Lutut ngilu setelah rajin lari pagi

December 28, 2010 Dr Menjawab Leave a reply

Selama 3 bulan ini saya rajin lari pagi. Awalnya hanya jalan kaki sekitar 4 km. Kemudian meningkat jalan diselingi lari, lebih banyak jalan dibanding lari. Semakin lama semakin meningkat persentase lari dibanding dengan jalan. Juga jarak yang ditempuh semakin jauh. Hingga saat ini saya dapat lari FULL tanpa berhenti sejauh 8 km dengan kecepatan kira-kira 7 menit 10 detik per km-nya.

Namun, pernah sekitar 2 minggu yang lalu saya porsir lari sprint sejauh 500 m. Hal ini mengakibatkan sampai saat ini lutut terasa ngilu jika digerakkan.
Jika dari posisi duduk ke berdiri, harus secara perlahan dan penyesuaian dulu karena terasa nyeri/ngilu.

Akan tetapi ngilu tersebut sangat berkurang rasanya jika saya sedang berlari. Rasa ngilu lebih terasa kalau sedang berjalan atau dari duduk ke berdiri. Sehingga saya tetap meneruskan aktivitas lari pagi.

Saya sudah mencoba:
1. pijat refleksi. Tidak ada pengaruh apa pun. Hanya sakit saja pada saat dipijat saya sampai berteriak-teriak.

2. Rutin minum kalsium . Sayangnya saya tidak suka SUSU, sehingga saya mencoba untuk menggantinya dengan kalsium. Apakah ada efek samping dari kalsium yang terbuat dari bahan kimia ini ya dok?

Pertanyaan:
1. Apakah ada pijat khusus untuk meredakan rasa ngilu di lutut?

2. Ke dokter spesialis apa saya harus berobat ?

3. Apakah perlu MRI / artroscope berapa perkiraan biaya nya? saya merasa ngilu di lutut belum terlalu mengganggu karena saya masih bisa beraktifitas normal dan ber lari pagi. hanya saja rasa ngilu nya tidak kunjung sembuh atau membaik.

Terima kasih atas jawabannya semoga mendapat balasan yang setimpal

NB:
Umur: 33
BB : 89.5 kg
TB : 168 cm

jawab ; olah raga anda hrs diganti jangan lari, kalau mau tetap lari turunkan dulu ke berat ideal, dgn berat anda yg berlebihan dan anda paksa lari jdnya lutut anda yg terkena, kemungkinan anda mengalami cedera olah raga pada lutut, akibat kegiatan olah raga. coba istirahatkan dulu, lalu or sepeda atau jalan saja, lihat bila masih nyeri juga sebaiknya lakukan Artoskopi utk memastikan kelainannya, kisaran biaya sekitar 16 jtan (klas3).

About author:

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome