Cedera Lutut Bukan Cuma Oma

Oma mengeluh lututnya sakit, itu sih cerita biasa. Tapi, sore itu Doni (35 tahun) yang baru pulang main futsal mengeluh lututnya sakit dan bengkak. Sudah diurut oleh si Mbok sambil diberi minyak urut, nyerinya mendingan dan Doni pun bisa jalan lagi.

Dua minggu – satu bulan berlalu, lutut Doni yang dibungkus knee decker masih saja terasa sakit terutama saat sedang berjalan atau menekuk lutut. Ia juga merasa lutut sekarang tidak stabil. Apakah di usianya yang baru setengahnya Oma, ia harus menderita sakit lutut yang sama seperti Oma?

Lain Oma, Lain Doni
Oma dan Doni sama-sama menderita pengapuran (serpihan tulang rawan) yang istilah kerennya osteoartritis (OA). Hanya saja, OA yang diderita Oma merupakan OA primer alias karena proses penuaan sedangkan yang diderita Doni adalah cedera lutut yang terjadi sebagai dampak dari trauma yang tidak tertangani dengan baik yang kemudian hari jadi OA sekunder. Karenanya, obat dengkul berbahan glukosamin dan kondroitin yang diminum Oma untuk mengatasi masalah dengkul Doni tidak efektif.

Kesadaran masyarakat untuk berolahraga demi tubuh yang sehat dan bugar membuat mereka mengagendakan kegiatan ini dalam jadwal mingguan mereka. Begitu pula dengan Doni. Tapi, sayangnya banyak dari mereka salah memilih jenis olahraga dan mengejar waktu sehingga prosedur wajib sebelum dan sesudah olahraga terabaikan, terjadilah cedera lutut seperti yang dialami Doni.

Cedera lutut menurut dr. Muki Partono Sp.OT (spesialis orthopedic dan Traumatologi) sering terjadi pada pemain futsal amatir seperti Doni yang mengisi waktu senggang setelah bekerja. Perkiraan dr. Muki, cedera ini terjadi karena lapangan futsal yang belakangan ini mewabah di berbagai lokasi di Jakarta, sempit hingga membuat para pemain merasa mampu berlari ke seluruh lapangan untuk mengejar bola. Ketika mereka berlari ke sana kemari, tabrakan antar pemain kerap terjadi – lutut mereka berbenturan ataupun mereka jatuh dengan lutut yang menghantam permukaan lapangan futsal yang keras. Umumnya, lapangan futsal bukan lapangan rumput yang soft melainkan lapangan sintesis yang berlantaikan beton ataupun rumput sintetis yang menghasilkan hentakan keras pada lutut. Akibatnya, terjadilah risiko cedera seperti yang dialami Doni sangat besar.

Doni yang dengan semangat tinggi berolahraga demi hidup sehat juga lupa kalau usianya sudah kepala tiga. Tubuhnya, termasuk juga lutut mulai mengalami proses degeneratif sehingga risiko mengalami cedera cukup besar. Cedera lutut yang mereka alami biasanya berupa cedera kapsul, rawan sendi, bantalan lutut, dan ligamen.

Lutut terdiri atas tulang, kapsul, rawan sendi, bantalan lutut (meniskus), ligamen (jaringan penyambung tulang yang membentuk sendi yang bertugas menjaga kestabilan lutut), otot, dan saraf yang semuanya bekerja sama menghasilkan gerakan lutut sempurna.

Rice yang bukan nasi
Saat awal mengalami cedera lutut cobalah lakukan dahulu RICE. Rice yang dimaksud bukanlah nasi melainkan:

Rest alias istirahat. Istirahat mutlak dilakukan agar jaringan pada lutut yang cedera cepat pulih. Istirahatnya pun harus total, kaki sama sekali tidak digerakkan.

Ice (es). Untuk mengurangi nyeri dan bengkak, kompres lutut dengan es untuk mengurangi perdarahan yang terjadi di dalam dan juga pembengkakan,

Compression (dipres). Balut lutut yang cedera dengan perban elastik agar bengkaknya terlokalisir. Lakukan sampai bengkaknya hilang.

Elevation (diangkat). Kaki yang sakit diangkat dengan posisi lebih tinggi dari posisi jantung.

Bila prosedur ini sudah dilakukan selama lima hari dan kondisinya tak membaik, pertolongan seorang dokter ahli orthopedi diperlukan.

Langsung dipakai
Demi mengetahui kondisi cedera lutut secara pasti, menurut dr. Muki perlu dilakukan pemeriksaan dengan MRI (magnetic resonance imaging). Karena alat ini mampu menampilkan detil-detil jaringan sehingga bisa diketahui jenis dan lokasi kerusakan. Pemotretan konservatif dengan X-ray kurang bisa memperlihatkan detil-detil kerusakan.

Cara lain adalah dengan artroscope (artroskopi) yang berasal dari kata artho (sendi), dan scope (melihat). Alat yang dapat mengintip ke dalam sendi ini berupa sebuah tabung kecil yang berisi sistem optik dengan lensa pembesar dan sumber cahaya serat optik. Tabung ini masuk ke dalam lutut, setelah dokter melakukan anestesi lokal dan membuat insisi kecil 0,5 – 1 cm. Selanjutnya, kondisi sendi lutut bisa terlihat jelas melalui layar monitor.

Selain “mengintip”, alat canggih ini juga bisa mereparasi kerusakan lutut seperti mengangkat pecahan tulang rawan, memperbaiki meniskus, ataupun menyambung ligamen.

Setelah acara reparasi lutut selesai, tak perlu dilakukan acara jahit menjahit karena lukanya begitu kecil yang akan sembuh sendiri dalam waktu singkat. Tak heran, dengan terapi ini adakalanya pasien tak perlu rawat inap yang lama dan bahkan beberapa hari kemudian lututnya sudah bisa beraktivitas normal. Tapi, lutut belum boleh digunakan untuk aktivitas berat apalagi yang menggunakan lutut.

Dengan pengobatan seperti ini, cedera lutut Doni tak akan berdampak pada OA seperti Oma.

Sesuaikan kondisi
Cedera lutut memang salah satu risiko berolahraga. Tapi, menurut dr. Muki risiko ini bisa dihindari asalkan prosedur wajib olahraga ditaati. Yakni, melakukan Warming up alias pemanasan selama 5 – 10 menit perlu dilakukan sebelum berolahraga untuk memberi kesempatan pada otot, ligamen, dan tubuh secara keseluruhan beradaptasi terhadap regangan. Regangan yang tiba-tiba terjadi saat langsung berolahraga, inilah yang mengakibatkan cedera. Lalu, lanjutkan dengan streching yang bertujuan melenturkan otot-otot, terutama otot yang akan digunakan agar mampu berkontraksi. Terakhir, setelah selesai berolahraga lakukan pendinginan agar tubuh tidak tiba-tiba berhenti melakukan kegiatan ekstra.

Oahraga yang dilakukan hendaknya rutin dan terukur dengan frekuensi, intensitas, dan lama waktu berolahraga yang sama. Misalnya, jadwalkan berolahraga seminggu dua kali selama 1 jam atau 2 set. Jadwal ini harus benar-benar ditaati agar tubuh terbiasa dengan kebiasaan ini. Jangan mentang-mentang sedang punya waktu senggang, waktu berolahraganya diperpanjang. Atau muncul sebagai pemain dadakan pada turnamen olahraga dalam rangka ulang tahun perusahaan atau di lingkungan perumahan dalam rangka 17 Agustus. Tubuh yang kaget dengan beban yang begitu berat akan rentan mengalami cedera, termasuk cedera lutut.

Dr. Muki juga mengingatkan, kita sering lupa kalau usia di atas 30 tahun, sendi lututnya mulai memasuki masa homeostatis. Mulai mengalami kemunduran sendi, bantalan, dan ligamen – apalagi ketika memasuki usia kepala empat otot-otot sudah tidak lagi elastis sehingga gampang rusak. Dalam memilih jenis olahraga, mereka perlu menyesuaikannya dengan kondisi ini. Olahraga yang membebani lutut seperti futsal, bulu tangkis, basket, voli, sepak bola, juga berdansa bukanlah pilihan yang tepat.

Sebagai gantinya, mereka bisa bersepeda yang kini tengah mewabah. Tapi, lakukan bersepeda di tempat yang datar – jangan di pegunungan. Mau jalan cepat juga oke. Bila beraerobik pilihlah yang gerakannya tidak membebani lutut. Renang juga merupakan salah satu pilihan yang terbaik. )Dengan demikian, anjuran berolahraga demi tubuh yang bugar dan sehat tetap bisa dijalankan dan risiko cedera lutut bisa terhindar. (Cisca)

Artikel ini diterbitkan di majalah Intisari

About author:

117 Responses to “Cedera Lutut Bukan Cuma Oma”

  1. Nasser says:

    Dok, saya ingin tanya?
    8 bulan yg lalu saya cidera lutut disertai bunyi yg cukup keras, penanganannya hanya di urut dengan tukang urut yg cukup ternama dijakarta, tetapi masih sering mengalami nyeri saat ditekuk ato saat meluruskan kaki sehabis ditekuk lama.

    Kira2 gimana saran dokter yg cocok untuk saya?
    Saat ini saat masih menggunakan Knee Support

    Terima Kasih

    Nasser

    • muki partono says:

      anda mengalami cedera hebat sebaiknya dilakukan artroskopi saja, utk memastikan kelainan di dalam lutut dan sekaligus memperbaikinya bila dijumpai kelainan , krn secara alamiah seharusnya cedera sdh akan sembuh 1 1/2 bulan bila lebih dari masa tsb masih nyeri artinya cedera lutut bapak cukup serius

  2. ida says:

    dok sy ibu umur 38th,5 mgg yll terpeleset lutut dislokasi,Periksa ke dr RS solo,sdh rontgen hasilnya tlg baik,dipasang gips lutut 3 mgg,cel stabilitas lutut baik,kmd fisioterapi 2 mgg,kaki sdh bs ditekuk tp msh nyeri,blm bs jln normal,otot paha pd kaki yg dislok lebih kcl,apa solusinya agar bs berjalan normal.trm ksh

  3. hendra kurniawan says:

    DR muki yth…sy mengalami kejadian kecelakaan jatuh dari motor persisnya 2 hari sebelum lebaran kemaren kira2 tanggal 27 agustus kondisi jatuh sy dalam posisi berputar..lantas terbentur keras di atas lutut sedikit dan terjadi luka diatas lutut..yang mana luka tsb kulit atas sy tergerus hinngga nampak kulit putihnya.pada saat kond jatuh sy sempat kehilangan tenaga jantung sy lemah ( kond badan sy gemuk tinggi 170cm berat 110kg) teapi keadaan sb berlangsung kira2 15 menit kond pernafasan dan jantung normal kembali..lalu sy mengambil tindakan ke dokter klinik utk membersihkan luka sy dari. kotora pasir dijalan dan disuntik tetanus..bbrp hari kemudian teradi pembengkakan di sekitar lutut saya terasa nyeri di sudut lutu kiri danlutut sebeblah kanan spt tertarik..dan kaki sy tdk bs ditekuk..lalu sy mengurut kaki sy agak lumayan pembengkakan agak berkurang..tetapi bengkak disekitar seputaran lulut m,asih terjadi sampai hari ini sy mengirim email kpd dokter…akhirnya sy mengambil tindakan rontgen dan MRI..HASIL RONTGEN menyatakan bahwa kond tulang lutut saya tdk mengalami patah atw pergeseran sendi..HASIL MRi menyatakan ada cairan disekitar lutut atas dan dokter ortopedi yg menangani saya curiga ada cedera di meniscus menurut dokter sy terjadi lipatan di bantalan lutut serta dicurigai ada sobekan dalam…apakah tindakan selanjutnya yg harus sy jalani..apakah harus di artoskopi atw cukup dengan fisioterapi saja..( oya telah diambil juga tindakan pengambilan cairan sendi dan pengurangan perdarahan yg sdh menggumpal dilutut saya..tetapi sd saat ini masih terasa nyeri disekitar lutut kiri dalam dan depan..kalau yg lutut kanan tidak nyeri…demikian pertanyaan saya apa kira2 saran terbaik buat saya untuk kesembuhan cidera saya..terima kasih

  4. hendra kurniawan says:

    maksud saya cidera saya adalah di kaki kanan saja..(lutut kanan bagian kiri nyeri lutut kanan bagian kanana sdh tdk nyeri tt spt ada yg mengganjal terkadang kesemutan dan nyeri sewaktu waktu..trims..( tambahan penjelasan saya)

  5. Danny says:

    Dok, saya laki-laki umur 18 tahun Mengalami cedera lutut dan bengkak. Lalu, saya menjalani Artroskopi dan rawat inap. 2 hari setelah Artroskopi, lutut saya masih bengkak sementara kata dokter saya sudah boleh pulang dari rawat inap. Kenapa masih bisa bengkak setelah Artroskopi, dan bagaimana caranya mengatasi bengkak tersebut?

  6. Yudi says:

    Dok, umur saya 35 th, tinggi 175cm, berat 85 kg barusan saya mengalami cidera dibagian lutut kiri saya. Kejadiannya saat saya melalukan olah raga volley, setelah melakukan smashing, posisi jatuh saya bertumpu pada kaki sebelah kiri, perasaan saya pada saat jatuh lutut kiri saya seperti bergeser kedalam dan hal itu membuat saya langsung jatuh, dan lutut saya tidak kuat menahan beban tubuh saya..masalahnya setelah jatuh saya tidak merasakan sakit sama sekali, hanya nyeri kecil kalo sendi digerakkan. Kemudian saya coba untuk berdiri dan mencoba berjalan, baru masalah timbul pada saat saya melangkah menggunakan kaki kiri, lutut saya seperti tidak ada daya dan rasanya seperti mau bergeser. Akhirnya saya takut untuk berjalan lagi, sementara ini saya hanya membalut lutut saya dan menggunakan tongkat untu berjalan, perlu di ketahui juga kalo lutut saya digerakkan saya tidak merasakan sakit, hanya nyeri kecil aja..kira-kira apa yang harus saya lakukan dok.? trima kasih atas tanggapanya.

  7. bagus says:

    dok,setahun lalu lutut saya jatuh dan bengkak. setelah saya bw ke tukang urut kmudian berangsur baik dan bengkaknya hilang. kemudian saya rontgen hsilnya pun baik. tp knp sampai sekarng jka kaki ditekuk,selalu agk nyeri dan bunyi? apakah penyuntikan suplemen di lutut bisa untuk mengobatinya?

    • muki partono says:

      anda mengaami robekan bantalan lutut(menisku) kr ada bunyi saat menekuk , sebaiknya lakukan pemeriksaan MRI Lutut utk memastikan dan konsultasikan ke dokter tulang, kami banyak pengalaman menangani kasus spt ini

      • Kodir says:

        dok, saya juga cedera lutut dan sudah di MRI hasilnya : tampak tanda2 ruptur ACL kiri, tampak ruptur miring pada menicus medialis anterior horn dan partial rupture pada menicus medialis posterior horn, tampak mild fluid collections pada intra-articuler-space, supra-patella bursa dan intercondylaris region.
        apakah arti dari MRI tsb dok? dan bagaimana penyembuhannya? terimkasih dok

  8. dennis says:

    dok 4 tahun lalu saya mgalami cedera pada lutut saat bermain sepak bola dan ketika saya sedang lompat untuk menyundul bola lutut kiri saya mengalami salah tumpuan sehingga entah kenapa tiba teras seperti sakit dan terdengar suara seperti tulang patah yang cukup keras.
    cedera lutut saya hanya saya tangani dengan urut tapi setelah hampi 2 bln saya berobat jalan dengan diurut tidak ada hasil dan saya hanya membiarkannya sampai sekarang.
    sejak cedera itu lutut saya sering mengalami kambuh yang sakitnya dari ujung pangkal paha, lutut sampai ke ujung telapak kaki saat beraktifitas apalagi jika saya sedang tidak fit dan memaksa kan diri untuk bermain sepak bola yang sudah jadi hobi saya.
    apakah cedera lutut saya masih bisa disembuhkan seperti sedia kala dok?
    terima kasih atas tanggapannya dok.

  9. ajie says:

    Dok, saya ajie 20th.
    Saya mau tanya, 1th yang lalu saya mengalami kclakaan saat lthan spdah bmx, saya cidera tulang tempurung yang bergeser, saat ini lutut saya seperti sudah normal, tidak ada lepas tulang ato apah, tp kadang” tulng saya seperti melar, ky yang mau copot, ato gag ketika saya mau jongkok seperti ada yang mengganjal skit, bagai mana cara menanggulanginya dok?apah yang d derita lutut saya? Apah masih bisa normal?

  10. Panji says:

    Dok,, Saya mau bertanya, Saya Kelas 3 SMK, dari SMP sudah mengikuti Extrakulikuler Futsal, Sekitar bulan Agustus ketika latihan rutin Lutut sebelah kanan saya sakit ketika menendang bola, dan lari. selesai Latihan tidak terasa apa2, Hal ini terus berlangsung sampai sekarang, Apa Yang sebaiknya dilakukan? Apakah rasa sakit ini bisa disembuhkan?

  11. sigit dwich says:

    dok.. kamis minggu kemarin saya brmain futsal,kemudian saya salah jatuh tumpuan pke kaki kiri,pas saya lutut saya samping tempurung menonjol tulang 4 detik lalu kembali seperti semula..itu rasanya skit sekali..besoknya lsung bengkak dan lsung di urut..sekarang bengkaknya sudah kecil tapi suka nyeri bila lutut ditekuk dan blom bisa ditekuk bgt lututnya.. itu knpa ya dok? mohon bantuanya
    terima kasih

  12. rams says:

    Selamat sore dokter…

    Kira-kira 1 bulan yang lalu saya bermain futsal. Lalu kaki kanan saya tidak seimbang saat sedang lari dan lutut kanan saya goyang ke arah kiri dan terdengar bunyi. Lalu saya susah bergerak dokter.

    Kemudian saya bawa ke tukang urut. Sudah dua kali saya kesana, kadang sembuh dan kadang sakit saat saya menginjak ketanah. Jadi saya harus berjalan jinjit agar mengurangi sakit.

    Terkadang seperti ada urat di lutut yang sering berpindah. Kalo saya salah memutar kaki kanan maka sakit di lutu juga berpindah..

    Yang mw saya tanya..
    bagaimana caranya agar ltut saya bisa sembuh total dokter ??
    apakah saya harus operasi artroskopi ?? mahalkah dok kalo saya harus operasi??
    tolong penjelasannya secara rinci ya dokter.. terima kasih selamat sore..

    • muki partono says:

      Anda mengalami cedera bantalan sdh hrs artroskopi krn sdh ada bunyi dan seperti bergeser, jgn dibiarkan nanti bisa melukai tulang rawannya, biaya artroskopikisaran 17-19 jtan utk klas3

  13. agus says:

    dok 1 thun lalu saya maen vollyy,, waktu loncat tsaya alah turun,, dn lutut saya bunyi kayak adayg patah gtu,tp untk srng uda gag sakit,, namun kalau ditekuk bunyi klek gtu.. kira2 knpa ya??

    • muki partono says:

      Anda mengalami cedera bantalan lutut, dan kelihatannya cukup serius perlu tindakan artroskopi lutut agar bisa kembali bermain

  14. Ester says:

    Dok, 1 tahun lalu saya jatuh terpeleset. lutut kiri bengkak dan dibawa ke tukang urut saja. Sekarang sudah bisa berjalan dengan baik cuma tidak bisa dipakai untuk lari (treadmill) atau menggangkat kaki dengan beban. lutut saat ditekuk/lurus memang terasa ikatan lutut tidak kencang/bergerak kekiri&kanan ototnya. bulan lalu saya ke dokter di rontgen dan hasilnya tempurung lutut geser krn ligamen otot sobek. dianjurkan untuk fisio terapi ultrasound seminggu 2x selama 2bulan. Ke dokter lain katanya harus di artroskopi lutut. Saya ingin tanya, apakah dengan fisioterapi saja bisa sembuh ligamen yg sobek atau memang harus di artroskopi? Thanks.

  15. yogi says:

    dok,saya saya mau Tanya,lutut saya kalau kebentur dikit aja suka cedera..itu kenapa yah? apa ligamen nya udah robek?pengobatan alternatif selain operasi apa?

    • muki partono says:

      Sebaiknya diperiksakan apakah memang ada ketidakstabilan ata ada cedera bantalan lutut, sementara lakukan penguatan otot quadriceps

  16. dila says:

    dok saya mau tanya,lutut kiri saya bengkak, saya pernah periksa ke dokter tulang,kata dokter terjadi pelunakan tulang rawan, saya tanya ke dokternya, apakah saya terkena OA..kata dokternya bukan, saya hanya di beri obat nyeri, osteforte dan d suruh olahraga teratur,.. hasilnya baik dok, tp bengkaknya masih ada walaupun sudah enakan, krn merasa baikan saya hentikan minum osteforte, lalu kmrn saya jalan sehat sejauh 1km lebih.. 3 hari kemudian lutut saya bengkak lagi,dan nyeri.. lalu saya lanjutkan minum suplemen tulang.saya jg mengompres lulut sya dgn air hangat, tp bengkaknya tdk berkurang dan masih nyeri kadang”… sebenarnya saya sakit apa dok? dan seharusnya saya harus bagaimana? solusinya dok.. trims..

  17. herman says:

    Salam hormat dok,
    Saya seorang laki2 berumur 39 thn, tinggal di kota samarinda, pekerjaan mekanik dan suka olahraga bulutangkis. sudah 1 th belakangan ini mengalami nyeri pada kedua lutut saya, pada saat posisi jongkok ke posisi berdiri. Sudah pernah ke dokter spesialis penyakit dalam, dokter umum mereka menfonis saya asam urat dan rematik. Tidak ada perubahan saya kedokter spesialis tulang dan meminta saya untuk foto rongen, dokter tersebut memvonis saya mengalami pengapuran . Sekian lama berobat tidak ada perubahan,saya coba ke kota lain ke dokter spesialis tulang juga dia mengatakan bahwa saya mengalami cidera pada bantalan sendi.Saya diminta untuk melakukan MRI dan dokter tsbt mengatakan kemungkinan penyembuhannya harus dengan operasi.
    Pertanyaan saya apakah MRI yg dilakukan di rumah sakit dikota saya hasilnya akan sama dengan MRI dikota lain (Jakarta). Rumah sakit mana yang terbaik untuk kasus saya ini yang ada di indonesia?, perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk operasi tsbt brp?
    Trimakasih dok atas bantuannya.

    • muki partono says:

      Pak MRI hanyalah alat bantu sebenanya kalau dari cerita bapak analisa kami berdasarkan pengalaman menangani kasus cedera olah raga, ialah sebaiknya bapak dilakukan Tindakan ARTROsKOPI lutut, krn sd tdk beekurang keluhannya dgn pengobatan yg diberikan sebelumnya, kisaran biaya tergantung RS yg bapak pilih dan tergantung kelas perawatan yg bapak pilih, sebagai bahan pertimbangan bapak kisaran tindakan ARTROSKOPI 18-19 jtan perawatan klas 3 , kalau apak pilih klas yg lbh tinggi akan lbh mahal

  18. Ronald says:

    Salam bahagia dok.

    Saya pria 30 tahun, beberapa minggu ini saya sedang bersemangat untuk olahraga Lari/Jogging. Saya baru berolah raga kembali setelah vakum selama 6 bulan akibat kesibukan,saya Lari sekitar 5 kali dalam seminggu dan sudah jalan 3minggu. saya berencana mengikuti turnamen lari 10K. saya juga merupakan atlet basket semasa SMU dan kuliah.

    Yang saya rasakan beberapa hari ini tidak seperti biasa2nya lutut kanan saya mulai ngilu, mula-mula rasa nyerinya tidak seberapa untuk berlari sekitar 2 -5 KM masih sanggup, namun untuk beberapa hari ini rasa ngilu dilutut kanan saya ketika berlari sudah sangat mengganggu dan apa bila berhenti lari saya berjalan seperti terpincang2. rasa nyerinya bukan pada tempurung dan tendon atas bawahnya, tetapi pada sisi kiri (bagian ke dalam) tulang kering atas di sekitar engsel samping lutut. namun tidak ada pembengkakan, hanya apabila saya urut agak sedikit ngilu. dalam aktifitas normal sehari2 nyerinya nyaris tk terasa, nyerinya datang apabila berlari saja.

    Yang saya tanyakan tindakan apa yg harus saya lakukan agar dapat berlari normal kembali?
    Apakah ini termasuk pengapuran?
    dan bisakah nyeri ini disembuhkan hanya dengan beristirahat dan minum vit tulang spt L*giron, berapa lama?

    Terimakasih atas perhatiannya Dokter.

    • muki partono says:

      Kami curiga anda mengalami cedera bantalan lutut, sebaiknya diperiksa ke dokter tulang, jd obat2!anyg anda sebut di atas tdk perlu dikonsumsi dulu.

  19. Vie says:

    Thanks utk web nya yg informatif.. top banget Dok…
    Saya mau tanya juga nih Dok, lutut saya sudah 1 bulan sakit, awalnya nyeri bersamaan sesudah menyetir mobil tman yang posisi setelan duduknya kurang pas sehingga lutut kanan saya terasa pegal..
    tapi setelah berhari2 nyeri nya tidak hilang dan terdengar bunyi crack pada tempurung saat digerakan.. lama kelamaan, makin nyeri saat hendak ditekuk maupun diluruskan, terutama saat turun tangga… sudah 1 bulan lebih dan mulai khawatir jdnya..
    kenapa dengan lutut saya ya dok? sebelumnya tidak pernah jatoh maupun terbentur apapun…

    apakah ada hubungan nya dengan posisi duduk saya yang selalu bersila saat bekerja di rumah dengan meja pendek? yang pasti nyeri skrg sangat mengganggu aktivitas saya…
    mohon infonya ya … thanks a lot Dokter…

    • muki partono says:

      Ya benar pekerjaan anda membuat nyeri lutut dan cedera, tdk usah harus jatuh dulu, sebaiknya periksakan ke dokter tulang

  20. Vie says:

    Thanks reply nya dok..
    juga setelah mengikuti tips RICE nya, diangkat dan di kompres, terasa lebih baikan.. meski masih sakit tiap turun tangga saja…

    pertanyaan saya, apakah periksa ke dokter tulang akan harus dirontgen dan jika iya, apakah biasanya biaya rontgen dan konsultasi nya bisa di tanggung asuransi ya?
    o ya apakah jadwal praktek dr muki masih sama seperti yg di sebutkan di web ini? saya tinggal di serpong dan sepertinya praktek dr muki yg paling dekat di rs puri indah ya?
    thanks…

  21. tri stiyanto says:

    lutut kki kanan saya pernah cidera ketika tennis, setelah 3 bln sembuh, kemudian cedera lagi ketika sepak bola salah posisi juga ketika tumpuan. setelahnya gampang cidera. 2 minggu lalu sya tidak melakukan aktivitas olah raga hanya salah posisi waktu jongkok mau makan lesehan..sampai sekarang masih sakit kalau berjalan, bengkak sudah tidak ada. kira2 kenapa ya dok, apa juga perlu artroskopi itu, kalau artroskopi minta rekomendasi dr siapa agar bisa di cover perusahaan, soalnya mahal sekali 18-19 jt. Makasih dok, salam saya, tri (40 th)

    • muki partono says:

      Sebaiknya dilakukan artroskopi, kami banyak pengalaman menangani kasus ini , pemain- pemain bola nasional pernah kami tangani spt FIRMAN UTINA, YONGKI, HAMKA HAMZAH,termasuk mantan pelatih timnas dulu WOLFGANG PIKAL adalah mantan pasien kami

  22. taufik says:

    yth doktr saya kclakaan 2fbruari taun kmrin,,
    yang ptah pada lutut,kata doktr ligamn nya kmungkinN besar rusak, smpai skrng saya cuma bisa dduk itu jg blm tegak d tmpt tdr,dan lutut saya mengluarkan cairn kta doktr infeksi, dan rencnanya copot pen, yg saya mu tanya, klo kerusakan ligamen akibatnya apa, dan bisa menekuk kembali ga klo di oprasi antroscopy,menurt doktr yg nangani saya bilang kmungkinan besar tidak akn bisa nekuk soalnya celah lutut menyempit akibat patahan, menurut doktr baagaimana,, trimalasih dok,,

    • muki partono says:

      pada kasus anda yg penting atasi infeksi dulu, dan kalau tulang sdh menyambung segera pennya dilepas, kemudian baru kita pikirkan cedera ligamen, masalah menekuk tdk berhubungan langsung dengan cedera ligament , mungkin pada kasus anda berhubungan dengan patahnya

  23. muki partono says:

    sebaiknya kami periksa, kalau bunyi disertai nyeri hrs waspada pada cedera bantalan lutut

  24. taufik says:

    iya dok selasa sekarang rencana copot pen , krna mungkin karna ada fen jd infeksi,soalnya luka terbuka,,kata dokternya,
    emang bner dok, kata doktr yg nangani saya kmungkinan besar ga akn bisa nekuk karna, patahnya dok,, klo di tekukin dikit jg sakitnya bukan main,,apakah klo bantalan lutut rusak gakan bisa nekuk dok, apa yg harus di lakukan supaya bisa nekuk seprti semula dok,,trimakasih banyak atas sarannya dok

  25. taufik says:

    iya dok selasa sekarng rencana copot pen,kata doktrnya kmungkinan dari pen,,
    semoga dah d copot tidk infksi lgi,
    trus dok klo bantalan yg rusak gkn bisa nekuk lg dok, dan apa bisa di benrn, oprasi supaya bisa nekuk lagi,atw fisioterapi dok, kata doktrnya jg, kmungkinan besar gkn bisa nekuk karna patahnya, n celah lutut sempit dok, emng klo di tekukin skit bgt wlpn sedikit dok,trimakasih jawabanya dok

  26. agnes says:

    Umur saya 46 thn.Nopember 2011 saya jatuh dari motor dan ada luka memar sangat kecil. Setelah 1 minggu lutut saya bengkak dan sudah konsultasi Dr umum dan disedot sdh 7 x. Lutut saya sdh dirontgen dan hasilnya tulangnya bergerser sedikit dan sendinya ada rusak kecil Setelah 2 bulan lutut saya berangsur sembuh tapi bulan ketiganya lutut saya kambuh lagi tapi tidak ada cairan lagi didalamnya jd tidak bisa disedot.
    Apakah ada efek bila sering disedot Dok ?
    Apa ada efek 2 bulan sejak itu saya minum redoxon kalsium ?
    Apa boleh bila dilakukan pengurutan ?
    Apa sebaiknya yg saya lakukan agar lutut saya tidak kambuh lagi Dok ?

    Terima kasih.

    • muki partono says:

      Kami rasa lutut anda masig bermasalah , cairan yg berlebihan itu tanda bahwa ada masalah pada lutut, sebaiknya periksakan ke dokter dan mungkin anda perli artroskopi lutut

  27. Astaria Shaine says:

    Dok critanya mula gini lutut terbentur keramik yg miring ketika hari hujan terpeleset lalu saya uda ke 1.TUKANG URUT lalu dia bilang ada retak krn dia liat hasil rontgen dan gak ada keseleo mnurutnya..2.lalu saya berobat ke dokter spesialis berobat jalan udah rontgen dan mnurut rontgen ada yg retak di tulang patela tp tdk disebutkan jaringan lutut yg lain spt rawan sendi,bantalan dan ligamen krn posisi jatuh saya 2bulan lalu itu membentur lantai keramik lutut saya itu..terus kan di gips skitaran 1bulan setengah,saya diem aja sampe kaki kecil dan lemes gak bs jalan normal hanya nge-sot pelan2 gitu,kalo di luruskan berdiri spt kaki yg sehat gak bs..maunya nongol aja tuh kaki ke depan dan akhirnya udah lepas gips disuruh belajar 30derajat,saya bisa 30 tp stlh bbrp hari kerja naik turun tanggA yg kecil2 dikantor saya jadi sakit lagi nyut2an lututnya dan gak bs nekuk 30lagi..Apa ada kena sendi/kapsul/ rawan sendi/bantalan ligamen…thanks for infonya:)

    • muki partono says:

      Sebaiknyankami periksa kembali apakah tak bisa menekuknya akibat kaku atau ada sebab lain, anda butuh MRI dan harga MRI kuran lbh hampir sama di semua RS

  28. Zul says:

    Pak dokter Muki yg budiman
    sedikit flashback sekitar 2 thn lalu sy terkena cedera lutut kiri krn main bola, wkt itu lutut sy twisted/terpuntir-terdengar seperti tulang patah 4x : krak-krak-krak-krak… tp Alhamdulillah sampe saat ini sy masih bisa rutin maen bola/futsal walaupun tidak “selincah” dulu & intensitasnya jauh berkurang… tp ya begitu dok, cedera lutut ini jg rutin kambuhnya, lutut sy sperti tdk stabil & terasa “padat”, kalo sdh kena biasanya sekitar 2 minggu kemudian sy baru bisa kembali main futsal lg… saat ini usia sy 29 thn dok, pertanyaan sy : jenis cedera lutut sy ini apa & bagaimana penanganannya,apakah harus MRI dulu atau lgs artroskopi saja atau ada tindakan sejenis lainnya…. Terimakasih pak Dokter Muki. Zul

    • muki partono says:

      Pak zil gejala nya sdh khas anda menderita cedera bantalan lutut dan ligament, kala ma MRI duli boleh ata langsung d artroskopi saja, krn artroskopi juga bisa diagnosis psti

  29. desi says:

    Pak dokter Muki, ibu saya (63 tahun, kondisi tubuh overweight)seminggu yg lalu jatuh dgn posisi bersimpuh dan ada bunyi krak sekali, tapi ibu saya bisa bangun dan lututnya tidak terasa nyeri hanya terlihat lebam di area lutut kirinya. Sehari kemudian pandangan mata kiri ibu saya seperti berkabut dan 5 hari kemudian ibu saya merasakan nyeri dibagian dalam tubuh sekitar pinggang sebelah kiri seperti ditusuk-tusuk, katanya. Pertanyaan saya, apakah semuanya itu akibat dari jatuh itu? sebaiknya ibu saya menemui dokter bagian apa dengan kronologis kejadian seperti yg saya jelaskan itu, dok? Atas jawaban dokter, saya ucapkan terima kasih. Desi

  30. Neeza says:

    Salam dokter….

    Saya Neeza, usia 27 thn. Ceritanya 2 bln yg lalu kaki saya tiba2 sakit, paling terasa di daerah lutut dan bengkak. Saya bawa ke tukang urut, trus ditanyain saya pernah jatuh atau terkilir. Saya jawab kalo baru2 ini gak ada, tapi dulu waktu saat saya msh sekolah pernah mengalami kecelakaan, jatuh dr motor, keseleo, dsb, dan memang seumur2 saya gk pernah diurut. Kata tukang urutnya sih cedera saya ini imbas dr hal2 lama tsb yg baru kerasa saat ini.
    Setelah diurut sekarang lutut saya sdh tdk sakit dan bengkaknya juga sdh hilang, tapi ada 1 hal yg blm hilang yaitu saat saya menekuk lutut atau meluruskan kaki setelah menekuk itu ada rasa urat sepeti ketarik dan sedikit berbunyi.
    Menurut dokter itu kenapa ya dok?

    Terimakasih :)

    • muki partono says:

      anda mengalami cedera pada bantalan sebaiknya dilakukan tindakan artroskopi, spy bisa kita diagnosis pasti dan langsung perbaiki

  31. Herdi says:

    Dok saya lelaki 27 tahun. Tinggi 180 berat 120. Saya mengalami cidera didengkul sebelah kanan. Ini bermula ketika saya bangun tidur pagi. Lalu ketika saya menendangkan kaki kanan saya (bermaksud stretching). Langsung terasa sakit. Jadi memang sakitnya datang tiba2. Skg lutut saya agak kaku. Dilurusin sakit. Ditekuk juga sakit. Dan agak sedikit bengkak. Namun saya merasa yg sakit ini bukan ditulang. Melainkan seperti di persendian urat2nya. Kira2 i i kenapa ya dok. Terima kasih

  32. joan says:

    dokter, saya dari dulu sering pakai sepatu hak tinggi, lalu saya di kantor jg dudukny agak bongkok krn menghadap komputer stiap harinya. 3 tahun yg lalu saya jatuh dan patah tulang di tgn kanan saya. sudah dipasang pen lalu dicabut. 2 taun yg lalu tiba2 lutut saya ngilu dan makin lama makin ngilu. untuk jalan aja saya merasa ud pegal sekali.. sekarang saya sudah memakai spatu ceper saja. namun saya ke prof reumatologi,,, saya dicek drah.. dan ANA nya positif.. saya dianjurkan cek darah yg lainny lbh mendetail di rs cipto.. smuanya negatif kcuali C 3 nya ada minus 4 > jd saya dibilang ada gejala lupus.saya ke dr darah tp blm sembuh dan tdk divonis lupus. saya ke prof lupus di malaysia dibilang saya bukan lupus… tp ada bakat kesana> saya itu rmbt suka rontok… sering pusing diblkg mata ( namun akhir2 ini jarang)… saya jg sudah ke akupuntur, sinse dll…. saya sudah menjaga agar tidak hamil dl krn sya tkt keguguran lg dan krn blm sembuh sendinya… tgn saya pernah setiap bangun jari2ny tdk bisa digerakkan slm 5 mnt… dan suka kena dingin ngilu bnngt… saya sbnrny skt apa yah dokter? saya bingung dan harus bgmn…. mohon sarannya dok…terimakasih

    • muki partono says:

      Ibu joan maaf kami tdk bisa memberi saran krn bukan bidang kami , tapi kami belajar dari pasien2 yg sdh berusaha mencari pengobatan ,sebaiknya kita jumpa utk menjelaskan nya

  33. evin says:

    dok bagaimana yah cara menyembuhkan meniskus?apa perlu fisioterapi?

    • muki partono says:

      Meniskus tdk bisa disembuhkan tanpa dilakukan sesuatu tindakan spt diratakan , dijahit,krn memang demikian adanya, kalau anda cedera dan sdh lbh 1/2 bln tdk sembuh juga artiny dia tdk menyembuh , jd perlu tindakan yg kam sebut di atas

  34. Zulkautsar says:

    Dok, saya pernah ikut pertandingan pencak silat lalu ketika bertanding saya tidak sengaja ketindihan lawan di lutut saya yg mengakibatkan sendi lutut saya berpindah.. memang sudah di urut dan letak’a kembali normal namun seperti’a saya merasa masih renggang dan sering kumat jika saya beraktifitas seperti lulut terlipat jadi harus di tekuk lalu du luruskan agar kembali normal lalu pernah membengkak lagi ketika posisi jatuhan posisi kaki saya slh sehingga musti di urut lagi,, itu gmn solusi’a dok supaya kaki saya bisa kembali normal seperti dulu lagi tanpa tulang terasa renggang????
    terima kasih tolong di jwb dok….

  35. herna says:

    jk tempururung bwh retak ,apa bs sembuh tanpa oprasi

    • muki partono says:

      Bisa hanya saja nanti ada gangguan padaproses menekuk lutut, sebaiknya kami periksa kembali kalau memang mau melakukan cara konservatif

  36. muki partono says:

    Salah satunya bisa , sebaiknya dikonsultasikan ke dokter

  37. Iwan says:

    Dok saya habis operasi ACL dan hmpir sebulan kq masih bengkak y..?
    Bagaimana cara untuk mengatasi dan mengurangi bengkaknya?
    Apakah kondisi ini berpengaruh pada pemulihannya?
    tks

    • muki partono says:

      Htsnya sih sdh berkurang, mungkinnanda kurang latihan otot2 paha, shg masih bengkak, coba latihannya hrs benar, krn keberhasilan operasi ACL, bukan semata2 tehnik operasi yg dipakai tapi rehab pwnting juga, bla salah hasilnya tetap tak maksimal

  38. raden saleh says:

    saya mengalami cidera lutut kanan saat latihan terjun,setiap saya lari trs memutar badan dgn cpt pst kambuh lgi,yang saya tnykan gmn cra nya agar cidera saya ini tdk kambuh lgi.mksh sblm nya.

    • muki partono says:

      Anda mengalami cedera bantalan lutut, sebaiknya dilakukan artroskopi, kami pernah menangani kasus yg sama seorang tentara pasukan khusus indonesia ,yg mengalam cedera spt anda , skrg sdh lulus pendidikan dan bisa terjun kembali

  39. ivan says:

    Hi Dok, RICEnya benar2 ngefek lho!! sudah kempis lututku dan sudah bisa berdiri normal lagi sekarang. Tapi masih kaku kalau buat jalan kaki, apakah aku masih perlu MRI scan? selama ini sudah beberapa kali kambuh kalau kecapekan meskipun bedrest with RICE 5days or more with no RICEsudah bisa normal kembali. Thanks for these helpful tips on your website! Barakallah!

  40. pandu rizky says:

    dok sya suka main bola. lutut saya kalo ditekuk suka bunyi tapi gk kerasa sakit.udh pernah diurut tp gk ada efeknya.pegobatan paling efektif apa dok?

    • muki partono says:

      bunyi pada lutut bisa normal bisa kondisi tdk normal sebaiknya kosultasikan ke dokter tulang utk memastikannya

  41. juni artama says:

    Pemeriksaan MRI klo di Bali ada ga dok?

  42. juni artama says:

    klo kita mau periksa dg MRI, bs langsung ato harus dengan rujukan dokter dlu?? makasi

  43. susiani says:

    selamat sore dokter, saya berusia 23 tahun, lutut kiri saya sekrang sedang bengkak, bisa diluruskan tapi tidak bisa di tekuk dengan sempurna seperti ada otot yang mengganjaln di sekitar lutut, otot disekitar lutut mengncang. sudah saya periksakan tp kata dokter itu biasa terjadi karena dulu lutut kiri anda pernah cidera. kira-kira 5 tahun yg lalu lutut saya pernah tiba-tiba terlepas tempurungnya ketika bangkit dari duduk, kemudian di urut saja kmudian membaik. kadang sakit ktk di tekuk, tp hanya berlangsung sebentar, tapi yg terrakhir ini, sudah hampir 1 bulan tp belum membaik,, kira-kira ada apa dengan lutut saya dok? terima kasih

    • muki partono says:

      kami menduga anda mengalami cedera lutut yg serius , kemungkinan bantalannya robek sebaiknya dilakukan artroskopi lutut utk memastikan sekaligus memperbaiki kelainan yg didpt

  44. sigit says:

    selamat sore dok, saya mahasiswa umur 22 tahun. saya sering bermain olahraga dari futsal, sepakbola, voly, badminton. awalnya waktu main futsal lutut kanan saya bertabrakan lalu mengalami nyeri dan sakit sekali.kemudian itu terulang terus jika bertabrakan lutut saya seperti tidak kuat menahan beban tubuh, lalu jatuh disertai bunyi yang keras dari lutut saya kemudian bengkak. yang terakhir pada saat main badminton, saya jatuh dengan sendirinya diakibatkan lutut kanan saya tidak kuat menahan, sama seperti sebelumnya lutut saya bunyi keras dan tempurung lutut bergeser. hampir 1 bulan ini lutut masih nyeri dan sekarang paha kanan saya lebih kecil dari sebelah kanan. apa yang terjadi dengan lutut saya dok? jika di obati, berapa biayanya?terimakasih…

    • muki partono says:

      anda sdh harus dilakukan tindkan artroskopi, krn cedera lutut yg serius, biasanya akibat robekan bantalan lutut, biaya kisaran 17-19 jtan perawatan klas 3

  45. agung says:

    dok saya pernah cidera lutut 6 bulan lalu,,
    lutut seperti tidak stabil, tetapi skrg sudah bisa jalan dan melakukan kegiatan seperti semula, kecuali aktivitas yg mememerlukan tempo yg tinggi, pasti lutu saya tidak stabil lagi, tindakan yg harus dilakukan untuk cidera saya ini apa ya?! apa harus dioperasi?!

    • muki partono says:

      mas Agung kalau mau olah raga lg sebaiknya dilakukan operasi , kalau tdk mau olah raga lagi tidak apa2 dibiarkan hanya saja terjadi pengapuran dini, dan saran kami kalau anda masih muda sebaiknya operasi saja, krn memperbaiki kualitas hidup

  46. agung says:

    operasi rekon ACL apa artroskopi aja nihh dok?!
    apa gk ada cara selain operasi hehhe

  47. GOZNY says:

    Salam kenal dok. Sy pria brusia 32th. Tinggi bdn 178cm & berat badan 95kg. Waktu 3 hari yg lalu, sy merasakan sakit pada satu titik persis di belakang lutut. Setelah bangun tidur esok harinya, kaki sy tidak bisa DILURUSKAN karena rasa sakit di belakang lutut. Bukannya semakin baik, sekarang malahan sakit dan kakunya sdh sampai ke lutut bagian depan sehingga kaki sy pun tidak bisa DITEKUK. Sekarang kaki saya sdh tidak bisa diluruskan dan ditekuk. Menurut analisa dokter, saya mengalami apa ? Mohon pencerahannya. Tks Dok.

    • muki partono says:

      bisa 2 kemungkinan nyeri akibat penekanan saraf pinggang yg manifestasinya pada lutut atau kelainan pada bantalan lutut bagian belakang yg menyebabkan locking sementara , saran sebaiknya periksakan ke dokter tulang , dan saran turun berat badan

  48. taufan says:

    dok saya sudah cek ke dokter ortopedi katanya ligamen lutut kiri cedera, saya sudah 3x melakukan fisioterapi dengan lutut ditempelin suara (ultra sound yah??), panas, n dialirin listrik. kira2 terapi alami apa yg bisa saya lakukan dirumah..mengingat klo terapi di RS terkendala biaya. Terima kasih.

    • muki partono says:

      cedera lutut, anda istirahatkan saja, dan lihat bila dalam jangka waktu 1 bulan tdk kunjung sembuh , sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang

  49. bagai mana dok cara mengatasi lutut yang sakit akibat cidera dan terkadang sering terdengar suara kluk !! kalau saya habis berdiri ???

    • muki partono says:

      kemungkinan anda mengalami robekan meniskus lutut sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang , dan kemungkinan anda memerlukan tindakan artroskopi

  50. ade says:

    dok saya ade umur saya 16tahun perempuan. setahun yang lalu saya mengalami kecelakaan yg membuat lutut saya bergeser. tapi pada waktu itu saya tidak d bawa ke rumah sakit. melainkan tukang patah. 3 bulan tidak ada perubahan. akhirnys orang tua saya memutuskan utk melakukan oprasi. singkat cerita kata dokter saya mengalami pergeseran tulang di sebelah kiri dan putus 3 urat. satu sudah mengecil jadi di lakukan pencangkongkan .setelah selesai oprasi saya d anjurkan utk latihan penekukkan. tapi saya tidak dapat menekukkan kaki secara sempurna. pertanyaan saya dok. masih mungkinkan kaki saya kembali sehat? apakah kaki saya bisa menekuk normal kembali? ato karna masih ada pennya di lutut saya? tolong di jelaskan dok. trims.

    • muki partono says:

      mudah2an bisa menekuk kembali coba fisioterapi yang baik dan benar secara teratur , pen tidak berpengaruh terhadapkemampuan menekuk lutut

  51. selamat siang dok, saya karyawan umur 32 tahun. saya rutin bermain futsal seminggu sekali, sekitar 10 hari yl ketika bermain sy terjatuh dengan posisi lutut kiri terpelintir/menekuk ke dalam (ke kanan), saya merasakan sakit (nyeri atau ngilu) ketika berjalan, ditekuk, ataupun diluruskan utamanya dibagian samping lutut (bagian dalam). 3 hari yg lalu sy mendatangi dokter, tanpa melakukan scan/pemotretan lutut saya langsung di-gips dan tetap membolehkan sy beraktivitas normal di kantor. Apakah prosedur tersebut sudah tepat untuk saya. Mohon pendapat dan saran dari Dokter. Terima kasih

  52. ade says:

    ok dok. satu pertanyaan lagi. apakah ada larangan makanan yg saya harus hindarkan selama pemakaian pen? apa akibatnya kalau saya melanggar larangan makannya?

  53. fauzy says:

    slamat sore dok. saya karyawan usia 27th.1th lalu say terjatuh saat bermain futsal saat berlari cepat saat itu lutut tdk bs menahan agar tdk terjatuh tetapi lutut saya terasa lemah akhir nya saya terjatuh,saat terjatuh lutut trbentur sehari kejadian lutut nyeri tetapi msh bs untuk brjalan sampai 3bln dan perradangan sendi. di sedot cairan lutut sampai 20cc lutut tdk bisa di tekuk diberi obat nonflamin,antibiotik 625mm,prednisone, stlah 1th sy kecelakaan di motor yg mengakibatkan tulang clavicula fraktur tertutup dan lutut terbentur keras tetepi sdh di operasi psng pen tetapi lutut swaktu terbentur keras awal nya hanya luka lecet saja tetapi stelah 1 bulan berakibat peradangan kembali dan nyeri sekali saat bangun pada posisi jongkok saat buang air besar kaku saat bgun tidur skitar 60 menit lbih.sy konsultasi dngn dokter ortho kata nya ada indikasi kerusakan acl ligament ada yg robek atau ptus disarankan MRI .yg ingin saya tanyakan
    1. apakah stelah pemeriksaan MRI terbukti positif ligament sobek ,putus dan di biarkan cukup lama untuk menunnda tindakan skitar 2 blan bisa berakibat buruk untk lutut saya.
    2.apakah stelah saya lakukan tindakan operasi lutut saya bisa kembali normal untuk aktifitas berat sperti bermain futsal kembali dan brapa lama pemulihan total nya??
    3.brp kira2 biaya tindakan antrhoscopy di jakarta.

    • muki partono says:

      Menunda 2 bulan tdk apa, operasi adalah upaya agar anda bisa aktif kembali, masa pemulihan tergantung apa yg mengalami cedera , kalau meniskus butu 11/2 bln kalau acl perlu 6 bulan dan lainnya, kisaran biaya sekitar 20 jtan klas 3 hanya 1 hari rawat

  54. retno ayu says:

    dok,ibu saya berumur 62th,beliau mengalami pengapuran di lutut dan harus disuntik 6x kata dokter spesialis ortopedi,nah baru suntikan pertama,2hr kemudian ibuku jatuh saat naik tangga tp cma luka memar bsknya ibuku kakinya terperosok ke got.setelah dibawa kedokter dan dirongsen ternyata bantalan lututnya geser dan lututnya gak bisa digerakin nyeri katanya..di fdokter dikasih obat lewat infus dan obat lewat dubur tp ternyata masih sakit..gmana yah dok baiknya penangannya

    • muki partono says:

      ibu anda kalau memang bergeser , sebaiknya diperbaiki mungkin perlu direposisi dalam pembiusan atau lainnya, saran sebaiknya kirimkan foto via email spy solusinya lbh baik

  55. vonnyche says:

    Dok, mau minta informasi. Seminggu yg lalu saya habis menjakani atrhoscopy untuk lutut kanan saya karena meniscus yang sudah 4 bulanan saya derita, pasca operasi, lutut kanannya tinggal menunggu pemulihan saja, untuk berjalan dan digerakkan juga sudah enak, namun justru lutut kiri saya yg gantian membengkak berisi cairan lagi pasca operasi. Ini penyebabnya ap ya dok, karena saya jadi kesulitan latihan berjalan karena lutut kirinya gantian yg berat untuk digerakkan. Hanya ada perbedaan antara bengkak lutut kanan yg dlu akibat meniscus itu,saat lutut kanan dipegang itu panas, klo yg lutut kiri skrg tidak panas. Mohon informasinya dok.. trima kasih.

    JAWAB : BENGKAK PADA LUTUT YG TDK DIOPERASI BISA AKIBAT BEBAN YG BERLEBIHAN SHG TUBUH MENGHASILKAN CAIRAN BERLEBIHAN ATAU MEMANG ADA RADANG SENDI PADA LUTUT TSB , SARAN KOMPRES ES SEKALIGUS MINTA LATIHAN FISIOTERAPI UTK LUTUT YG TDK DIOPERASI

  56. iwan says:

    DOk, saya ada pertanyaan
    Umur saya 16 tahun

    -Lutut kanan saya klo Naik tangga berbunyi Tek,tek,tek, padahal umur saya masih muda dok. apakah itu berbahaya, lutut kanan saya juga terasa melemah? saya takut terjadi apa” dok karena saya bermain sepakbola

    -Saya sangat Hobi olahraga sepakbola dari kecil, saya emang sempat vakum 1thn stngah gk main sepakbola akibat patah tulang tangan pas usia 15 thun skrg dah 16 ,baru 4 bulan kemarin saya mulai latihan sepakbola lg dok.

    saya ingin lutut saya sembuh dok gak ada keluhan / bunyi-bunyi lagi krn saya ingin bermain spakbola dgn lancar lgi.
    tolong info / sarannya dok , atw ada obat/Vitamin yg bisa saya minum agar sembuh dok? trima kasih.

    • muki partono says:

      bantu dgn olah ragag sepeda statis dan konsumsi glukosamin nanti lihat efeknya selama 1 bulan pengobatan

  57. tika says:

    Saya mau tanya dok,
    Usia saya 21th
    Enam bln lalu saya terjatuh di kolam yg mengakibatkan sendi lutu bag dalam nyeri sekali, hanya saya br es diselang seling dgn balsem, 2 minggu nyeri hilang.
    Tp stlh itu, jk utk olhrg atau menumpu benda brt d lutut pasti nyeri di tempat yg sama kambuh lg, yg terakhir ini nyeri tdk hlg slm 2 minggu, dan tmbh nyeri jika lutut ditekuk ke belakang dan rotasi ke dalam. Dari yg saya baca, ada hbgn dgn cidera ligamen dan atau meniskus. Apakah berbahaya dok? Dan ini sudah 6bln berlalu, apakah ada komplikasinya? Trm ksh.

    • muki partono says:

      analaisa anda sdh tepat , anda benar kemungkinan anda menderita cedera bantalan ltutu atau ligament sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang, kalau domisili di jakarta bisa hubungi kami di tempat praktek kami sesuai pada web

  58. tika says:

    Selamat siang dok,
    Saya mau tanya, usia saya 21th.
    Februari lalu saya terjatuh ke kolam, karena ternyata dalam lutut saya tidak siap shg kaget dan akhirnya nyeri sekali di lutut bag medial, nyeri baru hlg setelah 2minggu. Setelah itu, setiap olahraga, kaki saya nyeri di tempat yg sama. Saat ini nyerinya kumat lagi sudah 2minggu, dan akhir” ini nyeri terasa tajam ketika kaki ditekuk ke belakang atau rotasi ke dalam. Kira-kira bahaya tidak ya dok? Apakah perlu pemeriksaan penunjang? terima kasih

  59. lieke says:

    Dok? anak saya 13 thn terjatuh disekolah kemarin sore… beberapa saran saudara untuk langsung diurut tp, sy tidak berana ambil resiko < lututnya membentur lantai keras… luturnya bengkak.. dan sakit untuk berjalan..
    Apakah baiknya saya ke dokter saja? apakah berbahaya dok?
    terima kasih…

    • muki partono says:

      pastikan dengan foto rontgen kalau lutut anak ibu tak apa2 , sementara kompres dingin jangan diurut 3 x 24 jam

  60. andri says:

    Saya umur 26 tahun, cedera engkel sudah 6 tahun sekarang masih terasa nyeri habis aktifita, di rongsen tulang engkel tidak apa2, apa yang harus saya lakukan dok, misalnya di arthroscopy bisa ga pak dokter muki??? Maksih sebelumnya—-

  61. Awfa Munawwar says:

    saya umur 23 tahun, 8 bulan yang lalu terjadi benturan dengan teman saya ketika bermain futsal, sehingga lutut kiri saya ketika itu berderak dan sakit, keesokan harinya terjadi pembekakan di areal lutut tersebut. Kemudian saya menjalani berbagai terapi tradisional, namun sampai saat ini belum bisa di kategorikan sembuh sebab senantiasa berderak ketika salah melangkah n melipat kaki,, bahkan terjadi pengecilan kaki sebelah kiri. Apa yang mesti saya lakukan pak? terima kasih sebelumnya

    • Muki Partono says:

      kalau sdh terjadi pengecilan otot itu suatu tanda bahwa sebenarnya problem di lutut anda belum selesai, sebaiknya dilakukan tindakan artroskopi lutut utk memastikan bunyi berderak dan sekaligus mengatasinya

  62. edwin says:

    saya karyawan umur 40, saya baru sebulan rutin olahraga, kombinasi lari dan jln cepat dengan intensitas seminggu 4-5 kali, setiap kali hanya kurang lebih 1 jam, terakhir saya lakukan 7 hari berturut-turut,hari ke 8 saya berhenti dan mulai merasa sakit pada lutut kiri di bawah tempurung agak kekiri katanya itu cedera tendon, sudah 6 hari nyerinya belum hilang, nyeri terasa saat melangkah atau naik/turun tangga, apakah sebenarnya cedera saya ini dok. saya baru ke dokter penyakit dalam dan baru diberi obat penghilang rasa sakit. trims.

    • Muki Partono says:

      yang pasti anda mengalami cedera olah raga ,akibat overuse,istirahatkan dulu sampai 3 minggu ganti lari dengan bersepeda dulu saja , nanti kita evaluasi kembali

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome