nyeri di pinggul n kaki kiri

August 24, 2010 Dr Menjawab 33 Comments

dok,sy usia 28th,udah 3 hari ini saya merasakan nyeri pada bokong kiri yg menjalar pe kaki kiri.kadang berasa ngilu dan dingin dr paha pe betis kiri.kalo bgian yg skit ditekan(bwh pinggang sblh kiri) brasa pe kaki.saya kenapa ya dok?apa krn penekanan saraf pinggang ato penyebab lain?tindakan apa yg harus sy ambil.krn tiap kali brgerak terasa sakit.

jawab : bila ini serangan baru pertama kali, sebaiknya minum obat nyeri, coba tidur dalam posisi terlentang dgn alas keras, lutut sedikit ditekuk, lalu berenang, dan BB di jaga dalam range yg ideal. kelihatannya anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang

About author:

33 Responses to “nyeri di pinggul n kaki kiri”

  1. toby says:

    saya da sebulan lebih tersiksa gara gara nyeri dan linu d bagian pangkal paha sampai pergelangan kaki kiri, ga bisa duduk lama ataw jongkok, cos nyeri banget… saya sakit apa ya dok? tolong infox

    • muki partono says:

      anda menderita gejala penekanan saraf di pinggang sebaiknya dilakukan pemeriksaan MRI Lumbal utk memastikannya

  2. Muhammad Yusri says:

    habis olah raga (main tenis)…menit terakhir bermain mulai agak terasa ..pinggagnya bagian bawah agak perih….setelah istirahat samapi skrg terasa sakit bagian pangkal paha kiri…pdahal sebelumnya bagian bawah belakang semuanya terasa nyeri.
    kira2 knapa dokter, mengatasix bagmana? trimaksih

  3. tetty lindaswari says:

    dok…badan saya yang bagian kiri udah 2 minggu suka ngilu, mulai dari kaki, betis, panggul, bahu dan leher…kadang kaki say sekali2 kesemutan kalo udah banyak duduk bergantung….ada apa ya dok? terimakasih,

    • muki partono says:

      mungkin anda terlalu lelah bekerja dan istirahat kurang , sebaiknya konsumsi vitamin dulu lihat perkembangan kedepan, sptnya keluhan anda wajar2 saja

  4. etik hidayanti says:

    malam dokter…
    usia saya 36 tahun. dalam kurun 1-2 bulan pasca bersalin saya mengalami nyeri pinggang yang sangat dengan paha kiri terasa seperti kesetrum. info yang saya dapat adalah pemulihan otot dan itu biasa untuk kelahiran anak yang ke sekian. pinggang sudah tidak dirasa nyeri, tapi kaki masih seperti kesetrum dan gampang lelah (panas).
    pekan ini saya “kecethit” (kata orang begitu, nyeri pinggang yang sangat ga bisa sekedar duduk) karena saya balik badan belum sempurna langsung angkat baby (10 kg) yang dg spontan (kuatir dia jatuh). sekarang fisioterapi dan masih berlanjut karena nyeri (panas) di daerah panggul.
    apa ada indikasi HNP? perlu MRI?

  5. adi dwi h says:

    Malam Dokter…
    Saya merasakan ngilu di bokong kiri …apalagi bila bangun tidur akan terasa ngilu pada bokong kiri…seperti ada yang mengganjal pada persendian paha..tetapi bila saya gerakan kemudian saya bawa olahraga …lari dll semua rasa ngilu akan hilang..tetapi bila selesai olahraga rasa ngilu tersebut datang kembali..apalagi saat bangun tidur serta di udara dingin akan semakin ngilu,..saya rasakan sekitar 3 minggu ini ….sakit apa saya dokter ??????

  6. reni says:

    dok.. mau tanya nih, saya merasakan nyeri yang sangat di bagian pinggul kiri saya sampai ke paha. kalo bangun tidur sakitnya sampai menjalar ke bagian bawah perut. tapi kalo udah agak lamaan sakit yang dibawah perut hilang. tapi yang di pinggul sama di paha masih aja tetep ada. trus sampai bagian lutut nyerinya juga kerasa dok.. kalo dipijit pake salah satu balsem pereda pegal, hilang,, tapi kalo hangatnya ilang sakitnya timbul lagi dok.. kira2 itu kenapa ya dok? saya sudah kedokter, tapi malah dikasi obat nyeri datang bulan.. tolongin saya ya dok.. saya takut ada apa2 dengan sekitar pinggul dan perut saya dok.. karna saya seorang wanita dok.. :)
    mohon bantuannya ya dok..

    • muki partono says:

      Kelihatannya anda mengalami gejala penekanan xaraf pinggang, yg manifesntasinya bisa diperut dan nyer sampai lutut, sebaiknya dilakukan pemeriksaankemnali dan kalau perlu pemeriksaan MRI Lumbal

  7. ismail says:

    sore dok
    saya mengalami keluhan dipinggul sebelah kiri sampai kaki..saya juga mempunyai wasir/ambeyen..apakah sakit pinggul ini bisa dari wair ?

  8. erni says:

    siang dok,
    saya ada keluhan dipinggul kiri atas nyeri sampai ke betis kiri terasa berat buat jln, tapi klo sdh digerakkan kaki kiri terasa enak. saya sdh mAU TANYA DOK APAKAH SAYA PERLU RONTGEN.THX

  9. anna says:

    Dok,
    Maaf mau tanya, beberapa lama ini saya sering merasakan betis kiri kebawah kesemutan kadang timbul kadang hilang tapi durasi lama sekitar
    1 jam. Apa ya dok dan harus ke bagian apa saya harus berobat?
    Terimakasih.

  10. nirwesti says:

    dok, saya mau tanya.
    ayah saya berusia 64 thn. beliau sdh menjalani operasi syaraf terjepit tulang belakang. sesaat setelah sadar dari pengaruh obat bius, rasa sakit di pangkal paha kiri hingga telapak kaki sudah tidak terasa lagi. akan tetapi setelah kira2 2 minggu pasca operasi, sakit yg seperti sblm operasi koq kembali lagi?
    info tambhn bhwa lumbal 4,5,6 ayah saya sdh tdk karuan.

    kira2 apa yg terjd pd ayah sy, pdhl operasi sdh dilakukan.
    sy mhon penjlsan dokter yg sejls2nya n terperinci. jg apa tindakan selnjtnya yg hrs dilakukan ayah saya.

    terima kasih sebelumnya.
    salam.

    • muki partono says:

      saran sebaiknya dievaluyasi ulang , krn banyak faktor yg bisa menyebabkan kondisi ini, kami tdk bisa memberi komentar tanpa memeriksa , sebagai ilustrasi operasi pada saraf terjepit itu banyak metode,shg hasilpun bisa bervariasi, dipasaran banyak sekali tehnik yg ditawarkan, kami menawarkan tehnik minimalis MED,

  11. yuli says:

    sore dok,
    mf sy mau tanya. sya ada keluhan pegal di betis sampai ke paha, pinggul dan lengan (semuanya sebelah kiri sdh sktr 5 thn / pasca melahirkan) sakitnya luar biasa dan sering kambuh apalagi kl di ruangan ac terlalu lama. mohon info sakit apa dan menanganannya. thanks

  12. titink riyani says:

    Tanya ya dok,kaki kiri saya kok dibetis sakit/nyeri kalau buat jalan atau diri,umur 50 th kenapa ya dok mohon pencerahannya

    • muki partono says:

      Nyeri betis bisa akibat dari kelainanotot betis atau sebab dar penekanan saraf d pinggang seaiknya diperiksakan ke dokterw

  13. dee says:

    dok, sy ada keluhan, (maaf) pantat sebelah kiri sampai ke betis rasanya panas, pegal, nyeri. Baru2 ini sy menderita radang usus. Kira2 ada kaitannya tdk ya antara 2 hal itu? Lalu apa yg harus sy lakukan trhdp rasa nyeri itu? Penekanan saraf tu krn apa ya dok? Thx.

    • muki partono says:

      Kami rasa tdk berkaitan antara radang usus dgn keluhan nyeri yg anda alami , kami menduga ada mwnderita penekanan saraf pinggang bawah yg manifestsinya nyeri pada pantat menjalar ke betis dan disertai rasa panas dan baal dan nyeri

  14. Tri Jayanto says:

    Maaf Dok,saya laki-laki usia 43 thn, saya punya keluhan pangkal paha luar nyeri sampai betis dan pergelangan kaki kiri, kalau dibuat duduk dilantai ( Lesehan ) selang beberapa detik rasa ngilu nya amat sangat menyiksa dok.dan badan terasa kelelahan, lemas gak ada gairah, mohon dokter analisa sakit apa saya ini dok ? dan apa yang harus saya lakukan untu kesembuhan sakit ini ? terimakasih

  15. Lilis says:

    Dok udah berbulan2 ini saya sakit bokong kalau di tekan itu kesetrum ampe paha kerasanya,, kalau di pencet2 juga kerasa kaya ada yang bunyi . Itu kenapa ya

  16. lita (umur 24 tahun) says:

    malam dok, saya mau tanya. baru bbrp hari ini kaki saya yang bagian kiri dari pinggul sampai jari terasa nyeri. dan sebelumnya engsel lutut saya kalo di pencet terasa sakit, penyakit apa itu dok? apa kelainan syaraf juga?

  17. herwita pratiwi says:

    Dok saya nyeri pinggul kiri bagian dalam
    Udh periksa dokter tulang katanya scoliosis
    Pengobatan jya sebaiknya gimana ya, umur saya 25 tahun, kata dokernya d suruh berenang

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome