Membedakan gejala sakit rematik & LBP

September 9, 2010 Dr Menjawab Leave a reply

Pak Dokter,

Saya pria, 43 tahun, menikah dengan dua anak. Saya karyawan swasta di sebuah pabrik. Keseharian saya bekerja separuh porsi waktu dengan duduk dan separuhnya dengan berjalan-jalan di pabrik.

Satu bulan lalu saya mengalami nyeri pinggang. Sudah saya konsultasikan ke spesialis syaraf, tetapi tidak ada diagnosa yang jelas, karena gejala nya tidak nyata, dan saya pun dapat beraktifitas seperti biasa.

Kemudian, dalam dua minggu terakhir ini saya mengalami nyeri luar biasa berulang ulang di tungkai atas bag kanan , di sekitar tulang panggul hingga ke bawah ke lutut.

Saya merasa jenis nyerinya seperti rematik, ataupun nyeri sendi.(Saya pernah mengalami sakit rematik)

Minggu lalu, saya konsul ke dokter syaraf yang lain. Dia menyimpulkan bahwa ini akibat gangguan mekanis atau semacam cedera tulang belakang. Oleh karena diagnosanya hanya mengandalkan riwayat satu bulan sebelumnya, dan pemeriksaannya tidak akurat seperti umumnya dokter spesialis syaraf yang lain, saya tidak puas. Saya masih beranggapan bahwa ini adalah gejala rematik.

Pak dokter, bagaimana cara membedakan antara nyeri karena rematik dan karena cedera tulang belakang ?

Sebagai tambahan, Februari 2010 yang lalu saya menjalani rawat inap lima hari oleh karena LBP. Saya menjalani pemeriksaan hingga MRI. Terapi yang saya jalani adalah fisioterapi dan obat.

Terima kasih.
Salam
hartomo

jawab : sebaiknya kita jumpa bawa hasil MRI nya , kalau rematik, nyeri pada sendi2 kecil misalnya tangan dan kaki, sedangkan LBP nyeri pinggang yg kadang bisa disertai nyeri menjalar sampai kek kaki bagian paha, lutut, betis dan telapak kaki

About author:

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome