Ketahuan HNP setelah 25 tahun jatuh menggelundung dari lantai 2?

August 21, 2010 Dr Menjawab Leave a reply

Yth. Dr Muki,
Saya berumur 36 tahun
Tahun 2005, saya merasakan kaki kanan saya sering kesemutan dan terasa panas seperti terbakar. Aktivitas terbanyak saya duduk.Saya hanya pijat urat tradisional rutin selama 3 tahunan tapi tak kunjung sembuh. Tahun 2008 saya ke dokter dan hasil rontgen menunjukan saya menderita spandylolisthesis Grade 1 vertebrata Lumbal 5 sacral 1 terdapat HNP. Saya ditanya dokter apakah pernah jatuh.( Seingat saya waktu saya berumur 6 tahun pernah jatuh menggelundung dari tangga lantai 2, sempat pingsan dan hanya ketahuan tulang tangan kiri saya retak tapi sekarang sembuh tak ada masalah.Setelah jatuhpun saya tidak pernah merasakan sakit di tulang punggung ataupun kaki sampai tahun 2005 itu) Kemudian saya melakukan saran dokter (fisioterapi)tapi hasilnya tidak maksimal (masih panas dan kesemutan)lalu tahun 2010 saya terapi akupuntur selama 3 bulan. Karena rasa di kaki masih sama, saya mengunjungi dokter saraf dan disarankan untuk menjalani LASER. Pertanyaan saya:
1. Apakah mungkin setelah puluhan tahun jatuh baru ketahuan menderita HNP seperti saya?
2. apakah laser bisa menyembuhkan HNP yang saya derita ?
3. Apakah ada efek samping dari LASER?
Terimakasih atas jawabannya.
Wasalam

jawab : sebaiknya anda dilakukan operasi MED krn akan tdk banyak manfaat bila dilakukan Laser,bisa saja jatuh jd penyebab terjadi HNP, edek samping lazer bila presisinya tdk pas akan merusak organ lain

About author:

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome