joint stiffness e.c post op rekontruksi ruptur acl et lcl

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Dok, perkenalkan nama saya Yuri Novaga (laki-laki 27 tahun) bekerja sebagi dokter umum di Puskesmas Sambirejo, Kab. Sragen, Jawa Tengah.

Kasus saya begini dok:
Sekitar 5 bulan yll, tepatnya tgl.4 maret 2011 saya menjalani op rekontruksi acl et lcl injury knee dextra di SOLO secara konvensional. Rupture ligament saya dikarenakan cedera saat bermain bulu tangkis. Rawat inap selama 5 hari. Setelah 3 minggu luka op sudah mengering dan mulai latihan tiap hari di fisioterapi RSOP. Setelah menjalani fisioterapi selama 2 minggu ternyata lutut kanan saya baru bisa menekuk 35 derajat dan saat control, dokter memutuskan melakukan manipulasi pada lutut saya. Setelah mondok 3 hari di RSOP (cpm terpasang 24 jam) lutut saya bisa menekuk 90 derajat. Kemudian dilanjutkan latihan dan fisioterapi di rumah.

Dua minggu kemudian saat control dokter memutuskan melakukan manipulasi lagi karena lutut saya hanya bisa menekuk 100 derajat. Setelah manipulasi yang kedua itu bukannya malah nambah sudutnya malah balik lagi ke 90 derajat.

Setelah itu, saya trauma dimanipulasi lagi dan memutuskan latihan dan fisioterapi sendiri di rumah, sekarang sudah mencapai sudut120 derajat. Akan tetapi masalahnya begini dok, sudut tersebut baru bisa dicapai setelah kaki dilemaskan dan dipijat oleh fisioterapis. Selain itu untuk extensinya juga belum bisa maksimal seperti normal (masih kurang 5 derajat). Hal ini sudah berlangsung sejak 1 bulan yll. Jadi sudutnya dari 1 bulan yll ga bisa nambah-nambah.dan apabila kaki diam sebentar saja sudut kembali ke 100 derajat lagi. Dan pada saat latihan, jika kaki ditekuk, bagian lateral yg posteror dr lutut kanan saya terasa sakit dan nyeri sekali. Demikian juga apabila kaki didiamkan pasti nantinya jadi terasa nyeri di bagian tersebut.

Saya sampai kadang putus asa dan amat menyesal dok, kenapa saya dulu operasi di RSOP. Masalahnya saya kira dulu di RSOP sudah melakukan teknik op arthroscopy lutut, ternyata masih konvensional.

Oleh karena itu dok, saya mohon diberikan solusi lain apakah di RS tempat dr. Muki Partono, Sp.OT praktek adakah proses/cara penyembuhan kaku sendi lutut saya selain dengan fisioterapis? agar lutut saya bisa cepat kembali normal seperti sediakala.

Saya mohon dok, keadaan ini sangat mengganggu aktifitas sehari-hari saya, saya sangat berharap ada cara/ teknik lain untuk bisa mempercepat proses penyembuhan kaku sendi lutut saya ini.

Besar harapan saya mendapatkan jawaban dan solusi terbaik yang dapat mempercepat penyembuhan kaku sendi saya dari dr. Muki Partono, Sp.OT.

Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

Nb: berikut saya lampirkan foto perbandingan antara lutut kanan dan kiri saya.

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

jawab : sebaiknya anda konsultasi datang ke Jakarta , nggak usah khawatir masalah anda masalah yg tdk rumit hanya saja perlu penanganan yg tepat kami tunggu di jakarta

About author:

2 Responses to “joint stiffness e.c post op rekontruksi ruptur acl et lcl”

  1. Yuri Novaga says:

    terima kasih dok. Sebaiknya saya periksa di rumah sakit(tempat dokter praktek) yang mana ya dok?

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome