Fracture Clavikula

Saya mengalami kecelakaan lalu lintas pada tanggal 8 juni 2011, berdasarkan hasil roentgen pada hari itu juga (8 juni 2011)

Clavicula Sin AP
Hasil =
1.Cominuted fracture dengan displacement dan pemendekan os clavicula kiri.
2.Acromio-clavikular joint agak melebar.
3.Glenohumeralis kiri masih baik.
Kesan =
1.Fracture os clavicula kiri dengan separasi ringan acromio clavicular joint kiri.
Manus Dex
Shoulder Sin
Hasil =
1.Oblique fracture metacarpal digiti 3 dan 4 dengan posisi masih cukup stabil.

Esok harinya (9 juni 2011) saya konsultasikan dengan dokter spesialis ortopedi, ternyata saya harus menjalani operasi untuk tulang selangka. Karena keterbatasan biaya saya putuskan untuk berobat secara tradisional melalui orang yang ahli menangani patah tulang. Setelah 4 kali pengobatan secara dipijat selama 1 bulan, tulang selangka saya berdasarkan hasil pengamatannya telah menyambung kembali.
Setelah 40 hari saya berinisiatif untuk melakukan roentgen kembali (19 Juli 2011) guna melihat perkembangan tulang saya yang patah, ternyata hasilnya

Shoulder Sin
Hasil =
1.Klavikula kiri tampak fraktur, posisi fragmen distal dislokasi ke kaudal.
2.Sendi akromioklavikularis dan glenohumeralis kiri normal.
Kesan =
1.Fraktur klavikula kiri.

Berdasarkan kondisi saya per tanggal 19 Juli 2011.
Adakah ada alternatif lain (baik itu tindakan medis maupun nonmedis) tanpa operasi untuk melakukan penyambungan tulang klavikula saya yang patah?(Jika ada, mohon dokter rekomendasikan)..
Jika alternative satu-satunya operasi berapa lama proses penyembuhannya hingga tulang yang patah tersebut tersambung kembali….
(Saya sertakan hasil rontgen terakhir)

DSC00565.JPG (41 KB)

jawab : tdk ada biarkan saja kalau memang mau menyambung akan menyambung butuh waktu lbh lama, hanya saja menyambungnya tumpang tindih

About author:

2 Responses to “Fracture Clavikula”

  1. firmansyah says:

    12 hari yang lalu, tepatnya tanggal 3 september 2011 saya mengalami kecelakaan dan patah tulang klavikula kanan. krn kejadiannya malam, teman saya membawa saya ke pengobatan alternatif (tukang urut) yang katanya telah sering menangani pasien patah tulang khususnya angkatan udara (kediamannya dekat markas AU). sejak awal diurut, tangan saya sudah bisa saya gerakkan. beliaupun mengikat tangan saya dengan perban fleksibel membentuk angka 8 dan menaruh potongan bambu yang telah di bentuk dan dilapisi kain kaos. sejauh ini saya belum merasakan keluhan apapun kecuali sering mengalami nyeri pada punggung saya. oh iya…. 3 hari setelah kejadian saya melakukan foto radiologi dan hasilnya :
    1. Displaced fracture pada bagian 1/3 tengah clavicula kanan yang bersifat spiral comminutive fracture, dengan fragment distalnya displaced ke arah bawah.
    2. Alignment sendi dari glenohumeral joint & acromioclavicular joint bahu kanan masih tampak normal; tanda2 dislokasi sendi tidak tampak.
    3. Tulang2 scapula kanan & proximal humerus kanan masih tampak intact. Mineralisasi tulang normal;
    4. Local soft tissue swelling seputar lokasi fracture tampak (+)
    Kesan : Displaced fracture pada 1/3 bagian tengah clavicula kanan.

    Namun setelah foto radiologi saya masih melanjutkan pengobatan alternatif sampai saat ini. namun bahu saya sering mangalami ngilu dan saya harus menyandarkan tanagan kanan saya sambil bersandar atau berbaring untuk meredahkannya. hampir tiap 2 jam belakangan ini saya sering meraba tulang saya yang patah dan tulang saya saling timpang tindih. dada sayapun sering sakit saat menarik nafas panjang.
    apa yang harus saya lakukan? apakah nyeri pada punggung saya ini nantinya akan redah atau tidak dan apakah tidak akan berdampak lain dengan organ tubuh saya yang lain selain pemendekan jangkauan? mohon jawabannya krn belakangan saya sering putus asah mengingat saya seorang teknisi IT yang sangat membutuhkan tangan saya dalam bekerja (terkadang saya harus memanjat untuk perbaikan kabel telepon, listrik dan jaringan data). Mohon petunjuknya….. Terima Kasih

    • muki partono says:

      kalau mau tidak ada keluhan seperti di atas sebaiknya dilakukan operasi utk mengembalikan posisi tulang yg tumpang tindih, krn dampak tulang yg tumpang tindih akan menyebabkan keluhan2 anda di atas

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome