HNP apakah sembuh?

Salam Sejahtera dok, Saya A.A.G Bagus Indrayana umur 26 tahun, sudah menderita HNP sejak setahun yg lalu, penyakitnya baru saya periksakan tgl 14 Agustus 2010. Setelah di lakukan pemeriksaan melalui MRI saya dinyatakan menderita HNP. dan hasil pemeriksaan menytakan hal sbB:
-Tampak spondylosis dan degenerasi discus ringan, terutama pada segment L4/5 dan L5/S1 yang disertai juga dengan exstrusi diskus ke intraspinal yang agak dominant ke recessus lateris / foramen kanan pada segmen L5/S1 dengan indentasi ringan thecal sac dan structure radikuler dibelakangnya, terutama radix S1 kanan, sedangkan pada struktur tulang, diskus maupun neural lainnya pada vertebrata lumbal tak tampak abnormalitas lebih lanjut, demikian juga tak terlihat spondylolisthesis, SOL atau spondylitis.

Saya diberikan obat oleh dokter syaraf sbb:
1. Forres
2. Zaldar
3. Sirdalut

dan setelah saran dari dokter Fisioterapi/Rehab Medik saya harus melakukan therapy selama 6 kali.
1. Pemanasan
2. Elekttro
3. Exercise
(tulisan ini diangkat baru 3 kali melakukan therapy)

dan juga saya memakai korset susai saran dokter saraf, reham medik, dan trainer.

Namun perlu di catat, saya tidak merasakan kesemutan di kaki kanan saya, namun setelah melakukan saran trainer rehab medik, rasa sakitnya terasa amat sangat. dan saya tidak cuti selama proses therphy berlangsung, tetap melakukan pekerjaan namun dengan sangat berhati2, dan saya berkendara motor.

yg ingin saya tanyakan adalah exercise apakah yg mungkin harus saya jalankan, karena exercise yg diberikan memberikan rasa sakit dan gerakan2 yg perlu saya perhatikan?

Terima kasih atas perhatiannya, semoga amal dan pertolongannya akan di balas oleh yang maha kuasa. Amien…

jawab : berenang

About author:

6 Responses to “HNP apakah sembuh?”

  1. rizkie says:

    dokt.apa ada cara lain utk tangani hnp slain oprasi krn sy tkut.

  2. Evy says:

    dokter, hasil mri saya di c4,5,6 menusuk kedalam syaraf apakah ada penyembuhan nys agar normal kembali, saya sudah melakukan terapi pemanasan dan chiropractic. Mohon bantuannya.
    Terima kasih

    • muki partono says:

      Penekanan tdk bisa dihilangkan dgn cara terapi yg anda sebut sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang dulu untuk mendapatkan penjelasan atau opsi terapi yg tepat

  3. pajeri says:

    assalamualaikum dokter,saya pajeri,pernah terpeleset dikamar mandi,kemudian sakitnya saya abaikan hanya mengkonsumsi analgetik biasanya sembuh,,,saya bawa aktifitas seperti biasanya 3hari kemudian terasa kesemutan kaki saya kiri dan kanan,hasil ro susp hnp l5-s1,,,apa yang harus saya lakukan,,latihan apa yang bisa saya lakukan,,atas saran ucapkan terimakasih

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome