Mhn saran dan penjelasannya Dok. Tks

    • muki partono says:

      Keluhan anda bisa akibat penekanan saraf di leher sebaiknya diperikskn ke dokter tulang dan perlu pemeriksan Mri leher

  22. Aldi says:

    ibu saya sakit sudah lama sampai tangan kanannya gk bisa untuk mengangkat kalau makan dibantu dengan tangan kirinya, kalau gk dibantu tangan kananx gk sampe ke mulut..

    apa sakitx dan bagaimana solusinya.?

    • muki partono says:

      kemungkinan ibu anda menderita kekakuan pada bahu , tapi utk memastikan sebaiknya konsultasikan ke dokter, kalau benar kaku bahu perlu disuntik dan fisioterapi

  23. Richard S says:

    Dokter,Saya umur 41 Tahun ,punggung saya sebelah kanan sering sakit dan baru 2 bulan ini kepala saya sering seperti kesetrum, mohon petunjuknya, terima kasih.

    • muki partono says:

      kemungkinan anda menderita pengapuran di leher , yg menyebabkan penekana saraf leher sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang utk memastikan diagnosisnya

  24. anis says:

    dok sudah 2 minggu ini terasa nyeri di dada kanan bahkan sampai ke bawah ketiak dan punggu kanan.. buat batuk atau bersin serasa sakit, dan jika tidur posisi miring kanan terasa sakit juga,, sampai2 untuk mengangkat beban yg berat tangan kanan juga linu,,, sebaiknya periksa kmna ya dok???

  25. ila says:

    dok, ibu saya tangan bag kanannya mengalami kesemutan, lengannya jg kaku kalau mencba menaikkan tangannya susah hanya bsa stngah saj tdk bsa menaikkan penuh sampai atas, bahuny kanannny jg drasakan kaku, skr” kaki bag kanannny drasain agk kaku jg dan kepala bag kanan jg ibu saya sering mengeluh pusing yg trus menerus.. gejala ini drasain sudah hampir 2 tahun semenjak ibu saya masuk rs krn hb-ny 5 shngga mesti nambah darah semenjak itu ibu saya mulai merasa kesemutan d bagian tangannya.
    ibu saya sudah dbawa u/ fisioterapi, k dokter tulang, dokter saraf hasilnya nihil tetap tdk ada perubahan pd pnyakitny, saya dan kluarga bngung.. mohon penjelasanny dok mengenai pnyakit ibu saya dan hrs dtindaklanjuti bgaimana
    terima kasih bnyak dok

    • muki partono says:

      kalau HB sampai 5 kami menduga ada masalah yg serius krn bisa berkaitan dengan keluhan ibu anda saran dicari tahu penyebab HB yg rendah , saran cari second opini utk masalah ibu anda

  26. kristiyanti says:

    dok, saya ibu berusia 35 tahun, sudah sejak gadis saya mengalami nyeri dibagian punggung tepatnya dibelikat sebelah kanan. kalau kambuh rasanya pegal,nyeri,ngilu sampai ke persendian legan,sikut, pergelangan tangan dan tulang dada. sudah berusaha di terapi pijat refleksi tapi masih sering kambuh apalagi setelah menggendong anak atau mencuci pakaian dan rasa nyeri itu bisa 2-3 hari baru hilang, saat ini jika kambuh penangannannya hanya di balur balsam/tempel koyo/di injak”/dikerok. seperti ada otot yg kejang di balik tulang belikat. pertanyaan saya apakah ada penekanan syaraf, di tambah jika terlalu lelah tulang punggung bekas suntik anastesi ikut nyeri dok? mohon sarannya, trimakasih

    • muki partono says:

      Nyeri belikat bisa akibat geskan Otot belikatDan Otot dinding dada atau akibat penekanan Saraf punggung Saran Lakukan pemeriksaan MRI

  27. juan muttaqin says:

    dok, saya sering sakit dipunggung belakang belikat, sakit nya seperti ditusuk, ketika saya tarik napas sakit, dan saya hembuskan napas juga sakit. sakitnya ini kadang-kadang muncul dan kadang-kadang sembuh, tapi sembuhnya ini gak total. jadi ketika saya beraktivitas berlebihan kemungkinan sakit itu muncul lagi dok. sdh 2 tahun saya begini sejak kelas 1 SMA. mohon penjelasannya …

    • muki partono says:

      kamu curiga anda menderita scolisos pembengkokan pada tulang belakang dominan pada daerah torakal saran sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang

  28. juan muttaqin says:

    tdi saya sudah periksa ke dokter bagian dalam , kata nya penyakit frozen shoulder.

  29. atik says:

    dokter saya seorang ibu usia 45 tahun dengan 3 anak, beberapa bln ini kadang2 merasa nyeri di punggung ke arah skapula kiri, kl minum obat nyeri hilang tetapi skr terasa nyeri lagi. apa diagnosa dan penyebabnya dok, tks

  30. atik says:

    Tanya lagi dok, baru saja saya berbaring telentang kemudian ganti posisi miring, nyeri punggung saya seperti kesetrum dok, baik miring kanan maupun kiri sama sakitnya. O ya dok, beberapa bulan yang lalu saya pernah merasakan seperti denyut ( nadi / otot ? ) di bagian punggung dekat pundak keras sekali sampai terasa tapi kemudian hilang sendiri. Saya harus periksa kmn dok ? mohon saran dan penjelasanya,trimakasih.

    • Muki Partono says:

      periksakan ke dokter tulang anda mengalami gejala penekanan saraf , keluhan anda itu adalah sensasi saraf yg mengalami iritasi

  31. heri handoko says:

    Dok…sya mngalami skit punggung kiri atas..tengkuk dan leher sya terasa kaku…ketiak kanan dan kiri juga terasa sakit…skit ini sdh lama(5thnan)…sdh sya bwa ke fisioterapi tp tdk mbuahkan hslk

    • Muki Partono says:

      Sebaiknya diperiksakan waktu 5 tahun terlalu lama . sebaiknya bila mengalami suatu kelainan apapun keluhan tdk berkurang selama 2bln sdh hrs periksakan ke dokter

  32. aya says:

    saya mau tanya, baru baru ini punggung atas saya sakit dan kalo saya tarik nafas pasti sakit nya terasa luar biasa.. kenapa itu yh dok, mohon penjelasan nya

    • Muki Partono says:

      Sesuatu hal yg biasa dialami pasien kami mungkin hanya kram otot2pernapasan saja minum obat nyeri bila msh nyeri sampai 2minggu periksakan ke dokter

  33. prawoto says:

    Dokter sy mau tanya. Pasca jatuh dari ketinggian Sudah 3 bulan ini punggung atas sebelah kanan saya sakit tembus sampai ke depan, sakit itu terasa hanya pada saat bangun tidur. Saya sakit apa namanya dan harus berobat ke dokter spesialis apa? Atas jawaban dokter saya ucapkan terimakasih.

    • Muki Partono says:

      anda kemungkinan mengalami retak pada tulang belakang yg menyebabkan penyempitan saraf di tualng belakang sebaiknya periksakan MRI tulang belakang dan berobat ke dokter tulang

  34. dani says:

    Dok,saya punya keluhan sakit pinggang sebelah kanan,kadang terasa nyeri dan panass hingga tembus keperut kanan bawah rusuk,sudah sekitar 1th saya merasakan itu,kadang hilang kadang kambuh,biasanya nyeri di waktu pagi,sore spti sembuh,bagaimana solusinya dan sakit apakah kira2 dok ? Sekedar catatan dok bahwa buang air kecil tidak ada masalah,normal2 saja,tidak berwarna,kecuali pd saat sangat capekk,kurang minum,ato minum teh kopi baru brwrna agak pekat,bab jg rutin tiap pagi, terima kasih buat informasi,saran dan diagnosanya.salam

  35. Lusia says:

    Dokter, saya berusia 35 thn, BB 42kg, TB 155cm. punggung saya sblh kanan lbh besar drpd sebelah kiri. Kadang terasa ngilu dan sakit. Kalau sedang kambuh, saya tidur suka diganjal dgn bantal, menggunakan pain killer, koyo, urut dan kerokan. Hal ini sdh bertahun2. Utk info, saya bepergian dengan sepeda motor. Sewaktu anak saya masih bayi dia sangat gemuk dan sering saya gendong. Kolesterol saya lbh 9 dr batas atas kolesterol normal, saya jg keputihan (mkg berhubungan dgn ginjal/saluran kemih). Apakah itu penyebabnya atau ada mslh lain? Kalau periksa saya hrs ke specialist apa atau langkah awal yg hrs sy lakukan. Tks, dok..

  36. puji astuti says:

    Dok. Saya mau tanya sekarang saya dengan mengalami nyeri yg teramat sangat di daerah punggung saming sebelah kanan tepatnya dibagian tulang rusuk paling bawah saya tidak bisa tidur terlentang tengkurep atopun miring kalopun bisa saya harus menata sedemikian rupa tubuh saya agar bisa tidur. Nyeri yg saya rasakan itu klo pas saya gerak yg ga kebeneran langsung clenggggg sakit bgt sampe badan kaku sampe tahan nafas pokoknya sakit bgt dok. Tp klo pas ga gerak yg kira2 nya ga bikin sakit ya ga sakit dok cuma kemeng rasanya di bagian punggung. Yg saya tanyakan sakit apa yg saya rasakan dok apakah berbahaya?? Trus saya mesti gmn??? Terimakasih

    • Muki Partono says:

      saran sebaiknya diperiksakan , foto rontgen punggung utk melihat adakah kelainan pada punggung anda,kadang2 keluhan spt ini sering dialami oleh pasien kami, bisa akibat kekakuan otot saja bisa juga sebab kr penekanan saraf punggung

  37. desi says:

    Dokter,beberapa waktu lalu saya mengalami batuk yang sangat berat.setelah batuk reda punggung atas sebelah kanan sakit.seperti ada urat ke tarik.sdh beberapa kali d urut blm jugaada perubahan.rasanya sangat menganggu.karena setiap bgn tdr dada saya terasa berat.mohon bantuannya dok.terimakasih.

  38. desi says:

    Lantas apa yg sebaiknya saya lakukan ya dok?krn sdh 2bln kondisi saya blm jg pulih benar.saya pun jd mudah kelelahan,pdhal sblmnya tdk sprti ini.apakah bs pulih dgn sendirnya atau hrs check k dokter?trimkasih

  39. teguh says:

    maaf pak dokter , saya berusia 28 tahun , saya mengalami ada benjolan ukuran 4 inci di punggung sebelah kanan atas saya , saya mengetahui ada benjolan ini sekitar 3 bulan yang lalu , awal nya tidak terasa apa2 tapi sekang mulai menganggu kadang terasa nyeri dan terasa panas ,, dan nyeri nya sampe di lengan kanan saya , itu kenapa yah pak dokter ,, emank sih pak rasa nyeri nya tidak terlalu tetapi saya takut aja akan bertambah nyeri nanti nya kalau di baiarkan ,,
    mohon paka dokter bisa membantu saya ,..sebelum nya terima kasih pak dokter

    • Muki Partono says:

      sebaiknya periksakanke dokter pastikan benjolan itu apakah hanya kekakuan otot atau memang tumor karena penganganannnya berbeda

  40. arly junita pagalo says:

    Usia saya 23thn…sudah 3hr ini setiap subuh atau bangun tdur dipagi hari dibagian belakang punggung saya nyeri sekali,sampe2 saya nangis krn ga tahan,biasanya sakitnya berawal dr dada kanan dpn lemudian tembus ke belakang lemudian naik ke bahu…kaki saya jg lebam2 dgn sndirinya dok terutama dibagian telapak,kmudia nyeri bgtu kadang sakit klo berjalan…yg saya mau tanya,ini gejala apa ya?

  41. Dok sdh 1 bln ini d lengan sm punggung atas kanan terasa nyeri dan linu bahkan sampe terasa k susu bagian bawah tp sy cr gda benjolan kira2 knp ya dok

  42. rika says:

    Dok,belikat kanan saya sangat sakit sekali. Sakitnya samai menjalar ke payudara kanan atas dekat dg ketiak, bawah ketiak,bahu,lengan atas dan jari tangan. Taangan saya sering kesemutan dok.
    sudah rontgen leher dan ada penyempitan tlg belakang serta syaraf terjepit. Di payudara jg sering nyeri yg berpindah pindah.sudah cek ke rs onkologi, alhamdulillah tdk apa2
    kira2 kenapa ya dok. Dan apakah obat pereda nyeri itu ibuprofen. Apakah boleh sering2 mengkonsumsi ibuprofen?

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome