kaki kiri saya sering sekali sakit, rasanya panas, dan sepertinya jantung saya pindah kesitu, terutama di bagian betis.Terlebih jika saya merasa kedinginana.dlu saya pernah terkilir, apakah itu semacam trauma otot?bagaimana penyembuhannya dok? Terima Kasih.

November 17, 2009 Dr Menjawab 165 Comments

saya menduga anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang yg mengenai kaki kiri, sebaiknya diperiksa utk memastikannya

About author:

165 Responses to “kaki kiri saya sering sekali sakit, rasanya panas, dan sepertinya jantung saya pindah kesitu, terutama di bagian betis.Terlebih jika saya merasa kedinginana.dlu saya pernah terkilir, apakah itu semacam trauma otot?bagaimana penyembuhannya dok? Terima Kasih.”

  1. fajar says:

    dok,kaki kiri saya sering tersa panas, sekarang pinggang terasa pegal, kira kira penyakit apa ya dok

  2. auly says:

    Dok, setahun yang lalu saya pernah jatuh duduk, sebenarnya karena motor yang saya kendarai masuk lubang dan rasanya tulang leher sampe pinggang serasa di pres. setelah berapa lama, ada kelihatan urat urat biru di bagian depan kaki kiri saya(tidak timbul),dan akhir akhir ini, pantat sebelah kiri sampe kaki sering ngilu,pegal dan sakit. dan sering sakit bokong. sakit apa ya dok?terima kasih.dokter saya bilang,gejala varises.

  3. tira says:

    dokter saya perempuan umur saya 22 thn. saya memiliki kebiasaan buruk selama 4 thn terakhir saya merokok, saya sering merasakan nyeri pada dada kiri dan terasa sampai ke punggung dan bahu sebelah kiri saya.Selain itu tangan saya yang sebelah kiri suka keram dan ngk bisa d gerakin kaya mati rasa.Saya mau tanya apa mungkin saya sakit jantung yah? saya sangat mohon penjelasan dokter.terimakasih GBU

    • muki partono says:

      anda menderita gejala penekanan saraf di leher yg mengenai sisi sebelah kiri, sebaiknya diperiksakan MRI leher utk memastikan dan sebaiknya diobati serius

  4. Henry says:

    Met mlm Dok,

    langsung aja ya dok,saya mau tanya : kaki papa saya suka terasa sakt dibagian lutut sampai telapak kaki,rasanya seperti panas,nyeri,telapak kaki sepertinya licin jika sedang menginjak lantai (seperti ada airnya)

    penyakit itu muncul semenjak papa saya jatuh (2thn yang lalu),dan lututnya membentur aspal duluan…pertama sakit kaki kiri,sekarang dua2nya sakitnya sama,sehingga papa saya sukar untuk berjalan jauh.

    gmn cara supaya papa saya bisa sembuh ya dok?

    Terima kasih dan sukses u/ Dokter

    Henry

    • muki partono says:

      pak henry ayah and mengalami gejalan penekanan saraf pinggang, jatuh di lutut mungkin pencetusnya, kalau kelainannya hanya di lutut tdk ada keluhan panas

      • Henry says:

        Terima kasih dokter sudah merespon pertanyaaan saya,

        Selanjutnya gmn cara pengobatannya dok? apakah ada terapi untuk penyakitnya itu??

        Terima kasih Dok.

        Henry

  5. Lusi says:

    Pagi dok, saya wanita berusia 52th dengan keluhan kedua telapak kaki terasa panas sudah sejak 1 bulan belakangan ini. Rasanya sangat tidak nyaman. Kemanakah saya harus berobat untuk keluhan seperti ini.

    Saran dokter sangat membantu. Terima kasih.

    Salam,
    Lusi

  6. Harry says:

    Malam Dokter,

    Saya Harry umur 31 tahun. Sekitar 2 minggu belakangan ini, kaki kanan saya sering terasa panas. Mulanya saya rasa pada waktu naik sepeda motor. Saya fikir mungkin karena mesin motor yang panas. Tapi saat mau tidurpun saya merasakan hal yang sama.
    Mohon informasinya ya Dokter.

    Terima kasih atas bekenan informasinya.

    Salam,

    Harry

  7. Edi Santoso says:

    Sangat bermanfaat, dok, saya pengguna sepeda motor,akhir2 ini setelah naik motor kedua kaki saya pegal2 berkepanjangan,sebenarnya apa yg saya alami? Apa solusinya?

    • muki partono says:

      kemungkinan anda menderita HNP Lumbal, dgn kegiatan mengendarai motor yg lama mengakibatkan bantalan lbh menekan hal ini yg menyebabkan nyeri pada kedua kaki, artinya kemungkinan penekanan HNPnya pada sentral(yengah)

  8. leo says:

    kaki saya terasa pegal dan panas, kira2 ini penyakit apa dok, sebelumnya saya pernah kena demam berdarah dan setelah keluar dari rs, kaki saya jadi pegal dan panas.

  9. djumiyati says:

    mau tanya dok…teman saya telapak tangan dan kakinya rasanya panas,mulai dari pinggul ke bawah rasanya sakit..dia sering mandi malam hari..ada hub gak dok?hasil lab juga bagus semua..udah periksa nyeri berkurang,nanti kambuh lagi,sakit apa ya dok?trimakasih

    • muki partono says:

      nyeri pad kaus teman anda sudah termasuk dalam kronik pain sebaiknya diperiksakan dgn teliti mungkin perlu pemeriksakan MRI Lumbal

  10. vina ismail says:

    mau tanya dok, anak saya umur 11 tahun sering mengeluh kakinya pegel banget sampe nangis2 karena pegelnya kebangetan. Hal tersebut sering sekali terjadi terlebih lagi apabila di habis olahraga disekolah (lari, dsb), kira2 apa penyakitnya dok dan bagaimana cara mengobatinya.

    Terimakasih

  11. inne says:

    Selamat pagi dokter,

    saya inne..beberapa tahun saya pernah jatuh duduk smp akhirnya saya menjalani terapi untuk syaraf dipunggung..tapi beberapa bulan terakhir ini pinggang kiri,pinggul kiri saya sering ngilu..kaki kiri terasa seperti bengkak. Mohon bantuannya. Terima kasih

  12. Ain says:

    Dok,saya kena pnyakt apa yah?uda 7 blan kaki,btis n paha saya skt.skrg uda menjalar ke pinggang n sampai d blakang sktx.kaki sy kadang terkancing,aplg kalau prjalan jauh.tlong dok tanggapanx sbenarx sy skt apa?tks sblmx dok.

  13. bakron says:

    dok…punggung telapak kaki (telapak yg atas)terasa spt terkena balsem..panas dingin,pinggang terasa kaku,bibir terasa aneh…agak tebal rasanya….(beberapa bulan yg lalu saya operasi usus buntu..ada hasil USG abdomen yg menyebut bahwa diginjal kiri saya terdapat batu ukuran 0,6cm) kira2 saya menderita apa dok? trima kasih sebelumnya..

    • muki partono says:

      kalau keluhan kesemutan di punggung kaki biasanya gejala penekanan saraf pinggang , tdk ada kaitan dengan batu ginjal dan operasi usus buntu, justru kadang disangka usus buntu setelah di operasi sakit masih ada artinya itu betul penekanan saraf pinggang

  14. mulyadi says:

    dok umur saya 30th 2 hari ini kaki saya dari paha smp telapak kaki terasa panas tp hanya sebelah kiri,kenapa ya? kebisaan saya mandi malam pengaruh nggk?

  15. farid says:

    dok, lutut saya sebelah kiri sering terasa panas sebentar hilang sebentar panas, begitu terus dok…

  16. toby says:

    dari pangkal paha sampai tumit bgian kiri kaki sy sering nyeri n linu, habis jongkok, duduk, tidur terasa sakit. sudah sebulan lebih, sy sakit apa dok?

  17. rifai says:

    Mau tanya dok, pertama jari jempol kaki kiri saya terasa nyilu, setelah itu menjalar keatas disekitar bawah pergelangan kaki terasa nyilu nyilu dan telapak kaki terasa gatal dari dalam. dan juga sekarang kaki kiri bagian lutut sampai paha terasa pegal-pegal. Saya sakit apa ya dok, dengan gejala tersebut? mohon penjelasan segera.

  18. anggarini says:

    dok telapak kaki kiri bagian tengah (lekukan)saya mati rasa sampai2 ditusuk jarumpun gak terasa bahkan kadang2 terasa gatal sekali bagian dalamnya, dan akhir2 ini kaki kiri saya sering kemeng (bhs jawa)dan udh beberapa hari ini kalo bangun tidur lutut yang kiri kaku seperrti ga bisa digerakkan tapi cuma sebentar terus biasa lagi

  19. yenny says:

    Dok, sy mau brtanya, tunangan sy selalu merasakan panas dan nyeri di kedua telapak kakinya. Apa penyebabnya ya dok, n bgmn mengatasinya? Trma kasih

    • muki partono says:

      perasaan itu adalah sensasi saraf, bisa akibat penekanan pada daerah pergelangan kaki atau akibat penekanan pada saraf di pinggang, atau sebab lain ,sebaiknya diperiksakan

  20. ishaq says:

    dok!! kaki kiri sya terasa sakit di bgian tengah,terus jantung saya terasa cepat mngompa dan kadang2 saya merasa dada kiri sya terasa di tusuk2,,,ap kh itu ciri penyakit jantung dok!!!
    tolong informasix dok,,,?????

    • muki partono says:

      sebaiknya diperiksakan gejalanya bisa spt itu, tapi anda perlu pemerksaan EKG dan pemeriksaan lainnya utk menegakkan diagnossi d atas

  21. ado says:

    Dear Dokter yg baik,
    saya mau bertanya tentang tubuh bagian kiri. tahun 2008 saya merasa panas di bagian pinggang sebelah kiri tapi sebentar saja sdh tidak ada lagi. Namun sudah sebulan ini pinggang saya panas, rasa nyeri ada sampai ke kaki kiri merasa kebas dan panas. bagian tangan kiri juga pegal dok. saya juga merasa ada yang beda dengan bibir/wajah bagian kiri. Ini gejala penyakit apa ya dok? mohon saran dokter. Terima kasih.

  22. dewi syafira says:

    pagi dok,,mama saya sudah 3tahun ini sering sakit pada telapak kakinya..
    terkadang terasa panas..dan mseperti tidak ada rassa apa-apa..
    itu pyankit apa ya dok..
    mohon bantuan iia

  23. inda says:

    Dok mau tny, sebulan kmrin sy sakit mag kronis skrng telapak tangan dan kaki sering panas dan pegal, itu knp ya dok? Apa ada obatnya?
    Terimakasih

    • muki partono says:

      coba konsumsi suplement, mungkin anda sdh butuh tambahan suplement, gejala yg anda alami adalah gejala yg sering dialami oleh banyak orang , alangkah baiknya bila kami periksa utk memastikan kelainan tsb

  24. wahyu says:

    Dokter yang baik hati,
    saya ingin bertanya tentang keluhan pada paha dan betis saya dalam 2th terakhir ini terasa panas hingga telapak kami, terkadag terasa ngilu tapi hanya sebentar.

    saya sudah periksa ke rumah sakit terdekat dari rumah saya dan disarankan untuk test di laboratorium mungkin ada gejala Asam Urat, Reumatik, kolestrol. setengah jam menunggu hasil uji lab pun saya terima dokter pun mulai menganalisa dan bilang bahwa saya tidak ada gejala/penyakit seperti yang tertera diatas. yang saya pertanyakan kira2 apa ya Dok penyakit/gejala yang saya derita..?

    sebelumnya tak lupa saya haturkan banyak terimakasih.

    Salam,
    Wahyu

  25. vivi says:

    mlm dok.. To the point z ea dok.. Sy pnx keluhan pd tengah telapak kaki hgga kemata kaki..bln sblmnx hnx kaki sblh kanan tp skrg pindah hnx sblh kiri,udh 2mggu ne trsa nyeri,tp ia hnx trasa saat mw tdr atw sdg istrht tdr mlm hr..
    Rasanx skt skali n membwt sulit tdr..
    Mohon infonx dokter yg baik hati ttg penykt yg sy idap ini penykt apa n apa obtnx.
    Trima ksh :-)

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala HNP senbaiknya diperiksakan , pengobatannay bisa dhn obat nyeri, FT, turunkan berat badan , suntik, sapai operasi

  26. Iin says:

    Hai dok,, mggu lalu sy terjatuh dari motor, akibatnya kaki kanan sy terkilir dan bengkak. Sudah diurut tp bengkaknya belm hilang jadi sy oles thrombopop tp jadi terasa panas dan gatal, ini knp ya dok? Apa yg sy lakukan untk menghilangkan bengkak di punggung kaki sya?
    Mohon saran. Terima kasih dok

    • muki partono says:

      rasa panas dan gatal kami rasa akibat obat olesnya, saran sebaiknya dikompres es saja dan istirahatkan jgn banyak jalan dulu, bantu dgn obat minum utk mengurangi bengkak

  27. sari says:

    dok,mama saya umur 56 th,mengeluh sakit nyeri pada lutut,kadang pindah ke betis,paha,dll. punggung telapak kaki bengkak,diperiksakan k dr katax tulang lututx dempet sehingga tulang rawan luka..tapi sakitx kok pindah2 ga cuma dilutut?obatx diminum kok tetap sakit ya dok?apa kemungkinan kolesterol?tq dok

    • muki partono says:

      bila nyeri berpindah bisa akibat reumatik, atau bila berpindah pada kaki yg sama ,bisa akibat penekanan saraf pada pinggang, sebaiknya diperiksakan ke dokter

  28. Fitri says:

    Dok, saya wanita umur 24 tahun. Sudah seminggu terakhir ini jari2 kaki kiri saya sakit, terutama kalau berjalan. Selain itu, badan saya juga demam. Perlu diketahui saya sudah hampir setahun ini mengidap Rheumatoid Arthritis. Tapi sakit yang saya alami sekarang terasa berbeda dari yang sebelumnya. Sampai sekarang saya masih mengkonsumsi obat methylprednisolone dan meloxicam dua hari sekali. Mohon penjelasan dari dokter tentang sakit saya ini. Terima kasih

    • muki partono says:

      pengalaman kami menangani paien rhematoid , sebaiknya anda test alergi dulu, cari faktor alerginya apa saja, kalau sdh diketahui upayakan anda hindari hal2 yg membuat alergi mudah2an keluhan anda berkurang, keluhan yg anda alami masih bisa akibat rheumatoid artritisnya

  29. tiara says:

    kaki saya sering sakit dan panas dari paha sampai telapak kaki ….
    Ini sudah tiga tahunan dok…kira2 kaki saya knp…trimakasih

  30. Zi,, says:

    Dok, kaki saya terasa sakit mulai dari paha hingga telapak kaki smpai sulit untuk berjalan jika bngun tidur semua badan kesemuatan ditambah dngan rasa sakit , dan pungung bawah saya jga selalu sakit, ini sudah terjadi sejak 2bln ini oh ya dok saya baru berumur 16thn, ada apa dengn tbuh saya dok?

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala penekanan saraf di pinggang sebaiknya berobat jangan dibiarkan akan bertambah parah , nyerinya akan berkurang tapi kemudian kaki anda akan lemah

  31. Lusi Nirmala says:

    Selamat Sore Dokter

    saya Wanita berusia 27 th, sudah hampir satu minggu ini saya mengalami nyeri, ngilu di bagian kaki dan tangan sebelah kiri sampai ke leher, rasanya seperti panas dan pegal selain itu pinggang dan tulang belakang bagian kiri pun merasakan hal yang sama, dulu pernah saya merasakan hal seperti ini tetapi sudah sangat lama sekali dan sekarang baru muncul lagi, dan yang lebih membuat saya khawatir kadang saya merasa sesak nafas di bagian dada kiri jika rasa ngilu ini sudah timbul. gejala lain yang saya rasakan juga yaitu frekuensi Buang Air kecil yang lebih sering dari biasanya dan dalam jumlah yang banyak.. kira kira saya sakit apa ya dok, dan dokter Spc manakah yang harus saya tuju, perlukah dilakukan tes lab? dan bahayakah jika saya melakukan reflexy kaki? mohon infonya dok, terima kasih

    • muki partono says:

      anda maengalami gejala penekanan saraf leher mungkin serangan saat ini lbh berat sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang, refleksi kaki boleh2 saja

  32. luddin says:

    dokter, saya pria 35 th, sudah lebih dua bulan saya mengalami pegal dan terkadang nyeri pada kedua pergelangan tangan dan kaki, ada juga di tulang belikat, terkadang di pangkal paha,e jika berdiri lama terasa pegal dan kaku pada pertengahan betis, jika dalam bebrapa lama maka terasa kaki dan dan tangan kebas. gejala ini saya rasakan setelah kebiasaan nonton tv sam bil tidur dengan bantal tinggi serta main laptop sambil tidur telungkup, terkadang saya tertidur dalam posisi telungkup. hal ini juga sangat cepat terasa jika udara dingin, kena kipas angin atau ruang lama d ruang AC. pernah suatu malam saya merasa lengan kiri seperti terlepas beberapa saat kemudian normal lagi, sekarang rasanya kedua lengan berat dan kurang fleksibel geraknya. Kalo periksa k rumah sakit sebaiknya lgsg k bag syaraf atau general check up dulu. Mohon pencerahannya…. terima kasih.

  33. tetuko says:

    mlm dok, aku mau tanya . Punggung ku sebelah kiri sering terasa pegel dan panas. Uluhati jg sering enek dan pegah. Aku sakit apa dok ? Saranya bgmna ? Trmksh.

    • muki partono says:

      coba bisa akibat dari jantung, dari kandung empedu ,atau dari maag (lambung) sebaiknya diperiksakan ke dokter

  34. Nove says:

    Siang dok, ada masalah dgn pinggang saya, trutama dbagian sblah kiri, sebulan ini trasa pegal dan panas, baik dduk n tdur pun trasa pegal, sampai seluruh punggung. Tkadang bagian bawah prut sblah kiri jg trasa sakit. Menurut dokter saya kenapa ya? Trima kasih

    • muki partono says:

      anda mengalami keluhan nyeri pinggang dan akibat penekanan saraf pinggan sisi kiri, sebaiknya berobat dan diperiksa dgn benar

  35. isa says:

    siang dokter,ak mau nanya
    ak isa 21th,sdh 1 bln ni pergelangan kaki sampai betis terasa panas dan nyeri,jempol kaki dan tumit saya terasa linu dan sakit,sendi bahu dan pergelangan tngan saya jg terasa nyeri,dan tulang punggung saya terasa nyeri
    saya sdh 2 kali brobat ke dokter sp syaraf,tp gak ada perubahan,.
    apakah penyakit yg sya derita dok?sarannya gmana dok?trimakasih

  36. PUTRA says:

    Selamat Malam Dokter, Saya mengalami pegel2 dr bahu kiri hingga lengan dan kadang2 sampe ke sendi bagian sikunya dan sendi2 jari sudah kedokter saraf dan di suntik, tpi begitu obat habis pegel kadang2 masih muncul juga, juga kadang2 ngilu di tulang dada sebelah kiri, saya ada maagh yg menarun dan sampe sekarg konsumsi obat, sudah sering EKG dan normal terus,ini sudah lama, sudah akupuntur, fisiotherapy dan dokter saraf, saya sakit apa ya dok?

  37. isa says:

    met mlm dok,ak mo nanya,.
    sbaiknya ak periksa ke dokter sp syaraf ato dokter sp tulang?trus apa perlu pemeriksaan MRI Lumbal ato di rontsen dok?trus klo periksa MRI Lumbal biayanya brapa?trimakasih doter muki.

  38. ibu iis says:

    dok sy mau nanya, anak sy perempuan umur 7 thn lebih, kalo mau tidur sering ngeluh kakinya pegel pegel itu biasanya kenapa ya dok ? obatnya apa ya dok ? trims

    • muki partono says:

      keluhan spt itu kadang hal biasa salah satunya akiat bentuk telapak kaki yg ceper sbaiknya diperiksakan utk memastikannya

  39. odilia says:

    Dok,,, sudah 1 minggu lebih kedua kaki saya,,, mulai dari betis s/d pergelangan kaki spt pegal2,,,, sakit bgt kalo utk lari dan sholat,,,,
    kedua kaki saya berat sekali,,, kira2 kenapa ya,,,,??? tks dok

    • muki partono says:

      Anda mengalami kekakuan otot mungkin akibat beban pekerjaan yg berat spt duduk lama,angkat berat,dll, coba istirahat yg cukup dan minum obat nyeri dulu

  40. rifqy says:

    dok met malam mau tanya saya punya keluhan penyakit ahir ahir ini kaki kiri dan paha nyeri dan keram, kesemutan apalagi lama duduk pasti ngalami kesemutan atau naik motor agak jauh pasti pantat kebawah juga pegal dan kesemutan, keluhan terahir sudah 1bulan ini sudah tdk perkasa lagi alias barang saya loyo kami mohon apa obatnya dok makasi.

  41. ratih says:

    Pagi dok…mw tanya dongs… knp belakangan ini dari paha sampai kaki sy sering terasa ngilu tp tidak nyeri hny ngilu saja dan pegal.. apa krn sy sering mandi mlm dgn air dingin? atau krn bdn sy terlalu gemuk, sy tinggi 167cm berat bdn 78kg..dan kaki sy klo org bilang kecil.. trims sblmnya.. sy tunggu jwbannya ya dok…

  42. shelly says:

    Dok, saya perempuan berusia 22 tahun. Terkadang saya merasa dada kiri saya seperti dicubit dan terkadang juga ada sensasi gatal. Pergelangan kaki kiri dan kanan kadang kaku dan ngilu, begitu juga dengan pergelangan tangan saya. Khususnya sebelah kiri kadang lengan kiri saya mati rasa, leher saya pun suka terasa pegal dan tegang. Sebelumnya saya pernah jatuh dari motor dan tulang selangka kiri saya patah, tapi nggak pernah dioperasi? Apakah ada pengaruhnya dari itu dok? Kalau iya lalu kenapa baru terasa sekarang2 ini? Saya juga menderita maag kronis dok.

  43. Jai says:

    Yth dokter,
    Saya laki-laki 35 tahun, sudah hampir 3 tahun ini kedua betis saya terasa pegal-pegal dan panas. Kira-kira kenapa ya dok? saya harus periksakan ke bagian apa kl di rumah sakit? trims

    • muki partono says:

      Sensasi rasa panas dan pegal itu adalah sensasi saraf kemungkinan anda mrngalam gejala peneKana saraf pingggang, sebaiknya berobat ke dokter tulang

  44. atika rosrijawati says:

    Ass.,,,,,,,,mau tanya nih dok sudah 3 minggu ini saya mengalami sakit pada bagian pantat apalagi saat malam dan pagi hari rasanya nyeri dan linu seperti tulangnya kesedot sepertinya kaki saya tidak dapat digerakan saat bangun tidur gitu dok apakah ini penyakit asam urat atau rhematik ya dok, terima kasih ya dok

    • muki partono says:

      Anda meng.alami gejala penekanan saraf di pinggang sebaiknya diperiksakan dan mungkin perlu pemeriksaan MRI Lumbal

  45. arie says:

    Pagi Dok, aQ mau tanya.
    (-+) sudah 3 bulan ini saya suka merasakan pegal di bahu kiri hingga pinggang, dan di dekat tulang rusuk saya (maaf pas dibawah buah dada)suka sakit dan terasa nyeri. saya coba urut dengan tukang pijat langganan saya tapi g hilang-hilang. Sekarang malah bertambah nyeri dan suka sakit di tulang ekor saya…apakah kiranya penyakit saya dok?

    Terima kasih sebelumnya.

    • muki partono says:

      Sebaiknya diperiksakan ke doter mungkin anda menderita kelainan penekanan saraf punggng atau bisa akibat sebab lain, misalkan adanya pembengkokantulang dan kekakuan otot saja

  46. Maduratna says:

    Salam. Dok saya mau tanya..saya umur 50th wanita single..saya kalau kecapekan sering pegel2 dari pinggang sampai ke ujung kaki, maunya di urut saya..krn agak enakan/hilang. Kira2 saya sakit apa Dok? dan bagaimana pengobatannya

  47. indah says:

    dok,, mau nanya ?? kaki sya sebelah kiri lutut nya suka pegel banget kenapa yah,,

  48. anditya says:

    Mlm Dok, usia saya 42 th. 2 tahun terakhir saya alami hal aneh. Kedua telapak kaki bagian dalam terasa panas. o,ya saya pemain bola kaki dan urat di bagain mata kaki pernah keseleo dan sangat sakit. apakah hal ini ada pengaruhnya

  49. adjie says:

    dok, saya berumur 35 tahun, 2 terakhir ini saya rutin trademill sekitar satu setengah jam, beberapa terkhir ini saya merasakan tidak nyaman di telunjuk kaki dan sekitarnya seperti rasa panas dan nyeri diujung telunjuk, apa yang saya derita ya dok dan apa obatnya,terimakasih

    • muki partono says:

      Kelihatannya anda menderita gejala HNP Lumbal, gejala ini ringan hanya mdiperberat dgn trwadmill sebaiknya ganti olah raga lain, berenang saja

  50. Egi says:

    dok, tapak kaki kiri saya berasa panas tapi ianya nga sakit, lalu badan saya pun berasa panas juga di bahagian dalam..apakah penyebabnya dok?

    • muki partono says:

      Rasa panas itu sensasi saraf , bila rasa panas dari dalam juga sebaiknya diperiksakan ke dokter , kalau panas di kaki umumnya dari penekanan saraf di pergelangan kaki atau pinggang

  51. siska says:

    Dok, saya berumur 30,sejak menikah 4 bln kmren kaki kiri bagian sendi saya sering pegamau tidur terasa banget pegal2 nya dok, kira2 saya kena penyakit apa ya dok, mohon penjelasannya dok..terimakasih…GBU

  52. Meikhael says:

    Kaki kanan saya sudah seminggu sakit, seperti urat yg terlipat-lipat. Klo bangun tidur berdiri sakit. Tapi, klo jalan, lari bisa. Begitu duduk Dan kaki di luruskan, terasa sakit. Sblum beraktifitas, saya selalu gunakan cream pereda nyeri, Dan mnggosoknya ke seluruh kaki kanan saya yg sakit. Tolong, di jawab apa keluhan saya ini. Sediikit banyaknya info dari Dokter, akan Sgt mbantu saya. Terima kasih banyak tuk kerjasamanya !!

    • muki partono says:

      Anda mengalami gejala Ischialgia kanan , nyeri penjalaran saraf pinggang, biasanya akibat HNP Lmnal atau bisa sebab lain, sebaiknya diperiksakan ke dokter tulanh

  53. someone says:

    Doktor saya banyak maik basikal pastu 4hari selepas itu kaki kiri sakit macam kejang tapi tak hilang juga bila dah urut habis tu saya nak buat apa kalau dah lebih dari seminggu

    • muki partono says:

      Periksa ke dokter , mungkin perlu diperiksa foto rontgen dan bila perlu MRI pinggang sepertinya bisa dari pnggang

  54. aida says:

    dok kaki ibu saa sudah lama terasa panas, kira-kira penyebabnya apa dok?
    sampai susah tidur..

    • muki partono says:

      Ibu anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang , atau gejala Diabetes, atau gangguan saraf tepi saja sebaiknya dilakukan konsultasi ke dokter tulang

  55. Herman says:

    dok,saya berumur 31 th,2 minggu ini lutut kedua kaki saya sering panas,ngilu apa penyebabnya dok dan apa obatnya?terima kasih dok

  56. eldya says:

    dok,umur saya 23 tahun,dalam 2 tahun ini telapak kaki dan tangan saya sering kepanasan sore dan malam hari,saya udah pernah kedokter tapi katanya ini hanya panas biasa,penyakit apa yang sya alami dan penyembuhannya bagaiana ya dok? terimakasih

    • muki partono says:

      Rasa panas pada tangan dan kaki itu sensasi saraf, coha cari tah faktor resiko, misalkan test alergi, cek kadar kolesterol, cek kadar asam urat, dan sementara dilakukan kompres dgn air es dan air panas bergantian selama 3 menit diulang 3 kali

  57. juwita says:

    salam kenal dok. mohon infonya . .
    saya sering mengalami kesemutan pada begian kaki kiri saya.. dan sering nyeri(nyut nyut)dtelapak kaki saya dsekitar jari manis kaki saya yg seprti ad ganjal dtlapak kaki kiri saya .. . dan juga bagian lutut kiri saya. .. qra2 gejala ap yg saya alami saya tkut dgn ketidak tahuan saya jadi semakin parah… mohon saran dan pengobatannya ya dok . ..terima kasih

    • muki partono says:

      Berdasarkan pengalaman klinis kami anda menderita penekanan saraf pinggang ! HNP , sebaiknya kami periksa utk memastikannya

  58. yanti says:

    Hallo Dok.. Keluhan bpk sy sdh 2thlbh menderita luka dikaki kanan (seperi borok) yg tdnya luka kaya disiram airpanas dan kalau pecah akan jd luka yg lama dan mnjlr kmn2 tp disekitar kaki sj dan kaki jg berasa panas sekali, sdh berobat ke dr kulit, dr umum tp nihil dan sdh periksa drh semua bgs, sy bingung ini tmsuk pnyakit apa? Dan hrs berobat kmn lg? Trims.

    • muki partono says:

      Sebaiknya kami periksa dul, kalau memang sulit sembuh biasanya ulkus varikosum, luka dengan gangguan pembuluh darah, meman agak sulit mengobatinya

  59. ritarismayanti says:

    dok kedua telapak kaki ibu saya sering panas seperti kena cabe dan tersa menginjak duri kalau diinjakkan
    penyakit apakah yang diderita ibu saya dok?
    terimakasih

  60. cu cu says:

    dok,,,saya sering sekali sakit pinggang sebelah kiri pinggul sampai ke betis seperti menusuk2 dan kalau malam terasa sangat sakit… dan setiap bangun pagi telapak kaki kl diinjakkan terasa bengkak dan kram kira2 saya sakit apa ya … usia saya 31 th,,,

    • muki partono says:

      Anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang, sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang dan perlu pemeriksaan MRI LUmbal

  61. nana says:

    Dok, sy 28th, sdh brtahun2 selalu merasa panas pd bagian telapak kaki, terutama saat tidur malam, jika tdk sy beri penyejuk kaki akan terasa kejang2 dan berpengaruh pd emosi sy. Kira2 itu gejala penyakit apa dok?
    terimaksh

    • muki partono says:

      gejala panas adalah sensasi saraf , kemungkinan anda mengalami gejala saraf terjepit yg bisa berasal dari pergelangan kaki atau pinggang

  62. erlan priyasa says:

    dok,kaki kiri saya terasa pegal2 di bagian pinggang dan di belakang lutut saya,,terasa klau wktu istirahat aja dok,,,jd mnrut dok, penyakit apa yng saya derita dn apa obatnya,,,

  63. kasiron says:

    dok sya 45 tahun beberapa bulan ini telapak kaki sya terasa tebal dan kalau injak lantao terasa licin dan jari2 terkadang bengkat juga telapak tangan saya terasa tebal dan licin kira2 gejala apa ya dan apa yg harus kami perbuat mks

    • muki partono says:

      kemungkinan anda mengalami gejala reumatik atau mungkin sebab lain spt penekanan saraf pinggang , sebaiknya dikonsultasikan ke dokter tulang

  64. suharti says:

    dok ibu sy berumur 55th beliau sering mengeluh sakit dan merasa panas pada kedua kakinya pada bagian betis,kira2 kaki ibu saya kenapa ya dok,trus bagai mana cara mengobatinya??

    • muki partono says:

      ibu anda mengalami gejalapenekanan saraf di pinggang yg kami sebut SPINAL STENOSIS sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang

  65. kartini says:

    Dok, telapak kaki kiri dan pergelangan kaki kiri saya terasa panas dan kalau ditekankan atau di injakkan pertengahan telapak sampai tumit sakit.menderita penyakit apa ya Dok? Terima kasih sebelumnya.

  66. rofii says:

    saya cwok usia 25, akhir” ini saya sering nyeri dibagian mata kaki kiri dan pergelangan tangan kiri,..

    perlu diketahui, saya selalu menggunakan laptop dgn posisi tengkuram dan siku tangan menekan,..
    apakah itu penyebabnya

    • muki partono says:

      nyeri pada mata hrs diwaspadai biasanya kelainan tekanan bola mata yg tinggi, biasanya disertai mata merah, saran sebaiknya diperiksakan ke dokter mata, mengenai tangan bisa akibat posisi di atas

  67. chris says:

    dok sekujur kaki kiri saya terasa panas terus sudah sejak 4bulan yang lalu.
    kata dokter ada syaraf kecepit apa itu benar

    • muki partono says:

      Keluhan anda memang kelihatannya gejala penekanan saraf sebaiknya diperiksa ke dokter utk memastikannnya

  68. neng says:

    dok,ayah saya sakit pinggang awalnya,sekarang menjalar ke kaki kiri dan sekarang susah untuk duduk dan berjalan,kenapa ya dok??

    • muki partono says:

      Ayah anda menderita saraf kejepit sebaikna diperiksakan ke dokter tulang, mjngkin anda perlu MRI LMBaL

  69. nunik says:

    umur saya 35tahun, kaki kanan saya terasa panas dan tangan saya sering kesemutan. saya udah cek kolesterol, asam urat n diabetes hasilnya normal semua. saya di anjurkan dokter minum vitamin neoroptik B12 tapi hasilnya ga ada perubahan. sebaiknya saya mengkonsumsi obat apa dan bagaimana? terimakasih

    • muki partono says:

      Sebaiknya dicari tahu lbh dulu penyebab nyeri dan kesemutan serta panasnya mnrt hemat kam bisa akibat penekanan saraf d leher dan pinggang

  70. margareta says:

    Dok,saya mau tanya dong.kenapa ya telapak kaki saya berasa panas & nyeri? kira2 saya terkena penyakit apa ya dok?

    • muki partono says:

      Keluhan yg anda rasakan adalah sensasi saraf, kemungkinan ada penjepitan saraf sekitar mata kaki atau dari pinggang sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang

  71. rena says:

    dok, saya 22 tahun, pinggang kanan saya sakit lalu menjalar ke bagian paha dan bokong kanan, sepertinya sakit di dalam yang tidak dapat dijangkau dari luar, ketika berdiri terasa nyeri, bagaimana cara pengobatannya dok? obat apa yang harus saya minum?

    • muki partono says:

      Anda mengalami gejala penekanan saraf , sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang, sementara bisa mim obat nyEri saja, dan lakukan fisioterap, utk bh jelas periksakan MRI Lumbal

    • muki partono says:

      Anda sptnya mengalami gejala HNP sebaiknya mium obat nyeri dan lakukan berenang, serta fisioterapi, tidur di alas keras dgn posisi terlentang

  72. david says:

    Dokter saya mau tnya telapak kaki sebelah kiri dan telapak tangan kiri panas dan khusus lengan sebelah kiri kayak ngk punya tenaga gejala ap ya dok?

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala kelemahan otot bisa akibat penekanan saraf dari leher atau daerah pergelangan tangan anda sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang

  73. mey says:

    dok saya mey umur 17thn.
    awalnya kaki kiri saya terasa sakit, saat hari ke dua semakin kerasa sakitnya kalau jalan kaki, hari ke empat, kaki nya terasa kesemutan, terus terasa hangat d dlm nya.
    kenapa dok, ? saya sendiri seorang pelajar, jadi g bisa konsen belajar ga tenang, pengen d lepas sepatunya,

    • muki partono says:

      Anda mengalami gejala penekanan saraf pinggan kalau anda gemuk sebaiknya turunkan berat badan dan lakukan olag raga berenang

  74. elfy says:

    slamat pagi dokter.
    saya berumur 44 tahun dan keluhhan yg saya rasa adalah telapak kaki saya seperti terkena lombok dan panas apalagi saat berjalan kalau saat malam tidur tidak ada aktivitas tidak sakit/panas dan kadang terasa kesemutan atau kram pada tangan
    ok trimakasih dokter

  75. indra says:

    Saya 45 th, kaki terasa berat..dak bisa lari hanya jala tertatih2, bicara susah, tulisan jelek,gerak memutar lambat, gerak tangan saya normal sudah 1,5 tahun saya alami..sudah ke dktr saraf dan diagnosa MSA, menurut dokter apa penyakit saya.? Perluka saya ke dktr lain?
    .

  76. nhana says:

    Dok…saya wanita 37 tahun..betis Kanan dan ujung jari jari kaki kanan kadang kadang terasa panas seperti kena cabe.gejala apa ya dok.mengingat aktivitas saya yg padat.matur nuwun…

    • muki partono says:

      Gejala yg anda alami adalah gejala penekanan saraf yg berasal dari pinggang sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang

  77. susan says:

    siang dok. sudah 2bln ini saya sering mengalami nyeri di kaki,betis dan tangan kadang jg sampai sakit, tp terjadi di setiap saya lg istirahat dan saya jd tidak bisa tidur kl nyerinya datang. tlong dok saya ini sakit apa dan obat apa yang harus saya minum. thanks

    • muki partono says:

      Nyeri yg mengenai kaki dan tangan bisa salah satnya disebabkan oleh penekanan saraf d leher sebaiknya diperiksakan ke dokter bila sdh menggangu

  78. neng says:

    Dok sya berumur 27 th,kaki sya tiba2 suka mrsakan pnas…?? bgian betis sebelah kanan..!! Itu kira2 ?? sebabkan pnyakit ??? ?ªãª dok,mhon..bantuan N???????,trmakasih..dok

  79. mukhaila says:

    Dok saya dari hamil sampai melahirkan klo gendong bayi sambil duduk dimotor tulang belakang saya sakit,sekarang malah kaki kanan saya berat u melangkah,kenapa ya dok,kira2 klo daerah sekitar yogja berobat kemana,terimakasih

  80. Sahaya says:

    Slmt mlm Dok… Sy laki-laki berusia 45 tahun, sy rasa sakit di telapak kaki kiri saya Dok. Awalnya hanya panas di telapak kaki saya tp sekarang ini rasanya sakit di telapak kaki apa bila di injak kan dan saya juga mengalami kl Lg kurang fit badan saya kl saya tiba2 nunduk spt di kamar mandi terasa spt di pukul pinggang saya , gejala yang Dok kira2 TKS.

  81. yeni achadiyati says:

    salam kenal dok.. dok usia saya 40th dua hari terakhir dua jari kaki sebelah kiri saya terasa kepanasan seperti kena cabe/atau balsem kadang2 hilang nanti timbul lagi , penyebabnya apa ya dok? dan saya harus periksa ke dokter spesialis apa ya dok? mohon sarannya

  82. hadaina says:

    Dok, sy wanita 31 th. bbrp bln terahir sy merasakan sakit/nyeri yg luar biasa dr mulai punggung,tangan kiri&kaki kiri. kadang yg kanan jg skt,tp lbh skt seluruh tubuh bagian kiri. leher srg kemeng/skt digerakkan. srg pusing,sakit kepala,mual&mata kabur.di kaki srg keluar biru2/memar. sebenarnya sy skt apa ya dok? dan hrs periksa kemana,dokter syaraf/tulang atau tanda2 stroke? tp tekanan darah sy sll normal,tdk ada kolesterol maupun diabetes. sy jd bingung dg penyakit sy. mohon bantuannya dok. terima kasih byk.

    • Muki Partono says:

      sebaiknya konsultasikan ke dokter bedah tulang utk memastikan lbh lanjut kelainan anda kemungkinan ada gejala penekanan saraf di leher

  83. Muki Partono says:

    keluhan anda adalah keluhan sensasi saraf, biasanya pada telapak tangan yg paling sering penekanan sarafpada pergelangan tangan (CTS), sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang

  84. elfy says:

    slamat siang dokter

    Keluhan yg saya rasakan yaitu telapak kaki seperti kena duri. tebal, panas dan jari jari kaki kadang bengkak apalagi kalau sedang melakukan aktivitas. tp disaat tidur malam/siang kaki saya aman2 saja.
    Apa penyebabnya dokter dan sakit apa???
    trimakasih atas bantuannya

  85. melisa triadini says:

    Selamat siang,
    Saya mau bertanya dok saya prnah mengalami pembengkakan sendi siku dok seperti terkilir, pdhal sya tdk ada terjtuh. Setelah diperiksa saya asam urat. Dan ini kjdianya sblum saya mnikaj dom sdh 2 thun lalu.
    Sekrang pasca mlahirkan dok lutut saya terasa ngilu skali, smpai susai brrjalan
    Saya mnum obt vi*st*n ds dok, dan hilang skitnya. Skrg skit kmbali awalnya lutut, dn skrg mnjalar ke tulang pinggang (panggul saya), dan sluruh sendi2 jari dok
    Tapi yg menyiksa di tlg panggul sya dok, jd stiap sya mencecahkan kaki trasa skit skali, duduk pun sakit dok bhkan smpe untuk sholat skit dok pda duduk tasyahud akhir. Saya mnderita skit apa ya dok? Kalau asam urat sya kmbuh tapi tdk ada sndi yg bengkak lg dok. N ini saya rsakan oasca mlahirkan dok 3 bln lalu. Terimakasik dok atas jwabannya.
    Kalau

    • Muki Partono says:

      saya menduga ibu menderita saraf terjepit di pinggang biasa terjadi pada ibu yg baru saja melahirkan , saran konsultasikan ke dokter tulang dan lakukan pemeriksaan MRI lumbal

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome