lutut nyeri/ngilu sampai kaki

July 12, 2010 Dr Menjawab 30 Comments

Dok…saya ingin bertanya, saya berumur 32 tahun, hasil periksa saya 1 tahun yang lalu T-Score : -2.4 Stifness Imdex 68.
Tinggi badan 153 cm dan berat 42 kg.saya sering sekali merasa lutut nyeri/ngilu sampai kaki,lutut terasa panas,jadi tidak bersemangat, apalagi pada saat cuaca dingin nyeri/ngilunya gak hilang2. saya mohon solusi dari dokter?

jawab : pemeriksaan keropos tulang anda pakai metode apa , bila diperiksa tumitnya sebaiknya dibuktikan dgn DEXA, lbh akuat, blm tentu hasil T scorenya sebesar itu, bila hsl DEXA sama , anda msk dlm kategori LOW BONE MASS jd sdh hrs konsumsi kalsium yg cukup, bila hsl DEXA normal berarti anda mengalami gejala Penekanan saraf pinggang

About author:

30 Responses to “lutut nyeri/ngilu sampai kaki”

  1. dimas says:

    dok… saya kl malem terasa kedua kaki pegal2… berat saya 85KG n tinggi 169cm. kira2 apa penyakit saya ya dok n bagaimana cara mengatasinya

    thanks

  2. Gaily says:

    Dokter, saya wanita 48 th sering mengalami otot kaku sehingga kaki kiri mulai dari pangkal paha hingga paha diatas lutut dan pinggang belakang kiri terasa nyeri. Senin 9/8/10, saya sedang berjalan tiba -tiba kaki kiri ini terasa sakit lama2 dibarengi dengan rasa ngilu di seluruh paha dan kemudian menjalar ke lutut.
    Ketika masih di bangku sekolah, pernah mengalami kesakitan di pangkal paha ini sehingga sulit untuk berjalan dan ketika usia saya 25th paha dekat betis saya ini pernah sakit/urat tertarik ketika sedang jogging. Tolong, sakit apa saya Dok ? Terima kasih atas respons Dokter.

    • muki partono says:

      gejala anda sepertinya ada penekanan saraf (HNP), sebaiknya diperiksakan dan kita lakukan pemeriksaan MRI lumbal utk memastikannya

    • dewi says:

      Dok saya irt umur 33 thn,TB 157 BB 72kg gini dok sekitar 1thn yg lalu tangan dan kaki saya sering kesemutan sebelah kanan leher dan kepala saya sering terasa sakit..saya periksa kedokter itu pengaruh dari kista saya,tapi 1 bulan ini kaki dan tangan ke 2 saya terasa nyeri dan ngilu itu setiap hari dok apalagi kl bangun tidur saya cek sekitar 1 bulan lalu gula darah 98,asam urat 4,4 .kenapa ya dok apalagi disertai sakit dileher dan kepala makasih dok atas jawabannya

  3. fella says:

    dokter saya mau tanya..
    knpa pda saat badan saya terasa sangat dingin tulang tangan, dan lutut sampai kaki terasa sangat sakit walaupun dlm cuaca tdak dingin..
    sakitnya bergantian, setelah nyeri pda kaki hilang kembali nyeri pada tangan..
    biasanya saya mengobatinya menggunakan balsem yg panas, setelah itu hilang..
    tpi terus terjadi berulang-ulang pda saat tubuh saya dingin..
    saya berumur 15th, berat badan saya 37 dan tinggi 15ocm..

    • muki partono says:

      memang kadang seperti keluhan yg anda alamibanyak di derita pada orang2 yg kurus, sebaiknya naikkan BB, spy lapisan otot dan lemaknya lbh banyak sehingga anda tahan terhadap perubahan suhu lingkungan

  4. eni.kartini says:

    Dok, saya pasien dokter di RS. Siaga RAya, saya sdh lama tidak konsl, terakhir kena chikungynya aja ke RS. Sekarang kok lutut saya sakit ya dok, suka kaku, kalau bangun dari duduk di angkot sakit, kalo berdiri terlalu lama juga sakit. kenapa ya Dok. Dulu pernah seperti ini trus di suntik di lututnya. Oh ya berat badan saya 77Kg, tinggi 155 cm, perempuan. Terima kasih ya Dok

  5. Marina says:

    Dok..mau tanya, sy 3 bln yl br melahirkan anak ke-2, skrg msh menyusui, umur sy 32 thn, tinggi 155cm berat 67kg, sejak anak sy umur 2 bln (beratnya wkt itu sdh 5kg) tgn dan punggung sy sering sakit..anaknya kalo mau tidur pengennya selalu digendong dulu..skrg umurnya 3 bln (berat 7kg) punggung & lutut sy yg sakit sampai ke kaki..tgn sdh ngga..kalo habis berlutut trus berdiri sy gak bisa langsung jalan, otot di bag blkg lutut kiri sakit banget..jalan sampai timpang..trus kakinya dingin..tengkuk dan pundak jg ototnya kencang banget rasanya..trus gampang banget sakit kepala..ada penyakit kah sy?terima kasih sebelumnya dok..

    • muki partono says:

      Keluhan yg sering diderita oleh ib yg baru punya bayi, dan hrs mengerjakan pekerjaan mengurus bayi, kemjngknan sebelm anda hamil dan melahirkan anda sdh mempunyai HNP LUmbal shg saat hamil dan melahirkan lbh menonjol keluhannya , kalau khawatir periksakan ke dokter tulang

  6. fitri says:

    dok, saya mau tanya, suami saya umur 40 th, BB 65, sering merasa ngilu dan nyeri di betis sampai ke punggung kaki, bila ngilu datang dia tdk sanggup menahan sakit, sampai mengeluarkan keringat, maunya kaki dibawa bergerak terus, sampai malam tdk bisa tidur karena menahan ngilu dan nyerinya itu dok, saya mohon bagaimana solusinya dok..??

  7. aku says:

    dok saya mau tanya ,kaki saya suka ngilu gt kalu cpek kalo dingin dan itu terkadang sampai sehari kdang 2 hari,kenapa ya dok..

    • muki partono says:

      Anda mungkin mengalami gejala penekanan saraf pinggang, sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang,

  8. qykii says:

    dok, kaki sbelah kiri saya pada tiap malam mau tidur selalu terasa sakit+ngilu, tp klo kugoyang2kan kakiku rasa ngilu’nya hilang, jd tiap tidur kaki sya slalu digoyang2kan, klo tidak sya ga bsa tidur, ini udah lama skali (sya lupa brp taun) kaki sya sprti ini.., ini gejala apa ya dok klo boleh tau..? trims sblumnya

    • muki partono says:

      bila nyeri digoyang hilang nyerinya artinya problemyg terjadi kemungkinan kekakuan otot ,krn dengan melakukan gerakan otot jd lemas dan otomatis hilang, hanya saja kita hrs cari penyebab kekakuan otot tsb, sebaiknya konsultasikan ke dokter

  9. asri says:

    dok kaki saya sering sakit dari paha lutut hingga betiss ,dan setiap malam ga bisa tidur karna ga kuat nahan sakit dan nyeri’a apa pnyebab’a sih dok,dan apa obat’a yah biar sembuh dan ga kambuh2 lagii……tapi yang dominan sakit itu lutut’a

    • muki partono says:

      ANDA MENGALAMI GEJALA PENEKANAN SARAF SEBAIKNYA BEROBAT KE DOKTER TULANG DGN MINUM OBAT NYERI SAJA TDK CUKUP

  10. samira says:

    saya seorang pendidik umur 36 th tinggi 149 bb 76 kg. kenapa ya dok tiap malam lutut sampai betis saya sakit. tp kalau di kusuk sakitnya hilang dan baru bs tidur.

  11. icha says:

    Dok, saya wanita 33 thn, tinggi 154, bb 48. Akhir -akhir ini kaki saya sering ngilu, ada semacam lebam di beberapa tempat di kaki tanpa saya ketahui penyebabnya. Beberapa kali konsultasi dianggap rematik, dan diberi obat, tetapi nyeri kambuh jika obat habis. Apa kira-kira penyeban nyeri ini ya Dok?
    terima kasih sebelumnyan

    • muki partono says:

      Penyembuhan nyeri bias banyan sedan sebaiknya konsultasikan pagi ke dokternya, masalas lebam Yg terjadibisa akibat kekurangan vitamin C Dan kalsomine

  12. harni says:

    Dok saya perempuan berusia 21 thn berat badan 43kg tinggi 150cm, saya mau tanya dok.
    akhir2 ini saya sering mengalami nyilu dan nyeri di telapak kaki keduanya, dan saya juga sering merasakan sakit nyeri disertai nyilu yang amat sakit, sampai membuat suhu badan saya tiba2 panas dingin. Oya saya juga menderita rendah darah dan kalau kecapean suka pusing, mata gelap seperti mau pingsan. Nah jadi sebenarnya penyakit apa yang saya derita dok ? dan apa obatnya atau pencehannya supaya tidak berkelanjutan parah. Makasih

  13. kaka says:

    Dok, saya mw tanya. Kenapa ya kok tiba2 lutut sebelah kanan saya sakit yang berimbas kepada lutut dan betisnya sakit semua termasuk yang sebelah kirinya. Terasa sakit apabila saya sholat saat posisi duduk. Saya kenapa ya dok ? Dan bagaimana cara penyembuhannya. Terima kasih

    • Muki Partono says:

      kalau nyeri tiba2 biasanya ada trauma pada lutut anda saat itu, sebaiknya dilakukan kompres es 2 kali seminggu kita evaluasi bila senakin tambah baik artinya keluhan berkurang, mudah2an hanya memar saja, kalau nyeri tak kunjung berkurang sampai 3 minggu saran sebaiknya konsultasikan ke dokter, kalau anda khawatir sebaiknya langsung saja konsulasikan ke dokter

  14. InNant says:

    Dok,sya mau tanya dan mhon bantuannya,umur sya 26th bb 54kg,tb158cm. Awalnya sya mrasakn skit pinggang slma 3 bln trakhr,lalu mnum obt untk nhan rsa nyeri tp stlah pinggang smbuh skrng sya mrasakan ngilu dan nyeri yg sangat amat skit,dr pngkal pha,lutut smpai ujung kaki. Sya sudah brobat k dokter tp lg2 hnya untk mnahan rsa nyeri,baiknya sya hrs bgaimna dok??? Krn smpai saat ini rasa ngilu dan nyeri tmbah sering trjadi. Mohon bantuannya ya dok,,,trims

    • Muki Partono says:

      anda mengalami gejala khas penekanan saraf pinggang yg dimulai dari pinggang lalu menjalar ke bawah kaki, saran sebaiknya ke dokteer tulang dan perlu pemeriksaan MRI, utk sementara kalau anda mau keluhan berkurang kami lakukan suntik saraf di rawat 1 hari di RS

  15. Dina Yuniari says:

    Dok saya umur 20th tinggi 158 bb 55kg, saya dari kecil sudah mengalami gangguan pada kaki sering terasa ngilu beserta dingin tetapi rasa ngilunya di sendi tulangnya sampai2 buat saya pingsan. Mohon infonya dok makasih

    • Muki Partono says:

      hrs dicari tahu penyebabnya kalau sudah spt ini , hrsnya diketahui penyebabnya baru kita cari pengobatannya, bisa banyak sebab salah satunya saraf terjepit di pinggang

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome