HNP yang menyiksa

December 6, 2010 Dr Menjawab Leave a reply

Dr Mukti yang terhormat,

Saya mengalami Saraf kejepit sudah 3 bulan lebih rasa tertarik di sekitar tulang kering sebelah kiri dan paha depan kiri. Saya sudah opname 3 minggu yang lalu selama 6 hari di sebuah RS dan di physioterapy 2 kali sehari. Hasilnya untuk lebih baik hampir tdk ada. Di RS hanya bed rest diatas triplek tebal dan di-infus pain killer.

Saya coba pindah ke Physioterapy yang lain setelah dilakukan Bio thermy, Massage (ulek2), Setrum, saya dimassage manual sebentar terus melakukan physical exercise, rasanya membantu. Baru melakukannya 2 kali, eh Physioteraphistnya pergi seminar selama 2 mg. jadinya stop. Kemarin saya Sudah mulau berenang, malamnya terasa kontraksi, saya belum tau apakah ini akan membantu.

Hasil MRI mengatakan: Kesan: Tampak straight lumbar vertebra (muscle spasm?) serta spondyloarthosis dan degenerasi discus ringan diffuse disemua segment lumbal terutama pada segment L3/L4 – L5/S1 yang disertai dengan extusi discus ke intraspinal caudal yang dominant ke recessus lateralis kiri pada segment L3/L4, serta prostrusi diskus ringan lainnya ke medial pada level L4/L5 dan L5/S1, dengan indentasi ringan thecal sac dan structur radikuler dibelakangnya, terutama radix L4 kiri, sedangkan pada struktur Tulang, diskul maupun neural lainnya pada vertebra lumbaltak terlihat abnormalitas lebih lanjut, terutama tidak terlihat spondylolisthesis, SOL/destruksi tulang atau spodylitis.

Apa yang sebaiknya saya lakukan ya Dokter? Apakah kasus seperti ini harus di DEM. Terimakasih untuk saran yang diberikan.

Salam,
MSiagian

jawab : pak siagian anda mengalami HNP pada 2 lefel dan sdh ekstrusi, cukup berat, sebaiknya bila dgn fisioterapi tdk juga berkurang saran dilakukan operasi dgn tehnik minimal invasif, kita hrs tentukan lefelnya dulu mana yg paling bikin nyeri apakah L3-4, atau L5-S1nya krn keduanya sama2 kiri, kalau menurut kami yg bermasalah pada lefel L3-4 nya saja

About author:

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome