Mengenal Nyeri Pinggang HNP

Anda mungkin sering menjumpai bahkan mengalami langsung nyeri pada pinggang secara tiba-tiba. Banyak hal bisa mengakibatkannya. Salah satu di antaranya adalah Hernia Nucleus Pulposus (HNP).

HNP adalah luruhnya nukleus pulposus sehingga menonjol melalui anulus fibrosus ke dalam kanalis spinalis dan mengakibatkan penekanan radiks saraf. Pria dan wanita memiliki risiko yang sama dalam mengalami HNP, dengan awitan paling sering antara usia 30 dan 50 tahun. HNP merupakan penyebab paling umum kecacatan akibat kerja pada mereka yang berusia di bawah 45 tahun.

Unit segmental fungsional adalah kombinasi dari diskus di bagian anterior dan kedua persendian di posterior. Unit segmental fungsional ini menyediakan perlindungan terhadap komponen saraf dan pada saat yang bersamaan memungkinkan pergerakan dalam rentang stabilitas klinis.

Faktor Risiko
Ada beberapa faktor yang berpotensi menyebabkan HNP, di antaranya adalah berat badan yang berlebihan, gaya hidup bermalasmalasan, dan postur tubuh yang tidak diposisikan secara benar. Faktor lainnya adalah perubahan degeneratif yang mengurangi kekuatan dan stabilitas tulang belakang sehingga menyebabnyerikan tulang belakang rentan terhadap cedera.

Perubahan degeneratif antara lain pertambahan usia yang berpengaruh pada penurunan kemampuan menahan air yang dimiliki nukleus pulposus, proteoglikan rusak, komponen mekanik memburuk yang menyebabkan terlampauinya tekanan maksimal dalam diskus sehingga mengakibatkan penonjolan anulus. Selain itu, pergerakan tiba-tiba dan bertenaga atau traumatik yang memindahkan gaya dalam jumlah besar ke tulang belakang juga berisiko besar terhadap kemungkinan terjadinya HNP.

Manifestasi Klinik
Nyeri yang disebabkan oleh HNP dikenal sebagai iskhialgia diskogenik atau siatika, yaitu nyeri sepanjang perjalanan nervus ischiadikus. Level segmen tulang belakang yang terkena akan mempengaruhi daerah nyeri sesuai distribusi dermatom. Nyeri digambarkan sebagai nyeri yang tajam, berpangkal pada bagian bawah pinggang dan menjalar ke lipatan bokong tepat di pertengahan garis tersebut.

Dari titik tersebut ke lipatan lutut terasa ngilu, dan dari lipatan lutut ke maleolus eksterna terasa kurang enak atau parestesia atau hipestesia. Pada kasus yang lebih parah, dapat terjadi defisit motorik dan melemahnya refleks. Jika radiks yang terkena penonjolan diskus adalah L5-S1, maka ujung nyeri iskhialgik adalah hipestesia atau parestesia yang melingkari maleolus eksternus dan menuju ke jari kaki ke-4 dan ke-5.

Diskus yang mengalami herniasi dapat menekan ujung saraf di kauda equina; menyebabkan sindrom kauda equina dimana terjadi saddle anasthesia sehingga menyebabkan nyeri kaki bilateral, hilangnya sensasi perianal (anus), paralisis kandung kemih, dan kelemahan sfingter ani. Sakit pinggang yang diderita pun akan semakin parah jika duduk, membungkuk, mengangkat beban, batuk, meregangkan badan, dan bergerak. Istirahat dan penggunaan analgetik akan menghilangkan sakit yang diderita.

Penegakan diagnosis pada pasien HNP dapat berupa anamnesis dan pemeriksaan fisik. Untuk pemeriksaan penunjang, dapat menggunakan X-ray anatomi tulang belakang. Temuan utama pada x-ray pasien dengan HNP adalah penipisan diskus. Selain itu, juga bisa dilakukan MRI standar emas jaringan lunak pada tulang belakang, seperti diskus intervertebralis, ligamen, sumsum tulang belakang, dan saraf spinal.

Terapi
Pernerapan terapi pada pasien HNP dapat berupa konservatif: istirahat mutlak di tempat tidur, terapi farmakologis, fisioterapi, latihan, traksi, dan korset pinggang. Terapi operatif dilakukan jika ditemukan indikasi, antara lain, terdapat sindrom kauda equine, mengalami defisit neurologis progresif, mengalami defisit neurologis yang nyata, dan rasa sakit yang menetap dan semakin parah empat sampai enam minggu setelah terapi konservatif.

Jenis pembedahan yang bisa dilakukan pada pasien HNP adalah Laminotomi (pemotongan sebagian lamina di atas atau di bawah saraf yang tertekan), Laminektomi (pemotongan sebagian besar lamina atau vertebra), dan Disektomi (pemotongan sebagian atau keseluruhan diskus intervertebralis). Sementara, ada juga yang disebut Minimally Invasive Operation.

Dengan cara ini, insisi yang diperlukan tidak lebar, dimungkinkannya visualisasi lokasi patologi melalui mikroskop atau endoskop, trauma pembedahan yang dialami pasien jauh lebih sedikit, dan pasien dapat pulih lebih cepat.

About author:

562 Responses to “Mengenal Nyeri Pinggang HNP”

  1. arthika nauli says:

    saya seorang dokter ptt di salah satu desa tpncil prop bengkulu..disini 70% pasien datang dg keluhan nyeri pinggang smpi k kaki..tungkai tidak merasa lg.. Terapi apa yg terbaik saya berikan untuk mereka dok? Krn selama ini sya hanya memberi analgetik tp kasihan krn selalu berulang..tq

    • muki partono says:

      secara statistik keluhan back pain di derita 80% kasus yg dtg ke klinik, hanya 10% dr yg mengeluh yg tetap nyeri artinya memang ada kelainan apakah HNP , atau sebab lainnya, jd anda berikan analgetik,muscle relaksan, vit B1,B6,B12.pengalaman saya di puskesmas krn tdk ada muscle relaksan anda bisa kasih diazepam, dan bila yg cukup parah bisa anda beri steroid tapi jgn lama2 ,dan anjurkan tidurnya di papan posisi tidur terlentang, hindari bekerja duduk dilantai, bila bekerja di sawah atau kebun pakai stagen (kalau di kota kita pakai korset)

  2. dewi says:

    Selamat siang, dok. Teman saya pernah operasi karena HNP 3 tahun lalu, dan dianjurkan utk memakai korset. Tp sekrg jg jarang dipakai, kecuali jika akan bepergian jauh. Dulu menurut dokternya, akan lebih baik lg jika dipasang pen, namun dia menolak.
    Pertanyaan saya, HNP itu bisa sembuh total tidak, dok? Ataukah justru akan terus memburuk? dan olah raga apa yg cocok bagi penderita HNP? TKB.

    • muki partono says:

      teman anda dioperasi pakai cara konvensional sptnya bila pakai MED tdk perlu pakai korset terus menerus , hanya sehabis operasi saja, HNP bisa sembuh total bila penanganannya tepat sesuai indikasi.

  3. rika says:

    tulang ekor ibu saya retak (kira2 28 th yll,saat sedang mengandung adik saya, ibu pernah jatuh, dan baru ketahuan retak sekitar 10 tahun belakangan)
    kata dokter diantara tulang yg retak itu ada tulang tumbuh dan saraf yg terjepit
    yg ingin saya tanyakan apakah hal ini sama dengan HNP ?lalu apa terapi yg paling baik untuk ibu saya (usianya kira2 63 th)?

    • muki partono says:

      saya anjurkan utk pemeriksaan MRI memastikan ada penekanan saafnya dan apakah ada kelainan lain, al ini tdk sama dgn kasus HNP, th/nya bisa kita berikan obat2an dan program fisioterapi

  4. robby says:

    dok mau tanya nih, pacar saya tiba-tiba merasa ngilu dan nyeri di pinggang dan menjalar sampai ke kaki, kita sudah melakukan x-ray tapi normal hanya yang sedikit aneh tulang belakangnya agak lurus dan hanya melengkung di tulang ekor (kata dokternya harusnya berbentuk S)hasil USG dan tes darah normal, kita sudah melakukan fisioterapi sampai 6x tapi masih tetap sakit walaupun hanya untuk duduk atau tiduran, ada kemajuan sih setelah fisioterapi yang semula sakit sampai tdk bisa tidur sekarang sudah berkurang, hari ini terapi lagi pake laser dan kata dokter dianjurkan untuk memamakai korset, pengin MRI tapi mahal yah dok?menurut dokter sebaiknya gmn yah, kasian dok udah lebih dari 2 minggu nih..

    • muki partono says:

      memang ideal kita lakukan MRI pastikan kelainannya pada level yg mana selanjutnya biar fisioterapinya terarah, saran coba bantu dgn obat nyeri juga , neurotropik

    • rachima says:

      dok mu tanya suami saya d vonis menderita HNP, dokter tersebut menyarankan untuk fisioterapi kurang lebih 10 hari dan MRI, tp setelah saya membaca artikel dari dokeer ternyata jika d lakukan operasi akan cepat penyembuhannya, apakah fisioterapi atau d operasi dok? trims

  5. Riki says:

    dr. yang terhormat, mau nanya mama saya mengalami gejala yang hampir sama dengan yang di jabarkan oleh dr Mukti . Sakit di bagian bawah pinggang daerah anus hingga kakinya merasa tegang atau tertarik..
    sakitnya hanya terasa kalau mau berubah posisi misanya bangun dari tidur atau duduk, jalan. kalau duduk atau tidur saja tidak sakit.
    Sudah pernah di mri bulan lalu dan menjalani fisio terapi tapi belum ada kemajuan sama sekali …
    apakah harus di operasi ?
    terus dengan operasi MEP itu apa yang di rubah ? diskusnya ditekan atau diapakan secara bahasa umumnya..
    terimakasih sebelumnya
    Regards
    Riki

    • muki partono says:

      coba kami periksa dulu mungkin cukup disuntik saja, blm perlu MED, tindakan MED adalah tujuannya melonggarkan sarafnya dgn cara mengurangi bagian yg menekan yaitu diskusnya bukan ditekan atau dibuang

  6. humez says:

    mau tanya juga dokter…
    selama beberapa tahun terakhir ini saya sering mengalami sakit di bagian tulang belakang, dari leher sampai tulang ekor.
    saya hampir tiap hari main badminton, tapi jarang pemanasan. paling cuma jalan kaki aja ke sport hall trus langsung main.
    beberapa minggu yg lalu, setelah main badminton bagian tulang ekor saya sakit sekali sampai saya tidak bisa jalan sama sekali selama lebih dari sehari..
    kata dokter yg meriksa, syaraf di tulang ekor saya ada yg terjepit. kemungkinan besar saya kena HNP. saya cuma diterapi infra red saja, tapi tetep aja sampai sekarang suka nyeri dok.
    nyeri-nya baru akan mereda kalo saya minum voltaren + mengoleskan pirofel..
    dokter cuma melarang saya main badminton lagi trus disuruh berenang, tapi saya kan ga bisa berenang dok..
    dokter yg meriksa saya juga bilang mungkin saya bakal kesulitan saat melahirkan.
    yg saya mau tanyakan, apa benar HNP akan membuat saya susah melahirkan dok?
    gara2 mendapat info itu, saya sampai memutuskan untuk berpisah dengan calon suami saya dok.
    mohon jawabannya dok, plis..

    • muki partono says:

      anda pastikan dulu dgn MRI lumbal apa betul memang ada HNPnya, bila memang ada saya rasa tdk harus berpisah dgn suami anda masih banyak cara mengobatinya, dan HNP dgn kelahiran tdk usah dikhawatirkan, kita bisa siasati dgn cara spt lakukan operasi sc

  7. eddhie says:

    Dok.. Saya kena HNP sudah 1 tahun lebih gejala awal sejak tahun 2002.. kaki sebelah kanan sering kesemutan dari paha hingga kaki… itu terjadi kalau cape sekali. kerjaan saya banyak duduknya dan sering angkat-angkat juga. Pada bulan Februari 2008, saya mengalami sakit pinggang, biasa kalo minum jamu atau obat 2-3 hari sembuh tapi lama kelamaan sakit gak pernah ilang malah saya gak bisa berdiri normal. Kalau jalan membungkuk san miring. Bulan Mei tambah parah.. dari ujung kaki sampai pantat terasa kesemutan dan baal (mati rasa). Kata dokter Harus Operasi… Saya takut operasi…
    Akhirnya saya cuma melakukan Fisioterapi dan Anternatif juga, pijat refleksi… Pemakaian Korset tiap hari,.
    Tapi sampai sekarang pantat sampai paha masih mati rasa (baal) dan antara kaki sebelah kanan agak mengecil, untuk jalan gak sempurna.. kekuatan pijakan kaki kanan dan kiri berbeda.
    Bisakah saya normal kembali dok… apa obat yang perlu saya konsumsi?

    Terima Kasih

    • muki partono says:

      anda sebaiknya operasi, krn kelihatannya penekanannya sdh permanen artinya saya menduga material bantalannya sdh masuk ke lubang saraf , jgn dibiarkan krn saraf terjepit lama akan menyebabkan kerusakan permanen walaupun sdh dilakukan operasi jd sebaiknya dilakukan operasi

  8. juriani says:

    dok, saya terkena penyakit HNP, udah di MRI, L4-5,L5-S1.udah pake korset tp tambah sakit klo gk korset lebih enakan.skr saya bingung bagaimana caranya utk sembuh total???
    skr yg saya rasakan telapak kaki kiri terasa tebal, paha kiri kadang” terasa ketarik, malam klo tidur suka keram, umur saya,38 thn.tolong alamat dokter lengkap. terima kasih

    • muki partono says:

      sebaiknya anda di operasi krn patokannya adlah saat tidur seharusnya bila penekanan ringan tidur tdk nyeri, artinya penekanan anda sdh berat, anjuran kita operasi dgn MED , alamat kami RS Siaga Raya, Rs Jkt dan Rs Puri Indah (lihat kolonm kontak)

  9. Iwan nst says:

    Dok sya iwan umur 26 thn. Saya terkena hnp L4,L5 udh setahun ini. Januari kemaren saya dioperasi tp hslnya msh belum memuaskan, menurut dokter sy hrs dibntu dgn terapi. Setelah sebulan ini saya terapi dan disuruh memakai korset tp blm ada tanda kurangnya, tambahan sakit dok, jd menurut dokter saya skrg hrs berobat yg bgimn ya dok terima ksh..

  10. adhi says:

    slmt siang dok, saya sudah 2 tahunan sering kambuh sakit pinggang, awalnya sakit terjadi terpacu oleh BERSIN, dan tidak bisa gerak selama 1 minggu, (otomatis bolos kerja) langsung di rongten di RS halmahera siaga, bandung. tapi ga ada kelainan pada tulang. Kata dr. syaraf. ini urat kejepit. Bisa minta saran obat penahan nyeri ini dok ? karena saya belum sempat CT Scan konon biaya nya cukup mahal ya? kalau di USG sih sudah itu pun tdk ada kelainan kata dr. nya. tolong dok obat penahan nyeri ini aapa ya.. trims ADHI

    • muki partono says:

      anda menderita penekanan saraf pinggang sebaiknya periksa MRI lumbal, sementara minum obat nyeri warung aja apa saja bisa kok

  11. elvi says:

    dok, seingat saya. Sy tdk pernah jatuh terduduk ataupun gerakan keras yg lain. usia sy 19 thun, kira2 mulai 2 tahun lalu pinggang saya pas di atas tulang ekor mulai terasa sakit2. Tapi sy hiraukan karna skt sebentar juga hilang.
    beberapa bulan lalu ketika bangun dr kursi sedang ujian, terasa tak bs bangun, dan sakit sekali pinggang sy. Tapi sakit tak berlangsung lama. Dan hari ini sy sedang berdiri masak sarapan, mendadak pinggang sy terasa sedikit sakit dan lama kelamaan makin sakit sampai tak bs jalan dan duduk, dan saya berusaha baring, dengan keadaan diam pun masih terasa sakit sekali, sampai sy minum obat, setengah jam baru berkurang.. Tp sampai 3 jam pun tak bs jongkok,
    Sy belum 20 thun, apa penyebabnya ya dok????

    • muki partono says:

      anda mengalami nyeri pinggang bawah yg sdh dikategorikan LBP Kronik sebaiknya dipastikan apa penyebabnya , umumnya bila usia muda ada kelainan pada bantalan tulang belakang

  12. Lesmana says:

    dok saya mau nanya di mana saya medapatkan korset HNP?

    • muki partono says:

      korset lumbl banyak di jual bebas yg penting anda tahu jenisnya apa ada lumbal korset, lumbosacral korset, TLSO , dll

  13. ira safithry says:

    Dokter.. saya divonis menderita HNP grade 1 pada tulang L4-L5 2mgg yg lalu, sekarang tengah menjalani fisiotherapi 2-3 kali seminggu ( baru 3kali kedatangan )dan mengulangnya sendiri di rumah 2 kali sehari, tapi nyerinya koq belum terlalu berkurang dok, kadang2 memburuk. dibagian pangkal paha nyeri sekali seperti ada yg mengganjal, pinggang belakang jg nyeri, dan ngilu di bbrp bagian kaki kanan. saya juga mengalami kesulitan tidur karena rasa nyeri itu..
    saya diberi obat “mecolin”, “Neurobion”, dan “dolo-Neurobion” dan sudah memakai korset. apakah selama masih ada nyeri saya harus bedrest? masih boleh tidak menyetir? sesekali naik/turun tangga?
    apakah tindakan operasi bisa menyembuhkan penyakit ini dok?

    terima kasih

    Ira

    • muki partono says:

      ya , baru saja kami melakukan op MED pada penderita spt yg anda keluhkan, kelihatannya anda butuh op krn tidur sdh terganggu , artinya penekanan dan inflamasi prosesnya cukup berat, MED tindakan op yg cocok utk kasus anda, nyaman, 1 hr rawat, sayatan 1,5 cm, tdk memasang implant pada tlg belakang anda, sehabis operasi pemulihannya cepat

  14. Erlin says:

    Dok, kemarin pagi tiba2 saya mengalami nyeri yang luar biasa di bagian pinggang kiri belakng hingga sangat sakit u berjalan. kejadiannya sewaktu saya hendak mengangkat kaki hendak memakai jeans. Sebelumnya saya menyusui anak saya dengan posisi tidur menyamping dan kira2 3 tahun yg lalu waktu hamil anak pertama saya jg mengalami hal yg kurang lebih sama. ada hubungannya ngga yha dok? setelah itu saya langsung urut dan hasilnya lumayan bisa berdiri dan jalan biasa tanpa bantuan, tapi nyerinya masih ada sedikit.Usia saya 32 tahun, kira2 kenapa yha dok?

    • muki partono says:

      anda menderita kelainan dipinggang ada kaitannya dgn yg lama, berdasarkan pengalaman biasanya pada usia muda kelainan bantalan tulang belakang yg menekan saraf. sebaiknya diperiksakan krn serangannya sdh berulang

  15. Muhammad Denis says:

    Dokter Yth. Saya menderita HNP L4-5 L5-S1 berdasarkan hasil MRI. Gejala yang timbul seperti:
    - telapak dan punggung kaki terasa panas pada saat pakai sepatu
    - kaki bengkak apabila duduk dikursi (duduk diam) selama 1 jam.
    - pinggang sakit dan menjalar ke betis, ujung jari dan telapak kaki
    - tidur tidak nyaman, karena pinggang dan ujung jari nyeri, terutama pada saat berubah posisi tidur.
    - leher dan pundak sebelah kanan sering sakit dan nyeri

    Saya sudah mencoba terapi dan memakai korset, namun hasilnya tidak memuaskan. Saat ini rasa sakit dan nyeri bertambah.
    Mohon penjelasan dokter, apakah saya harus dioperasi dan bagaimana dengan tingkat keberhasilan serta resiko terburuk dari operasi tersebut.
    Terimakasih.

  16. Hari says:

    Dokter Yth. Saya menderita HNP L5-S1 berdasarkan hasil MRI, Mei 2009. Untuk dokter ketahui, ini sudah yg ke-4 kali HNP kambuh.

    Yg pertama th 2002, sakitnya seperti ditusuk2 di pinggang tapi ringan, ke sinshe, 1 bulan sembuh.
    Yg ke-2 th 2007, luar biasa sakitnya, serasa ditusuk2, kemudian disuntik kiri kanan, seminggu sembuh.
    Yg ke-3 th 2009, lumayan sakit tetapi rasa ditusuk2 tidak terlalu banyak, hanya dikasih obat dan MRI, seminggu sembuh.
    Sekarang yg ke-4 th 2010, lumayan sakit juga tetapi rasa ditusuk2 tidak terlalu banyak.

    Tetapi sangat tidak nyaman krn tidak bisa jalan normal, tidak bisa tidur, serba salah posisinya, sama seperti gejala2 yg sebelumnya.

    Perlukah operasi ? karena saya malas operasi :)
    Saya cuma ingin disuntik.

  17. dony says:

    dok saya pernah di ronsen di pinggang hasilnya HNP L5S1 grade 1…sakit di pinggang sblh kanan…setelah terapi&pengobatan(medis & alternatif) bisa dikatakan sudah tidak ada keluhan sakit…tp ini kok timbul lagi sakitnya dok…tp di pinggang sebelah kiri…dan sakitnya melebihi sakit yang terdahulu….kalu buat kalan rasanya nyeri,trs telapak kaki rasanya sakit kalo buat jalan….knp itu Dok….saya juga mau tanya kalau Operasi HNP itu biayanya berapa&bisa sembuh total gak Dok??????apakah ada metode operasi/non opersi yang bisa menyembuhkan HNP secara Total??? saya seorang altet lari dok…apakah saya saat ini boleh olahraga Joging untuk menjaga kebugaran tubuh saya???terima kasih atas bantuannya Dok…..

    • muki partono says:

      keluhan anda artinya makin hebat penekanannya, krn sdh mengenai sisi sebelahnya, krn anda atlit sebaiknya anjuran operasi dgn tehnik MED, spy anda bisa aktifitas spt biasa kembali, jangan khawatir dgn metode MED sayatan minimal dan aman baca testimonial pasien2 yg sdh kami lakukan MED, biaya lebih kurang 25-28 jt (perawatan klas 3)

  18. lya kristianty says:

    dok, ibu saya divonis dokter menderita HNP. kemarin beliau berobat ke salah satu rumah sakit yang ada di medan. dan diperoleh hasil MRI nya seperti ini:

    MRI Lumbosacral spine:
    dibuat T1W dan T2W sagital scans dan T2W axial scans melalui daerah lumbsacral. Pada T1W sagital scan tampak mild posterior protruding disc dari L-3/4 dan L-4/5. Disc space tidak menyempit, spinal alignment terpelihara dengan baik. Pada T2W sagital scan tampak ventral epidural lumbalis masih tampak normal. Pada T2W axial scan tidak tampak penyempitan spinal canal. Facet joints normal.

    Kesan:
    Mild posterior protruding disc dari L-3/4 dan L-4/5 serta multiple degenerative disc disease. Tidak tampak spinal stenosis.

    yang mau saya tanya kan, kira-kira apa maksud dari hasil MRI tersebut ya dok?

    sebelumnya terima kasih banyak atas penjelasan dokter.

    • muki partono says:

      ibu anda menderita kelainan disc degeneratif pada tulang belakang yg mengakibatkan penekanan saraf tulang belakang , walaupun dikatakan tidak ada spinal stenosis ( lubang saraf menyempit) tapi harap diingat bahwa pemeriksaan MRI posisinya tiduran di Indonesia tdk ada pemeriksaan MRI posisi dgn tekanan jd bisa dipastikan saat duduk dan berdiri pasti ada penekanan saraf, dan keluhannya akan nyeri pinggang yg kadang menjalar ke kaki atau kedua kaki

      • lya kristianty says:

        bagaimana dgn pengobatan kelainan disc degeneratif pada tulang belakangitu dok?

        apa yg dimaksud dgn hasil foto spondilosis L4L5,trus pengiobatannya apakah boleh mengkonsumsi obat – obat yg mengandung kalsium?

        Terima kasih dok…

  19. dony says:

    terima kasih atas jawaban yg di berikan Dokter atas kasus saya….

    “””dok saya pernah di ronsen di pinggang hasilnya HNP L5S1 grade 1…sakit di pinggang sblh kanan…setelah terapi&pengobatan(medis & alternatif) bisa dikatakan sudah tidak ada keluhan sakit…tp ini kok timbul lagi sakitnya dok…tp di pinggang sebelah kiri…dan sakitnya melebihi sakit yang terdahulu….kalu buat kalan rasanya nyeri,trs telapak kaki rasanya sakit kalo buat jalan….knp itu Dok….saya juga mau tanya kalau Operasi HNP itu biayanya berapa&bisa sembuh total gak Dok??????apakah ada metode operasi/non opersi yang bisa menyembuhkan HNP secara Total??? saya seorang altet lari dok…apakah saya saat ini boleh olahraga Joging untuk menjaga kebugaran tubuh saya???terima kasih atas bantuannya Dok…”””””..
    *
    jawaban “”” keluhan anda artinya makin hebat penekanannya, krn sdh mengenai sisi sebelahnya, krn anda atlit sebaiknya anjuran operasi dgn tehnik MED, spy anda bisa aktifitas spt biasa kembali, jangan khawatir dgn metode MED sayatan minimal dan aman baca testimonial pasien2 yg sdh kami lakukan MED, biaya lebih kurang 25-28 jt (perawatan klas 3)””””

    saya mau menanyakan lagi tentang kesembuhan pasca operasi..apakah bisa sembuh total(bisa beraktifitas normal seperti sebelum sakit HNP…..)apalagi saya memounyai tanggung jawab sebagai seorang atlit lari Dok…..mudah2an saya bisa segera mengumpulkan dana untuk operasi itu…

  20. rani says:

    Dok,,saya berumur 27
    pada bulan september 2009 saya divonis dokter spesialis syaraf kena HNP.dan sempat lumpuh.pinggang kanan sya,pangkal paha,tulang ekor skt dan sakitnya menjalar sampai kekaki
    selama bulan itu saya tiap hari kepengobatan alternatif dan renang di ancol.bulan desember saya sdh bs jalan meskipun blom normal.kemudian sya menghentikan pengobatan ke alternatif karena tidak ada biaya.bulan maret 2010 sampai hari ini saya menjalani terapi difisioterapi tiap hari dan sekali2 berenang.hasilnya saya sdh bs berjalan normal meskipun kadang sakit klo kelamaan jalan kaki dan skt yg dipinggang tdk kurasakan lg.hanya saja skrng pangkal paha saya skt.Dok sy ingin tanyakan
    1.kira2 brp lama lg kah terapi yg harus sy lakukan???sy sdh tidak bekerja lg karena sakit ini.dan saya ingin sekali bekerja lgi sperti dulu
    2.msh bisa kah saya sembuh total atau sembuh sempurna seperti dulu??
    3.saya mau menikah tahun ini.bagaimana nanti kalau saya hamil atau melahirkan.apakah pengaruh terhadap HNP ini???terus terang sy dan orang tua cemas sekali.takut terjadi yg lebih parah dari sebelumnya.
    sekian dan terima kasih

    • muki partono says:

      kalau melihat gejala anda menderita HNP yg sdh lanjut sebaiknya di operasi dgn Metode MED sangat aman, dan setelah itu anda bisa aktifitas lbh cepat dan bisa melakukan kegiatan spt biasa, jangan dibiarkan krn akan menyebabkan kelumpuhan

  21. staberlyn says:

    saya sering mengalami nyeri pada lutut dimulai dr 3 tahun yang lalu jg ada pembengkakan dibagian belakang dr lutut .Nyeri seperti tulang yang berbenturan dan sering tersa pegal bila berdiri terlalu lama,kira2 kenapa ya dok?thanks

    • muki partono says:

      anda menderita robekan pada bantalan lutut sebaiknya di artroskopi utk memastikannya dan mengobati sekaligus, krn sdh 3 thn terlalu lama

  22. Nurhayati says:

    Dok, saya berumur 30 tahun, sudah hampir 5 bulan saya merasakan sakit di punggung sebelah kanan, menjalar ke paha, betis dan telapak kaki. rasa sakit itu saya rasakan bukan pada saat saya beraktivitas saja, tapi pada saat saya tidur pun saya merasakan sakit pada bagian tubuh tersebut. Apakah saya menderita HNP. Apa yang harus saya lakukan? mohon jawabannya. terima kasih

  23. Kholid says:

    Sy Kholid umur31th dari Pasuruan
    Pertama kali merasa nyeri pinggang skitar6bulan yg lalu ktika menahan motor yang mau jatuh dengan kaki kiri,setelah sembuh skitar 1bulan yg lalu nyeri terasa saat bangun tidur,untuk jalan sangat sakit.oleh dokter diberi obat,nyeri terasa sampai sekarang, dan terasa sangat sakit pada posisi duduk atau nyetir mobil,nyeri terasa di pinggang,pantat,paha,lutut,sampai tumit sebelah kiri.saya minta saran harus periksa kemana
    terima kasih

    • muki partono says:

      anda menderita gejala penekanan saraf pinggang, sebaiknya periksa ke dokter orthopedi, atau saraf , dan sebaiknya diperiksakan MRI Lumbal

  24. ical says:

    Dok, saya terkena HNP di L5-S1 berdasarkan hasil RMI di RSPI sekitar 9 tahun yang lalu, yang mengakibatkan kaki kiri saya sakit ketika di gerakan. Pada saat itu saya di beri obat oleh dokter (saya lupa namanya) dan tetap beraktifitas seperti biasa hingga saat ini, walaupun terkadang rasa sakit muncul. 2 bulan terkahir ini muncul rasa sakit di kaki sebelah kanan dan anehnya kaki sebelah kiri sudah tidak sakit lagi. rasa sakit kali ini sangat menggangu aktifitas saya sehari2 terutama ketika bangun tidur di pagi hari.

    Yang saya mau tanyakan:
    1. Kenapa rasa sakit bisa berpindah dari kaki kiri ke kanan?
    2. Saya terpikir untuk melakukan operasi untuk mengatasi gangguan yang saya alami, tetapi beberapa kerabat menginformasikan bahwa operasi ini berbahaya dan banyak efek sampingnya. apakah benar dok? dan apa saja efek samping dan resikonya?
    3. berapa biaya yang dibutuhkan untuk operasi ini? dan berapa lama waktu operasi dan pemulihannya.

    terima kasih untuk jawabannya

    • muki partono says:

      anda kelihatannya mengalami penekanan yg cukup besar yg berakibat nyeri pada sisi yg sebelah, sebenarnya sisi kiri penekanannya belum hilang, tapi nyeri hilang akibat saraf bila tertekan lama dia mengalami perubahan sehingga nyeri hilang yg mnrt pasien itu sembuh, sebenarnya tambah menekan akhirnya pindah ke saraf sisi yg lain yg mengalami penekanan , operasi pilih minimal invasif (MED) utk kasus anda cocok L5_S1, biaya estimasi 25-28 jt(perawatan klas 3 ) hanya 1 hr rawat

  25. Hasan Basri says:

    Assalamu’alaikum Dokter Mukti, saya mau tanya berapa biaya yang diperlukan untuk operasi MED, krn 6 tahun lalu saya operasi convesional hnp L5S1, tapi skrng kambuh lagi, berdasarkan MS-CTScan yang sy lakukan ditempat yang sama terjadi penonjolan kembali diiringi oleh L4, sekrang saya mengalami nyeri sampai ke ibu jari kaki, sholat saja tdk bisa berdiri, apalagi jongkok di toilet, dapatkah dioperasi kembali dgn metode yg lain, brp biayanya, trimakasih, wassalamualaikum.

    • muki partono says:

      sebaiknya kita jumpa dan anda bawa foto2 yg lama dan yg terbaru, masalah biaya MED berkisar 25-28 jt (perawatan klas 3), kami perlu pastikan apakah memang kambuh atau hanya proses peradangan saja di sekitar yg bekas operasi

  26. herna says:

    sore dok…sy mau bertanya apakah mati rasa daerah anus,’kandung kemih bisa sembuh krn syaraf kejepit makasih herna

    • muki partono says:

      wah anda sdh mengalami cauda equina sindrom, sebaiknya penjepitannya segera ditangani, kalau mau sindromanya hilang

  27. Angela says:

    sore Dok, Ibu saya usia 62 th, sdh 2 bulan menderita nyeri hebat di kaki kanan (mulai pangkal paha sampai ujung kaki), sdh di MRI dan hasilnya adalah stenosis di L4-L5 dan HNP di L5-S1, petunjuk dokter orthopedy di kota kami hrs dioperasi dan dipasang pen 2 buah.
    Mohon petunjuk Dokter karena ibu say juga komplikasi diabetes, hiperetnsi dan kebocoran ginjal (albumin), selain itu ibu say aosteartritis di kedua lutut dan belum dioperasi.Saat ini ibu saya tidak dapat tidur terlentang karena sakit dan tidak dapat berdiri tegak harus membungkuk.
    Mohon informasi juga untuk biayanya Dok. Terima kasih.

    • muki partono says:

      ibu angela, kami menganjurkan utk operasi dgn metode lain MED yaitu operasi utk HNP tanpa pemasangan pen, sayatan minimal 1,5-2 cm, rawat hanya 1 hari , nyaman, aman dan mobilisasi setelah op cepat kembali ke aktifitas semula, baca testimonial pasien2 kami yg sdh merasakan manfaat tehnik ini

  28. Hasan Basri says:

    Assalamu’alaikum Dr.Mukti, sy mau tanya kembali, brp persen tingkat keberhasilan oprs. MED, apa resikonya, brp banyak pasien yang sudah Dokter tangani dgn menggunakan metode MED untuk kasus HNP L4-L5 S1 seperti yg saya alami sekarang, terimakasih sebelumnya, wassalam?

  29. indika says:

    Dok, saya mau konsultasi..
    Saya perempuan berusia 22 tahun..
    Sekitar 1 bulan lebih yang lalu saya jatuh duduk tetapi tidak ada rasa sakit berlebih hanya biru di pantat kiri..
    Namun 2 minggu kemudian saya jalan2 seharian kira2 jam 11siang – 9 malam dengan berjalan kaki dan sesekali beristirahat..
    Dan mulai merasa sakit pada selangkangan..
    Lalu pada jam 3 pagi nya saya pergi keluar kota dengan mobil dan tertidur selama 1 jam lebih dengan posisi badan miring dan pada saat bangun pinggang saya nyeri sekali dan ketika bersin pun sangat sakit.. Namun saya tetap bisa berjalan tp tidak bisa duduk lama..
    Sampai sore hari sakitnya semakin bertambah dan kemudian saya diurut dan langsung jauh lebih baik tp tetap tidak bsa duduk lama..
    Seminggu kemudian saya kembali nyeri luar biasa di pinggang bahkan lebih parah, saya tidak bisa jalan, pinggang sangat sakit sampai tangan dan kaki dingin menahan sakit.. Dan kemudian saya kembali diurut + dikasih obat dan sudah lebih baik hanya tidak bisa duduk lama..
    Menurut analisa dokter apa yang terjadi dengan saya dan apa yang harus saya lakukan? Dokter syaraf yang telah memeriksa saya mnyarakan untuk MRI, namun itu tertalu mahal… Apa saya termasuk menderita HNP? Apakah ada cara lain untuk mendiagnosis selain mengunakan MRI?
    Terima kasih dok untuk jawabannya..
    Tuhan memberkati..
    :)

    • muki partono says:

      anda dicurigai menderita HNP atau fraktur kompressi lumbal utk mengetahu bisa dilakukan Mielografi atau CT Myelo lbh murah

  30. elvi says:

    dok…saya mau konsult nih…
    tahun 2007 saya pernah jatuh terduduk, tapi saat itu gak ada sakit yang saya rasakan. setelah dua hari pas bangun tidur saya merasakan sakit pada tulang pinggul belakang..trus sejak kejadian itu saya selalu merasakan sakit sekitar pinggang sebelah kanan setiap hari bangun tidur…kalo udah mulai berkativitas lagi, sakitnya ga terasa. sakitnya terasa setiap saya bangun tidur sampai sekarang ga pernah hilang. saya udah rontgen 3 kali tapi tidak ada kelainan pada tulang..cek darah jg udah dilakukan tapi tidak ada ditemukan kelainan ginjal..udah dikasi obat2 penahan rasa nyeri tapi tetap ga hilang juga..seminggu belakangan ini sakitnya tambah terasa.biasanya siang hari ga terasa, ini terasa terus menerus…gimana nih dok? penyakit apa yg saya derita dan apa yang harus saya lakukan?

    • muki partono says:

      sebaiknya diperiksa MRI Lumbal utk melihat apakah kelainan yg terjadi pada pinggang anda, mudah2an dgn pemeriksaan iMRI bisa diketahui penyebabnya

  31. Agnes says:

    Malam dok, saya berusia 21 tahun.
    Saya menderita sakit di kaki bagian kiri, posisi sakit dari betis sampai ke mata kaki. Saya termasuk overweight.
    Mulanya ketika bangun tidur saya terburu2 bangun dan saat berjalan sakit lebih terasa.
    Mulai saat itu sering muncul kram ketika berjalan lama, awalnya saya cuek saja, lama2 sakit dan bertambah sakit ketika saya posisi tidur.
    Ketika duduk dan bermain sepeda, sakit tidak terasa dan kaki bisa rileks.
    Yang saya ingin tanyakan, apakah saya menderita sakit seperti penyempitan saraf?
    Saya hanya minum obat (tidak rutin) pengurang rasa sakit pinggang seperti remacile tapi sakit tetap saja.
    Apa karena masalah OW itu ya dok?
    Obat apa dok yang bisa saya minum?
    Apa yang harus saya lakukan dok?
    Thx.

    • muki partono says:

      mungkin anda ada gejala penekanan saraf pinggang yg diperberat dgn OW, sebaiknya BB hrs turun brppun ada pengaruhnya buat anda, obat yg dikonsumsi obat nyeri dan muscle relaksan

  32. elvi says:

    sore..dok…pemeriksaan MRI Lumbal iMRI itu ada gak ya dok di Jambi, kalau tidak ada di Jambi saya harus periksa dimana dok? pemeriksaannya seperti rontgent ya dok? kira2 berapa biayanya?terima kasih ya dok atas jawabannya….

  33. emy says:

    dok, saya umur 25 tahun, gejala yang saya alami mirip seperti yang dok jabarkan di atas, sakit di daerah tulang ekor dan pinggang. sakit datang dan hilang sendiri dok. saya belum melakukan pengcekan apa-apa dan tidak mengkonsumsi obat apapun.. tapi ada kemungkinan osteoarthritis g dok,?kadang duduk dengan tegak saja masih tetap sakit dok..apa yang harus saya lakukan?pengobatan atau perubahan pola makan?sebagai catatan saya tidak overweight..terima kasih dok

    • muki partono says:

      sebaiknya di cek saja agar lbh jelas, coba berenang dan kurangi duduk lama, tdk ada hubungan dgn pola makan

  34. lia says:

    ass,selamat malam dok.1 minggu yang lalu saya jatuh dari motor(dalam kondisi duduk),setelah dipijat,selama 3 hari baik-baik saja,tapi di hari ke empat tiba-tiba tulang bagian belakang bawah sakit dan rasanya benar-benar nyeri+linu.dan waktu kecil juga pernah beberapa kali mengalami jatuh dalam keadaan duduk.kira-kira kemungkinan penyakit saya apa yah dok?bagaimana solusinya?terima kasih….was

    • muki partono says:

      mdh2an tdk apa2 biasanya tulang ekornya bermasalah apakah retak atau sebab lain, anda perlu pemeriksaan foto rontgen

  35. lia says:

    dok, jika seandainya hasil rontgen nya bermasalah di tulang ekor ada yang retak atau patah dan seandainya hanya saraf nya saja yang terjepit, bagaimana solusinya?

  36. abdul Rahim says:

    As.wr.wb
    dokter, umur saya 36 tahun, sekitar 3 bulan yang lalu saya ada memindah / mengangkat barang dirumah yang beratnya sekitar 25 kg…setelah itu timbul rasa sakit / nyeri hebat di pinggang tapi sakitnya tidak menjalar ke kaki, setelah di pijat bisa jalan pelan – pelan…..setelah 2 bulan dan rasa sakit agak berkurang saya coba periksakan di Klinik Syaraf dan di sarankan foto Rontgen…..
    kesimpulannya hasil foto Rontgen LS AP/ Lateral Normal, dan bilang dokter syaraf rasa sakit yang saya alami disebabkan oleh otot punggung saja….
    Yang ingin saya tanyakan kepada dokter adalah :
    1. apakah sakit/ nyeri yang disebabkan otot punggung itu lama baru sembuh dan apakah bisa sembuh dengan sendirinya.
    2. sekarang yang saya rasakan didaerah belakang Lutut kiri saya terasa kencang dan tidak enak serta pinggang saya juga kadang kadang masih terasa nyeri…..apakah itu bisa berakibat kepada HNP dokter.
    3. sekarang obat yang saya minum NEUROSANBE 5000, apakah tidak ada efek samping kalau obat itu di minum terus

    terimakasih atas perkenan dokter, penjelasan dokter sangat saya harapkan untuk kasus saya ini..

    • muki partono says:

      analisa kami anda menderita HNP, tidak menjalar sampai ke kaki tapi menjalar ke lutut, sebaiknya pastikan dgn pemeriksaan MRI Lumbal, baru setelah ada hasil baru bisa kita beri komentar tentang prognosa penyakit anda, obat yg anda minum boleh2 saja itu hanya vitamin tdk terlalu pengaruh terhadap keluhan anda

  37. wiwin says:

    ASS.Wr.Wb
    Selamat pagi dokter,
    Dokter Yth, saya mau bertanya, apakah jenis / teknik operasi untuk HNP dengan metode MED / Minimally Invasive operation juga ada / bisa di lakukan di Pulau kalimantan (khususnya KALSEL / KALTIM)….karena teman saya menderita HNP dan kepingin mau operasi dan tinggal di kalimantan, kasian dok, mau ke Jakarta tidak punya biaya dan juga tidak punya keluarga disana

    harapan saya ada jawaban dari dokter sehingga bisa memberikan solusi terbaik / jalan keluar buat teman saya itu.
    Terimakasih dokter

    • muki partono says:

      kami kurang paham , kondisi di Kalimantan , baru2 ini kami tangani pasien dari Bulelng Kaltim, yg sdh dilakukan operasi dgn tehnik konvensional 6 thn yg lalu dan penderita memilih tehnik MED , menurut informasi penderita blm ada, sebaiknya anda tanyakan saja pada RSnya apakah sdh ada, sebagai informasi Minimal Invasif banyak metode yg ditawarkan, kami menawarkan MED dgn ENDOSPNIE sistem

  38. lia says:

    ass, dok.saya sudah melakukan rontgen,dan dokter bilang hasilnya baik-baik saja, tidak ada tulang yang patah ataupun retak, tapi kenapa saya masih merasakan sakit di bagian tulang belakang, bahkan jika tiduran dan kaki di luruskan dan jika duduk senderan dan kaki di luruskan juga terasa sakit, pegal-pegal dan seperti kesemutan, dipakai berjalan pun cepet capeknya apalagi kaki yang sebelah kiri.dokter juga menyarankan untuk di pijat secara kontinu.
    menurut dokter bagaimana?

  39. tidar says:

    dokter umur saya 31 tahun, 2 bulan ini saya mengalami nyeri dipinggang sampai daerah pantat dan paha betis belakang, trus saya disusruh pake korset dan fisioterapi,waktu batuk dan bersin tidak terasa sakit, kaki ku kadang2 sering sengal, hampir tiap hari. kira2 saraf terjepit saya termasuk kategori berbahaya gak dan apakah bisa sembuh total ? trima kasih dokter

  40. zahra elnuna says:

    doker yth…tgl 5 agustus lalu saya mengalami kecelakaan jatuh dari motor dengan posisi jatuh terduduk.sampai beberapa hari kemudian saya tidak bisa BAB dan bila BAK hanya menetes.saya sempat menjalani rawat inap untuk dilakukan pemasangan kateter untuk membantu kencing dan dilakukan latihan agar bisa BAK.setelahnya saya bisa BAK, akan tetapi beberapa hari pertama saya masih harus menggunakan dulcolac agar bisa BAB. sekarang BAK sudah lancar, BAB masih 4-5 hari sekali ( sebelumnya saya tiap pagi)berdasarkan hasil rongent lumbal menurut dokter syaraf tempat saya dirawat tidak masalah.Berhubung keluhan saya masih ada (untuk batuk, bersin atau mengejan rasanya seperti mau melahirkan, kaki nyeri, sering kesemutan/tidak terasa, bila duduk pantat terasa panas)dan hanya berkurang dengan obat yang sy minum, saya mencoba periksa ke dokter di RS yang lebih besar. disana dinyatakan saya kena HNP pada L5 SI.rencana kedepannya akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut agar pengobatan lebih tepat.Apa yang hrs sy lakukan dok? akankah saya mengikuti prosedur dokter ke 2 saya atau tetap kembali ke dokter 1 yang menyatakan butuh kesabaran untuk sembuh karena tidak ada masalah dengan lumbal saya?dan bila tidak ada masalah perasaan nyeri berasal dari mana?oh ya, dari dokter 1 saya mendapat pengurang rasa nyeri dan vitamin syaraf.mohon sarannya.terimakasih sekali atas saran yang diberikan

    • muki partono says:

      anda mengalami inkontinensia (istilah kesukaran BAB dab BAK), hal ini bisa akibat trauma yg anda alami , mungkin juga sdh ada HNP L5-S1 yg sdh lama diperburuk dgn adanya trauma, sebaiknya periksakan MRI LUmbal, jgn dibiarkan lama2

  41. Dokter Yth,Pada nopember 2008 suami saya kena HNP skrg msh terasa nyeri dipinggul dan dibawah lutut didepan betis kaki sudah di MRI hasilnya : MRI Lumbosacral spine:
    dibuat T1W dan T2W sagital scans dan T2W axial scans melalui daerah lumbsacral. Pada T1W sagital scan tampak posterior protruding disc dari L-4/5. Disc space tidak menyempit, spinal alignment terpelihara dengan baik. Pada T2W scan tampak ventral epidural defect ringan setentang -4/5.tampak normal signal dari discus dan marrow dari corpus vertebra lumbalis. Pada T2W axial scan tidak tampak penyempitan foramina intervertebralis kiri dan kanan. facet joins normal. spinal canal tidak menyempit.

    Kesan:
    posterior protruding disc dari L-4/5. Tidak tampak spinal stenosis.
    yang mau saya tanya kan pada dokter
    1. kira-kira apa maksud dari hasil MRI tersebut ya dok?
    2. Apakah HNP bisa dipijat/dikusuk.
    3. Apakah hnp yg diderita suami saya sudah dikategorikan parah?
    4. Apa sebaiknya yg harus kmi lakukan dokter, mengingat smua usaha telah kmi lakukan hanya operasi yg blum dilakukan.

    sebelumnya terima kasih banyak atas penjelasan dokter.

    • muki partono says:

      suami ibu menderita HNP L4-L5 , bila sdh 2 tahun nyeri tdk hilang dan sdh upaya pengobatan sebaiknya dilakukan suntikan(foraminal Blok) kalau masih takut operasi.Pengobatan urut tdk akan menyembuhkan

      • Dokter menyarankan suami saya melakukan suntikan foraminal blok krn suami saya menderita HNP L4-L5, yang mau saya taqnyakan pada dokter :
        1. apakah suntikan foraminal blok dapat menyembuhkan HNP yg diderita suami saya dok?
        2. RS mana kami bisa melakukan suntikan tersebut, kira-kira berapa biayanya dok?
        3. apakah cukup 1x suntikan dokter?

        Sebelumnya terima kasih saya ucapkan atas penjelasan dokter?

  42. zahra elnuna says:

    pagi dok…saya kembali nanya, saya sudah periksa ke sebuah RS rujukan di tempat tinggal saya, akan tetapi tidak dilakukan MRI, dilakukan ENMG dengan kesimpulan iritasi radiks spinalis L5 bilateral terutama kanan dengan aksonopati n. peroneus bilateral terutama kanan.Pendapat : mendukung kemungkinan HNP.saat ini saya mendapat obat vitamin syaraf, pengurang nyeri dan suntikan yang dilakukan di lumbal untuk mengurangi udema. jika melihat hasil tersebut, masih perlukan di lakukan MRI dan apakah masih bisa dilakukan pengobatan saja atau perlu dilakukan operasi?karena terus terang saya takut operasi.o,ya umur saya 33 tahun dok.terimakasih atas penjelasan yang diberikan.

    • muki partono says:

      keputusan operasi menurut kami tergantung dari penderita sendiri (indikasi relatif), bila sdh penekanan hebat dan ada kelemahan otot sebaiknya diakukan operasi pilih tehnik yg minimal (MED), sementara anda lakukan fisioterapi, minum obat nyeri dan obat vitamin saraf serta pelemas otot

  43. zahra elnuna says:

    Terima kasih banyak, semoga ilmu yang bapak miliki menjadi amal yang tidak ada putusnya

  44. nia says:

    saya mau di operasi hnp berapa lama sy tdk boleh bergerak di tempat tidur setelah operasi

    • muki partono says:

      dgn metode MED, habis operasi anda boleh langsung bergerak dgn bantuan korset, 5 jam boleh coba duduk dan jalan

  45. Kholid says:

    Setelah dokter sarankan MRI Lumbal sy langsung periksa, hasilnya ada saraf yang terjepit, yang ke kaki kiri dan kanan. Jari 3,4,5 terasa tebal.Dokter menyarankan operasi hnp. Keluarga sangat memberatkan karena sy mash berusia 30th dan operasi di tulang belakang resikonya besar.Apakah tidak ada solusi lain, kalau opersi gimana faktor resikonya Dokter?Terima Kasih

  46. mawardi says:

    Hasil MRI : HNP Th12-L1,HNPL5-S1.
    Apakah saya harus operasi dok?saya peserta askes,kalo opersi di rsu setempat operasi konvensional ya dok,resikonya gimana?apakah operasi MED ada di semua RS.Saya tinggal di Pasuruan JATIM.Terima Kasih.

    • muki partono says:

      sebaiknya anda diperiksa kembali, masalah tehnik MED setahu kami tdk semua RS ada fasilitas, kebetulan kami belajar dan memiliki alat MED secara pribadi , resiko hampir tdk ada yg serius. Tehnik ini kami sdh lakukan sejak 2003, dan penderita2 yg sdh dikerjakan merasakan nyaman sekali, malah pada penderita yg sdh pernah dilakukan operasi sebelumnya dgn metode lain(konvensional) dan kami lakukan operasi kembali merasakan perbedaannya sangat significan, anda tdk perlu khawatir, kami belajar dan mengajukan tehnik ini pada dasarnya ingin membuat pasien nyaman, aman, mobilisasi lbh cepat setelah operasi, dan biaya terjangkau

  47. muri says:

    Dokter Muki YTH, sekitar 2 minggu yang lalu kakak saya mengalami sakit yang luar biasa di pinggang sebelah kiri. Setelah dilakukan MRI maka hasilnya adalah HNP dimana tulang 4 dan 5 menjepit syaraf.kska saya ini berumur 38 tahun
    Saat ini keadaan kakak saya mengalami gejala spt ini:
    1. susah tidur, saat ini sudah tidur beralaskan papan
    2. rasa nyeri saat bergerak kekiri, dan sakit dipinggul kiri
    3. Bila kaki diluruskan maka dari lutut ke pergelangan kaki keram
    4. Punggung terasa sakit
    5. Bila angkat kepala terasa pusing
    6. kaki belum maksimal digerakkan ke atas
    7. Bila tidur terlentang, pinggul dan pinggang terasa sakit dan nyeri

    Apa tindakan yang terbaik dilkaukan ke kakak saya ini? apakah harus operasi? dengan memakai metode apa?penyembuhannya berapa lama?Bila operasi, dimana saya bisa lakukan ? Saat ini kakak saya masih dirawat di RS
    Mohon infonya dokter. Thanks

    • muki partono says:

      kelihatannya kakak anda sdh hrs dioperasi ,kami mengusulkan tehnik MED , baca testimonial pasien2 kami yg sdh dilakukan operasi MED, kami praktek (baca kolom jadwal praktek)

  48. gina says:

    Pagi Dok,
    Kira2 kemarin sore,pinggang kiri saya nyeri sekali,sampai saya sakit kalau jalan. Sampai malam hari pun masih nyeri sampai ngga bisa tidur. Terus menggigil kedinginan,saya kira masuk angin, saya minum obat,akhirnya bisa tidur.pagi ini ternyata masih terasa nyeri di bagian pinggang kiri hingga ke belakang punggung dok. Saya jd tidak bisa berdiri lama dan maunya tiduran — itupun tiduran miring ke kanan,krn kalau miring ke kiri sakit sekali. Kenapa ya dok? Saya belum pernah begini. Terima kasih

  49. Novieta says:

    selamat pagi dokter., sdh 2 hari ini sy mengalami nyeri punggung yg hebat, sampai sy susah bergerak. rasa nyeri ini terjadi scr tiba2, sblmnya sy tdk pernah mengalaminya. upaya yg sy lakukan pijat n fisiotherapy, tapi blm jg mengurangi rasa sakit saya. akhrnya saya atasi dg obat penghilang rasa nyeri.tp hanya mengurangi sdkit rasa nyerinya. usia sy 35 tahun, jenis kelamin perempuan. gejala apakah ini dok? sy takut.. sy harus periksa kemana? dokter saraf ataukah internis? trims

  50. Lala says:

    duaminggu ini sy ngerasain sakit pinggang sampai terasa ke perut sebelah kiri bawah dan menjalar ke kaki sebelah kiri…bahkan ketika berhub dg suami sy juga merasa nyeri di pinggang dan di perut kiri bawah… kemana saya harus berobat dok ?? Apakah HNP bisa menyebabkan sakit hingga ke perut bawah ???

  51. Mawar says:

    Mlm dok..mf mau ty ne dok..saya 41th sdh 1mg ne kalo duduk tulang ekor saya ke tekan sakit nyeri sakit sekali tapi lama2 hilang ntar ganti posisi sama begitu lagi keluhannya, apa penyebabnya dok apa karena ada peregangan pd sendi2 tulang belang , apa karena kering kurang zat perekat spt vitamin kalsium atw knpa dok..mohon penjelasananya dan terima kasih

    • muki partono says:

      keluhan yg anda keluhkan banyak dialami oleh orang2, krn pekerjaan yg membuat posisi duduk lama, apakah di kantor, naik mobil, naik motor dll, bukan krn kurang kalsium

  52. Muh.Sakti Zakaria says:

    Dok,umur saya 20 thn
    saya menderita sakit pada bagian dibawah tulang rusuk kanan bagian belakang,dan saya mengalami rasa nyeri selama 1 minggu.Apalagi kalau ditekan pada bagian yang sakit atau mengangkat paha sampai pada sudut 90 drajat.Apakah saya termasuk nyeri pinggang & jika dibiarkan apa yang terjadi
    klo ciri2nya benar,tolong solusinya dok
    Terima kasih,

  53. Fredy says:

    Dok, saya divonis menderita HNP dengan kesimpulan hasil MRI: Straight vertebrata lumbalis. Degenerasi disci intervertebrales diffuse pada segment L4/5 dan L5/S1, dengan terlihat herniasi disc ke postero lateral kiri pada L5/S1 dan postero medial disc herniasi pada L4/5 dan disc bulging pada L3/4 menyebabkan indentasi pada thecal sac dengan penekanan radiks S1 kiri dan kemungkinan disertai iritasi radiks L5 bilateral dan S1 kanan. Dokter menyarankan operasi. Adakah penyembuhan alternatif selain melalui media operasi? Mohon petunjuknya Dok.

    • muki partono says:

      HNP bisa operasi dan konservatif (tanpa operasi), banyak cara mulai fisioterapi, pakai korset lumbal, excercise lumal, suntik saraf yg tertekan, upaya tsb bila tdkberhasil atau kondisi penekanannya hebat sebaiknya operasi

  54. Hamka says:

    saya menderita nyeri pinggang yg sangat akut baik nyeri sebalah kanan maupun yg kiri apa kah ada obat suntikan yg dapat menghilang kan nyeri tsb dok…
    Terus terang saya takut dioperasi dan dimana saya bisa berobat jalan thanks dok

  55. Friska says:

    usia saya 25 tahun( pr)saya menderita sakit pinggang kira-kira 4 thn.dari hasil periksa dokter mengatakan ” Low back pain” Selama itu saya masih bisa ber aktivitas. Namun dalam satu bulan ini penyakit pinggang saya kambuh lagi,dan saya sudah mencoba pengobatan alternatif ( pijat refleksi saraf)karena pengobatan secara medis sudah dilakukan ( fisioterapi) tetapi tidak membuahkan hasil. Dan sekarang kondisi saya setelah melakukan pijat refleksi malah makin sakit hingga ke bahu sebelah kiri, tangan kiri dan kaki kiri semuanya terasa ngilu dan nyeri banget. Yang saya tanyakan apa yang sebernya terjadi dengan kondisi saya? dan apa yang harus saya lakukan?
    trimakasih atas kesediaan nya untuk menjawab pertanyaan saya.

    • muki partono says:

      kasus anda sering kami jumpai anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang, sebaiknya dilakukan pemeriksaan MRI Lumbal,

  56. yudi says:

    Dok ayah saya sedang di rumah sakit, sekarang diberi pemberat, sudah di MRI, CT scan dan sedang menunggu myielograph, didiagnosa hnp lumbal, menurut literatur yg saya baca kemungkinan berhasil oPerasi 50-50 bisa berakibat lumpuh, apakah betul seperti itu Dok?

    • muki partono says:

      kalau hnp lumbal kami pastikan bukan 50-50 tapi 100% , hr ini kaimi baru melakukan operasi dgn tehnik MED pada kasus HNP Lumbal L5_S1 alhamdulillah berhasil , coba baca testimonial pasien2 kami dan seri tertua kami usia 76 thn, tak apa2 aman, 1 hr rawat

  57. Arianto says:

    Dok,, saya arianto dri riau,, dalam 4 bulan terakhir (skitar bulan Juli 2010) pinggang saya sakit,, awalny hanya pinggang saja, tapii kelamaan menjalar sampai ke kaki terasa nyeri, dan dari telapak kaki sampai betis sering kesemutan, tpii hanya kaki kanan saja. oktober saya coba periksa ke rumah sakit di Jambi, saya disuruh fisioterapi dan minum obat,, tpii 3 minggu minum obat & 11 kali fisioterapi, ga menghasilkan apa2,, dan awal nopember saya putuskan untk ke jkrt, stlah konsul dengan dktr, saya diminta untuk MRI, ini hasil MRInya dok :
    *Pada segmen L4/5 tampak herniasi discus intervertebralis ke posteromedial, disertai spondilolisthesis minimal dan hipertrofi ringan facet joint segmen tersebut, mengakibatkan penekanan terhadap thecal sac/cauda equina dan radix L5 bilateral
    *Bulging discus intervertebralis segmen L2/3 dan L3/4 yang mengindentasi thecal sac

    Dokter menyarankan untk operasi,, tpi untk skrg saya belom siap untk operasi dok, masalah keuangan. apa yg harus saya lakukan skrg dok? Jika saya biarkan dulu sambil mencari dana untk operasi, akan mengakibatkan apa? apa benar, kaki kanan saya akan kecil dari yg kiri, dan pergelangan kaki saya akan tidak berfungsi dikemudian hari?? Terima kasih

  58. mia says:

    dok saya seorang wanita umur 37 tahun,saya mengidap hnp lumbal kaki sebelah kanan. akhir akhir ini sering kambuh karena melakukan kerja yg lumayan membutuhkan energi dan itu tuntutan sebagai ibu rumah tangga. apa yang saya lakukan jika kambuh lagi? dan seringn terasanya ketika bangun tidur

    • muki partono says:

      kalau sdh mengganggu sekali sebaiknya di operasi, kalau tiak ya keluhan akan hilang timbul dan bila frekuensinya semakin sering sdh saatnya operasi

  59. Paska Puluaji says:

    Dok, saya Pria, usia 44 tahun. Berdasarkan hasil MRI Lumbosacral saya didiagnosa :
    1. Bulging Disk L4-5 dan L5-S1 ke posterolateral dengan hypertrophy face joint dan penebalan yellow ligament menyebabkan mild bilaterla foraminal stenosis, pada L5-S1 (kanan sedikit>). Minimal face joint effusion bilateral.
    2. Para lumbal muscle spasm.
    Pertanyaan :
    1. Apakah yg dimaksud dgn diagnosa diatas?
    2. Bagaimana cara penanganannya?
    Wassalam, terima kasih atas jawabannya.

    • muki partono says:

      anda mengalami penjepitan saraf pada 2 lefel, dan derajat penekanannya sedang, penanganan sebaiknya di operasi bila sdh mengganggu aktifitas anda , kita bisa lakukan MED (minimal Invasif surgery)

  60. ibnu adam parnadi says:

    Dok,ayah saya menderita HNP pada L2-L3 severe; L4-L5. spondylarthrosis Deformans corpus Th XII,L1,L5 & S1. Flavas L4-5 slight Hyperplasi(CT-scan lumbal)

    selama 2 minggu ini ayah saya merasakan sakit terus.
    menurut dokter tindakan apa yg harus dilakukan?

    Wassalam,terima kasih

  61. Reki Candra says:

    Siang dok, langsung saja, saya informasikan kondisi saya, pinggul kanan saya nyeri, sehingga kalau berdiri tidak bisa, kalaupun dipaksakan jadinya bengkok,tidurpun tidak bisa lurus,saya sudah berobat kerumah sakit, disubtuk, diobat dan di theraphy, tetapi tetap saya tidak ada perubahan, mohon bantuan dokter sekiranya, terima kasih banyak sebelumnya.

  62. ryan says:

    dok, saat ini kakak saya sakit HNP. dibuktikan dengan hasil MRI. kakak saya sering sakit pinggang dan pemicunya ketika mengerem mendadak. dia sudah bed rest sejak awal oktober 2010. parahnya sekitar tanggal 10 oktober 2010 saat kakak salah turun dari tempat tidur. sejak saat itu ga bisa gerak sama sekali. sekitar dua minggu ini dibelakang pinggulnya muncul luka karena sering terlentang dan lukanya sekarang terbuka. kira-kira apa obat yang bisa menghilangkan luka dan nyeri itu? terima kasih

    • muki partono says:

      itu dirawat biasam saja hanya hrs miring jangan terlentang krn akan memperparah kondisi lukanya

    • muki partono says:

      luka sih mudah disembuhkan yg penting janagn terlentang, tidur miring, saran sebaiknya HNPnya dilakukan tindakan MED, baca testimonial pasien2 kami yg sdh dilakukan tindakan MED

  63. jakson says:

    Yth dokter Muki, kesan pada hasil MRI saya adalah sbb: Bulging discus L4-5 dan L5-S1 menekan thecal sac disertai partial anular tear posterosentral L4-5 dan L5-S1 ( atensi HNP )
    Tidak tampak HNP maupun kompresi nerve root segmen lumbosacral.
    apa maskudnya dok,terima kasih

  64. munir says:

    selamat pagi dok,saya mau tanya tentang penyakit pinggang.saya mengalami sakit pinggang sudah 6 bulan disebelah kanan.tolong minta solusinya

    terima kasih sebelumnya

  65. Eko P says:

    Yth Dokter,
    Saya menderita sakit semutan dan nyeri pada tangan sebelah kiri.Oleh dokter Saraf saya diminta MRI dg hasil Sbb:Spondylosys cervicalis dg cervical rigidity/muscular spam.Posterolateral disk herniasi(HNP) C6/7 dan bulging diskus C4/5 dan C5/6.Impingement/iritasi radix C6 dan C7 kiri.
    Saya sudah menjalani Fisoterapy/traksi selama 2 bulan dan diberi obat tetapi hasilnya masih belum membaik.
    Mohon saran dan pendapat dokter apa masih harus diteruskan Fisioterapi saya atau harus pasang pengganjal/penyangga pada leher?Katanya menurut info kalau terjadi HNP pada leher sangat riskan untuk operasi,bisa jadi lumpuh?Apabetul?
    Demikian terima kasih.

    • muki partono says:

      coba pakai penyangga leher, mungkin fisioterapinya musti traksi leher, operasi memang ada resiko tapi tergantung metodenya

  66. Devi Amelia says:

    Siang Dok,
    Mama sy kmrn habis RMI utk HNPnya dan mnrt dokter diRS hrs dioperasi tapi mama saya tdk mau krn dia takut melihat teman2 mama yg stelah operasi bukannya membaik tp malah tambah sakit?
    Mohon advice dr dokter apakah operasi akan membuat lbj baik atau sama saja? dan kalau tidak operasi efeknya nanti apa dok? please advice dr dokter ya.
    Terima kasih banyak.
    Devi

  67. santy says:

    malam dok, saya shanty berusia 21 thnn dan saya mengalami sakit sekitar pinggang kanan hingga ke perut kanan bawah dan kaki kanan hingga ujung jari, sakit dicampur pegal tepatnya, dokter bilang saya menderita Radiculopathy lumbal L4-L5, L5-S1 e.c protroded disc at VL4-L5 S1 saya telah melakukan cek EMG dan hasilnya ditemukan lesi aksonal subakut pada radix L4-L5, L5-S1 kanan, dan saya juga melakukan foto tulang belakang tetapi dinyatakan normal, lalu cek MRI dan terlihat ada benjolan antara kedua tulang yang meniban syaraf, saya telah melakukan fisio selama 2,5 bulan dengan berbagai macam fisio salah satunya traksi dan diiringi dengan obat2an anti nyeri dan vitamin syaraf…tetapi tidak membaik, lalu saya melakukan faromiral injection, juga tidak membaik, dan dokter memutuskan untuk operasi, yang saya tanyakan:
    1. apakah tidak ada cara lain selain operasi?
    2. apa akibat dan efek dari operasi untuk saya mengingat usia saya masih muda?
    3. apakah diagnosa dokter tersebut sudah benar?
    dan
    4. apa maksud dari hasil cek EMG tersebut?
    5. apakah penyakit saya masih tergolong ringan atau sudah berbahaya?
    terimakasih sebelumnya Dr. Muki …

    • muki partono says:

      kasus anda kandidat operasi, efek operasi hampir tdk ada pilih metode yg aman, kami anjurkan MED, diagnosisnya sdh benar, EMG kita lakukan utk mengecek kebenaran antara hasil MRI, keluhan.PEnyakit anda sdh serius, krn semua cara sdh dilakukan tdk ada perubahan jd sebaiknya di operasi

  68. Bagus says:

    Hasil MRI seperti ini, apakah perlu Operasi-dikonsulkan ke dokter katanya tidak perlu (setelah kaki ditekuk pada posisi tidur:
    1.Spondilosis lumbalis
    2.Susp.Fissure posterior pada korpus th.9
    3.protrusion disc ke posterocenteal L3-L4 dan L4-5 dengan penyempitan sedang kanalis spinalis
    4.Bulging disc ke paracentral kiri setinggi L3-L4, bulging disc setinggi disertai penyempitan ringan foramen spinalis L3-4 kiri
    5.Facet joint effusion minimal setinggi L3-4 dan L4-5

  69. alex says:

    dok saya seorang mahasiswa olahraga berumur 20 thn.saya sdh di mri dn hslnya terkena hnp lumbal L2-3.
    Rencana bln februari nanti saya akan di operasi.
    Saya mau nanya:ada engga si efek sampingnya stlh di operasi?dn brp persen keberhasilan dn kegagalan operasi?dn operasi yg cocok menggunakan apa dn apakah saya msh bisa olahraga stlh menjalani operasi?

  70. muki partono says:

    kalau anda tdk mengeluh tidak perlu dilakukan tindakan cukup pakai korset lumbal saja, operasi dilakukan bila ada keluhan yg bermakna

  71. muki partono says:

    blm tentu di op konsultasi dulu saja bawa data2 yg anda punya,

  72. muki partono says:

    sebaiknya dikonsultasikan blm tentu di operasi

  73. muki partono says:

    sebaiknya kami periksa dulu belum tentu di operasi

  74. muki partono says:

    kalau di foto rontgen memang tdk terlihat sebaiknya dioperiksakan MRI Lumbal , utk memastikan lefelnya dimana dan berapa besar penekanannya

  75. Ikun s says:

    Saya berumur 35 th ( laki -laki ) mau tanya dok,saat ini sedang mengalami sakit di sekitar pinggang sebelah kiri dan menjalar ke bagian betis. Perlu dktr ketahui, saya akn merasa nyeri sekali pada saat bngun dari tdr, dan tdk mampu utk berdiri atau berjalan dlm wkt yg agk lama. ini saya alami sdh berjalan 6 bln trakhir dok.

    Saat itu saya sdh melakukan X -ray di Timur Tengah, krna kbetulan saya bkrja di sana wkt itu.
    Ini adlh hsl rontgen tsb dok…

    Finding :
    > SACRALISED L5
    >REDUCED L5 -S1 DISC SPACE
    >ANTERIOR OSTEOPHYTES AT L4 AND L5 VERTEBRAL LEVELS SUGGESTIVE OF LUMBAR SPONDYLOSIS.

    >STRAIGHTENING OF LUMBAR SPINE SUGGESTIVE OF PARAVERTEBRAL MUSCLE SPASM.
    > REST OF THE VERTEBRAL BODIES, DISC SPACES AND POSTERIOR ELEMENTS APPEAR TO BE NORMAL.

    Dan setelah sepulang dari sana , saya jg sdh melakukan rontgen lg dok, dan hasil nya dlm batas normal. Tdk ada keterangan yg detail seperti hasil rontgen yg pertama. Sampai saat ini saya masih merasakan sakit dok.

    Apakah ini yg disebut HNP ?
    Mohon penjelasan dok, Terimakasih sebelumnya.

  76. Aninda says:

    dok,saya mau nanya.pertama kali merasa nyeri pinggang tuh pas Agustus 2010,sudah disuruh rontgen namun saya baru rontgen kemarin ketika pinggangnya nyeri lagi,di nyeri yg ke-2 ini terasa lbh sakit dari yg pertama karena kaki saya sampai gemetar ketika mencoba jalan. namun, hasil rontgen tdk mengindikasikan apa2 namun sudah 2 hari ini saya tidak dpt beraktivitas normal sehingga berjalan pun miring dan agak bungkuk. untuk tau ini HNP atau tidak bagaimana ya dok?

  77. denita aisyah says:

    dok,saya gadis berumur 20thn…
    dari tahun 2007 saya mengalami nyeri di punggung,sempat hilang tpi hanya sebentar kemudian datang lagi…
    saat tahun 2007,ibu saya membawa saya ke dokter umum lalu dokter bilang di rontgen aja,setelah keluar hasilnya si dokter bilang gak ada apa2 mbak semuanya normal dan di sarankan untuk fisioterapi,saya pun menurutinya,saya melakukan fisioterapi dan hasilnya nihil,
    slama 3bulan saya melakukannya,gak ada hasilnya dok…
    jadi saya menghentikannya…

    Dari tahun ke tahun sakit yang saya alami konstan,dan saat masuk tahun ketiga yg mana saat itu saya kuliah dan aktifitas semakin berat begitu pia sakit yg saya alami semakin parah dan saya semakin tak kuat menahannya..

    sakitnya itu dari pinggang sampai punggung atas dok,nyeri kayak kesemutan gitu…

    trus suda 2hari ini saya kesemutan di kaki kiri,mulai dari betis smp jari2nya kaki dan kemeng di tangan kanan, padahal saya tidak sedang beraktifitas berat…

    saya mencari di internet,
    apa saya mengalami syaraf terjepit?

    o iya,punggung saya tidak simetris dok,
    yg knan lbih condong dripda yg kiri dan postur tbuh saya agak bunggkuk..

    terima kasih

  78. muki partono says:

    coba pakai korset lumbal atau lumbosacral, prinsip kami coba dulu kedua jenis tadi pada pasien mana yg lbh nyaman itu yg dipakai

  79. Rie says:

    Dok, Ibu saya usianya sekitar 58 th. sudah lebih dari setahun ini sakit terutama dari pinggul ke bawah. berdiri lama sudah ngga bisa, dari paha ke bawah terasa cenat-cenut, lemes/lemah, sering kesemutan, panas, dan ukuran kaki sudah mengecil. belum MRI tapi hanya rontgen saja. berapa biaya MRI dan MED? terima kasih

    • muki partono says:

      ibu anda sebaiknya MRi, gejalanya sdh khas suatu penekanan saraf pinggang, kisaran biaya 27-28 jtan perawatan klas 3, hanya 1 hari rawat

  80. dwi says:

    Dok, Saya wanita berumur 23 tahun. Sudah 3 bulan ini saya merasakan nyeri di bagian tulang pinggang sebelah kiri. Nyeri tersebut saya rasakan waktu mauberdiri dan berjalan. Kalau ditekan menggunakan tangan rasanya juga sakit. Dan saya sering buang air kecil apa itu jg berhubungan dengan nyeri pinggang saya. Sebenarnya itu merupakan penyakit apa ?mohon saran perawatan dan pengobatan yang harus saya lakukan ?

    Terima kasih

    • muki partono says:

      nyeri pinggang yg disertai keluhan BAK bisa akibat kelainan pada sistem saluran kemih atau berdiri sendiri tdk berhubungan dengan BAK seperti LBP akibat HNP atau sebab lain, sebaiknya diperiksakan

  81. dicky says:

    dr Muki, usia saya 27 th saya baru tahu kena HNP di L4/5 seminggu yang lalu melalui hasil MRI lumbal. Pada saat ini untuk aktivitas bekerja saya tidak merasakan sakit yang berarti. sebelumnya aku aktif berolahraga (golf,basket,tenis dll)tetapi setelah saya tahu saya kena HNP saya tidak melakukan olahraga lagi selain berenang. Apakah setelah saya melakukan operasi dengan metode MED saya bisa beraktivitas kembali secara normal seperti olahraga atau tetap harus membatasi diri dan hanya melakukan olahraga berenang.

  82. larry tampubolon says:

    dokter yg sya hormati, sya mau tanya, sya sdh menderita mati rasa, rasa nyut2 yg setiap 5 detik sekali dikaki kiri slama 11 tahun, lalu kaki kanan susah jalan dan mengecil, sya mmg blm tes MRI krn cukup mahal, yg sya tanyakan..apakah itu mgk gejala HNP,krn dlu wktu sya berobat kedokter spesialis syaraf dikatakan HNP, dilakukan fisioterapis tdk ada perubahan, awal sya kena mmg sakit utk jalan, tpi skr rasa sakit utk jalan tdk ada, yg sya mau tanyakan lgi apakah dgn operasi MED kaki kanan sya bisa normal lgi ukurannya dan dpt berjalan normal, trima kasih

  83. alfons wong says:

    Dr.Muki, saya penderita HNP di L4-L5, saya ingin melakukan operasi metode MED, dimanakah bisa saya berkonsultasi dengan dokter? Hari apa saja dokter ada di rumah sakit puri indah? Berapa lama pemulihan setelah operasi? Mohon di balas, urgent, terima kasih

  84. novita says:

    dok,sy mau bertanya.
    saya sdh melakukan MRI lumbosacral,dan dpt disimpulkan sbgai brikut:
    >Protrusio discus intervertebralis L4-5 dan L5-S1 ke posterior(HNP grade 1)yg menyebabkan indentasi pada thecal sac setinggi L4-5 dan amputasi radiks posterior dekstra setinggi L5-S1
    >Tdk tampak fraktur/listhesis

    kalo menurut dokter apakah saya harus operasi ato hanya perlu treatment konservatif sprti fisio,pk korset lumbal,totally bedrest mengingat hnp grade 1?
    tks.dok

  85. hendrawan says:

    saya mengalami hnp l3-4 grade 2
    hnp L4-5 grade 3
    apa kah butuh operasi.
    kmarin saya bersin dan jatuh sakit sekali..pinggang ini. dan buth waktu 1 jam untuk bisa berdiri dan bertambah sakit pada kaki kiri nyeri sampai ke betis dan tapak kaki kesemutan/kebas ,
    sudah 2 minggu makin berkurang tapi blm juga bisa jalan normal..
    apa yang harus saya lakukan..

    1 lagi.. opeasi metode MED apakah ada di samarinda. saya tinggal disamarinda..

    terimakasih banyak atas jawabannya

    • muki partono says:

      operasi adalah opsi yg kami tawarkan , bila sdh sering terjadi berulang dan sangat mengganggu aktifitas sehari-hari, metode MED di Samarinda rasanya tdk ada, kr alat MED milik pribadi

  86. endang lili says:

    Saya penderita sakit tulang belakang alias HNP Cervical, HNP Lumbal L3-4 , L4-5 , L5-S1 Dokter menganjur kan Operasi saya tidak mau Apa solusinya dan apa akibatnya. trus saya ingin memakai Korset jenis apa yang harus saya pakai dan apa akibatnya bila memakai korset terus menerus

    • muki partono says:

      kalau anda tdk mau operasi korset sebaiknya dipakai terus utk mengurangi keluhan nyeri sampai rasa nyeri hilang atau berkurang

    • muki partono says:

      sebaiknya korset dipakai terus menerus bila tdk mau operasi, jenisnya lumbal korset

  87. mia says:

    dok sy berumur 30 th awalnya skt pinggang sblh kiri lalu sampai ke bokong kiri dan skrg skt pinggang sdh tdk tp sakit di bag.pangkal paha smpai betis kiri.. sy blm periksa dok..apakah boleh dipijat dok? trims

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang tdk usah diurut, minum obat nyeri, pelemas otot dan pakai korset , bila perlu fisioterapi

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang tdk usah dipijat , istirahat berbaring, jgn angkat berat, pakai korset, minum obat nyeri dulu , anjuran pemeriksaan MRI Lumbal

  88. sulkhan says:

    Saya sakit pinggang dan selalu kambuh2an, pertama sakit pinggang tahun 2003 sampai tdk bisa jalan kaki, setelah sembuh, kantung kemih saya sebelah kiri menjadi kecil sekali. Sekarang kambuh lagi dan sy telah melakukan MRI yang hasilnya;Tampak straight lumbar vertebra (muscle spasm?) Serta spondyloarthrosis dan degenerasi discus ringan terutama pada segment lumbal L4\5 danL5\S1 yang disertai juga dengan protrusi discus ke intraspinal medial pada segmant L4\5, dan protrusi discus lainnya yang lebih berat dan agak doninan ke recessus lateralis\foramen kiri pada segment L5\S1, dengan identasi ringan thecal sac dan struktur radikuler dibelakangnya, terutama radix S1 kiri, serta kemungkinan juga iritasi neural lainnya pada vertebra lumbal tak terlihat abnormalitas lebih lanjut, terutama tak terlihat spondylolisthesis, SOL\destruksi tulang atau spondylitis.dari hasil ini maksudnya apa Dok, dan pengobatanya gimana

    • muki partono says:

      kesimpulan MRI anda mengalami HNP L4-L5 dan L5-S1 , terutama sisi kiri , bila keluhan anda nyeri pinggang dan disertai nyeri pada kaki kiri artinya yg menyebabkan penekanan pada lefel L5-S1 saja, kalau sdh kambuhan sebaiknya dioperasi dengan tehnik MED

  89. evi mulyati says:

    Yth.dr muki dok sy mo tanya kalou korset lumbal itu bisa di beli dimana apakah dijual bebas ? trims.

  90. budi wihertio says:

    Dokter Muki Partono,
    Dari hasul MRI saya, di vonis kena HNP.
    Yang saya mau tanyakan :
    1. operasi MED operasi metode apa dok?
    2. Apakah terapy HIPERBARIK bisa membantu kesembuhan HNP?
    Terimakasih, salam

  91. Meddy says:

    Met Malam Dok, usia saya 47 tahun, saya disinyalir kena HNP, dan memang ciri2nya sama yang saya rasakan sekarang, saya sdh menjalani Rehabilitasi Medical, namun dalam waktu 1 minggu , bisa diatasi semua sakit pada pinggang ke ujung kaki senelah kanan, yg jadi masalah adalah , duduk dan berdiri gak bisa tahan lama, sy mengalami ini sudah 2 bulan dan sampai saat ini rasanya semakin susah, untuk melakukan aktivitas. mohon bantuan serta petunjuk nya , terima kasih.

    • muki partono says:

      kalau sdh di rehab tdk berhasil hanya ada 2 kemungkinan . kita lakukan suntikan (FORAMINAL BLOK) atau operasi, utk memastikan HNPnya sebaiknya lakukan pemriksaan MRI Lumbal dulu

  92. ningsih says:

    selamat sore dok,sy wanita 29th sdh 3 minggu ini pinggang sebelah kiri dkt bokong sampe menjalar ke kaki kiri,betis,tumit,lutut terasa nyeri tdk nyaman sampe bahu kiri dan tangan kiri pegal2,jari kaki kiri, apa sy menderita hnp,sy skrg sedang dlm pengobatan tbc,k dokter mana saya hrs cek ke dokter penyakit dalam atau dokter saraf?tks atas jawabannya

    • muki partono says:

      kalau memang anda sedang menjalani pengobatan TBC, kami curiga ada kelainan pada tulang belakang akibat TBC, dan sdh ada gejala penekanan saraf akibat kuman TBC atau perubahan bentuk tulang belakang akibat kuman TBC yg menekan saraf, sebaiknya berobat ke dokter tulang

  93. Umar says:

    Sore Dok
    Saya seorang pria berumur 42 tahun. waktu SMP saya pernah jatuh dari ketinggian 2,5 m dengan posisi telentang. Mulai umur 30 tahun pinggang saya atau tepatnya syaraf pinggang saya sering “kejuten”, pinggang terasa panas dan ada dorongan untuk menggerakannya dengan kejutan, orang bilang syaraf kejepit, tapi karena tidak bermasalah saya biarkan saja, terapi yang saya lakukan pijat dan tusuk jarum yang tidak teratur. Saat ini pinggang belakang tepatnya lk 10 cm di atas anus terasa panas, kedua lutut ngilu, dan bahkan 2 bulan kemarin bahu, pergelangan kaki, dan telapak kaki sakit. Saya ke dokter orthopedi katanya kekurangan cairan, kemudian saya meminum vitamin (glucosamin) secara teratur. Saat ini sendi2 sudah tidak sakit lagi hanya pinggang masih terasa panas dan sering “kejuten” dan juga kedua lutut masih ngilu kalau duduk lama. Kemarin ada temen yng lebih tua dari saya limbalnya bocor, apakah gejala yang ada pada saya merupakan gejala awal limbal yang rusak? etrimakasih

  94. santy says:

    mohon bantuannya dok, saya berusia 21 thn sudah melakuakn fisio teraphy dan faromiral injection, dan dinyatakan harus melakukan operasi karna berbagai cara sudah dilakukan dan tidak ada perubahan, dalam hal ini diagnosa saya yaitu HNP L4-5, L5-S1, dalam proses pengobatan telah 2x cek MRI dan hasil terahir adalah:
    1) Penekanan ringan saccus thecalis anterior dan foramen neuralis bilateral ec. bulging disc L4-5 dan protruded disc L5-S1
    2) unilateral cystic mass’ uk. kurang lebih 0,59×0,69 cm pada resesus lateral kanan level L5-S1, dengan intensitas sesuai LCS menyebabkan pendesakan radiks spinalis kanan ke anterior, masih mungkin suatu “Tarlov perineural cyst”
    3) Hipertrofi Ligamentum Flavum level L3 s.d S1

    maksud hasilnya apa ya dok?
    apa benar harus operasi?
    terimakasih sebelumnya….

  95. Sri says:

    Siang dok,sy perempuan 27thn,sudah menikah,saya mau tanya, tlg belakang saya tepatnya 1 jengkal dr pinggang nyeri bila ditekan,lumayan lama saya tdk tahu tepatnya.. Kemudia saya ada keluhan keputihan sudah lama juga,.mual setelah makan,sendawa terus menerus setelah makan sekitar setengah jam br berhenti.. Tgl 9 april lalu tiba2,punggung bagian atas sktr 1 jengkal dr leher sejajar ketiak nyeri hebat sekali slama 3 hari. Dan sampai sekarang nyeri, pegal,seperti kecapekan,dr punggung atas sampai pinggang,bokong,perut,paha,lutut ,betis. Kira2 sakit saya apa dokter.terima kasih

  96. hans says:

    dok,,sy umur 24tahun,,nyeri di skitar tulang ekor,..kl udh kerja berat, duduk, jalan yg lama, kambuh sktnya…awalnya karena ada hubungan nya dengan kerjaan..angkat yg berat2..setelah d ronten,..tlk blakang sy lurus bgt,..kmudian tlg ekor sy miring, ad dokter yg blg hyperlordosis,..miring nya mpe 60 drajat,.tp sebagian ada yg blg it gpp, karena tlg blk ny spasem jd miring, kmudian sy d sarankan MRI….hasilnya “curve lurus vertebra lumbalis, allignment masih dlm batas normal, disc bulging tampak pada invertebrata L4-L5 dan L5-S1 disertai peregangan ligamentum annulare yg msh utuh”.ad dokter yg menyarankan oprasi, tp sy blum siap,..jd sy konsumsi obat kl skt,..mnrt dok gmn?trims

    • muki partono says:

      ya kalau belum siap lanjutkan dgn obat2an, fisioterapi, berenang, kalau sdh siap operasi saja dgn metode MED. hanya 1 hr rawat, aman, sayatan kecil dan aktif kembali lbh cepat

  97. Sri says:

    Trm kasih dokter atas jwban anda.. Bolehkan saya tanya lagi.. Sakit punggung akibat kanker servic nyerinya bagaimana?. Saya justru kepikiran kearah kanker krn keputihan, saya sedang rencana pap smear tp blm dpt wkt, saya seorang TKW dihongkong, kl menrut dokter lbh cenderung ke saraf leher , saya periksa kedokter tulang dulu..

  98. Sri says:

    Trm kasih dokter atas jwban anda.. Bolehkan saya tanya lagi.. Sakit punggung akibat kanker servic nyerinya bagaimana?. Saya justru kepikiran kearah kanker krn keputihan, saya sedang rencana pap smear tp blm dpt wkt, saya seorang TKW dihongkong, ada riwayat infeksi saluran kencing juga,. Kl ditekan sakit nya dah dr dulu,kl yg skt hebat tiba2 sblan yang lalu. kalau menurut dokter lbh cenderung ke saraf leher , saya periksa kedokter tulang dulu..

  99. Eko Pranandhita says:

    Yth dr. Mukti,

    Saya Eko dari Palangka Raya-Kalteng. 2 tahun terakhir ini saya punya keluhan di punggung – beberapa bulan yang lalu didiagnosa (tanpa cek lab dsb) terkena HNP.
    saya ada rencana untuk periksa lebih jauh di Jakarta bulan ini. Kira-kira kapan saya bisa konsultasi dengan dokter dan di RS mana tepatnya?
    Thx sebelumnya

  100. hans says:

    dok,,.ditungggu jawaban nya pertanyaan saya tggl 4 may 2011….trims

  101. hans says:

    maaf dok saya mu tanya,..memang salah satu jalannya harus operasi ya?dgn kondisi spt it?sbnrny hasil MRI nya it mnrt dok gmn?…trs apakah kl stelah oprasi masi ttp ada lifting restriction atau kerja berat?
    trims

  102. mama gina says:

    salam hangat Dok,
    sy sering nyeri punggung ketika tidur,rasanya semua serba salahtengkurap,miring tp posisi terlentang yg paling menyakitkan.biasanya kl lebih dr 20 menit sdh pasti akan sakit sekali, kdg malah kurang dr itu..akibatnya tidur sy jd terganggu sering tengah malam ketika sdg tertidur, sy terbangun krn rs sakit . beberapa kali sakitnya sampai (maaf) di bagian pantat dan tungkai kaki sebelah kanan.sakitnya spt tak tersentuh tangan spt didalam.
    kl dipake nunduk sakit kdg sakit skli. hsl rontgen 6 bl yl diagnosa “suspect HNPL5S1″ penyakit apa ini Dok, sy belum sempat berobat krn ssat itu sdg terapi OAT jd sy fokus ke penyakit ini dulu. mohon informasi,saran dan masukkan dok, tks

    • muki partono says:

      kalau ibu sdg minum OAT , kami curiga ada gejalan TBC Tulang belakang yg menekan saraf L5-S1 sebaiknya periksakan jgn tunggu lama2

      • mama gina says:

        wkt itu terapi OAT krn ada nodul di spraclavicula dok, hny saja pasca OAT 6 bln tdk ada reaksi justru makin besar. lalu konsul ke Dr.onkologi hny dikasih santibi dan amoxilin justru dlm 1 bln lgs hilang nodul nya. utk pengobatan awal HNPL5S1 apa yg hrs sy lakukan dok lgs MRI tlg belakang kemudian dikonsul ke ortopedi? atau ke neurolog dok ? tks Dok

  103. WAHYUDI says:

    Yth:Dr.Muki partono
    Sebelum nya sy bercerita sedikit mengenai Ayah saya,yang menurut Dokter di tempat ayah saya periksa telah memvonis ayah sy dengan HNP.dengan ciri-ciri kaki kiri lumpuh seperti orang stroke,untk skrg jalan dengan bantuan tongkat.sudah hampir 3 tahun ayah sy sdh tidak sanggup untuk berjalan tanpa bantuan tongkat.namun begitu apa bila kaki nya di cubit masih merasakan rasa sakit walua agak tebal menurutnya.dlm kurun waktu setengah tahun ini kondisinya semakin parah di karenakan sering jatuh ‘tadinya kaki kanan sebagai tumpuan akhirnya ikut sakit terbentur akibat sering jatuh.kondisinya skrg untuk bangun dari duduk aja sangat susah dan membutuhkan waktu lama.
    yang ingin sy tanyakan kepada Dokter Muki Partono adalah “Apakah benar ayah saya menderita sakit HNP,dan apakah bisa di sembuhkan..? terima kasih mohon jawabanya.

  104. lulu ambarawati says:

    Mau nanya biaya MED kna HNP L5-S1 skrg brp dokter?

  105. Idham says:

    Mhn infonya dok utk biaya MRI sakit pinggang ? trims sebelumnya

  106. Roosa Wiryawan says:

    Yth. Dr. Muki Partono, SpOT
    Ada keluarga saya yg bbrp bulan belakangan ini setiap hendak tidur pada malam hari sering mengalami nyeri pada pinggang bagian belakang (sekitar tulang belakang L5) dan tidak jarang pula pada bagian paha hingga betis kanan. Bila tidak dipijat dengan balsam maka akan sulit untuk bisa tidur pada malam hari karena rasa nyeri yang sangat mengganggu dibagian yang diderita tsb. Disamping itu jika jika mengangkat beban berat maka akan terasa nyeri pada bagian-bagian yang disebutkan diatas tersebut. Usianya 44 tahun, tubuh gemuk dan aktifitasnya sering jalan kaki setiap hari.
    Mohon diagnosa dari Dokter dan sarannya sehubungan dengan rasa nyeri yang selalu dirasakan pada setiap malam hari menjelang tidur tersebut. Terima kasih, mohon jawabannya.

    • muki partono says:

      sauara anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang dan kalau sdh mengganggu tidur itu sdh cukup serius, perlu tindak lanjut sebaiknya berobat

  107. angky says:

    salam dok

    1 bulan terkahir ini saya diderita nyeri pinggang sebelah kanan, rasanya gak karuan, dan ini nyeri pinggang pertama saya yang saya rasakan, biasanya buat berdiri lama dan berjalan malah tambah sakit, akhirnya, saya panaskan pakai alat bantal pemanas, sembari duduk atau berbaring, baru nyerinya agak berkurang, tapi suka kambuh lagi sewaktu2, kadang2 nyeri tersebut disertai gejala mual.
    yang mau saya tanyakan, apakah penyebabnya? dan apakah pengobatan serta pencegahannya?

    terima kasih dok.

    • muki partono says:

      nyeri pinggang umumnya akinat cedera pada ligamaent dan otot sekitar pinggang , bisa juga sebab lain sebaiknya jangan dibiarkan berobat ke dokter

  108. anton says:

    Selamat sore Dok. Saya sangat bersyukur dpt menemukan dinding ini. Saya mengalami penyakit sakit pinggang dan berdiri tidak lama, diawali tahun 2002 pinggang dan kaki sangat sakit dan terus berlanjut. saya sdh ke beberapa dokter syaraf ada yg menyarankan dioperasi dan ada yg menyarankan spy olahraga dan pikiran lebih rileks. sdh 11 tahun, akhir2 makin mengganggu, tidur tdk bisa telentang hanya bisa 3 menit, berdiri terasa sakit, pantat dan alat kelamin mulai menekan. mahon saran langkah apa yg harus saya lakukan lagi. jika kondsi fisik kurang fit, akan ternyasa semakin tdk nyaman.
    terima kasih, mohon nasihatnya. Kalau mau operasi apa ke dokter bedah syaraf atau dokter tulang ?

    • muki partono says:

      Sebaiknya operasi kalau mau ke dokter tulang kami menawarkan meode minimalis MED, aman, 1 hr rawat, sayatan kecil, mobilisasi lebih cepat

  109. idham says:

    mohon infonya dok, apakah Carpal Tunnel Syndrome dan Cubital Tunnel Syndrome bisa di diagnosa pakai ct scan atau mri ? dan apakah tindakan operasi nya juga bisa dgn MED ? brp kira-kira biaya operasi masing-masing CTS tsb ? dan brp lama rawat inapnya ? trims sebelumnya dok

  110. datik says:

    Dokter,
    saya sudah agak lama merasakan gak enak duduk, dan dalam tempo 6 bulan ini merasakan nyeri yang tidak berujung sembuh. Nyeri dibokong sebelah kanan, yg terkoneksi di paha dan betis, kadang juga kaki bawah…
    pernah satu kali merasakan sakit luar biasa sekitar 2 hari, dimana mau beralih posisi terlentang ke posisi tidur miring berasa sakit, dr tidur ke bangun sakit, serba gag bisa bwt gerak.
    saya sekarang hamil 8 bulan.pernah ke Fisioterapi saat usia kehamilan 6 bulan (krn suami teman saya) kemudian disarankan sementara latihan fisik ringan 3 gerakan. nanti selepas sy melahirkan baru renang, test MRI dan akupuntur.

    Menjelang 3 minggu persalinan ini, rasa nyeri pantat ke paha semakin terasa. saya takut dok, apakah ini akan mengganggu proses persalinan atau tidak. karena untuk tidur terlentang biasa saja sudah nyeri..

    Mohon arahan dari dokter. dengan kondisi saya ini harus bagaimana. Matur nuwun. Apakah dokter berkenan sya berkonsultasi via telepon dulu? Karena sy ingin sekali konsultasi ke Jakarta, tp posisi sy di Jogja, dan 3 minggu kedepan akan melahirkan.

    • muki partono says:

      Saran proses bersalinnya lewat op saja krn anda mengalami gejala HNP takutnya nanti kalau bersalin normal HNPNya tambah parah

  111. Idham says:

    selamat pagi dokter Muki Partono, mohon infonya dok, apakah Carpal Tunnel Syndrome dan Cubital Tunnel Syndrome bisa di diagnosa pakai ct scan atau mri ? dan apakah tindakan operasi nya juga bisa dgn MED ? brp kira-kira biaya operasi masing-masing CTS tsb ? dan brp lama rawat inapnya ?

  112. kuncara says:

    dok saya pria usia 20 tahun , saya hobi olahraga futsal yang saya mau tanyakan sudah hampir 1 tahun saya merasa sakit yg luar biasa dibagian punggung , sakitnya sangat terasa apabila bangun tidur dok , selain itu paha belakang kanan saya bagian atas sering terasa ngilu dok mau berjalan saja terasa sakit. saya sudah berobat ke hampir semua dokter spesialis bahkan pernah sampai di SWL karena didiagnosis batu ginjal tapi sakitnya tidak hilang mohon perhatiannya saya sakit apa ya dok ?

    • muki partono says:

      Anda mengalam gejalz HNP Lumbal sebaiknya berobat ke dokter tulanh dan anda butuh pemeriksaan MRI Lumbal utk memastikan kelainan sb

  113. hari widodo says:

    Dok, saya positip bermasalah diL4,L5dan S1 dan dr hasil MRI yg saya konsulkan ke dokter Bedah Tulang maupun Bedah Syaraf, sama2 menyatakan sdh hrs dioperasi. Hanya saja ada perbedaan solusi yg diberikan oleh kedua dokter.
    Dokter bedah tulang menjelaskan akan mengoperasi utk membebaskan jepitan disyaraf dan kemudian akan memasang “ganjal” utk mengganti diskus serta memasang 2 pen antara ke 3 ruas yg ada utk stabiltas yg kemudian akan di operasi lagi bila sdh stabil utk melepas pennya.
    Dokter bedah syaraf menjelaskan akan melakukan operasi utk membebaskan jepitan di syaraf dg cara akan mengikis diskus yg sdh keluar dan mengeras saja tanpa yg lain.
    Ini membingungkan saya dok, bgmn saran dokter ttg hal ini, pertimbangan mana yg hrs saya ikuti? Krn utk operasi saya sdh memutuskan utk operasi saja.
    Apakah pula Minimal Intrusive . . . Yg dokter sebutkan dan apakah ada manfaatnya utk kondisi saya yg tentunya ingin cepat beraktivitas kembali secepatnya.
    Oh ya, saya pria dg usia saat ini 56 tahun.
    Terima kasih atas tanggapannya.

    • muki partono says:

      Saran sebaiknya dievaluasi kembali , kami banyak pengalaman menangani kasus ini dgn tehnik minimal invasif, hasilnya bagus juga kok tanpa pasang alat

  114. lina says:

    Pagi Dok,

    Kalau boleh tau dokter praktek di RS mana Dok, insya Allah saya mau berobat ke dokter.

  115. mukholis says:

    Dok,,istri saya berumur 32 paha kanan bawah terasa nyeri,,kira2 gejala sakit apa,,,terus gimana cara pengobatanya,,terama kasih..

    • muki partono says:

      Nyeri pada paha bisa berasal dari panggul atau pinggang atau dr paha itu sendiri, sebaiknya berobat utk diperiksa utk memastikan kelainannya

  116. arman says:

    dok, teman saya 40 thn laki laki didiagnosa menderita HNP… dia waktu kecil terjatuh. sekarang akan menikah… bingung dengan kondisinya (HNP tsb )… apakah akan mengganggu aktifitas seksual dengan calon istrinya ?
    trima kasih..

  117. hendri says:

    dok saya HNP l4-5 tapi sudah operasi 2 kali dan belum sembuh juga, dokter ke 2 yang operasi saya bilang disc saya mengeras, dia jelaskan metode dia, saya gak tau juga metode dia itu termasuk laminectomy atau metode lain dok,

    ada gak cara supaya disc yang mengeras itu bisa dipotong dok? tolong sekali dokter USIA saya baru 17 Tahun dan HNP ini benar2 memepngaruhi hidup saya, saya mohon dokter tolong saya, terimakasih dokter

  118. rizki says:

    dok,saya mau tanya. pinggang saya dah sekitar setahun ini sering sakit,terkadang nyeri sekali sampai terasa nyeri di perut kanan bawah dan testis di sebelah kanan. apalagi kalo lg mengendarai motor testis sebelah kanan terasa nyeri sekali. satu bulan belakangan ini nyeri pinggangnya dah sampai ke bokong dan paha bagian belakang,apalagi kalo lg posisi duduk trus mau berdiri tersa sakit sekali mulai dari pinggang,paha belakang dan di lipatan paha dpn dkt kemaluan,kalo lg batuk dan ngedan tersa sakit jg. tapi kalo saya rebahkan badan di tempat tidur,nyeri nya berkurang dan agak enakan. kira2 saya sakit apa ya dok? dan kalo harus berobat ke dokter spesialis apa ya??
    mohon bantuannya dok,,

  119. rizki says:

    oh ya dok umur saya 25 tahun..
    mohon bantuannya ya dok

    • rizki says:

      dok,umur saya 25 tahun. pinggang saya dah sekitar setahun ini sering sakit,terkadang nyeri sekali sampai saya tidak kuat berdiri .terasa nyeri di perut kanan bawah dan testis di sebelah kanan. apalagi kalo lg mengendarai motor testis sebelah kanan terasa nyeri sekali. satu bulan belakangan ini nyeri pinggangnya dah sampai ke bokong sebelah kanan dan paha kanan bagian belakang,apalagi kalo lg posisi duduk trus mau berdiri tersa sakit sekali mulai dari pinggang,paha kanan belakang dan di lipatan paha kanan dpn dkt kemaluan,kalo lg batuk dan ngedan tersa sakit jg. tapi kalo saya rebahkan badan di tempat tidur,nyeri nya berkurang dan agak enakan. kira2 saya sakit apa ya dok? dan kalo harus berobat ke dokter spesialis apa ya??
      mohon bantuannya dok,,
      terima kasih

  120. osa says:

    Assalamualaikum Dr.Muki
    Dokter pd bln mei 2011 yll sy periksa ke dokter Muki, hasil rontgennya ada penebalan/bengkak pd tulang belakangnya (kiri),tp hsl MRI bagus. saya sdh mengikuti saran dokter untuk renang 2x sminggu. smp sekarang sdh 6 bln, tp saya msh sering sakit pinggang terutama menjelang tidur, gampang capek, kadang nyerinya merambat ke sebelah kiri (bahu, pundak,tangan) pegel bgt.sbenarnya sy msh ada obat nyeri, tp sy tdk mau tergantung minum obat nyeri.oia dok, kalau jongkok, duduk dibawah/duduk di korsi yg rendah stlh berdiri pinggang bunyi kretek2, tdk sakit cm ngeri dengernya. Usia sy 29 thn.
    Apakah sy mesti periksa/rontgen lagi Dok?mohon sarannya. Terima kasih. Wassalam

    • muki partono says:

      Sebaiknya kita periksa kembali lg utk evaluasi

      • osa says:

        Satu lagi Pak Dokter, kakak perempuan saya (40th) sering nyeri punggung kiri kmd periksa ke dokter saraf & hasil MRInya, kesan : Tampak Straight cervical vertebra (muscle spasm) serta spondyloarthosis dan degenerasi discus ringan, terutama pd segment C4/5 – C6/7, yg disertai extrusi discus ke intraspinal yg agak dominan ke recessus lateralis/foramen kanan pada segment C5/6, dan dg extensi lbh ringan jg ke medial pd segmen C3/4 serta minimal jg pd level C4/5 & C6/7, dg kemungkinan iritasi struktur radikuler dibelakangnya, terutama radix C7 kanan, sedangkan pd struktur tulang diskus maupun neural lainnya di vertebra cervical tak terlihat abnormalitas lbh lanjut, terutama tak terlihat adanya spondylolisthesis, SOL atau tanda2 spondylitis.
        Sudah melakukan terapi (pemanasan,dll) di poli rehabmedic RS tp belum ada perubahan. Bagaimana sebaiknya ya Dok? Apakah perlu periksa ke dokter tulang? Mohon sarannya.
        Terima kasih banyak Dokter Muki.
        -osa-

  121. ria says:

    dok saya mau tanya, saya sudah 4-5 bln mengalami nyeri pinggang. terkadang kalau bersin dan batuk terasa sakit di pinggang dan bahkan suka ngilu di sekitar kedua kaki yang biasanya menyerang di paha dan betis. jika membungkuk terasa sakit, kalau saya lagi duduk trus mau berdiri rasanya sakit. saya periksa ke dokter dan di diagnosis Low Back Pain dan adanya Disc Bulging Lumbal 6-sacral 1. setelah di rontgen, saya memiliki kelainan tulang di tulang belakang yang mestinya normal L5, tetapi saya ada 6. saya sudah periksa ke dokter spesialis saraf dan hanya diberi obat penghilang nyeri, kemudian saya melakukan terapi, tetapi terkadang sering kambuh nyeri tersebut. kemungkinan penyakit saya akan berdampak apa ya dok? lalu saya harus bagaimana?

  122. icut says:

    Dokter YTH…
    Ibu sy berusia 58 thn mengalamai nyeri pinggang hebat sejak ±2 bulan yll hingga saat ini.sdh melakukan rontgen lumbosacral,hasilnya Fractur compresi lumbal I dan osteoporosis.juga sudah melakukan MRI.hasilnya HNP gradeII.therapi ?ª?? didpt selama ini adl:analgetik,bedrest,korset.dan vitamin .juga rencana akan dilakukan operasi oleh dokter ahli bedah syaraf dalam wkt dekat.apa tindakan op bs memberikan kesembuhan HNP secara total?apa setelah op ada kemungkinan pnykt tsb bisa berulang ?â?î ???”??°·?·? ??ä?? ?öü ?·?·° ?”??? tuk advicenya …

    • muki partono says:

      Kami tdk bisa memberi komentar tentang kasus ibu anda, sebab ada 2 masalah HNP dan kompressi fraktur, krn mnrt kami penanganannya berbeda,

  123. Fiona says:

    dok, saya mau tanya.. sudah 3 hari ini punggung bagian bawah sebelah kiri terasa nyeri. Bergerak sedikit sudah langsung terasa sakit. seperti ada yg yg tertarik. Semalam, untuk tidur juga tidak bisa. malah terasa semakin nyeri.
    awalnya hari selasa lalu saya sedikit terasa pegal sore hari setelah saya duduk di depan komputer sepanjang hari tapi malamnya mendadak langsung sakit seperti ada yg ketarik. Dan itu terasa sampai tadi siang. Bahkan ketika tarik nafas pun jg terasa nyeri.
    tapi sore ini, mulai terasa sedikit berkurang nyeri nya. Saya belum sempat untuk periksa. Apa sebaiknya saya tetap check up ke dokter?

    oya, minggu lalu saya ikut menemani sopir ekspedisi dan bantu angkat2 barang yang cukup berat. Apakah ini juga bisa jd penyebabnya?

    • muki partono says:

      Kelihatannya anda mengalami gejala nyer pinggang akibat penekanan saraf oleh bantalan antar tulang di pinggang. Yg diperberat dgn pekerjaan anda dan angkat2 beban berat, sebaiknya berobat dan lakukan berenang utk menetralisir kekakan ototnya

  124. vandi says:

    dok, saya mau tanya, umur saya baru 31 thn. saya punya keluhan di pinggang sebelah kanan. klo byk beraktifitas seperti duduk berdiri dan jalan, lama2 kaki sebelah kanan saya susah untuk diangkat, akhirnya saya jalan dengan memberatkan kaki sebelah kiri. lalu kalo batuk ato bersin selalu sakit di bagian tulang ekor trus klo gerakan sholat saat rukuk tidak bisa saya lakukan. tetapi klo saya bawa tidur sehabis aktivitas, enak rasanya apalagi klo punggung saya panaskan pakai alat pemanas, sakitnya langsung berkurang, tp lama2 kembali lagi klo sudah beraktivitas. kira2 penyakit saya ini apa ya dok.. lalu solusinya bagaimana..terima kasih

  125. ain says:

    dok, sy mau tanya.saya wanita usia 35 tahun. sudah 2 bulan ini, setiap kali saya berubah posisi dari duduk/jongkok( di lantai) ke posisi berdiri, tulang punggung belakang saya agak sakit, posisi tubuh saya juga tidak bisa lurus.ini terjadi jika saya duduk/jongkok sebentar atau lama.kira-kira apa ya sakit saya dan pemeriksaan apa yang mesti saya jalani. trims.

    • muki partono says:

      Anda menderita Back pain sebaiknya diperiksakan mudah2an hanya kekakuan otot pinggang saja, bisa diperiksakan ke dokter tulang

  126. ida patra says:

    Dok,saya mau tanya skrng ini saya sering mengalami nyeri pinggang setelah melahirkan anak kedua(lahir spontan). Nyerinya hampir tak pernah hilang walaupun diolesi dengan obat penghilang rasa nyeri (spt canterpain atau minim obat. Sudah satu minggu ini punggung sebelah kanan (pas tulang belikat)terasa sangat nyeri (untuk bernapas terasa berat,tak bisa menoleh ka-ki,menunduk). Nyeri hilang bila minum obat anti nyeri. Tgl 17 dec nyeri pada punggung hilang. Tgl 18 dec siang nyeri muncul lagi tp pd daerah sekitar tulang belakang sebelah kiri ( setelah mencuci pakaian). apakah nyeri yg saya alami merupakan tanda-tanda HNP?

    • muki partono says:

      Ya benar bisa terjadi HNP kondisi ini diperberat dgn proses kehamilan dan persalinan secara normal, sebaiknya diperiksakan MRI LUMbal

  127. satrio says:

    saya cow 29 taun blm menikah tp sdh dua minggu inipantat sebelah kanan terasa nyeri susah tidur setiap tdr mr p selalu on itu knpa ya dok? penyakitkah?

  128. yulia says:

    Aslm.dok saya sudah seminggu ini mengalami nyeri pada daerah panggul dan pinggang sebelah kiri terutama bila berjalan dan bangkit dari berbaring hingga seperti tertekan ke tulang.kebetulan saya ibu menyusui sudah 2 bulan.saya sakit apa ya dok dan bagaiman cara mengatasinya?

  129. david says:

    maaf dok,mau tanya kalau habis makan,pinggang saya selalu sakit di bagian kiri itu kenapa ya?
    bisa tolong di info kan ?

    thank you dok..

    • muki partono says:

      Kalau habis makan nyeri , biasanya penyebabnya dari lambung, sebaiknya periksakan ke dokter penyakit dalam , bisa juga sebab lain misalkan ada kelainan pada saluran cerna(usus besar)’ sebelah kiri.

  130. Adietya says:

    Dok,

    Siang ini saat saya mandi, saya terbatuk dengan posisi badan atas agak membungkuk, setelah itu secara tiba2 pinggang saya seakan tertarik uratnya, setelah itu saat berjalan pinggang saya nyeri, akhirnya saya pergi ke tukang urut, setelah kembali saya tertidur dan setelah itu saya hampir tidak bisavduduk dan berdiri, pinggang saya terasa nyeri sekali, mohon masukannya apa yg terjadi dengn saya dan apa yg harus dilakukan dok, terima kasih sebelumnya

  131. kiky says:

    saya wanita berusia 19 tahun, sejak 2 bln yg lalu saya menderita sakit pinggang kiri yg tidak kunjung berhenti.
    bahkan sampai menjalar ke kaki kiri dan punggung kiri.
    sakit pinggangnya juga sekarang sampai tembus ke perut kiri bawah saya dan terasa sakit sekali di bagian selangkangan kiri.
    kira-kira penyakit apa yg saya derita?
    terima kasih sebelumnya.

  132. Yoseph Palar says:

    Halo pak dokter,

    Umur saya 27 tahun, tinggi 180cm. Saya menderita Low back pain sejak tahun 2007. Saya menjalani fisioterapi apabila rasa sakitnya muncul. Setelah fisioterapi memang rasa sakitnya hilang namun berapa lama kemudian pasti muncul kembali. Bulan November 2011, saya menjalani tindakan anuloplasty. Memang rasa sakitnya hilang, sudah tidak ada rasa sakit yang menjulur sampai ke paha. Namun, kenapa punggung saya terasa kaku dan sakit setelah duduk lama. Kejadian ini saya alami setelah menjalani anuloplasty. Apakah memang masa recovery setelah anuloplasty itu lama ya pak dokter? atau ada yang salah akibat tindakan tersebut. Terima kasih banyak Pak dokter atas penjelasannya.

    • muki partono says:

      Mungkin saja atau ada masalah lain, kalau problemnya memang di anulus dilakukan anuloplasty selesai tapi mungkin nyerinya bisa sebab lain juga jd masih ada kekakuan, mudah2 an sih nanti bisa berkurang

  133. warnas says:

    Docter,

    Saya sakit pinggang rasanya ada yang mengganjal di pinggang kaya orang sekelan gitu doc, saya ud di MRI, dan sudah fisioterapi tapi belum ada perubahan yang berarti, trus sebaiknya apa yang saya harus lakukan? untuk jelasnya ini hasil MRI saya:
    -Straight lumbalis, tidak tampak listhesis signifikan
    -Spondilosis lumbalis dengan penyempitan ruang discus intervertebralis L3-4 dan L4-5
    -Protrusio sentral-foraminal kanan-kiri discus intervertebralis L3-4 & L4-5, menekan thecal sac & exiting nerve L3 & L4 bilateral
    -Protrusio foraminal kiri discus intervertebralis L5-S1,menekan exiting nerve L5 kiri dengan disertai annular tear sepanjang 11mm pada posterolateral kiri discus
    -Penyempitan peural foramen L3-4 & L4-5 bilateral serta L5-S1 kiri

    itu hasil MRI doc.. trima kasih

    • muki partono says:

      Sebaiknya dilakukan suntikan foraminal blok pada saraf yg terjepit, anda mengalami penekanan sara f pinggangaa

  134. muki partono says:

    Mungkin itu kekakuan otot saja sebaiknya lakukan olah raga berenang, bila nyerinya tak kunjung hilang dgn melakikan olah raga berenang sebaiknya dikonsultasikan ke dokter tulang

  135. adyt says:

    selamat malam docter.

    saya pria berusia 24 tahu.kemarin ketika saya turun dari temapat setinggi 1.5 meter dengan cara meloncat,saya merasakan nyeri yg luar biasa,dan ketika saya berjalan msh tersa sakit namun lama kelamaan menghilang.hanya saja hari ini tiba2 saya merasakn nyeri lagi di selangkangan sebelah kanan testis,dan ketika saya tekan terasa sakit.apakah ini HNP?dan bagaimana cara penanganannya?mohon bantuannya docter dan terima kasih

    • muki partono says:

      Kalau rasa nyeri di testis bisa karena VARICOCELE, sebaiknya diperiksakan dulu ke dokter urologi , nanti setelah itu baru konsultasikan ke dokter tulang

  136. johny says:

    Dok saya numpang konsultasi
    Saya ud dari 5bulan merasakan nyeri punggung kanan dan kadang di pinggang,tepatnya di bawah tulang belikat dan punggung bawah dan di samping dada sbelah kanan(saya ga tau namanya tulang apa)pokonya daerah yg deket ama bawah ketiak,,
    Saya ud pernah usg dan ct scan whole abdomen,dan terdeteksi gastritis
    Memang saya punya sakit maag
    Dan rasa sakit di punggung dan ini saya rasakan sejak saya kena sakit maag dan tipes,
    Sebelumnya saya tidak pernah sakit punggung,umur saya 26thn
    Pekerjaan saya sbelumnya kerja di depan komputer,tp sejak juli 2011 saya resign,lalu agustusnya saya kena sakit ini
    Saya pernah di bilang dokter penyakit dalam suspect usus buntu
    Melalui tes apendicogram.tp stelah saya ct scan ternyata tidak ad usus buntu
    Pertanyaan saya apakah ad hubungan usus buntu dengan sakit punggung?
    Klo tidak ad saya hrs periksa apa utk nyembuhin punggungnya?
    Saya ud jalanin fisioterapi 6kali tp blm ad kemajuan,pernah jg ke dokter saraf katanya hanya otot myalgia
    Nyeri yg saya rasakan tidak sakit sekali yg sampe berasa membunuh,tp saya jd ga betah duduk
    Ad saran dok utk saya?
    Makasih sbelumnya

    • muki partono says:

      Anda mengLami gejala penekanan saraf ponggang, khas sekali sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang

      • johny says:

        Oh iya dok saya kmaren ud balik ke dokter saraf
        Lalu dokternya cek badan saya dengan di ketok ketok gitu di punggung,kaki di angkat,di tes sentuhan pake bulu ayam,di suruh jinjit,di suruh bediri pake tumit katanya si normal aja
        Saya jg ud ronsen tulang bagian vertebra torakal(klo ga salah namanya) hasilnya jg normal
        Jd saya kena sarafnya ya dok?
        Apa saya kena hnp gt?ato gmn dok?
        Regards

        • muki partono says:

          Prinsip bila kita periksa tak ada kelainan dan tetap masih ada keluhan sebaiknya dilakukan MRI torakal, utk meyakinkan saja, sebab ada kelainan yg terlihat normal tapi ternyata di MRI baru kelihatan

  137. mardi says:

    siang dok,,
    saya pria usia 31 th,saya sdh,melakukan MRI..hasil MRI:ALIGNMENT LUMBAL LURUS
    KORPUS VERTEBRA DENGAN SEDIKIT OSTEOVIR
    DISKUS INTERVERTEBRA L 4-5 DAN vL5-S1 DEGENERASI MENONJOL KE DORSAL, MENDESAK SAKUS THEKALIS
    SEPERTI PADA HNP.

    mohon penjelasan secara orang awam dok… saya tidak maksud dengan hasil tersebut.. makasih atas penjelasannya dn mohon solusi untuk penyembuhannya..trims

  138. anhy says:

    asw
    dok saya mahasiswi umur 22 tahun,,
    akhir akhir ini saya sering merasa nyeri di bagian pundak, punggung sampai kaki..
    waktu kecil(SD), kaki(betis saya tepatnya) sering sakit, jadi selalu di urut sama orang tua. masuk SMP sudah tidak pernah lagi mrasakan sakit pada betis saya. tapi bberapa bulan terakhir bukan hanya pada kaki saya, tapi juga pundak, punggung dan pinggang…kadang juga menyerang seluruh badan,,,rasanya pegal2…
    mohon penjelasannya…

    • muki partono says:

      Rasa pegal dan kaku pada tulang belakang banyak sebab, jd sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang, mungkin kekurangan kalsim, atau gejala penyakit penekanan saraf pinggang,

  139. johny says:

    Brp kisaran biaya MRI dok?
    Klo memang tdk terlalu mahal saya mau periksa,
    Jd kemungkinan kelainannya apa aj dok?apa bener dok karna stres jg bs membuat sakit punggung?

  140. dewi says:

    selamat malam dok.
    saya mau tanya, latihan fisik seperti apa (selain berenang) yang bisa membantu penyembuhan HNP lumbal L4/5 dan L5/S1. terimakasih.

  141. ferry says:

    mau nanya pak..
    sepupu saya ruas tulang belakang nya (sebelah atas dekat tulang ekor) seperti menonjol keluar, itu kenapa pak ya??

    • muki partono says:

      Sebaiknya kami periksa, banyak hal yg bisa spt it misalnya tumor tulanh , kelainan penutupan tulang belakang yg tak sempurna, dll

  142. astrid says:

    selamat malam dok,
    saya astrid umur 17 tahun. 3 tahun lalu saya pernah jatuh dari tangga dan antara 10-15 cm dari tulang ekor saya terbentur ujung tangga, dan terasa sakit disebelah kiri sampai susah melangkah. tanggal 20 januari 2012 rasa sakit itu muncul kembali rasa sakitnya berawal dari pantat sebelah kiri lalu menjalar ke paha sebelah kiri dan pinggang yang terasa panas, ngilu dan seperti tertarik. saya paksakan untuk lari saat bermain basket rasanya semakin menjadi. menurut dokter saya menderita penyakit apa ya dok? dan penanganannya bagaimana? mohon penjelasannya dok
    Terima Kasih

    • muki partono says:

      anda menderita cedera pada tulang ekor, bisa retak , dislokasi atau lainnya , sebaiknya kami periksa utk memastikan kelainan tersebut

      • astrid says:

        karena sekarang tidak sakit lagi lalu saya diamkan saja apakah akan berimbas kedepannya dok? atau mungkin akan lebih parah?

  143. ros says:

    dok, saya ingin menanyakan beberapa pertanyaan.
    apakah kegemukan dapat menyebabkan HNP juga?
    apakah penderita HNP tidak bisa sembuh seperti sedia kala, adakah kemungkinan akan menderita HNP kembali?
    thanks

    • muki partono says:

      gemuk adalah salah satu faktor resiko pada HNP, HNP bisa sembuh , kalau yg anda maksud kekambuhan , bisa terjadi pada lefel yg lain , pada lefel yg sama sisi yg lain , atau pada lefel dan sisi yg sama , tapi hal ini sangat kecil kemungkinannya

  144. mia says:

    dok, saya baru mengalami nyeri punggung akibat angkat barang yang berat, lalu berobat ke dokter saraf. oleh dokter saya disarankan MRI, conclusi nya : HNP L2/3 dengan penekanan radix L2/3 kanan + Disc bulging L 3/4, L4/L5 + disc degenerasi L1/2-L5/S1 + spondylosis lumbalis + penyempitan foramina intervertebralis L2/3 – L4/5… apakah penyakit saya dok? perlukah operasi? (saya baru terima hasil MRI, dan belum ke dokter saya tsb, berhubung ada masalah jarak dan waktu) terimakasih dok

    • muki partono says:

      Hasil MRI Menunjukkan anda mengalai gejala HNP , penekanan saraf pinggang, akibat angkat berat, tindakannya belum tentu operasi tergantung keluhan penderita, sebaiknya kami periksa utk memastikan kelainan tsb

  145. Rifda says:

    Dok, teman saya usia 19 tahun didiagnosis HNP L4/5 dan L5/S1. sudah menjalani terapi traksi (beban meningkat dari 10-25 kg) selama seminggu di RS, tapi masih mengeluh sakit tidak hilang. Sempat berobat alternatif (diurut) tetapi juga tidak ada perubahan. pola hidup baik, melakukan olahraga renang sesuai anjuran. Saat ini sudah kurang lebih 1 bulan sejak keluar dari rumah sakit tetapi masih belum sembuh sempurna. Tubuh skoliosis, berdiri dan berjalan miring. Selain nyeri serta berjalan miring tersebut tidak ada keluhan lain.
    Apa yang harus dilakukan untuk membantu penyembuhan dok? terima kasih.

  146. AK says:

    Saya mengalami foot drop bagian kiri, menurut mri ada penekanan syaraf tapi tidak terlalu parah di L5-S1. Nyeri di bagian pinggang juga dan ada hand drop juga di bagian kiri karena ada penekanan di C5-C6. sudah pernah operasi micro disectomy dengan pakai pen di are tsb tapi masih mengalami handrop. Saya sedang minum obat ultracet, atrodar, lyrica dan neurobion. Tlg suggest saya harus bagaimana..

  147. joko says:

    Dok, sebulan lalu saya operasi HNP L2-L3, dan alhamdulillah sekarang sudah aktivitas biasa, tapi ada pertanyaan yg dulu lupa saya tanyakan ke dokternya, yaitu bantalan tulang yang diambil seluruhnya tsb apakah akan tumbuh lagi yang baru?

    • muki partono says:

      Pertanyaan ini sebaiknya ditanyakan ke dokter yg melakukan operasinya, tehnik apa yg dia pakai, kalau dia melakukan Microdisectomi, bantalannya tdk diambil semua hanya sebagian saja yg menekan saraf. Dan bisa tumbu barnhanya saja kualitasnya berbed dengan yg lama

  148. herlina says:

    dok saat ini,samar2 kata dokter saya hamil,4minggu,karna saya ada keluhan,nyeri pinggang,sampai keperut bawah kanan,dan pegel2 juga kepaha kanan sampai lutut,sebelum hamil saya juga pernah nyeri pinggang yg lumayan sakitnya,apakah saya sakit pinggang lg?dan apakah berbahaya karna saya lg hamil 4 minggu

    • muki partono says:

      Anda mengalami gejala HNP, baca artikel di web kami, kasus ini tdk berbahaya hanya saja dgn proses kehamilan akan bertambah keluhannya, krn kan beta badan anda akan bertambah, terutama pada usia kehamilan yg sdh mendekati proses kelahiran

  149. Novia says:

    Siang dok,saya sakit pinggang sudah menjalar sampai ke telapak kaki bagian tengah,yg saya rasakan saat ini duduk tidak tahan lama ,selangkangan bagian kanan yg sangat tidak nyaman,kaku dan ketarik,tulang ekor kalo diraba juga memang sudah menonjol,hasil rontgen nya vertebrae lumbal-sacral-cocygies :
    Alignment vertebrae lumbal baik,tidak tampak listhesis
    Bentuk dan struktur tulang baik
    Corpus dan pedikal intak
    Discus intervertebralis l5-s1 sempit
    Jaringan lunak tidak tampak kalsifikasi

    Apakah saya perlu mri dok untuk mengetahui sampai seberapa parah saraf kejepit nya?
    Apakah hnp hanya bisa sembuh lewat operasi saja dok?karena saya belum siap dg risikonya,
    Trima kasih

  150. eka says:

    do usia saya 26 th panggul saya sakit sudah 2 th lebih tidak berhenti rasa sakit pegelnya itu terus sekarang sudah 2 minggu terakhir pinggang saya sakit banget,saya harus beroba ke dokter apa ya dok

  151. ocha says:

    sore dokter,
    dok,umur saya baru 23 thn,pinggang kiri bagian belekeng sakit bangget,bahkan perut bawah bagian kiri saya ikut nyeri.padahal baru 1 bln kemarin saya priksa ke dokter sepsalis tulang.pas di rongsen,dokter bilang saraf saya terjepit tulang duduk,dan saya terapi 4 kali.dan udah sembuh,
    tapi akhir-akhir ini kok sakit lgi ya dok,rasanya pegal terus nyeri.
    dok,trus penyakit saya ini,penyakit apa ya???dan saya harus gimana???
    tolong penjelasanya…..mksih sebelumnya……………..

  152. Hanifa Halim, umur 77 th. laki2. says:

    Nama saya : Hanifa Halim, umur 77 tahun, laki2.
    Penyakit : saya menderita HNP phase I (menurut hasil MRI)Gejala : kaki kiri kesemutan, baal dan kebas sampai telapak kaki . Pengobatan yang pernah saya lakukan : mengunjungi Dr.Sp.S, Dr. bedah syaraf, Dr. Sp.OT. dilakukan injeksi pada punggung dan kaki kiri, obat2 : celebrex dan Arcoxia 90mg. Pernah dilakukan semacam Minimal Invasive Surgery oleh Dr. dari China pada th. 2009, hasilnya hanya sementara, bertahan hanya 7 bulan saja, kemudian sakitnyakambuh lagi.Tanya: apakah dengan operasi MED yang Dr lakukan, bisakah menyembuhkan secara total, dalam arti tidak menderita kesemutan, baal dan kebas lagi ?
    Jaaban Dr sangat saya harapkan, terima kasih.
    Hormat saya,
    Hamifa Halim

    • muki partono says:

      Insya allah kalau memang penekanan sarafnya jelas , dgn MED bisa mengurangi keluhan ,krn penyakit bapak kaitannya dengan usi lnjut, jd sifat pengobatan kami mengurangi agar kualitas hidup lb baik

  153. vany says:

    assalamualaikum dok. Saya perempuan berusia 19 tahun. Sudah 1 tahun belakangan ini saya mengalami sakit pinggang di bagian belakang. Sakitnya terasa sepanjang hari saat beraktivitas. Duduk maupun berdiri terasa sakit. Paling sakit saat lagi duduk. Namun saat tidur tidak terasa sakit. Sebenernya saya sakit apa dok? Bagaimana cara mengobatinya? Terima kasih.

    • muki partono says:

      Kalau melihat keluhan anda menderita gejala penekanan saraf akibat bantalan (hnp)sebaiknya kami periksa Secara klinis dan rontgen

  154. filip says:

    mau nanay dok, saya laki-laki usia 20 th. punggung saya terasa sakit 8 bulan belakanagan. setelah saya periksakan RS saya disarankan untuk MRI. dari hasil MRI saya mengalami HNP pada lumbal 4-5. saya disarankan untuk operasi. tapi saya tidak memilihnya karena pernah mendengar bahwa resiko dari opersi tersebut adalah kelumpuhan. setelah itu saya menjalani fisioterapi selama 3 minggu dan sudah merasa enakan. yang mau saya tanyakan, apakah betul operasi tersebut dapat beresiko kelumpuhan? dan sekarang saya tetap tidak bergerak bebas (membungkuk, duduk dengan kaki lurus ke depan) seperti sebelumnya, dan saya disarankan untuk berenang. apakah mungkin dengan rutin berenang saya dapat bergerak bebas seperti sebelumnya?

    • muki partono says:

      Silahkan baca testimonial pasien2 kam yg sdh dioperasi dengan tehnik MED, sanga aman, nyaman krn hanya 1 hr rawat saja lbh cepat dari operasi usus buntu ata sesar

  155. lusi says:

    siang dok..
    saya umur 22 thn..saya mengalami sakit pinggang dan skrng sudah turun ke kaki sakit nya,suka kesemutan,pegal2 klo jalan lama,duduk pun jg pegal dok..jari2 kaki berasa gak enak dok..terlebih kaki kiri yg sangat berasa dok..setelah saya EMG kata dokter nya saya mengalami L4-L5 dan L5-S1 Kiri .apakah parah penyakit saya dok?
    bagaimana mengatasinya supaya bisa sembuh dok?apakah harus operasi atau ad tindakan lainya dok?terima kasih dokk..siang..

  156. Rizqy Alfiyaty says:

    Dear Dr. Muki

    Sejak 2 hari terakhir saya mengalami nyeri di pinggang kiri sdkt ke atas tepatnya agak dekat dengan tulang rusuk. Gejala yang saya rasakan : kalau bernafas dan batuk rasanya sakit/nyeri seperti ada yang tertarik (saya agak bingung menjelaskan, rasanya seperti perut yang penuh dan disuruh jalan/lari. Mungkin seperti sakit maag tapi tanpa perih).

    Mohon infonya kira2 apa yang terjadi.

    Terima kasih

    • muki partono says:

      Sebaiknya diperiksakan ke dokter utk memastikan secara klnis, bisa akibat tulang rusuk bagian terbawah bisa krn organ2 yg ada disekitar lokasi tsb spt limpa , bagian hati sisi kiri dll

  157. abu zakiya says:

    Salam Kenal Dok..
    Usia saya 37 tahun, sejak tahun 2009 sy mengalami nyeri di bagian samping tulang belakang sebelah kanan (kira2 sejengkal dari leher – dibelakang dada kanan)
    Ketika nyeri kadang terasa sampai lengan dan paha.
    Dan sekarang sakitnya menjalar ke pinggang kanan belakang.
    Mnrt dokter sy sakit apa ya ?
    thks atas infonya dok

  158. Sundari says:

    Salam kenal,
    Dokter, saya Sundari 39 tahun, mau tanya kalau pengobatan karena adanya penekanan saraf di leher bagaimana ya ? Haruskah operasi? Sakitnya di belikat, bahu dan leher, kadang menjalar ke lengan dan itu terus menerus sepajang hari. Mohon sarannya, terimakasih

    • muki partono says:

      Pengobatan bisa konservatif, dgn obat fisioterapi dan lainnya bila gagal sebaiknya dilakukan operasi, kalau sdh mengganggu sekali dan mulai ada kelemahan otot sebaiknya dilakukan tindakanoperasi saja

  159. wati says:

    Dear Dr. Muki,

    Saya sedang mengandung 5 bulan, 2 hari lalu saya terjatuh dengan posisi duduk dan smp hari ini saya merasa sakit pada tulang ekor saya terutama saat berganti posisi dari duduk ke berdiri.
    Menurut dokter, apakah perlu saya memeriksakan ke dokter sp. tulang? Saya khawatir kalau misalnya di rontgen akan membahayakan janin saya. Mohon saran dari dokter. Terima kasih.

    • muki partono says:

      Kalau ibu khawatir sebaiknya diperiksakan , tapi memang kami tdk bisa lakukan pemeriksaan xray, jd sebaiknya istirahat dulu dari duduk , dan beli bantal yg berbentuk DONAT utk membantu anda duduk

  160. Junus Victorinus says:

    Dear Dr Muki,

    Berapakah biaya perkiraan untuk operasi MED ?

    Terima kasih

  161. mayson says:

    pagi dok…
    setiap menggerakkan badan kekanan dan kiri terasa ngilu dari pinggang sampai lutut.
    tapi kalau duduk/mengendarai mobil tidak terasa.
    kira2 pa ya dokter diagnosanya????

    • muki partono says:

      Itu bisa akibat otot pinggang saja , krn ada otot yg berjalan dari pinggang sampai ke paha bagian atas

  162. Budi J says:

    Dok, saya berusia 25 tahun, di pinggang belakang sebelah kanan saya sering nyeri, kalau saya raba ada benjolan dan kadang menjalar sampe paha dan lutut, mohon diagnosisnya, dan kira2 harus melakukan apa. terima kasih

    • muki partono says:

      Sebaiknya diperiksakan, benjolan yg anda maksud mungkin penebalan otot saja, kemungkinan anda mwnderita penekanan saraf di pinggang

  163. abdul hakim says:

    Dr muki yang baik,saya berumur 50 tahun,saya sudah lama merasakan nyeri pinggang,kurang 8 thn yang lalu,saya sdh konsoltasi dr syaraf(neurologi)dikasih obat penghilang nyeri,dirujuk ke dr bedah,sampai refral ke dr bedah saraf,sdh ronsen MRI(hasilnya l5 dan l4 penekanan serta l5 dan s1 menggalami diskbulding ,kalau menurut beliau tidak perlu operasi,bagaimana menurut pengalaman dr muki ,mohon jawabannya,saya sudah sering melakukan terapi pinggang, kadang sampai bosan,berenang.Oh ya saya pernah jatuh,terpeleset dilantai yang basah posisi terduduk. Yang saya rasakan selama ini membungkuk,pinggang terasa tertarik,kalau duduk tidak tahan lama, saya tambahkan lagi saya bekerja bagian mekanik pabrik.sering mengangkat beban berat.sekali lagi mohon saran DR muki.

    • muki partono says:

      Kelihatannya kasus anda diperberat dengan pekerjaan anda , sebaiknya hindari angkat2 berat, kalau sdh bosa dgn keluhannya sebaiknya coba suntik dulu, mungkin membantu, kalau berani operasi sebaiknya dilakukan tindakan MED saja

  164. Deani Anggata says:

    siang dokter ..
    maaf dok ,, keluarga saya kemarin dilakukan operasi laminektomi ,, setelah operasi dilakukanlah rontgen lumbalsakral ,, pada saat pemsangan papan film rontgen ketarik sama selang drain ,, alhasil selang drain keluarga saya itu lepas dok ,,
    yang mau saya tanya : apa dampak yang akan terjadi setelah selang drain paman saya lepas ?? apa harus dilakukan operasi ulang dok ??

    terimakasih dok atas perhatiannya ..

  165. Har says:

    Slmt siang, apakah dlm minggu2 ini (tg12-18)dokter ada ditempat? Sy dari Jateng mau priksa hnp. Trimakasih

  166. djun says:

    dok,usia saya 36 tahun,pinggang saya nyeri bagian atas pinggul sebelah kanan dan pada saat berjalan ngilu menjalar kekaki sebelah kiri,saya masih bisa tidur tapi pada saat bangun tidur rasanya pinggang tidak mau lurus dan terasa nyeri sekali saat mau berjalan,
    apakah perlu operasi atau tidak,bagaimana saya menghubungi dokter
    terima kasih

  167. muki partono says:

    Sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter kandungan , apakah ada hubngannya antara keputihan dgn nyeri pinggangnnya, krn bisa terjadi spt itu

  168. mellie says:

    dok,umur sy 23 thn,kadang2 saat saya tidur pinggang saya tepatnya di samping,dibawah tulang rusuk samping sy sering sakit,tapi jika bangun tidur dan melakukan aktivitas sehari-hari tidak pernah ada keluhan apapun,kalau di pijat di bagian yg sakit itu pun juga tdk merasakan sakit,apakah itu berkaitan dengan ginjal atau akibat salah pisisi duduk atau tidur sy dok?

  169. kusyti says:

    pagi dok, mau tanya MED dan laminektomi sama atau tidak minta penjelasannya.trimakasih

    • muki partono says:

      MED dgn Laminectomi tdk sama, krn MED sayatan kecil, aman, perdarahan minimal, kemung.kinan infeksi setelah operas lbh kecil, hanya 1 hr rawat saja dibantu kamera, jd buat pasien setelah operasi lbh nyaman dan aman

  170. Fitria Firdiyani says:

    Asslam Dokter..saya brumur 21 tahun..akhir2 ni sya sering ngerasa skit pinggang disebelah kiri, apa lgi saat brjlan pdahal dngan jrak yg g jauh saya slalu ngerasa nyeri dipinggang bgian kiri kdang skit tu menjalar smpai punggung..tuh knpa ya dok????apa efek dari jtuh, soalnya sya prnah kecelkaan dn posisi jtuh sya tu dlm kadaan duduk..dtnggu jwbannya,
    trima kasih

    • muki partono says:

      Kala jalan jauh sdh ada efek nyeri pinggang sebaiknya diperiksakaj kemungkinan ada pengapuran pada tulang bekakang yg menyebabkan penekanan saraf pinggang yg mengakibatkan nyer pinggang

  171. Kusnarijanto says:

    Ass wbb, dokter , suami saya sudah 4 bulan ini tidak bisa duduk, jalan, sehingga selama waktu tersebut hanya tidur terbaring. Dari hasil rontgen yg kami lakukan bln desember 2011,hasilnya adalah lumbal no..4,5 kompresi , umur suami saya saat ini hampir 63 tahun. Pertanyaan : suami saya takut kalau eksekusinya harus dg operasi, apakah ada alternatif lain penyembuhan medis yg tanpa operasi? Saat ini kami tidak minum obat apapun, tolong kami dokter. Dimana praktek dokter, mohon alamat dan rumah sakit dimana dokter praktek? Apakah kami bisa konsultasi dulu dengan membawa hasil rontgen, tanpa membawa pasien? Karena suami belum kuat untuk duduk lama, domisili kami saat ini di Yogyakarta. Terima kasih dokter, mohon advice. Salam

    • muki partono says:

      Konsuktasi memang sebaiknya pasiennya ada, tapi kalau memang sukaar dbawa , tdk apa2 yg penting bawa foto dan rekam secara klinis kondisi pasien terakhir, spy kam dpt informasi lbh, kami praktek d RS SIAGA RAYA! RS JAKARA DAN RS PONDOK INDAH Puri INdah

  172. lilik wahyono says:

    Malam Dok, sudah 3 minggu ini saya mengalami sakit nyeri pada pinggang dalam, nyri sangat sampai kekaki kiri, Ibu jari saya tidak dapat sy angkat naik., Sya sudah ronsen Hasilnya hasilnya HNP kami harus dirujuk kejawa.., untuk Operasi, karena sy orang Jogja, RS mana ya Dok yang bisa di Jogja, atau kala saran dokter harus dimana … mohon infonya trims..

    • muki partono says:

      Maaf sebaiknya anda tanyakan langsung pada RS yg bersangkutan, sebaiknya anda diopearasi dgn tehnik MED, minmal invasif surgery, dgn pertimbangan hanya 1 hr rawat, sayatan kecol, aman , nyaman , paska operasi mobilisasi lbh cepat, tapi di jokya kami blm tahu apakah ada yg melakukan tehnik ini

  173. Abidin says:

    Selamat sore Dr. Muki,
    Saya mengalami sakit di pinggang. Awalnya 1,5 bulan yang lalu. Makin lama makin sakit sehingga apabila untuk berjalan paling jauh sekitar 150 m maka akan terasa sakit di bagian bokong (pangkal paha belakang) hingga betis sebelah luar (kaki kanan). Kaki kiri baik-baik saja.

    Dua minggu yg lalu saya berobat ke Dr.Sp.S dan disuruh rontgen serta EMG. Diagnosa dari dokter tsb saya suspect HNP. Tetapi hasil rontgen bagus (ada kata-kata lumbalisasi) dan juga hasil EMG juga menunjukkan hasil bagus.

    Simpulan Dokter ketika konsul yg kedua, bahwa terbukti penyakit saya bukan HNP. Sakit saya hanya masalah otot saja, shg saya hanya diberi obat oles Voltaren, vitamin saraf, serta obat anti nyeri (racikan dalam bentuk kapsul).

    Sakit di pinggang sehabis tidur tidak terasa lagi, yg ada adalah pegal-pegal.

    Namun, sampai saat ini (setelah obat anti nyeri habis) setelah 2 minggu kemudian, saya masih merasakan sakit yg sama.

    Untuk sholat (pas ruku) saya merasakan sakit di bokong dan betis. Tetapi apabila telah selesai sholat dan saya duduk sementara waktu, maka untuk sholat berikutnya (pas ruku) tidak begitu terasa sakit di pinggang.

    Info lain : Saya juga melakukan urut. Setelah urut enak, tapi besoknya sakit itu terasa kembali.

    Kira-kira sakit saya apa ya Dok…
    Mohon advis.

    Salam
    Abidin

    • muki partono says:

      Sebaiknya anda melakukan pemeriksaan MRI LUMbal utk memastikan ada HNP atau tidak krn utk mengetahuinya tdk bisa hanha mengandalkan foto rontgen , harus dgn MRI, kami menduga anda menderita HNP walaupun masih ringan

  174. sri rejeki says:

    malam dr. usia saya 43 th, hasil MRI saya positip saraf kejepit pada c4-5, c4-6, dr. sarankan saya untuk operasi, tp jujr saya ada perasaan takut, adakah resiko yg tidak diinginkan atau buruk setelah operasi..sy rasakan pd leher kaku, sakit sampai kebahu bahkan jari2 kedua tangan mulai terasa kaku…adakah jalan lain selain operasi…sy tunggu jawabanya…trimsss

  175. ria says:

    slmat mlm dr. Mukti, usia saya 36th sudah 2minggu ini saya mengalami sakit dipinggang sampe betis sebelah kanan, sudah saya urut sehabis urut agak enakan tapi setelah itu sakit lagi, apa yg saya harus lakukan dok saya sdh coba dg obat oles tidak mempan jg, saya mesti periksa ke dokter apa n apakah perlu rontgen dok.
    trimakasih dok, mohon jwbannya..

    • muki partono says:

      Sebaiknya anda berkobat ke dokter tulang anda mengalami gejala HNP lumbal, dan perlu obat nyeri yg kuat dan dibant fisoterapi, dan berenang, juga tidur pada alas yg keras

  176. ika says:

    Salam Kenal dokter,
    Saya seorang dari Putra saya yang usianya 28 tahun, dia menderita sakit pinggang dan sudah MRI, bahkan sudah opname, ternyata hasilnya L5 menekan ke saraf jadi kelihatan sekali tekanan dan melengkung menekan syaraf.
    Pengobatan dengan cara di strika listrik dan obat sirdalud,
    tapi belum ada perkembangan ?
    Bagaimana dok pengobatannya ?
    apalagi awal April dia akan menjadi ayah, saya prihatin dengan keadaannya.
    Pengobatan Operasi MED apakah itu ? biayanya berapa ? mohon penjelasan dok ?
    saya khawatir anak saya menderita sekali.
    Terima kasih jawaban nya saya sangat menunggu dok .

    • muki partono says:

      Kalau memang sdh jelas HNP L5-s1 dan pengobatan konservatif sdh dicoba spt fisioterapi, minum obat nyeri, berenang, dll, sebaiknya dilakukan tindakan operasi MED, tak perlu khawatir aman, hanya1 hr rawat, sayatan minimal 1,5cm – 2 cm, mobilisasi setelah operasi cepat. Biaya kisaran 27-30 jtan perawaan klas 3

  177. sri rejeki says:

    malam dr. usia saya 43 th, hasil MRI saya positip saraf kejepit pada c4-5, c4-6, dr. sarankan saya untuk operasi, tp jujr saya ada perasaan takut, adakah resiko yg tidak diinginkan atau buruk setelah operasi..sy rasakan pd leher kaku, sakit sampai kebahu bahkan jari2 kedua tangan mulai terasa kaku…adakah jalan lain selain operasi…katanya operasi tsb dipasang pen pada leher, apakah itu permanen dan tidak menggangu aktifitas leher?sy tunggu jawabanya…trimsss

  178. shanti says:

    Salam kenal dok.. apakah ada jaminan kalau setelah operasi MED, rasa nyeri itu tidak akan datang lagi?..

    • muki partono says:

      Di dunia medis tak spt jualan di toko ada garansi, tapi bekerja berdasarkan pengalaman dan data statistik, berdasarkan data statistik hampir 90 % angka keberhasilan, artinya ada 90 orang dari 100 orang yg masalahnya selesai, dan sisanya 10 orang tdk maksimal, artinya nyerinya tdk hilang seluruhnya masih meninggalkan sisa tapi jika dibandingkan dgn keluhan sebelum operasi lbh baik, bukan lumpuh yg ditakutkan banyak orang, krn berdasarkan seri kami sejak 2003 kami melakukan MED kami tdk pernah mengalami komplikasi yg tdk diharapkan

  179. Ita says:

    Selamat sore,
    Usia saya 41. Sudah sekitar 1 bulan ini pantat kiri saya sakit pada saat berbaring. Saat berbaring lalu geser ke kiri dengan agak diangkat tidak sakit, tetapi jika geser ke kanan dengan agak diangkat sakit. Kadang terasa sampai paha kiri. Apabila dipakai jalan atau lari tidak sakit. Sudah diurut tetapi masih terasa sakit saat berbaring. Gejala apakah ini? terima kasih.

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang (HNP) sebaiknya dilakukan pemeriksaan lbh lanjut, mungkin perlu MRI lumbal

  180. dudi surindro says:

    dok,saya mengalami keluhan sakit pada pantat kiri kadang pada pantat kanan,rasa sakit itu timbul tatkala saya minum es dan terkena udara dingin,kira2 sya mengalami sakit apa dok ? dan hrs ke dokter apa saya periksa,trm ksh.

  181. yessy says:

    salam dok, saya wanita umur 31 tahun, sudah 3bulan ini paha bagian luar sebelah kanan sakit. Sensasinya awalnya seperti rasa gatal, paha rasanya tebal dan kl disentuh agak kebal/baal, tp kalau tersentuh kain bs terasa sakit (perih) dan kalau sakitnya agak parah sensasi sprt di setrum listrik. Kira2 kenapa ya dok? Sy sdh bolak balik tp diagnosa awal radang otot, tp diobati tdk kinjung sembuh cm sensasinya berkurang saja, setelah itu kembali lagi rasa sakitnya. Thanks

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala saraf , kemungkinan ada penekanan saraf pada pinggang , sebaiknya diperiksaka ke dokter tulang

  182. Tri H says:

    Selamat siang dok saya Tri, Pria umur 44 th sudah sekitar 5 th pangkal paha saya sebelah kanan kalu untuk dibawa jalan terasa sakit sampai pincang kata dokter yang pernah meriksa saya tulang saya sudah terkikis apakah perlu opersi dok atas jawabannya terima kasih ya dok

  183. Danita says:

    Salam kenal Dok,
    Sejak 2 tahun terakhir ini saya sering mengalami nyeri pinggang sebelah kanan. Sebelumnya saya pernah terkena infeksi saluran kencing, apakah ini berhubungan? mengenai sakit pinggang ini memang belum pernah saya periksakan, hanya pijat tradisional.
    Kalau sering kambuh, saya hanya memutar2 pinggang saja…
    setelah saya membaca artikel Anda, yang ingin saya tanyakan adalah apakah penyakit ini berpengaruh pada kandungan? (oya, usia saya saat ini 23 thn) dan “postur tubuh yang tidak diposisikan secara benar” itu maksudnya bagaimana dok?
    Terima kasih atas jawabannya

    • muki partono says:

      sebaiknya jgn dibiarkan krn akan berbahaya , pertama konsultasikan ke dokter Urologi, kalau tdk ada kelainan baru konsul ke dokter tulang, posisi tubuh yg baik maksudnya cara duduk yg benar, tidur yg benar

  184. raja says:

    slmt malam dok, saya umur 35th, seminggu terakhir ini saya mengalami sakit pinggang sebelah kanan saya dan serentak saya merasa testis sebelah kanan saya juga berasa ga enak sepertinya sakit. kadang2 gejala tersebut hilang dan kambuh lagi, kalau lagi kambuh rasanya gelisah sampai keringat,kenapa ya dok??. mohon jawabannya ya dok. Terimakasih

  185. Irwansyah says:

    Dr.yth,saya dari aceh usia 32th,saya mengalami linu di bagian pinggang sudah 3th lama nya,[posi2 apapun tidak sakit hanya linu2 saja].awal nya pada saat saya posi2 bungkuk tiba2,pada waktu bangun spontan saja terasa sakit bahkan susah bergerak,dan saya bawa ke dokter rasa sakit itu hilang,namun 3th belakangan ini rasa linu tidak hilang2.sejauh mana sakit saya dok bagai mana solusi nya.mhn penjelasan.

  186. Rudianto says:

    Dok Mukti Yth,
    Sejak 3 bulan ini saya mengalami sakit pinggang yang secara tiba-tiba dibagian kiri sehingga tidur saya terganggu, terasa pincang kalau jalan kaki 1 km, terasa nyeri saat terakhir buang air kecil.
    Saya telah MRI dan hasilnya seperti ini :
    - Tampak spur formation di posterior corpus vertebrae L3-5 dengan penurunan intensitas discus intervertebralis L4-5.

    Conclusion : “Spondiloarthrosis lumblis dengan protrusio discus L4-5 yang menekan radiks kiri”

    Apakah hasil MRI ini sudah cukup mengindikasikan gejala2 yang saya alami dalam 2 bulan ini.

  187. hida says:

    malem,dr saya ibu rt dgn 2org anak usia 28th saya mengalami sakit di tulang belakang sudah 3th hasil rontgen di L5 dan L4 mengalami penyempitan sudah terapi ditraksi disetrum tapi setelah terapi kambbuh lagi kmdn saya periksa di dr sp katanya hiperlordosis saya di injeksi di tlg blkg kmd besoknya terapi lagi itu 2th yg lalu pengobatan tdk sy teruskan krn hasilnya krg memuaskan pijat urut sudah sy lkkn tp cuma sebentar akhirnya saya sabar aja dan berserah kpd Allah ta’ala nyeri itu sakitnya bukan main buat duduk lama gak kuat berdiri lama skit aktivitas saya sehari2 terganggu krn saya mudah lelah sya hanya istigfar dan alhamdillah saya berpikir positi aja bahwa ini nikmat dr Allah spy hati saya enjoy sekarang sy min viostin ds tolong saran doktr apakah sy ada harapan sembuh

    • muki partono says:

      sebaiknya anda kami periksa , kemungkinan ada gejala penekanan saraf pinggang, dan saran sebaiknya lakukan pemeriksaan MRI LUMBAL

  188. santi says:

    Salam kenal dok,
    Saya sudah 2 bulan ini sakit pinggang. Hasil rontgen ada lumbalisasi (kelebihan tulang lumbal), hasil MRI seperti HNP, ada 2 tonjolan kecil yg menjepit saraf belakang. disarankan operasi tapi terlalu besar resikonya karena tonjolannya masih kecil. Sekarang sedang terapi dipanasi + disetrum. setelah 2 x terapi kaki kanan saya malah semutan (tadinya tidak pernah, kecuali duduk lama, telapak kaki kanan sakit kalo bangun tidur. Posisi saya di Purwokerto, mau coba MED tapi cari info dulu mengenai biaya apakah bisa pake askes. Menurut dokter sebaiknya bagaimana? Terimakasih atas jawabannya.

    • muki partono says:

      biaya MED KIsaran 27- 30 jtan perawatan klas 3, kami tdk berpraktek di RS pemerintah yg menerima askes, pada kasus anda bisa dicoba stik saraf dulu saja

  189. santi says:

    Dok mau tanya lagi. Diantara 3 rs tempat dokter praktek (RS Siaga, RS Jakarta, dan RS Puri Indah) mana yang biayanya lebih murah? Syukur kalau bisa pake askes.

  190. ningsih says:

    dok HNP aku lagi kumat lagi, januari lalu aku dipastikan kena HNP dari MRI. sudah traksi 3 kali namun alatnya terus rusak sehingga aku ganti akupunktur tapi kurang efektif lalu aku disarankan berenang, alhamdulillah sembuh, tp semingguan ini kumat lagi. rasanya seperti semula lagi, aduh sebaiknya gimana ya dok???

    • muki partono says:

      HNP tdk akn sembuh total kalau tdk dilakukan pengangkatan lewat operasi, yg ada menghilangkan keluhan nyeri dengan fisoterapi, berenang, posisi tidur,duduk yg baik dan benar, dan semakin bertambah umur biasanya bantalan semakin menekan , shg keluhan semakin sering dan intensitas semakin tinggi, saran kami evaluasi kembali dan carikn solusi yg terbaik buat anda

    • muki partono says:

      HNP keluhan hilang timbul kalau frekuensinya makin sering dan intensitas makin tinggi , sebaiknya pikirkan solusi lainnya suntik saraf atau operasi MED

  191. bagus says:

    dok, setahun yang lalu saya pernah dioperasi dengan judul laminektomi kompleks, sampai saat ini saya gak paham apa maksudnya, sebagaimana penjelasan dlm artikel dokter adl (pemotongan sebagian besar lamina atau vertebra, apakah berarti tulang sy sipotong??? ataukah hanya discus sy yang diambil, sedangkan diagnosa sy adalah HNP.mohon pencerahnya-matur sembah nuwun.

  192. santi says:

    Dok, saya mau konsultasi. Renc cuti 3 hr 14-16 Mei ke Jakarta. Untuk kasus HNP diskus degenerasi kira2 waktunya cukup tidak? Dengan mempertimbangkan kemungkinan suntik saraf + MED. Apakah setelah pulang dari RS boleh langsung perjalanan jauh? (kurang lebih 8-10 jam)

  193. indah says:

    asalamaualaikum dok. selamat malam.
    dok, saya perempuan berumur 21 th.
    saya masih berstatus masiswi.

    disini saya ingin bercerita sedikt. saya dulu smpat mengalami kecelakaaan pd th 2009. namun saat itu kondisi saya alhamdulillah masih baik. tapi selang beberapa bulan saya mulai mereasakan tidak enk disaaat duduk, ataupun berdia, tiur maupuin berjalan. dan saya saat berjalan hanya sanggup 2 jam. setelah itu akan timbul nyeri pada kaki dan pinggang.

    krna meraskan hal yang aneh. saya memeutuskan berobat. dan dokter yg menangani saya memutuskan untuk melakukan CT. SCAN dan MRI. dan hasil MRI itu sangat mengejutkan saya, karena dokter memberitahu, bahwa terjadi penyempitan terhdap lumbal saya nomor 4, 5, 6. dan saat itu juga dokter lnsung mengirim saya untuk melakukan tindak ke jakarta. sesampai disana, saya melakukan ulang MRI lg tepatnya 2010 bulan ke 3. dan hasilnya sunggu mulai memburuk.

    tp dokter disana memeberikan saya 2 pilihan, terpi dahulu apa lanasung oprasi. saya memutuskan untuk terapi, dan melakukan renang rutin. dan saat itu, sakit mulai berkurang. dan saya batal oprasi.

    dan tepat 2011 bulan oct, saya dirawat karna kaki saya sebelh kanan tidk mampu digerakan dan terjadi penegangaan di kaki. dan hingga 2012 kini, saya mulai merasakan berat dan susah berjalan. dan kaki saya lebih sering kebas. dan sudah menjalar sakitnya sampai ke tapak. dan hasilnya untuk kali ini, dokter memutuskan saya harus segera oprasi, apabila tidak ingin terjadi hal=hal yang diluar kemampuan.

    yang ingin saya tanyakan :

    1. apaka tidak ada efek samping jika saya melakukan oprasi di usia yang produktif ini ? apalagai saya blm menikah.
    2. jika sudah melakukan oprasi, apakah mungkin akan terjadi kembali penyempitan syaraf ini, dan apakah akan ada oprasi ualng kembali ?
    3. jika sudah oprasi HNP ini, berapa persen akan sembuh dok ?
    4. jika oprasi ini selesai, apa sajakah jenis psiotrapi yang akan saja laksanakan ? dan butuh waktu brpa bulan untuk penyembuhannya ??

    tolonggg dijawab ya dok. trimakasaih
    wasalam.

    • muki partono says:

      Efek samping tdk ada, pilih metode yg minimalis contoh MED, kami tak yakin anda 3 lefel, pengalaman kami hanya 1 atau 2 lefel saja yg menekan kalau anda bilang sampai telapak kaki berati keluhan yg dominan sebenarnya pada lefel l5-s1 nya , kami punya pengalaman menangani kasus spt ini kalau anda baca salah satu pasien kami yg memberi testimonial yaitu seorang doter kebidanan yg bertugas di Jokjakarta, yg sebelumnya juga didiagnosis ada 3 lefel penekanan dan sdh direncakan operasi , ternyata mnrt pengamatan kami hanay 1 lefel, dan operasi MED kami kerjakan alhamdullillah hasilnya cukup memuaskan dan pasien bisa aktifitas kembali melakukan kegiatan operasi , kekambuhan bisa saja terjadi , tdk ada suatu tehnik operasi yg menjamin tanpa kekambuhan , tapi presentasinya kecil <5 persen saja, angka keberhasilan kami dgn MED 95 persen, kebutuhan fisioterapi disesuaikan dengan komdisi pasien kalau ternyata sehabis operasi tak ada keluhan , tak perl fisio hanya anjuran berenang 1x/ minggu

  194. indah says:

    ok dok, trimakasih atas penjelasannya. tapi saya ingin menanyakan, kira” dimana rumah sakit yang ada menggunakan teknik MED tersebut ?

    • muki partono says:

      Banyak tehnik minimalis surgery temasuk salah satunya MED , tak semua RS punya , setah kami yg memiliki alat ini hanya terbatas , termasuk kami memilik secara pribadi bukan RSnya

  195. Ninik says:

    Halo, dok.
    Saya mengidap HNP Lumbal dan sudah fisioterapi. 2 Bulan kemudian saya suntik di bagian tulang punggung 3 kali dalam waktu sebulan. Sampai saat ini masih terasa ngilu yang permanen di pantat dan paha belakang. Betis sedikit ngilu. Saya ingin sembuh total…. supaya bisa beraktivitas lagi.

    Karena dari luar Jakarta, RS mana yang mudah saya jangkau dari Cengkareng dan yang memiliki fasilitas yang bagus untuk dokter melakukan tindakan? Perjanjian bertemu dokter dengan no kontak dokter atau dengan pihak RS?

    Terima kasih Dok.

  196. Emack syadzily says:

    Assalamu’alaikum Wr.Wb. Yth. Dr. Muki partono, Sp. OT. Dok saya mohon informasi dan bantuan dokter. saya usia 55 tahun, pada tahun 2004 saya terserang HNP hasil MRI yg kena L-4 L-5 dan S-1. selama ini saya therapy dg traksi dan minum obat pronalges. Pada waktu 4 hari lalu HNP saya kumat lagi dan rasa sakit yg luar biasa di daerah paha kiri bawah dan sambungan paha dan pinggang. mohon solusi apa yang terbaik. terima kasih atas saran dan petunjuk dokter. Wassalam. wr. wb.

    • muki partono says:

      pak Emack sdh datang hari ini ke poli kami da sdh dilakukan suntikan foraminal blok dan langsung nyerinya hilang, kemudian direncakana untuk MRI Ulang utk menilai kondisi terakhir

  197. Kholid says:

    Dokter sy sudah menderita HNP sejak 2010, Hasil MRI : HNP Th12-L1,HNPL5-S1.Sekarang kambuh jika dipakai angkat barang yg ag berat, sering kram betis kiri dan mati rasa jari 345 kaki kiri. Apakah saya harus operasi Dok? Bagaimana efek jangka panjang jika tidak segera dilakukan penanganan thd HNP?terima kasih.

  198. yani says:

    Sore dok…
    Suami saya tulang punggungnya sedikit bengkok/tidak sama rata dan sering sakit ketika bangun tidur, mungkin akibat dari kecil sering tidur miring satu arah saja. Bagaimana solusi yang terbaik dok.terima kasih.

    • muki partono says:

      suami anda menderita SCOLIOSIS sebaiknya berenang 1 kali /minggu rutin dan posisi tidur hrs dgn alas yg keras, memang awalnya td nyaman tapi nanti akan nyaman buat punggung atau pinggang

  199. Rere says:

    Dok, selamat siang. Saya Wanita usia 30 th, Menikah belum dikaruniai momongan 2 th menikah. saya ingin bertanya, saya sering merasa pegal dibokong sebelah kiri menjalar ke paha dan betis, gejala sudah lama, biasanya jika dipakai istirahat atau di pijat merasa enak, akhir-akhir ini pegel bertambah dan pereode kekambuhan sering walau sudah dipijat dan istirahat, saya ke Orthopedi katanya tidak ada tanda-tanda penyakit syaraf maupun tulang dan sendi, saya bawa ke Ginekolog, HSG paten, USG Abdomen normal, Saya ke Internis disarankan untuk fisioterapi ada kemungkinan penekanan saraf katanya, sebenarnya arah gejala tersebut kemana dok, saya bingung harus memeriksakan diri ke mana?..terimakasih banyak

    • muki partono says:

      ibu mengalami gejala penekanan saraf pinggang sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang, gejala anda sdh khas sekali

  200. yani says:

    Siang dok…
    Menyambung pertanyaan saya beberapa hari yang lalu dok,untuk kembali seperti semula apakah suami saya perlu operasi agar tulang punggungnya normal?atau ada alternatif lain selain berenang dan tidur di alas yang keras. Terima kasih.

  201. anita says:

    mlm dok,,sy penderita hnp mau tanya teknik operasi apa untuk HNP selain MED??dan biayanya berapa dok??sy sekarang disurabaya….kira2 rs dr soetomo sdh ada teknik MED dok??makasih infox……..

  202. bagus says:

    setahun yang lalu saya pernah dioperasi dengan judul laminektomi kompleks, sampai saat ini saya gak paham apa maksudnya, sebagaimana penjelasan dlm artikel dokter adl (pemotongan sebagian besar lamina atau vertebra, apakah berarti tulang sy sipotong??? ataukah hanya discus sy yang diambil, sedangkan diagnosa sy adalah HNP.mohon pencerahnya-matur sembah nuwun.

  203. nia says:

    selamat pagi dok…orang tua saya menderita syaraf urat kejepit, diagnosa dokter mengharuskan orang tua saya untuk dioperasi,mau tanya teknik operasi apa untuk HNP selain MED, kemudian apakah harus dipasang titanium dok.. selanjutnya kira-kira berapa besarnya biaya untuk operasi ini.. kami berdomisili di lampung, boleh tau gak dok dimana dokter prakteknya…terimakasih dok atas infonya…

    • muki partono says:

      Tehnik MED adalah salah satu tindakan minimal invasif pada tulang belakang, td ada alat yg dipasang, jd aman, nyaman, 1 hr rawat saja

      • Bambang says:

        Dok…
        Di RSPI apakah ada MED ya? Saya berniat operasi HNP, sudah lama, sdh MRI, EMG, dan positif HNP.
        Pinggang Tidak Nyeri, Bokong juga tidak nyeri.
        Hanya paha atas, lutut, betis depan, sakit jika berjalan. Sdh sulit duduk bersila krn sakit.
        Mohon balasan ya, segera sy flight ke JKT.(Bambang-Palangkaraya)

      • dwi says:

        dok klw sy kena HNP pd L5-S1 managemntna gmn ya atp hrs operasi?
        sy umur 21 tinggal di sidoarjp

  204. rahman taufik says:

    dr Muki yth,,
    mohon sedikit pencerahan dok,
    sy pria usia 27th,
    sy mengalami nyeri di pinggang & bahu,
    hasil diagnosa:
    HNP V Lumbosacral
    Bulging Discus L3-S1
    Scoliosis ringan V LS
    dan ada sedikit pengapuran jg.
    pernah diberikan drip aclasta & obat nyeri (trmsk durogesic-fentanyl), tp efek hanya sementara & gamma gt mlh tinggi sekali, jd rencana akan operasi.
    smntara ini nyeri lebih berat terasa di punggung,
    menurut dokter, apakah itu hanya efek dr HNP di pinggang saja, atau memang ada masalah serius jg di area scoliosis.??

    kami tunggu jawabanny Dok,
    terima kasih

  205. richard says:

    dok kira kira klo sakit pada tulang L-4 – L-5
    enaknya diapakan klau misalnya dioprasi biaya berapa dan yg baik di rumah sakit mana?? trima kasih

    • muki partono says:

      HNP lumbal biaya op MED sekitar 27-30 jtan perawatan klas 3, tehnik MED tdk semua RS bisa melakukan krn kami secara pribadi memilik sendiri alat tersebut

  206. Amel says:

    Ayah saya berumur 51 th akan mlakukan pembedahan pada pasien HNP seperti trcantum d atas. . mau tanya pasca pembedahan apakah da efek2 tertentu? apakah bisa normal kembali?

    • muki partono says:

      Kami harus tahu dulu tehnik apa yg akan dilakukan pada ayah anda minimalis atau konvensinal , dengan atau tanpa stabikisasi pen, akan berbeda komplikas yg mungkin bisa ditimbulkan , saran yg palin aman , ehnik MED minimal invasif surgery

      • Amel says:

        Kalau msalx pmbedahanx mggunakan Pen apakah swaktu2 harus operasi lg untuk mlepas pen? kalau iya berapa lama waktu yg dbthkan untk melepas pen dari wktu pasca operasi?

  207. Catur says:

    Dok, kalo terapi konservatif dg istirahat mutlak di tempat tidur rata2 membutuhkan waktu berapa lama ya ?
    Terima kasih.

  208. anita says:

    mlm dok.sy sdh prnh konsultasi beberpa bln lalu,,sy sdh MRI disrbya hslx mmng HNP L5-S1,sekarang sy tdk bs duduk dan sakit kalau brdiri lm,dan BAB,BAK jg trasa nyeri dan ini menyiksa.wktu brobat di sbya dr menyarankn sy fisiotrapi laser dan kompres es batu pdhal posisi sy sdh tdk bs duduk mreka tdk mnyarankn oprasi dgn alasan hsl rontgen pd kaki kiri sy ada tlng tumbuh,,sy mohon saranx dok apakah bila sy tetap oprasi MED akan berpengaruh pd kaki sy??bila tdk berbahaya insya allah sy memilih MED mengingat sy jauh dok dari sulawesi dan tdk ada keluarga dijakarta mohon rekomendasix rs mn yg dpt sy hub agar dpt booking tempat agar dari bandara sy langsung ke rs tersebut,trima kasih sebelumnya dok…..

    • muki partono says:

      anita anda sdh kandidat MED , sebaiknya datang ke jakarta kami sering menangani pasien dari luar kota jakarta, spt KALTIM< ACEH< BATAM< LAMPUNG SUMATERA SELATAN, MAKASAR, BALI, CIREBON< BANDUNG, anda tak perlu khawatir, hanya 1 hari rawat saja

  209. Irma utami says:

    Dok, saya mengalami nyeri lutut saat naik-turun tangga (saya bekerja naik busway yang bertangga2), sebelumnya pada tulang sendi ibu jari kaki saya sering nyeri sekali, namun sudah 4 hari ini nyeri bertambah di area pinggang belakang, dan sakit pada saat membungkuk. umur saya 35 th, mohon infonya dok apakah termasuk HNP dok? terimakasih dr.Muki.

    • muki partono says:

      Bila nyeri pada ibu jaari disertai nyeri pada pinggang dan berhubungan kemungkinan anda mengalami gejala HNP sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang

    • muki partono says:

      Ya bisa anda mengalami gejala HNP sebaiknua konsultsikan ke dokter tulang

  210. Andre says:

    Dok,,sebulan lbh yg ll sy mengalami pegal di bêtis sblh kanan wkt bgn tdr..sy urut smp 4 kl tp msh jg..trs rs ngiluny kdg2 trsa ke paha smpe pinggang..sekitar seminggu yg lalu rasa ngiluny pindah2 sampe ke belakang,leher Dan lengan disertai rasa panas kl lg senderan..trs sy cb ke dokter ktny otot sy..sy di ksh obt hilang sbntr tp msh srg kambuh..skrg mnm obt mlh gak begitu mempan..kira2 sy skt apa y dok..makasi ats jwbnny dok..

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala penekanan saraf di tulang belakang bisa berasal dari leher sebaiknya dikonsultasikan ke dokter tulang

  211. gabriel A says:

    mat siang dok….saya pria umur 34 thn, 3 bulan terakhir ini ini merasa nyeri di bagian belakang/ tulang belakang tepatnya pada pinggang,di tulang ekor terasa panas n nyeri…….hasil foto ronceng ada pembengkokan tulang belakang y di pinggang….
    kalau boleh sy ingin tau dok……tindakan apa yang harus aku lakukan ……Trims penjelasannya

  212. agung mustofa says:

    dok,ayah saya mengeluh nyeri pada bagian panggul sampe paha,pernah kecelakaan/jatuh dari motor 2 tahun yg lalu,,pada tanggal 3 september 2012 telah di lakukan MRI dengan hasil sbb :
    A.proses degenerasi discus intervertebra lumbalis disertai:
    1. bulging discus intervertebra L2-3 Ke posterior menyebabkan canal stenosis ,tidak menyebabkan penekanan radix spinalis
    2.bulging discus intervertebra L3-4 Ke posterior menyebabkan canal stenosis ,mulai mnyentuh radix L4 kanan kiri
    3.BULGING DISCUS intervertebra L4-5 ke posterior mnyebabkan canal stenosis yg di perberat oleh retrolisyhesis L4mnyebabkan canal stenosis berat dan penekanan radix L5 kanan kiri
    4.bulging discus intervertebra L5-S1 ke posterior mnyebabkan canal stenosis dan menekan radix S1 kanan kiri

    B.Spondylolisthesis corpus vertebra L4 ringan

    C.Proses degenerasi corpus vertebra L3,L4,DAN L5 (modic type 2)
    D.tidak tampak tanda myelopathy

    penyakit apakah yang diderita ayah saya dan apakah harus periksa ke spesialis syaraf atau spesialis tulang,mohon penjelasan dan solusinya ,,,terimakasih

    • muki partono says:

      Ayah anda menderta spinal stenosis pada lumbal, saran bila keluhan mengganggu sebaiknya dilakukan operasi melonggarkan saraf

  213. zanesh says:

    saya zanesh, 20th, saya mau tanya, tulang belakang saya sakit sekali sampai-sampai susah bergerak. sudah 3 kali sakit sperti itu..kejadiannya karna salah gerak dalam bekerja, bagaimana cara mengobati nya dok?

  214. Fajar Utama says:

    Dok, Saya mengalami nyeri pinggang belakang sebelah kanan dan pas di tulang punggung belakang bagian tengah, sangat amat nyeri. Oh iya, dipunggung bagian belakang saya ada benjolan dan menurut Dr bedah ini adalah Kista.
    Saya sdh sempat periksa darah lengkap dll, serta Radiology tapi semua dalam kondisi bagus atas perintah Dokter bedah, yang belum hanya MRI dan USG. Sampai akhirnya saya dirujuk ke Specialis Orthopedi. Oleh Dokter Orthopedy saya dinyatakan saking Radang Otot Hanya dgn mengerak-gerakan beberapa anggota tubuh saya dan dikasih obat-obatan selama 5 hari.
    Yang Jadi pertanyaan saya, saya ingin mencari second Opinion dari dokter lain. Kira-kira saya perlu berobat ke Dokter Specialis apa ya dok ?
    terima kasih atas Jawabannya Dok.
    Yang jadi pertanyaan

  215. priska says:

    selamat pagi dokter,

    beberapa hari ini sakit pinggang saya kambuh..sakitnya di tulang panggul kanan, menjalar sampai ke telapak kaki, dan ke perut bagian kanan bawah.saya bingung harus ke dokter apa, karena pernah ke dokter syaraf dan sudah pernah rontgen, hasilnya hanya low back pain biasa, dan hanya disuruh relaksasi dan menghindari high heels.kedua cara tersebut sudah saya lakukan, tp nyerinya kok berpindah2 tp tetap di bagian pinggang.

  216. desy says:

    met malam dok, usia saya 30 thn saya mengalami sakit di bagian pinggang bwh kiri, awalnya hanya ngilu dan terasa ada benjolan bila di urut terasa membaik tidak ngilu lagi. dan tanpa saya periksa ke dokter. dan sudah 3 thn ini, dan sekarang saya merasa ngilu sampe di persendian paha jika di pake jongkok ngilu dan mulai terasa sedikit sakit, dok sakit saya itu apakah perlu di oprasi,dan kira2 memerlukan biaya berapa?atas jwban nya saya ucapkan terimakasih.

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang (HNP) khas sekali sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang dan perlu pemeriksaan MRI Lumbal utk memastikan kelainan tsb

  217. Megawaty says:

    Selamat siang pak dokter, saya berumur 61thn. bantalan tulang di L4-L5 menonjol, apakah bisa disembuhkan melalui terapi? atau harus operasi?
    Kira-kira dana yang dibutuhkan untuk operasinya berapa? terimakasih.

    • muki partono says:

      cara pengobatan kelainan bantalan bisa tanpa operasi dan lewat operasi, tergantung kondisi yg dialami pasien , bila memang keluhannya sdh mengganggu sekali sebaiknya dilakukan operasi, kisaran biaya operasi dgn tehnik MED sekitar 30 jtan (perawatan klas 3)

  218. siti says:

    dokter kaki saya sebelah kiri kesemutan kadang-kadang terasa baal ada juga sakit diujung paha dan punggung .Jari tengah tangan kanan kaku hasil mri protruso discus intervertebralis L3-4,L4-5 ke posterior yg menekan dural sac L3-4,L4-5 dan menekan radiks kiri setinggi L4-5
    Hipertrofi ligamentum flavum setinggi Th10-11 yg menekan dural sac.dan medulla spinalis setinggi level tersebut .usia 58 th saya mri bulan februari 2012 .apa yang akan saya lakukan?sy takut operasi apakah setelah 6 bulan bisa terjadi perubahan perlukah sy mri kembali?

    • muki partono says:

      tdk perlu MRI ulang dulu yg penting keluhan bila keluhan berkurang , lbh nyaman lanjutkan saja, tapi bila keluhan makin parah bisa dicek ulang

  219. rizka says:

    Mohon konsultasi dan masukan dokter, hasil MRI saya (34th) :
    - straight lumbalis & unstable lumbal
    - spondylosis lumbalis
    - HNP berat L4-5 ke post mnekan jaras kauda equina serta nerveroot kanankiri terutama kiri yg menyebabkan amputasi canalis spinalis L4-5
    - bulging diskus L5-S1 yg menekan discus sac
    Terapi/treatment apa yg akan sy jalani dok? Di rs mana yg bisa MED? Selanjutnya sy lanjut ke sp.BS atau bedahtulang dok? Trmksh atas konsulnya dr.Muki

    • muki partono says:

      sebaiknya kami periksa dulu , kami lbh menekannkan keluhan MRI hanya pendukung, jd sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang , belum tentu di MED krn kita hrs pastikan keluhan anda cocok dengan yg mana

  220. Handy Limtono says:

    Dok saya mau tanya. Saya sudah pernah operasi HNP di salah satu rumah sakit swasta di surabaya pada awal bulan Agustus. Keluhan awal saya sebelum operasi adalah dari pinggang sampai betis bawah kaki terasa sakit semua dan badan miring ke kanan (Padahal sebelum kena HNP badan saya lurus). Awal selesai operasi baik-baik saja tetapi kenapa kini kaki saya sebelah kiri terasa sakitlagi ya dok terasa seperti otot”nya tegang tepai apabila sudah saya strectching rasanya enakan dan badan saya kok jadi aga miring ke kanan lagi ya? Bisa minta sarannya?

  221. djihadi says:

    Pada 7/2/2012 saya melakukan RMI dan pemeriksaan punggung di RS Primer Surabaya dan dalam pemeriksaan tsb saya dinyatakan kena HNP.Selanjutnya saya melakukan terapi HNP beberapa kali di RS tersebut dan RS Panti Nirmala di Malang serta setiap hari saya buat olah raga renang,jalan kaki,treadmill,Elliptical hasilnya saya tidak merasakan sakit lagi alias sembuh.Tapi dalam bulan Oktober ini saya kurang aktiv olah raga renang, saya hanya bisa aktiv jalan kaki,treadmill,Elliptical.Dan punggung saya mulai 11/10/2012 terasa nyeri lagi!.Mohon saya diberikan saran dok, mengapa penyakit saya kambuh kembali disaat melakukan olah raga jalan kaki,treadmill,Elliptical ?.

    • muki partono says:

      pada dasarnya HNP bisa kambuhan tergantung pembebanan jd aktifitas yg anda lakukan adalah terjadi pembebanan pada bantalan nya jd sebenarnya yg membuat anda nyaman adalah berenang, krn berenang tdk terjadi beban pada tualng belakang dab bantalannya

  222. yohana says:

    slmat mlm,Dok.Saya,usia 54 th, menderita nyeri tulang belakang,rasa nyeri menjalar sampai ke paha samping kanan seperti ada otot yang tertarik,dan disertai rasa kesemutan dari dari jari kelingking sampai jari tengah kaki.sudah dirognten dengan keterangan:-struktur tulang porotik,-aligment lurus tak tampak listhesis,-tampak osteofit pd aspek anterior korpus v.L.1,L3-4 dan aspek lateral v.L4,-sacroilliaca joint kanan tampak sempit dan sklerotik,kiri baik.
    Kesan:-Spondilosis lumbalis,-sakroilitis kanan.sekarang sedang menjalani fisioterapi dengan dipanasi dan disetrum, di rsdk smg,sebenarnya saya sakit apa dok apa yang seharusnya saya lakukan ? mohon sarannya ,Dok!

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala penekanan saraf akibat proses pengapuran pada pinggang, saran lakukan pemeriksaan MRI Lumbal

  223. Tini says:

    Dok saya mengalami kesakitan dibagian pantat,seperti ada benjolan di pantang dan rasanya nyeri sekali.sekujur badan saya keatas punggung jika badan direbahkan akan terasansakit dan leher kaku,telinga kadang berdengung,kaki kesemutan dan tangam saya serasa tdk kuat kayak kurang bisa mantap jika memegang sesuatu. Nyeri daerah sendi,serta giu mgilu kadang juga disertai pusing dikit,Apahkah saya terkena hnp? Saya sudah ke dokter saraf akan tetapi,dokter blm isa memastikan penyakt saya dibilang cuma radang ..saya mempunyai histori sinusitis yg suka kambuh juga dok serta pernah terkena pau2 basah…tlg bantu membrikan solusinya.terima kasih,

    • muki partono says:

      maaf jangan2 ibu menderita gejala TBC , krn gejalanya kok khas ya, sebaiknya diperiksakan ke dokter , atau kami periksa ibu

  224. yusri says:

    salam sejahtera

    saya seorang penderita HNP L4,L5 hasil periksaan dengan RMI, yang ingin saya tanyakan selain terapi dan obat tindakan apa yang paling baik untuk mengatasi masalah saya karena saya sudah mengalami sakit ini 3 kali dan saya sekarang menggunakan korset.

    demikian atas perhatian terimakasih

    salam

    • muki partono says:

      Utk HNP pengobatannya dari mulai minum obat, pakai korset, fisioterapi , berenang, suntik saraf terakhir operasi

  225. Santi says:

    Dok, febr 2012 sy sdh mri, hasile hnp L4-5, L5-S1. Mei 2012 suntik saraf, tiap hari pake korset, keluhan banyak berkurang. Sekarang kambuh lg, nyeri (di pinggang belakang + tumit belakang + telapak kaki kanan) Tumit kalau ditekan sakit, u jalan jg sakit, sy sdh olah raga renang 1x sminggu + jalan kaki 15menit 2x seminggu. Terapi distrum + panasin sdh 15x. Ada cara lain dok? Mencegah kambuh. Trimakasih.

    • muki partono says:

      mencegah kekambuhan dengan pertahankan berat badan yg ideal, berenang, tidur alas keras, latihan penguata otot perut dan pinggang serta panggul , kalau sdh sering kambuh saran operasi MED

  226. Dimas says:

    pagi Dok, istri saya (umur 30 tahun) mengalami nyeri yang berkepanjangan di tubuh bagian belakang (bagian kiri). Kronologisnya seperti ini:
    - Kurang lebih 12 tahun yang lalu, istri saya pernah jatuh dari tangga dengan keadaan kaki kiri terpelintir/ketekuk.
    - Sudah melakukan pengecekan total, tidak ada masalah waktu itu, hanya saja, kaki kiri bengkak.
    - 2 tahun selang dari itu, bagian pundak kiri terasa nyeri. Bila dipengang dengan tangan ada seperti otot yang kaku (rasanya seperti kabel). Bila diurut rasa nyeri hilang.
    - Rasa nyeri bertambah ke pinggang bagian kiri, terutama bagian tubuh kiri nyeri hebat saat PMS sampai datang bulan hari pertama.
    - Pernah cek ke dokter spesialis saraf, infonya istri saya terkena Sindrom Fibromyalgia di titik kiri. Dan sindrom ini akan muncul bila istri saya capek atau menjelang PMS.
    - Sedangkan dokter lain hanya menyebutkan otot tegang saja.
    - Tiap bulan istri saya harus pijit dan tidak sembarangan pilih tukang pijit karena harus benar-benar mengerti otot.
    - Saat ini setiap bangun pagi, pinggang kiri selalu sakit dan minta dipijit saya dulu. Terkadang bahu belakang kiri juga masih sering tegang ototnya. Namun, kalau sudah bekerja rasa nyeri tidak terlalu berasa.
    Apakah bisa disembuhkan secara total masalah nyeri ini dok, trims.

  227. Anwar says:

    met siang dok, sekitar 12 tahun lalu saya jatuh berguling dan ;menyebabkan trauma pada pinggang, terasa sakit selama 4 hari. setelah 12 tahunm nyeri pinggang tersebut sering terasa, akhir akhir ini, selanjutnya saya consul di RS panti rapih Jogja, diagnosa dokter HNP dok. dokter menyarankan MRI, terapi renang dan olahraga ringan. sampai hari ini saya belum MRI. yang ingin saya tanyakan, apakah sifat pekerjaan saya (suplier bahan pokok) yang menharuskan saya angkat berat, apakah berpengaruh pada sakit HNP yang saya alami dok.

    • muki partono says:

      Jelas berpengaruh jd sebaiknya hati2 saja kalau memang tdk bisa ganti pekerjaan paling tidak anda menggaji orang utk pekerjaan itu agar anda tdk tambah parah HNPnya

  228. Andi Azhar says:

    Selamat Malam Dok,

    Perkenalkan dok, nama saya Andi. Saya memiliki sakit HNP sudah sejak 3 tahun yang lalu. Dulu saya salah mengangkat barang, sehingga pinggang saya jadi sakit. Namun itu tidak berlangsung lama, hanya 3 hari. Sakit tersebut kambuh lagi setiap 6 bulan – 1 tahun sekali. Itupun tidak berlangsung lama. Nah, awal Agustus yang lalu, setelah bangun tidur saya merasa sakit di pinggang kambuh lagi. Saya sudah berobat 3 kali ke dokter syaraf, namun tidak ada perubahannya. Sehingga dokter syaraf tersebut menyarankan saya untuk MRI. Hasil MRI tersebut adalah Penonjolan difus dan extrusion discus L4-5 ke posterior inferior central dan paracentral kiri menyebabkan stenosis recessus lateralis L4-5 kiri dengan penekanan radix L5 kiri, mengindentasi thecal sac tidak menekan cauda equina, tidak menyebabkan stenosis recessus lateralis atau canalis neuralis atau canalis spinalis yang berarti. Disci intervertebralis lumbosacral lain baik.

    Kemudian saya berkonsultasi dengan 2 dokter bedah syaraf, mereka beda pandangan. Yang 1 mengharuskan saya operasi, 1 nya lagi meminta langkah penanganan konservatif. Saya sudah 9 kali Fisioterapi dan berenang setiap hari, namun perubahannya belum signifikan. Masih terasa nyeri di pinggang dan semutannya walau sudah berkurang tidak seperti diawal. Menurut dokter apakah sakit saya ini harus dioperasi?
    Karena saya mendesak untuk segera sembuh, ini terkait pekerjaan saya.
    Saya memiliki Asuransi Dayin Mitra, apakah untuk operasi MED bisa menggunakan itu?

    Terimakasih
    Salam

    • muki partono says:

      Sebaiknyaoperasi MED saja, masalah operasi tanyakan kepada RS dimana anda akan melakukan operasi nanti akan dibantu utk pengajuan klaimnyaoleh pihak RS

  229. Tata says:

    Pagi Dokter, sekitar 2 Minggu ini saya mengalami nyeri pinggang kanan dan semakin nyeri sampai ke punggung kanan. Sakit sekali jika bangun dari posisi tidur. Semula saya pikir saya kurang minum air putih tapi masih tidak berkurang nyerinya setelah saya langsung perbanyak air putih selama 2 Minggu tsb. Saya juga sudah diurut, tapi baru sekali. Olahraga memang saya minim sekali. Mohon saran, apakah dgn olahraga renang cukup? Untuk lebih pasti saya ingin diperiksa, dokter praktek terdekat di RS mana? Saya tinggal di Bekasi. Terima kasih Dokter….

    • muki partono says:

      Anda menderita hejala penekanan saraf pinggang, saran kami periksa yg terdekat RS SIAGA RAYA ps minggu , pejaten

  230. yayu says:

    Dok, sy sudah periksa MRI krn pinggang sering sakit..hasilnya : kesan straight lumbalis, HNP posterosentral L4-L5 dan paramedian kanan L5-S1. Mohon saran ya dok. dgn hasil mri spt diatas,pengobatan apa yg terbaik ya..sy sdh fisioterapi & berenang 2x seminggu..apa cukup itu saja dok ? krn nyeri msh hilang-timbul terus…terima kasih bnyk Dok

  231. AI GUNARSIH says:

    asslm, dok saya sdh di lakukan foto rontgent, hasilnya HNP L5-S1, selama ini saya konsul ke dokter spesialis syaraf, sekarang sedang menjalani: fisioterafi, pemasangan korset dan minum obat2 an yg diberi oleh dokter, apakah perlu konsul ke dokter ortopedi dan dilakukan MED? terima kasih wass.

    • muki partono says:

      Kita periksa dulu kalau nyerinya sdh mengganggu dan sdh ada kelemahan otot sebaiknya dilakukan tindakan MED, kalau blm ada konaervatif saja yg spt anda lakukan saat ini

  232. Bambang Eko says:

    Assalamu’alaikum,

    Dok, saya tercerahkan dengan websitenya Dokter. saya 35thn, hasil MRI:
    Straight vertebra lumbalis.
    Bulging discus ke postero-lateral pada L3/4, L4/5 dan kepostero-lateral kanan pada L5/S1 yg menyebabkan indentasi minimal pada thecal sac dengan penyempitan neural foramina L4/5 bilateral,L5/S1 kanan dan minimal L3/4 bilateral (kemungkinan disertai iritasi radices L5 bilateral terutama kanan dan S1 kanan).

    Nah, dari Rontgen sy jg ada Skoliosis, cuma di report-nya nggak disebutin berapa derajat skoliosis nya, lupa jg sy tanya ke dokter spesialis syarafnya.

    Gejala yg dirasa:
    sdh 4 bulan Kaki kanan Pangkal paha sakit, Otot paha serasa ketarik, Kalo berjalan sakit.
    mengangkat kaki (menekuk) seperti naik tangga pun sakit. Duduk bersila sakit.
    sakit juga terasa di lutut bawah di kaki kanan.
    Dan juga terasa sakit di betis depan samping kanan.
    Di pinggang tidak ada sakit.

    Pengobatan:
    Saat ini sesuai saran dokter syaraf, saya Renang rutin saja 4x seminggu, gaya katak dan gaya bebas & Strecing “Kayang” menguatkan otot punggung.
    Hasilnya sebulan renang, sakit di kaki sedikit berkurang dan gak terlalu pincang jalannya meskipun msh menahan sakit.
    Obat dikonsumsi Arcoxia & Lyrica serta Vitamin Cavit D3 dan Neurobion.

    Pertanyaan:
    Menurut dokter, tindakan apa yg sebaiknya dilakukan? Apakah dengan renang sakit sy bisa sembuh walau butuh waktu lama?

    Mohon saran dari Dokter ya.
    Wassalam,
    Bambang Eko Cahyono
    Bogor.

  233. ricky wirawan says:

    Assalamu’alaikum

    dok nama saya ricky wirawan, umur saya 25.tahun, saya ingin menanyakan sakit yang saya keluhkan, saya sakit nyeri tulang dok, nyeri’y di ujung jari kaki dan jari tangan, terkadang saya ga kuat nahan rasa sakit, sampe2 saya ga kuat jalan dan nyeri’y parah, sampai2 saya nangis, saya sakit ini udh tahunan dok, terkandang sering kambuh2an, dan kalo saya jln jauh atau duduk lama, nyeri’y mulai kambuh, kira2 saya sakit apa ya dok..?? Dan obat apa yg perlu saya konsumsi, dikala nyeri’y kambuh.? Asal saya dari kalimantan tengah, kemungkinan kalo saya libur kuliah, saya pengen berobat kedokter muki.

  234. ivonee says:

    dok,, kalo diurut bolehkah utk skti pinggang dok,, dokter spesialis ap dok klo kita mau periksa gejala hnp

  235. yusri says:

    Salam Dok
    saya seorang laki-laki umur 44 tahun penderita hnp l4 dan l5 hasil MRI, saya kemudian mengkonsumsi obat yng diberikan oleh dokter dan terapi swd dan us, nyeri yang saya rasakan berkurang tetapi tidak berlangsung lama sebulan kemudian, sekarang saya merasakan nyeri kembali. untuk itu sya mohon bapak dapat memberikan saran utnu kesembuhan saya
    salam sejahtera selalu

  236. erma says:

    apakah HNP bisa benar-benar sembuh hanya dengan terapi konservatif (farmakologi dan fisiologi)?

    • muki partono says:

      Bisa sembuh secara klinis , kalau secara anatomi tdk krn penyebannya krn sdh terjadai kelemahan pada bantalan, dan diperberat dengan proses aging

  237. Mawardi says:

    Dokter yth. Saya 61 tahun,berat badan 72 kg dan tinggi 172 cm. Sekitar 2 tahun yang lalu lutut sebelah kiri sering bunyi kalo bergerak (terutama kalau bangkit setelah sujud pada shalat), lalu atas anjuran teman saya minum glucosamin dan alhamdulillah bunyi itu hilang. Selanjutnya sekitas dua minggu yang lalu saya merasa lutut sebelah kanan agak sakit/nyeri dan terus waktu itu saya main tenis sampe 3 set walaupun lutut saya terasa tidak nyaman. Ternyata sehabis main tenis rasa sakit itu bertambah,lalu saya terus minum glukosamin dan chondrotin dan saya tidak lagi tenis,tetapi saya tetap jalam pagi sehabis shalat subuh selama sekitar 30 menit. Sakit memang sudah berkurang,tetapi tetap masih sakit dan terasa tidak nyaman,terutama kalo shalat. Mohon advis dokter,apa yang harus saya lakukan. Saya tinggal di Banda aceh dimana tidak ada dokter ahli ortopedi, jadi saya harus ke dokter ahli yang mana ? Terimakasih atas bantuannya.

    Salam,

    Mawardi.

    • muki partono says:

      lanjutkan terapinta istirahat main tenis ganti dengan naik sepeda , kita evaluasi lg jika dalam 1 bulan tak kunjung berkurang saran konsultasikan ke dokter tulang

  238. nur hakim says:

    Selamat siang Dokter,

    Saya umur 36thn. 4bulan terakhir saya mengalami sakit nyeri dan pegal di pinggang yg disertai kesemutan dan rasa Baal do tubuh bagian kanan.

    Hasil rontgen lumbal disebutkan:
    - hyperlordosis lumbal
    - spondylosis lumbalis, tdk tampak penyempitan diskus dan foramen intervertebralis.

    Hasil MRI Lumbosacral:
    - tampak alignment normal, tak tampak listhesis
    - tampak bulging diskus setinggi L3/4, L4/5, L5/S1 medial parasentral dengan kemungkinan iritasi radix di belakangnya.
    - terlihat tanda-tanda degenerasi diskus terutama pada L2/3 dengan intensitas menurun.
    - alignment dan kedudukan tulang vertebra bail.
    - tak tampak adanya syringomyelia/ SOL intrathecal.

    Selama ini saya sdh terapi fisio dengan MWD, Tens dan US. Dan karena traxi lumbal masih sakit dan tdk memungkinkan, maka diganti hydroterapi. Sdh ada perkembangan membaik yaitu kesemutan dan rasa Baal sdh sangat jarang. Namun rasa nyeri pegal di bagian lumbal masih kerasa naik turun intensitasnya. Duduk dan berdiri dalam waktu sekitar 30 menit Teresa pegal dan musti rebahan. Apalagi pada saat bangun tidur di pagi Hari.

    Pertanyaan saya, apakah dgn kondisi seperti itu masih mungkin utk tdk dilakukan tindakan invasif (operasi)? Dan dilanjutkan hydroterapi yg sdh ada progressnya.
    Terimakasih sebelumnya sampaikan.

    Salam,
    Hakim

    • muki partono says:

      Saran sebaiknya dilakukan suntik saraf saja dulu, mungkin akan jauh lbh nyaman krn tinggal hanya pegalnya dan nyeri pinggang

  239. ryanprams says:

    dokter muki yth
    saya ingin bertanya tentang hnp,saya udah mri dan hasilnya hnp di l5 s1,
    apakah dengan pemakaian korset dan latihan-latihan,lumbal yg menonjol dan menekan saraf dapat kembali ke posisi semula ?lalu apa tindakan oprasi satu satunya cara agar hnp bisa sembuh total?mohon penjelasannya dok,terimakasih sebelumnya

    • muki partono says:

      pada kasus HNP tdk mungkin benjolan kembali yg ada bisa stabil saja atau tambah parah menonjol , krn secara anatomi bantalan anda sdh mengalami kerusakan , kalau keluhan berkurang itu krn reaksi pradangan berkurang pada tempat saraf yg terjepit atau, saraf anda sdh beradaptasi dengan kondisi terjepit yg lama

  240. ryanprams says:

    makasih atas info nya dok
    jadi cara satu satunya hnp untUK pulih total hanya dengan oprasi ya ?lalu apa beda dok oprasi dgn cara konvensional dgn cara med?lbh aman mana?
    untuk biayanya beda berapa dok?

  241. putra says:

    siang dokter muki
    saya ingin tanya apa hnp pada pinggang dan leher/bahu dapat di oprasi langsung dua duanya sekaligus dok?lalu berapa biayanya ?

  242. putra says:

    tapi yg leher bisa juga dgn med dok?

  243. putra says:

    doK apakah bisa hnp pada leher bisa juga Di oprasi dgn med?lalu brpa biayanya

  244. wahyu says:

    Siang Dok, mau tanya, saya usia 29 thn, sudah 1 tahun lebih sakit di bagian tulang belakang,bahu menjalar ke bagian paha kaki,kalau untuk membusungkan ke depan baru tersa sakit di tulang belakang, untuk duduk lama terasa sakit di bagian tulang belakang, apa yang saya lakukan dok, harus periksa ke dokter apa ? usaha apa yang sayalakukan untuk mengurangi rasa nyeri /sakit terimakasih

    • muki partono says:

      usaha utk mengurangi keluhan nyeri pinggang adalah berenang, posisi tidur terlentang dengan alas tidur yg keras, jgn angkat berat dan mengedan

  245. risma maharani says:

    Dok, sy pasien dokter setahun lalu..saya mengindap HNP dr hasil MRI yg dilakukan setahun lalu. Akhir2 ini nyeri pinggang saya kambuh lagi, dan terasa lebih sakit dari sebelumnya. Saya sudah coba dengan renang dan pemakaian korset, tp blm ada hasil signifikan. Apa kali ini tindakan MED harus dilakukan? Dokter praktek di RS Pondok Indah atau hanya di RS Puri Indah?
    Terimaksih sebelumnya dok, atas perhatiannya

  246. srimulyanto says:

    Dok mau tanya dampak operasi L3-4,l4-5,L5-S1,bisa sembuk total berapa bln Dok.soalnya klu lama th ini istero saya mau menunaikan HAJI,klu lama apa tal menggamggu, tolong, dok saranya

    • muki partono says:

      kalau tehnik MED pemulihan lbh cepat 1 bulan saja, , perawatan di RS hanya 1 hari, insya allah kalau menunaikan haji tahun ini masih bisa krn masih 10 bulan ke depan kan

  247. mirna says:

    Selamat siang dokter Muki.
    Usia saya 50 thn. Saat ini saya sdg merasakan nyeri pada pinggang sampai kelipatan lutut kanan dan menuju jari kaki. Punggung terasa pegal semua kalau bergerak. Kondisi tulang masih baik, sesuai hasil rontgen. Terapi2 yang saya lakukan sepertinya tidak membantu, malah membuat badan saya sakit, karena kaki ditarik dan ditekan2 didaerah bokong kanan. Berenang hanya bisa dilakukan seminggu sekali, karena saya bekerja.
    Apakah terapi yang sudah saya lakukan tepat dan ada gunanya untuk sakit yang saya alami??? Apakah kalau operasi, rasa sakit dijamin hilang dok?? Bila sampai dioperasi, berapa lama saya opname dan berapa lama saya harus meninggalkan kantor, sampai sembuh. Karena saya di Medan, apakah setelah operasi, perlu dilakukan kontrol ulang?? Terima kasih atas pencerahan dari dokter.

    Salam

  248. Rifda says:

    selamat sore dok, mau tanya dok kapan ya harus curiga mungkin terkena HNP?
    saya mahasiswi 20 th aktif bermain basket, setiap habis bertanding sering terasa nyeri di bagian belakang lutut kiri dan terasa nyeri saat meluruskan kaki,keluhan hilang setelah 3-5 hari.. perlukah diperiksa dengan MRI dok? karena dari pertimbangan biaya pemeriksaannya cukup mahal. mohon bantuan informasinya dok, terimakasih.

  249. rikardo salim says:

    kepada rifda
    rif gue ryan,umur 22 thn,kena hnp juga di pinggangndan leher,lo hnp uda berapa lama?
    dokter muki kenapa hnp bisa menyerang anak usia produktif dok?

  250. tammy says:

    Siang Dokter Muki, dokter suami saya di operasi HNP karena kena Lumbal 4 udh pecah 50 persen dan lumbal 5 pecah 75 persen. Dia di operasi 5 bulan lalu melalui operasi konvensional di suatu RS di Jogjakarta karena biaya relatife murah. Yang jadi pertanyaan sudah 5 bulan tapi hampir tiap hari pinggang masih pegel apalago kalo kecapean dok dan satu hal lagi dok maaf sekarang sudah hampir 4 bulan mengalami disfungsi ereksi dok. Apa itu karana kerusakan syaraf permanent dok. apa perlu operasi MED lagi yah dok. Mohon jawabannya, sebelumnaya saya ucapkan terima kasih banyak. sukses selalu buat dokter.

    • muki partono says:

      Sabar saja mungkin masih dlm perbaikan ini krn konvensional jd butuh wwaktu lbh lama perbaikan disfungsi ereksi jg butuh waktu

  251. indah says:

    Siang dok,

    Saya sudah menderita HNP sejak desember 2010. hasil MRI ada penonjolan L4-L5. Saya sdh menjalani fisioterapi dan minum obat2an tetapi tidak ada perubahan. Sekarang saya menjalani terapi berenang tapi masih terasa mengganjal di bagian belakang. Apakah saya perlu melakukan MRI ulang? dan apakah berenang bisa membuat saya sembuh? Tks

    • muki partono says:

      boleh saja di MRI Ulang , berenang tdk membuat anda sembuh tapi mengurangi , kalau HNPnya stadiumnya sdh lanjut biasanya harus dioperasi utk menghilangkan keluhannya

  252. cahyana says:

    Siang dok mau tanya,ayah saya d nyatakan hnp pada lumbal ke 3 kemarinsudah d opersi dan d pasang pen,tetapi sudah 3 thn kondisi malah trun trus dari pinggang ke kaki terasa baal dan tidak bisa di gerakn trus sekarang menjalar ke tangan,mohon masukanya dok apa pen yg tulang punggung harus d cabut/ada cara lain untuk peengobatan mohon masukanya dok.terima kasiih sebelumnya

    • muki partono says:

      sebaiknya kami periksa lbh dulu utk evaluasi ulang kembali apa masalah yg menimpa ayah anda , kemungkinan ada masalah lain

  253. Hendra.Y says:

    Selamat siang Dok……

    7 hari yang lalu istri saya mengalami sakit pada bagian pinggang sebelah kiri, pada saat itu saya langsung membawa berobat dan pihak RS langsung melakukan MRI hasilnya HNP, sampai saat ini istri saya hanya disuruh istirahat total dan minum obat dari dokter saraf tanpa ada tindakan fisioterapi dll, apakah pengobatan pada pasien hnp yang baru kena tindakannya harus istirahat total terlebih dahulu dan kapan harusnya dilakukan tindakan berikutnya, terima kasih Bapak

    • muki partono says:

      Metode pengobatan bisa banyak selain bed rest ada fisiiterapi dan injeksi saesf bika perlu dan teeakhur bisa ooeeasi

  254. rika says:

    seminggu yang lalu saya terjatuh,setelah itu pinggang bagian bawah rasanya nyeri saat bersin dan jongkok,tp saat saya pegang pinggang saya tidak sakit..

    apa yang harus saya lakukan?
    usia saya 18tahun

    • muki partono says:

      anda mengalami memar pada saraf pinggang , keluhan yang anda alami adalah gejala penekanan saraf pinggang, sebaiknya istirahat dulu, jangan angkat2 berat , tidur posisi terlentang dg alas keras, dan konsumsi obat nyeri saja dulu

  255. rika says:

    dari kemarin pinggang bagian atas saya pegal-pegal dok,tapi tidak nyeri..
    apa ini ada hubungannya gara-gara jatuh itu juga dok?
    obat nyerinya apa ya dok??
    saya takut dok:(
    apalagi senin saya ujian:(
    trimakasih sebelumnya dok:)

  256. anja says:

    bismillah hirohmanirrohim…
    assalam’mualaikum wr.wb.

    selamat malam dan salam sejahtera bagi kita semua.

    gini dok.
    seya penah mengalamin kecelakaan motor pada tahun 2008,pada saat itu saya tidak mengalami keluhan apa pun selain hanya luka lecet pada bagian dengkul saya.
    kemudian pada tahun 2010 saya mengalami nyeri pada penggelangan di dengkul saya dan saya ke rumah sakit, hasilnya dari dokter katanya adanya pembesaran pembuluh darah. terus dari 2011 sampai sekarang. saya merasakan rasa sakit pada pinggang dan nyeri sampai ke ujung kaki kiri.
    kemudian saya ke rumah sakit lagi. dan kemudian hasil dari MRI:”Straight spine, HNP extrusion disc L5-S1 kiri, Lesi erosive pada tepi inferior corpus L4.
    dan saya sudah menjalani fisiotrapi seperti di tens, traksi dan di tarik pinggang saya dan makan obat, memakai koset pinggang, tapi masih terasa sakit di pinggang, sedangkan rasa nyeri di kaki saya sudah bekurang.
    dan kemudian dokter menyarankan saya segera di operasi pemasangan pen.
    tapi saya takut dok, tar setelah saya di operasi pemasangan pen pada pinggang saya, berarti saya tidak bisa lagi menggangkat yang berat-berat dan tidak bisa melakukan aktipitas seperti biasanya.

    jadi saran dokter saya harus bagaimana?

    atas informasinya saya ucapkan terima kasih.
    Wassalam…

    JAWAB : SEBAIKNYA ANDA KAMI PERIKSA MUNGKIN METODE OPERASI MED BISA COCOK BUAT ANDA TANPA PEMASANGAN PEN, KALAU PASANG PEN ARTINYA DIKAKUKAN PADA LEFEL YG DIPASANG PEN, BISA 1 ATAU 2 LEFEL , MEMANG AKAN TERJADI GERAKAN PINGGANGNYA KELENTURAN AKAN BERBEDA DGN YG TDK DIPASANG PEN

  257. ripto says:

    Ass.wr wb dok, dok
    mau tanya dok apakah HNP pinggang yang sudah parah itu, efek nyerinya juga sampai ke kaki kesemuten dan punggung yang terasa tebal nyeri. karena istri saya sudah menderita ini sejak 3 tahun yang lalu dan ketika diajak MRI juga takut.
    trims

    JAWAB ; UNTUK ORANG YG TAKUT MASUK KE DALAM RUANGAN SEMPIT SEKARANG TDK PERLU TAKUT DI RS JAKARTA ADA FASILITAS MRI LUMBAL YG TERBUKA JD LBH NYAMAN TDK MENYERAMKAN , SEBAIKNYA LAKUKAN MRI BISA DICOBA

  258. Chandra says:

    Dok untuk otot tulang belakang bawah miring gimana cara penyembuhan nyA..
    Thanks

    JAWAB : SEBAIKNYA LAKUKAN OLAH RAGA BERENANG SECARA TERATUR DAN, TIDUR ALAS KRERAS, SERTA KURANGI ANGKAT BERAT

  259. Mita says:

    Dok mohon pencerahan, sedikit panjang cerita saya…

    saya baru melahirkan hampir 3 bulan yang lalu, sejak hamil sekitar 5 bulan saya sering merasakan nyeri disekitar panggul kiri. hal ini sangat mengganggu saya hingga saya merasa sakit apabila tidur terlentang, memutarkan badan kekanan dan kiri dalam posisi tidur, bangun setelah posisi tidur atau duduk setelah posisi tidur. saat hamil besar bangun tidurpun saya hampir meminta bantuan orang lain, jalan juga menjadi pincang. banyak yang bilang saat hamil kl itu bawaan orang hamil nanti bisa sembuh setelah melahirkan.

    saat ini saya mulai bekerja setelah cuti melahirkan, berangkat dan pergi ke kantor dgn menggunakan motor. saat pulang kerja dan merebahkan badan diatas kasur, bangun dr posisi tidur dan berjalan saya lebih pincang drpd sebelumnya, apalagi saat menggendong buah hati sangat menyakitkan. yang saya mao tanya ada masalah apa dgn saya…apa krn saraf atau saya terkena gejala hnp??

    mohon pencerahan dok.
    trima kasih

  260. Maria wangsadiredja says:

    Dok, mau tanya, saya menderita boulging di L 4-5, apakah bisa menjadi HNP bila didiamkan, gejalanya kesemutan di paha bagian luar,
    Bila dilakukan operasi MED apakah saya boleh olah raga fitnes lagi?
    Tks;

    JAWAB : BULGING DISC ADALAH SALAH SATU STADIUM HNP , KALAU KELUHAN KESEMUTAN ADALAH SENSASI SARAF YG PALING RINGAN, KALAU MEMANG SDH MENGGANGGU BISA DILAKUKAN OPERASI MED, OLAH RAGA FITNESS BISA DILAKUKAN HANYA SAJA TUNGGU 2 BULAN SETELAH OPERASI

  261. Reyman Sanggaraja says:

    Malam pak dokter yth,

    Saya mau tanya lagi nih dok,?

    Sy udah lakukan foto MRI.
    Hasilnya sbb:
    - tampak bulging disc L4-5 dan L5-S1 yang menekan thecal sac.
    - potongan axial L1-2 s/d L5-S1 menunjukan diameter canalis vertebralis menyempit.
    - neural foramen L5-S1 kanan dan L4-5 kiri menyempit, mencurigakan iritasi radix.
    - intra thecal tak tampak kelainan.

    Kesan :
    – kedudukan tulang baik, tak tampak listhesis.
    – Tulang vertebrae intack.
    – Tampak protusio disc L4-5 dengan penekanan thecal sac dan radix kiri.
    – protusio L5-S1 dengan iritasi radix kanan.

    Yang mau saya tanyakan, apakah penyakit saya ini udah dikategorikan HNP.
    Trus apa yang mesti saya lakukan.
    Soalnya rasa nyeri dan sakitnya sangat luar biasa.
    Mohon penjelasannya yaa dok.

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak.

  262. Reyman Sanggaraja says:

    Selamat pagi pak dokter yth,

    Sy nanya lagi nih pak dokter.

    2 hari yg lalu sy mendatangi dokter Sp.S di tempat sy.
    Setelah konsultasi. Dokter tadi memutuskan untuk dilakukan tindakan pem-block-an sebanyak 3 titik.
    Yg mau sy tanyakan pak dokter, kenapa setelah dilakukan pem-block-an tersebut bokong saya masih terasa sakit yaa.
    Ohh iya, Sekarang sy udah bisa berjalan dengan sempurna.

    Mohon petunjuknya yaa pak dokter.

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak.

  263. prima says:

    malam dok, bila terindikasi gejala awal HNP apakah boleh di urut?

  264. melvin says:

    permisi dok, begini pinggang (tulang bagian atas bokong) saya sakit saat membungkuk namun sakitnya tidak parah mungkin dikarenakan karena menggangkat beban berat dengan posisi yang salah,
    apakah itu adalah hnp dan bagaimana cara mengobatinya? terima kasih

    • muki partono says:

      belum tentu HNP bisa akibat cedera otot saja , saran lakukan berenang rutin 1 kali seminggu dan tidur posisi terlentang di alas keras

  265. Abu Azka says:

    Dok,
    kalau disc L5-S1 sudah sequestered (keluar intinya), dan sudah membuat syaraf bengkak, apakah operasi MED bisa membuat syaraf tersebut kembali normal?
    Kemudian disc yg sudah rusak itu akan bagaimana? apakah bisa kembali sehat lagi? kan disc nya sudah bocor. atau ada cara alami untuk membuat disc kembali sehat?

  266. suci says:

    sore dok,sy penderita scoliosis sejak kecil dan skrg usia sy 47 thn ,pekerjaan dentist,,belakangan pinggang sy pegal2 dan ada nyeri didaerah lumbal,prediksi sy mungkin HNP,,cuma sy sangat takut dioperasi,,dan sy juga penderita alergie thd analgesikturunan NSAID,,sdh seminggu ini sy mengkonsumsi celebrex dan pregabalin,,sdh dilakukan MRI cuma hasilnya belum berani sy lihat,,apa saran dr utk sy yg sangat phobia ini?

    • muki partono says:

      konsultasikan hasil MRInya mudah2an hanya kekauan otot saja akibat scoliosis dan pekerjaan anda yg membuat tambah nyeri

  267. aries says:

    pagi dok, bagi pengalaman aja, sy pernah operasi hnp L4-5 thn 93 (usia 23 thun). Dan hingga skrg alhamdulillah cuma pegel aja biasa abis tidur, tp selalu olah raga khusus anjuran pisioterapi, sangat membantu. Namun bulan Mei pernah reflek karena accident saat terguling di wahana luncur di waterpark, sehingga timbul kambuh, sesek napas karena otot punggung tegang pasca reflek (emang kalo bersin posisi berdiri masi ketarik uratnya, kecuali jongkok bisa lbh ringan). akhirnya diterapi lg, dan skrg normal kembali. yg mau ditanyakan ke dokter, apakah akibat reflek bisa dikurangi rasa sakitnya? dan kalo renang yg terbaik u olah raga, gerakan apa ya dok? soalnya sy ga bisa apa2, cuma nyemplung doang…

    • muki partono says:

      anda harus bisa berenang , lanjutkan saja dan hati2 , HNP,bisa masih bisa kambuh pada sisi yg lain

  268. carolin says:

    Selamat pagi dok, sy mau bertanya, bln mei th 2012 sy pernah jatuh dg kondisi jatuh duduk di posisi terbanting di tulang belakang sy,sdh di rontgen dan hslnya tdk ada keretakan, 1 bln kmd sy merasakan panas di tlg blkg sy klo duduk tp sy tdk ke dokter ????, bbrp bln ke dpn sll merasa pns klo ddk lama. Kmd 1 bln ???? lalu, pinggang sy rasanya ketarik kl membungkuk, kmd sy ke dokter dan MRI, hslnya tampak posterior discus bulging/prostusio di L5 S1 ???? menakan peri canal sac dan radix/peri radix kiri di level tsb, tdk tampak canal stenosis. Skrg sy sdg melakukan fisioterapi di traksi, dipanasi dan US. Sy jg disarankan berenang, sdh sy lakukan jg. Sy jg diberikan obat utk nyeri, utk syaraf ??? tulang.Apakah skt sy bs sembuh dg tindakan spt itu dok? Sy br mnjalani fisioterapi 4x, smp brp lm proses fisioterapi ini dilakukan dok? Trm ksh byk sebelum ??? sesdhnya.

    • muki partono says:

      bila setelah fisioterapi keluhan berkurang , silahkan lanjutkan terapi jika tdk banyak perubahan dan kambuh saran sebaiknya dilakukan operasi sjaj MED , minimal invasif hanya 1 hari rawat kok , aman dan nyaman

  269. dwi farianti sari says:

    malam dok…saya mau tanya..apakah saya mengalami gejala hnp…karena kalo saya membungkuk maka bagian bokong sebelah kanan saya sakit (ngilu)hingga terasa kepaha bagian depan…

  270. kurniawati says:

    malam dok. saya wanita usia 32th. bulan lalu saya didianoksis HNP di posisi lumbal L4-L5.
    gejala awalnya sakit di pantat kiri, betis kiri, kesemutan di jari kaki kiri tidak bisa diangkat, dan tidak mampu berjalan dengan tumit (tidak bertenaga), tapi bagian punggung dan pinggang tidak sakit. sekitar 4 bulan yang lalu saya juga mengalami nyeri di punggung dan paha kanan luar.
    dokter menyarankan saya untuk operasi, tidak diarahkan untuk terapi maupun konsumsi obat.
    tapi kemudian saya mencoba untuk tusuk jarum dan berenang. saat ini kondisinya jauh lebih baik, jari kaki saya sudah bisa diangkat dan sudah bisa berjalan dengan tumit. sakit pada pantat dan betis kadang masih terasa jika saya kecapek’an tapi tidak seperti sebulan yang lalu.
    saya mohon masukannya dokter, apakah jika dilihat kondisi skr yg membaik saya masih perlu operasi? jika saya tidak operasi apakah kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi?

    terima kasih banyak dok.

    • muki partono says:

      kalau masih takut operasi ya lanjutkan pengobatannya, akibat terburuk adalah kelemahan pada otot yg dipersarafi oleh saraf yg terjepit.

  271. dian says:

    dok, saya mengalami nyeri di pinggang/punggung bawah.
    awalnya saat tadi pagi saya mau jongkok sambil menggendong anak saya, lalu pinggang saya tiba2 nyeri sampai sekarang. nyeri di bagian tengah pinggang belakang sampe kira2 5cm ke bawah. terasa nyeri saat duduk, bangun,bungkuk,batuk dan kadang2 saat jalan tiba2 sakit.. bangun tidur malah hampir ga bisa bangun dan pas jalan setelah bgn tidur pusing sampe mau muntah saking nyerinya.
    kira2 kenapa dok? pengobatannya apa ya? boleh diurut ga? sakitnya dari hari ini, sabtu, klo ke dokternya hari senin jd masalah ga atau bkl lebih parah ga?
    terima kasih

    • muki partono says:

      anda menderita gejala penekanan saraf pinggang , saran sementara minum obat nyeri warung saja lalu kemudian konsultasikan ke dokter tulang

  272. komarussalam kirom says:

    asalamu’alaikum,Dokter, hasil MRI saya menunjukkan hnp L4-L5, dokter ortopedi menyarankan saya operasi, namun saya masih takut tentang : (1). berapa lama saya harus istirahat pasca operasi tsb.(2) bagaimana kemungkinan kesembuhannya. Usia saya 63 th, dan sementara ini saya lakukan terapi dan obat dari dokter sp untuk pengurang rasa sakit. Jika saya terus menerus terapi dan latihan-latihan fisik dari terapis, apakah ada kemumgkinan sembuh / berkurang rasa sakit ? terima kasih, wassalamu’alaikum

    • muki partono says:

      kalau masih takut operasi kami bisa bantu dgn suntik saraf biar keluhan anda berkurang dan lbh nyaman , saraf terjepit pada usia tua bisa diobati dgn cara obat dan fisoterapi kalau tdk berkurang nyerinya perlu tindakan yg lbh lanjut

  273. evi says:

    dok umur saya 19 thn,sudah agak lama punggung atas bagian tulang pegal” atau nyeri,tp tidak ada gejala lain selain itu,saya pernah jatuh dari tempat tidur sebelumnya..bagaimana ini dok??

  274. AGUS says:

    Assalamu’alaikum dokter.. begini dok umur saya 37 th. aktifitas sering didepan komputer.. awalnya saya mengangkat galon isi air sambil mbungkuk.. tiba-tiba pinggang saya nyeri luar biasa.. buat duduk, tidur,mau bangun terasa nyeri sekali. apalagi mau mbungkuk/sholat(ruku’) luar biasa nyerinya.. 1. Apa boleh diurut dok ? 2. mohon saran dari dokter terima kasih..

    • muki partono says:

      menurut kami anda menderita gejala penekanan saraf pinggang, saan jgn diurut, istirahat saja di atas alas keras, posisi terlentang lakukan berenang 1 kali seminggu bila masih nyeri juga sebaik periksakan ke dokter dan mungkin anda perlu MRI lumbal

  275. VINA says:

    DOk saya mau nanya udah beberapa bulan ini saya sakit pinggul hingga kaki sebelah kiri setiap berjaln bahkan sedang tidur pun sakit jalan juga pincang saya juga tidak bisa berdiri tegak jalan juga ngegang itu kenapa yah dok ??

    • muki partono says:

      Sebaiknya konsultasikan ke dokter Tulang utk memastikan kelainan pada panggul atau pinggang anda kami menduga anda mengalami Gejala penekanan Saraf pinggang atau kelainan pada sendi panggul

  276. pipit says:

    Assalamualaikum dokter, begini dok akhir2 ini saya sering sakit bagian pinggang bawah bagian tengah dan agak kanan menjalar ke bokong bag kanan sampe ke paha bagian depan.apakah itu gejala hnp?terima kasih atas perhatiannya dok

  277. Elfida says:

    dok, saya wanita usia 26 thn mengalami nyeri di pinggang/punggung bawah.
    rasa nyeri datangnya tiba tiba dan sampai sekarang masih terasa saya konsul ke dokter umum di anjurkan foto Xray dan sudah di lakukan pada tgl 09 Okt’13 kemarin dengan hasil :
    Ada spondyloarthrosis pada vert.L.4-5
    Lordosis vert.lumbales banyak berkurang
    Discus intervert. lumbales dan kedua psoasline normal
    Tidak jelas compressive fraktur, spondylolisthesis ataupun
    scoliosis pada corpus vert. lumbales
    Banyak udara dalam G.I.T

    kesan :
    Spondyloarthrosis dan spasme otot lumbales.
    Meteorismus

    Mohon penjelasannya dan tindakan yang harus saya ambil
    terimakasih.

    • muki partono says:

      otot anda kaku saran lakukan berenang dan latihan peregangan otot pinggang , saran tidur alas keras dan posisi terlentang

      • sri rejeki says:

        Saya wanita usia 44 tahun, kuping kiri sakit bahu kiri sakit dada kiri sakit pinggang sakit dengkul keduanya sakit dan linu, bangun tidur pasti mual, leher kiri juga terasa sakit dan kaku sudah 7 bulan, saya sudah terapi bahu dan leher 12 kali tp tidak ada perubahan…saya sakit apa dokter?

  278. Derwanto Dapa Langga says:

    pagi dok, saya mau tanya. bapak saya abis periksa ke dokter saraf. Trus ada kesimpulan dokter : Iritasi radiks lumbal 5 – Sakral 1 bilateral sisi kanan lebih berat, disertai degenerasi saraf tepi pada ektremitas bawah kanan
    Trus pendapatnya : Mendukung klinis HNP lumbosakral multiple dd canalis stenosis…
    Maksud dari Kesimpulan dan Pendapat itu apa dokter bagi kita yang awam?terima kasih dokter

    • Muki Partono says:

      bapak anda mengalamisaraf terjepit dampaknya nyeri pada pinggang dan menjalar ke kaki atau kedua kaki, kemampuan berjalan berkurang , jd jalan 50 m sdh nyeri dan hrs berhenti duduk kkeluhan hilang dan jalan lg bisa sampai 50 m lg nyeri muncul kembali , kalau keluhan sdh parah sampai jalan membungkuk dan tdk mampu berjalan lg pakaimkursi roda, kalau hal ini sdh terjadi sebaiknya dilakukan tindakan melonggarkan saraf dengan operasi MED

  279. Susan says:

    Dok, saya wanita umur 43th, minggu lalu mens, skrg sdh selesai. Kemarin tiba2 perut bagian bawah nyeri, menjalar sampai ke betis dan ujung kaki kanan. Hari ini perutnya sudah tidak nyeri tetapi ke dua bokong nyeri, kadang2 merambat ke betis dan paha kanan. Tetapi sifatnya tidak terus menerus (betis/paha kanan) kecuali kedua bagian bokong. Kira2 apakah sy mengalami
    NHP? Kira2 saya mesti konsultasi ke dokter mana? Terima kasih

  280. teddy says:

    Dok dulu saya pernah merasakan sakit pinggang dan kaki kanan saya jg kadang kalo di buat jalan agak lama pasti kesemutan dan gk kuat di teruskan… sampe pada saat saya waktu jongkok punggung saya serasa tertusk dan tidak kuat berdiri. Lalu saya bed rest selama 3 hari an… fan stelah tu sdikit demi sdikt membaik. Kemdian saya ke dokter syaraf dan di beri obat anti radang dan vit b12. Lalu trakhir di suruh MRI namun blm saya lakukan. Dan kmrn stelah pulang dari ke bogor ke surabaya naek mobil. Dan terasa nyeri lagi namun setelah bed rest 2 hari sudah baikan. Kemudian saya masih merasa kaku dan saya ketarik di punggung saya jg masih terasa. Walau skrg sudah baikan. Apakah tidak apa2? Kalo saya biarkan saja? Apakah sakit saya ringan atau agak berat??? Terimakasih bnyk.

    Teddy.

    • Muki Partono says:

      anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang sdh cukup serius sebaiknya periksakan MRI lumbal utk memastikan kelainannya, jgn dibiarkan nanti akan terjadi kelemahan otot dan akhirnya tak bisa jalan dengan benar

      • teddy says:

        Tp saya ndak merasa nyeri secara terus menerus dok… hanya saja di punggung ada rasa ketarik ketika rukuk dan sujud di saat solat..

        Apakah tidak apa2 dok?, dengan kondisi saya sekarang beraktifitas menggunakan sepeda motor…?

        Dan tindakan apa yang akan dilakukan dengan kondisi saya seperti ini?, apa harus operasi atau bisa dengan berenang???.

        Terutama untuk menghindari defisit neurologis dan lain sbagainya?.

        Terimakasih banyak atas kesediaannya menjawab pertanyaan saya.

  281. irwan says:

    Assalamu’alaikum dok,

    Saya mengalami tulang bergeser disekitar pinggang, karena kejadian kecelekaan motor di waktu smp kelas 3,
    Saat ini usia saya 31 saya sering kali terasa sakit dipinggang karena saking sakitnya saya sempat tidak bisa jalan beberapa hari. Apakah ini bisa disembuhkan dengan operasi atau hanya dengan obat-obatan.
    terima kasih

    • Muki Partono says:

      kami hrs periksa dan lakukan foto rontgen , bila perlu MRI utk memastikan apakah pergeserannya labila atau stabil serta kalau labil apakah disertai penekanan saraf atau tdk, baru nant diputuskan apakah ini sebaiknya dioperasi atau hanya pakai korset saja

  282. Billy Tri B says:

    Sore dok..
    Saya Billy, 23 th, penderita HNP L4-5.
    Berdasar hasil MRI, bantalan pada ruas tersebut berwarna hitam pekat dan menonjol keluar.
    Sudah sekitar 1,5 bulan saya fisioterapi tp tidak ada hasil yg maksimal.
    Sekarang kondisi saya telapak kaki kanan terasa tebal (seperti mati rasa), betis kanan sering terasa tertarik kalau jalan, nyeri di bawah pantat saat bangun dari duduk/tidur, dan kaki kanan saya sudah tidak bisa jinjit dok.
    Apakah kondisi ini harus dilakukan operasi?
    Bagaimana proses metode MED?
    Apakah jg ada bagian tulang lamina yg diambil seperti operasi laminectomy biasa?
    Apa ada dampaknya bila ada pengmbilan tulang lamina?
    Mohon jawabannya dok..
    Terima kasih..

    • Muki Partono says:

      anda sdh hrs operasi , metode MED juga hrs mengambil sebagian lamina, tapi sedikit mungkin, efeknya hanya nyeri di daerah operasi saja

  283. teddy says:

    Dok, mau tanya setelah operasi MED, apakah saya bisa langsung beraktifitas seperti biasa? Atau saya harus berlatih berjalan dan sebagainya???, dan apakah ada larangan2 tertentu?. Dan apakah di.beberapa kasus harus di pasang pen? Fungsi pemasangan pen untuk apa ya dok? Dan cara kerjanya bagaimana?.. dan bagaimana tentang persentase kekambuhannya? Dan apakah bisa lamina yang terpotong atau robek kembali menyatu dan sembuh total seiring penyembuhannya?.

    Terimakasih banyak dok, maaf dok saya terlalu banyak tanya, operasi adalah keputusan yang sangat sulit bagi saya…

  284. Irma says:

    Assalamualaikum dok ^__^
    Saya terkena HNP L5-S2 sekitar 10 thn yang lalu (usia 22) pada saat saya coba menggendong ayah saya yang terkena stroke mendadak (posisi menggendongnya salah, karena panik). Sempat harus terbaring selama 1 bulan, blm pernah menjalani fisioterapi, saya baru tau bahwa HNP ini perlu perhatian lebih. Sekarang berat badan saya sudah over weight karena habis melahirkan (tinggi 153, berat 75 kg). Untuk penderita HNP kan harus menjaga berat badan ideal kan dok? yang menjadi pertanyaan saya:
    1. Kira-kira olahraga apa yang boleh saya lakukan?karena saya sudah coba renang tidak berhasil menurunkan berat badan saya. Apakah lari, olah raga beladiri atau naik turun tangga boleh saya lakukan? (saya tidak mau mengkonsumsi obat diet)
    2. sekarang saya sering merasakan sakit di pinggang, hingga batas sakit seperti apa saya butuh penenganan khusus spt fisioterapi dll?
    3.apakah ada posisi duudk atau posisi berdiri ideal yang harus dilakukan oleh penderita HNP

    maaf pertanyaannnya banyak ya dok :)
    terima kasih banyak

    • Muki Partono says:

      prinsip menurunkan berat badan aalah PUASA saja ,asupa dikurangi tapi bukan memindahkan waktu makan , krn banyak orang ssalah melakukan puasa yg benar, olah raga yg dianjurkan hanya berenang, posisi duduk yg baik adalah melipat dan berdiri agak tegak ke belakang sedikit utk mengurangi kekakuan

  285. Qurrota Ayunin says:

    Dokter sya mw tnya
    5bulan yg lalu calon suami sya di vonis HNP L-1, L-3,L-5
    Sdah mlakukan MRI dokt.
    Di sarankan oprasi tp calon suami sya tdk mw krna takut.
    Akhirnya hnya trapi renang, fisioterapi dan jg membeli alat trapi lumbal pillow dok
    Kdang masih trasa nyeri dok.
    Yg sya tanyakan apa ity benar bs mnyebabkan impotent.??
    Ktna calon suami sya memutuskan mmbtalkan nikah krnakasihan dgn sya .
    Calon suami sya bekerja di pertambangan yg bketja di atas unit alat berat dgn getara tinggi dan duduk +-12jam. Tindakan apa yg hrs d lakukan utk bs smbuh total dok??
    Apa bs mnyebabkan impoten dan klumpuhan permanent??

    • Muki Partono says:

      tidak sepenuhnya benar, justru kala dibiarkan bisa terjadi , saran lanjutkan pengobatannya kalau masih takut operasi bisa kami lakukan suntik saraf

  286. Subagyo says:

    Pagi dok,
    Pada bulan des 2013 saya sudah nelakukan operasi HNP L5-S1, pasca operasi kaki kiri kesemutan dan saat ini kaki kiri saya sudah mulai pulih, tapi saat ini malah pinggang saya terasa sakit dan ga nyaman klo duduk begitu juga klo berdiri agak lama.
    Apa yg harus saya lakukan lagi dok, supaya sakit pinggang saya sembuh.
    Terima kasih
    Salam
    Bagy

  287. Subagyo says:

    Terima kasih dok atas jawabannya.
    Oya dok kemaren saya kontrol dan saya mengeluhkan sakit pinggang saya, dan sempat saya dengar katanya persendian saya tidak setabil tp dokter tidak menjelaskan maksudnya dan hanya bilang mudah2an tidak. Maksud dari hal ini apa ya dok?
    Terima kasih

  288. majustan says:

    kalau biaya operasi saraf terjepit kira2 berapaan dok..masalah nya sakit pinggang sy ini sdh 1 thn tdk sembuh2 pada hal sdh terapi,pijat,renang,makan obat.terimakasih dok

  289. Subagyo says:

    Terima kasih dok atas jawabannya.
    Oya dok kemaren saya kontrol dan saya mengeluhkan sakit pinggang saya, dan sempat saya dengar katanya persendian saya tidak setabil tp dokter tidak menjelaskan maksudnya dan hanya bilang mudah2an tidak. Maksud dari hal ini apa ya dok?
    Terima kasih

  290. teddy says:

    saya sudah MRI dok, dan hasilnya adalah mild bulge disc di L4-L5 dan L5-S1, apakah kondisi saya di haruskan operasi? mengingat ini adalah mild bulge disc…

    dan apabila tidak perlu, latihan2 apa yang di anjurkan selain berenang?.
    waktu saya duduk di tempat duduk yang berbentuk L, saya merasa kurang nyaman, jadi saya biasanya duduk di tempat duduk yang agak menyandar ke belakang, apakah hal ini baik?…

    Terimakasih,

    • Muki Partono says:

      operasi bukan berdasarkan hasil MRI tapi lbh ke keluhan penderitanya dan klinis apakah sdh ada gangguan yg lain spt kemampuan ereksi dan lainnya

  291. teddy says:

    Trkadang kaki kanan saya merasa agak lemah.. tp hanya terkadang… dan juga kaki kanan saya agak mengecil.

    Dan saya kalo bungkuk atau duduk di lantai bersila terasa punggung saya tertarik…

    Saya juga merasa tubuh saya lemah, jadi setelah aktifitas pasti saya rebahan dan melanjutkan aktifitas lagi setelahnya.

    Namun tidak ada rasa nyeri..

    Saya juga rutin berenang 3x dalam satu minggu..

    Saya belum prnah ke fisioterapi, karna kata dokter syaraf yang saya datengi bilang bahwa tidak perlu phisioterapy, hanya cukup berenang dan merubah atau memodifikasi gerakan dan aktivitas…

    Saya benar2 butuh saran dari dokter muki, bagamana baiknya???

    Terimakasih banyak dok, saya sangat terbantu…

  292. Fitri says:

    dok…
    saya berumur 19th sebentar lg 20th. Saya mau tanya dok..
    Pinggang sebelah kiri saya sakit lebih tepatnya pinggang kiri bagian belakang. sakitnya sudah sebulan. Kemudian tiba” ketika sudah beberapa hari sakit dipinggang saya sembuh dok dan berganti sakitnya ke tulang didaerah pantat dok. Saya juga sudah berobat ke dokter, dan diberi obat. Dan ketika sudah minum obat sakit didaerah pantat tsb mulai sembuh, tapi sekarang pinggang saya sakit lagi dok. ketika obat tersebut tidak saya minum, pinggang saya sakit lagi . tapi begitu minum obat, sembuh..
    sebenarnya apa yang terjadi pada saya dok?
    terimakasih..

    • Muki Partono says:

      anda mengalami back pain , penebabnya bisa banyak coba lanjutkan pengobatan kita lihat sampai 2 minggu kalau tdk sembuh juga sebaiknya berobat ke dokter utk dicari tahu penyababnya

  293. guruh joko.s says:

    slmt mlm doc
    usia saya 26thn,saya menderita skt pinggang hampir 1bln n tgl 2/3/2014 kmarin sktny sudah tdk tertahan lagi akhirny saya menjalani MRI lumbal dan hasilny foramen invertebralis L5S1 sempit
    sudah 6x physioterapi tapi msh terasa skt saat tdr,berdiri maupun duduk.
    yang mau saya tanyakan,opsi pengobatan apa lagi yang musti saya tempuh doc atokah saya harus MED (mohon cantumkan estimasi biaya n waktu yang dibutuhkan untuk operasi MED ini) ???
    dan seberapa efektifkah penggunaan korset khusus ini?
    terimakasih

    • Muki Partono says:

      opsi pengobatan lain bisa fisioterapi, suntik saraf, kalau sdh fisioterapi tdk efektif sebaiknya suntik saraf, operasi terakhir bila suntik sarafpun sdh tdk bisa menghilangkan nyerinya, estimasi kisaran 40 jtan perawatan klas 3, dan waktu butuh 1 jam dan persiapannya jd 2 jam , rawat di rs hanya 1 hari

  294. nina says:

    Dok…sya pnya rencana utk menikah dgn seorang pria yg spertinya menderita hnp. Sbrnya calon sui saya hnya mengatakan dia pernah kecelakaan, stlh kejadian itu kaki kanan nya kecil sebelah hingga membutuhkan penyangga yang dipasang di kakinya untuk berjalan. Saya tidak enak hati mau bertanya banyak ttg kondisinya tersebut, mungkin jg krna sya sdh terlanjur memiliki perasaan padanya. Sya berinisitif mencari2 info via inet dan stlh sy baca2 dan mencocokan dgn kondiainya kmgkinan krena hnp. Sya juga mendapat info kalau penderita hnp terutama tulang belakang bawah dpt menyebabkan impoten. Tp calon sya sngt antusias utk menikah dan segera punya anak. Pertanyaan saya, apakah benar dok dgn kondisi fisik calon sy yg diakibatkan hnp menyebabkan impoten? trims.

    • Muki Partono says:

      bisa kalau lefelnya pada l5-s1 , jd anda haarus tanya apakah punya MRI lumbal dan bagaimana hasilnya ,

  295. nita says:

    dok,
    keponakan saya (12th) ada cacat di tulang kaki yang menyebabkan dia berjalan jinjit sebelah dan ada kelainan posisi tulang pinggang ybs sangat susah menahan bab dan bak alasanya tidak terasa tau 2 sdh keluar apakah hal ini berhubungan dengan nyeri tulang belakang
    adakah jalan keluar untuk kasus ini ke dokter apa saya harus konsul
    trima kasih dok

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome