cara penyembuhan patah tulang belakang pada orang tua yang berumur 65 tahun?

January 22, 2010 Dr Menjawab 81 Comments

bila patahnya baru kita bisa lakukan VERTEBROPLASTY yaitu memasukkan sement pada bagian tulang yg patah, bila sdh lama patahnya cukup dilakukan pemakaian brace,

About author:

81 Responses to “cara penyembuhan patah tulang belakang pada orang tua yang berumur 65 tahun?”

  1. Lelana Samastha says:

    dok, saya mau tanya.. saya pernah mengalami kecelakaan motor dan saya mengalami patah tulang belakang dan tangan kiri.. nah itu pada bagian tulang belakang saya dberi platina 2.. lalu yg mau saya tanyakan kira2 apa saya bisa sembuh dan berjalan lg jika platina tersebut dlepas??? saya sudah hampir 2 tahun blm bisa jalan lg dok.. 1 kepal d atas pusar sampai ujung kaki blm bisa merasakan apa2 lg walupun dcubit (mati rasa).. kira2 berapa % perkiraan kesembuhan saya dok?? thankks..

    • muki partono says:

      kesembuhan saraf itu butuh waktu 1mm/hr jd bila kelainannya kira2 dipinggang , kalau diukur dr ujung kaki kira2 120 cm artinya 1200 hari jadi 4 tahun , bila sampai 4 tahun tetap seperti kondisi saat ini kemungkinan kesembuhan kecil

    • nia happines says:

      Dok, saya mau tanya kalo org yg sudah patah tulang blkangnya bsa pulih seperti semula? patanya sudah lumayan lama sih Dok,,,terus bagaimana dong dok?

      • muki partono says:

        Patah tulang. Belakang selama tdk menekan saraf, tdk akan bermasalah di kemudian hari , hanya saja mungkin bila patahnya tdk stabil akan membuat keluhan sering nyeri pinggng pada daerah yg patah, untuk tah itu semua sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang, agar penanganannya lbh baik

  2. Harta Mulya says:

    Saya pernah mengalami kecelakaan yg mengakiatkan tulang belakang saya patah …

    sudah setahun ini saya tidak bisa berjalan, dan satu kepal dari pusar sampe ujung kaki hanya isa merasakan sedikit, namun sedikit2 kaki saya sudah dpt bergerak,,

    yg mau saya tanyakan, apakah saya bisa berjalan lagi, kalo saya bisa berjalan lagi kira” dalam wktu yg berapa lama agar saya bisa berjalan seperti semula….

    terima kasih Dok …

    • muki partono says:

      anda sdh mengalami kelumpuhan akibat patah tlg belakang sebaiknya dilakukan tindakan utk melonggarkan sarafnya, mudah2 masih bisa kembali

  3. Eghe Fauzi says:

    Dok, ibu saya diatas 65th. Hasil rontgent tulang belakang patah, lutut bergeser. Bagaimana cara penyembuhan selain operasi?

    • muki partono says:

      bed rest total di tempat tidur dengan alas keras selama 1 1/2 bulan , dan konsumsi makanan yg banyak mengandung kalsium, baca artikel tentang OSTEOPOROSIS pada web

  4. siregar says:

    Saya sudah berumur 43 tahun baru mengalami kecelakaan 8 bulan yang lalu yg mengakibatkan tulang belakang saya patah dan pada bagian tulang belakang saya dberi platina.

    Saya sudah bisa berjalan tetapi tidak bisa normal, kaki masih kaku dan terasa lemah kalau berjalan jauh dan juga masih terasa nyeri dari punggung sebelah bawah sampai jari kedua kaki saya.

    Yang mau saya tanyakan apakah saya masih bisa berjalan normal lagi dan hilang seluruh rasa nyerinya, apa ada pengaruh platina yang masih terpasang di punggung saya dengan kaki saya terasa nyeri.

    Mohon bantuan pengobatan/terapi apa yang cocok untuk saya agar saya bisa berjalan normal lagi dan hilang seluruh rasa nyeri.

    Terima kasih Dok

    • muki partono says:

      kalau berbicara perbaikan saraf butuh waktu yang lama, sebebanrnya yg bisa memberi jawaban pertanyaan anda adalah dokter yg melakukan operasi karena dia tahu persisi kondisi saraft anda saat di lakukan operasi, berdasarkan pengalaman memang apabila sebelum operasi sdh ada kelainan saraf , perbaikan agak sulit diprediksi walaupun saat operasi sarafnya utuh.Sabar dan terus latihan saja

  5. restu says:

    Dok,mohon info.saat ini mama saya sdg perawatan krn kompresi tlg blkg(thorax11).usia ibu sy 60 tahun.disarankan untuk vesselplasty.adakah terapi lain dok?mengingat ibu sy punya DM sehingga tingkat penyembuhan akan lebih lama?

    • muki partono says:

      vesselplasty adalah minimal invasif, jd tak ada hubungan dengan DM, kalau memang perlu lakukan , kalau tdk kita bisa lakukan konservatif, jd berbaring saja di tempat tidur sampai 1 1/2 bln dan konsumsi kalsium dan vitamin D3, setelah 1 1/2 bulan baru coba berdiri

  6. marwan mardana says:

    dok. sy pernah jatuh dan membuat tulang belakang saya keluar dari sendinya. skarang sy sering meranya nyeri pada tulang belakang say. sudah hampir 10 tahun sy mengalami kecelakaan. sy kwatir di usia senja say akan mengalami kondisi membungkuk karana tulang belakang yg lepas dari sendinya. dimana sy bisa berobat n apakah tulang say bisa dikembalikan pada sendinya semula dok. mohon bantuannya. teri
    makasih atas pnjelasannya. o yah umur saya 41 thn.

    • muki partono says:

      sebaiknya kami periksa lbh dulu, anda bisa lihat dari jadwal praktek kami, mungkin kami perlu foto rontgen utk mencari tahu penyebabnya

  7. tony says:

    Doc saya mengalami kecelakaan retak nya tulang belakang di bagian Cerivical 5 dan 6. Saya tidak bisa menggerakkan kedua tangan jari2 saya, kedua kaki saya dan juga mati rasa Doc. Sudah hampir 3tahun ini saya tidak bisa berjalan Doc.
    umur saya sekarang 18tahun Doc.

    Yang ingin saya tanyakan apakah ada cara/obat untuk penyakit saya ini Doc, dan apakah saya bisa berjalan lagi, kalo saya bisa berjalan lagi kira” dalam waktu yang berapa lama agar saya bisa berjalan seperti semula….

    terima kasih atas info nya Doc…

    • muki partono says:

      masalah anda agak sulit, kemungkinan kelumpuhannya sdh permanen krn sdh lbh 3 tahun , sebaiknya pikirkan utk mobilisasi pakai alat bantu kursi roda listrik

  8. Hery santoso says:

    Pak bagaimana solusi bagi ibu saya yang berumur 57 th yang mengalami patah tulang belakang?

    • muki partono says:

      pengobatan patah tulang belakang selama tdk ada kelumpuhan saraf bisa diobati dgn konservatif , bed rest pakai korset dan suplement kasium dan vit D3 nanti setelah 3-6 bulan akan pulih kembali

  9. dwi susanto says:

    saya umur 29 tahun,saya kecelakaan di tempat kerja dan patah tulang belakang,sekarang sudah 3 tahun sy sudah mulai bisa berjalan,meski jari kaki blm ada yang bs bergerak,yang saya mau tanyakan ma dokter alat kelamin saya memang sudah bisa berdiri ,air maninya pun bisa keluwar apa alat kelamin saya bs sembuh kembali seperti dulu trimakasih ,,,,?

  10. tuty says:

    Dok, saya mau tanya, ayah saya umur 72 tahun dan mengalami kecelakaan 2 bulan yang lalu sehingga menyebabkan tulang belakang retak dan mengalami penyempitan tulang belakang. sampai saat ini belum bisa berjalan, susah menggerakkan tangan dan buang air kecil tidak terasa. apakah masih bisa disembuhkan dok & masih bisa pulih kembali? terima kasih

    • muki partono says:

      Sebaiknya dilakukan MRI lumbal utk mengetahui seberapa hebat penekanannya, dan sebaiknya dilakukan tindakan op utk melonggarkan sarafnya

  11. fitri says:

    minggu kemarin paman saya mengalami kecelAkaan, patah kedua tulang kakinya dan tulang belakang geser agak jauh dan ada syaraf yang terjepit. apakah paman saya akan mengalami lumpuh permanen dok?dan apakah paman saya bisa disembuhkan??mohon sedikit penjelasannya.terimakasih

    • muki partono says:

      Kala tulang belakan bergeser dan menyebabkan lumpuh bisa pekrmanen atau tdktergantung pemeriksaan klinis , biasanya sih permanen krn untk membuat tlg belakang bergeer arinya traumanya cukup hebat

  12. dino says:

    ayah saya meangalami kecelakaan tadi pagi. tidak bisa berjalan.apakah terjadi keretakan atau patah tulang belakangnya atau gimana.mohon bantuannya

  13. Jemmy says:

    Dok, kemarin ibu sy ( 60 thn ) terjatuh dg posisi terduduk menyamping dan stlh di rontgen maka terlihat tulang sekitar paha atas ada patah.., jadi solusi terbaik untuk ibi sy bgm Dok?

  14. lily says:

    3 hr yl kaki saya menabrak dinding stelah dironsen di rs, jari kaki bag tengah patah tetapi tidak bergeser, oleh dokter jari kaki saya dipasang papan dan dispell serta diberi pereda nyeri dan elkana. Apakah tindakan tersebut sudah cukup dokter ? tidak perlu di gips? berapa lama spell harus terpasang di kaki ?
    Terimakasih dokter

  15. niawati says:

    dokk..nie suami saya ada singsal tulang belakangx…tp dia masih tetep bisa berjalan…hanya saja kalo dia kecapean dia ngerasa nyeri mdi paha n betisx….p to gak berakibat fatal buat di kemudian hari?p obatx n cara emngatasix dok???????

    • muki partono says:

      Suami anda sptnya mengalami penekanan saraf pinggang, sebaiknya diperiksakan utk memastikan kelainan tsb, jgn dbiarkan krn lambat laun bisa terjadi kelemahan pada kaki yg mengalami keluhan

  16. yasin says:

    dok saya pernah kecelakaan 2 tahun lalu cincin pada tulang belakang saya remuk kemudian saya memutuskan untuk operasi pemasangan pen, tetapi 6 bulan setelah operasi tulang belakang saya menonjol keluar..
    apa penyebabnya itu dok??? tolong di jawab

    • muki partono says:

      Banyak sebab, bisa pen yg menonjol, atau perubahan bentuk tulangnya , atau sebab lain sebaiknya kami periksa

  17. dian says:

    dok saya mengalami patah tulang belakang dan sudah 12thn.keadaan kaki masih terasa normal seperti sebelum patah alias tidak mati rasa.dan jari jempol nya sedikit-sedikit bisa digerakan.

    saya mau tanya kemungkinan saya sembuh walu pun tak normal berapa dok.latihan dan obat apa yang harus saya konsumsi.saya bisa berjalan tapi pakai tongkat

    • muki partono says:

      kalau melihat 12 tahun keluhan anda mudah2an masih ada kemungkinan , obat yg dianjurkan vitamin saraf

  18. dian says:

    dok apa nama lain dari vitamin saraf itu.. jika kita beli di apotik ada gak dok

  19. Ghazi says:

    Dok… saat umur 21 th sy alami kecelakaan patah tulang belakang, tapi sy masih tetap bs jln, saat sy bawa ke spesialis ortopedy sy cuman diGIF selama 6 bln, setelah itu sy tdk pernah periksa lg, karna sy sudah tdk merasa sakit. anehnya tulang belakang sy sedikit demi sedikit mengalami benjolan bahkan sekarang semakin besar, dlm kurun waktu 12 th (sekarang)sy seperti orang bungkuk saat berjalan. mohon solusi dari dok….

  20. chandra says:

    saya mau tanya doc,,,saya kecelakan pada tgl 1 juni 2012 dan saya lngsung mati rasa dari dada sampai ujung kaki,,,saya patah tulang belakang dan sudah di pasang pen pada tulang belakang saya..klo untuk air seni dan BAB berjalan lancar,,cmn sampai skrg saya masih mati rasa,,apakah kemungkinan saya masih bisa berjalan normal seperti biasa???wlupn tdk bisa di gerakkan tapi kaki saya suka terasa kesemutan,,

  21. wahyudi says:

    Ass dok,ibu sya mngalami patah tulang belakang sehingga menekan syaraf,sudah dilakukan MRI dan kata dokter harus dioperasi,kira2 makan waktu berapa lama operasinya dan perawatan pasca operasi.tks Dok…

    • muki partono says:

      Operasi tulang belakang dengan pemasangan pen biasanya 5-7 hari perawatan dan rehabilitasinya yang butuh waktu ,

  22. rifky says:

    mohon bertanya dok, teman saya mengalami kecelakaan mobil, dan tulang belakangnya patah sampai menonjol, sudah hampir tiga bulan bagian tubuh dari pinggang kebawah sudah tidak berfungsi, buang air besar/kecil sudah tidak terasa, apa ada harapan sembuh kalo dioperasi dok? terima kasih.

    • muki partono says:

      Kelumpuhan kalau sdh 3 bulan , agak sukar kembali, saran sebaiknya konsultasikan ke dokter tulan utk memastikan apakah bisa kembal atau tdk

  23. sukardi says:

    Dok…adik ipar saya tertimbun tanah pada tgl 21 juli 2012 dengan posisi jongkok dan mengalami patah tulang belakang. Pada hari itu juga sudah di bawa ke ahli tulang ??? badannya di perban habis dengan kencang. Anehnya adik ipar saya ini sudah satu hari penuh tidak ?ï?? buang air kecil ataupun air besar. Apakah penyebabnya Dok ??? tindakan apa ?ª?? harus dilakukan supaya dia ?ï?? buang air kecil ataupun air besar? Mohon saran Dokter dan saya mewakili keluarga mengucapkan terima kasih banyak.

    • muki partono says:

      Kalau tdk BAB dab BAk waspadai ada cedera saraf pinggang , sebaikya berobat ke dokter tulang, jgn dibiarkan lama

  24. agin priyanto says:

    dok…saya mau bertanya, adik saya baru melaksanakan operasi tulang punggung, tepatnya d karenakan k lima tulang ekornya terpisah dari tulang punggung, nah pasca operasi adek saya tidak mau tidur terlentang dan lurus kakinya..tapi tidurnya semi miring dengan kaki selalu meringkuk, seperti orang klo tidur pada saat kedinginan. yg saya tanyakan, apakah akan mempengaruhi hasil dari opersai??dan berpa lama proses penyembuhannya??terus pantangan apa saja pasca perasi dan brapa lama harus d lakukan..trimakasih atas perhatiannya.

    • muki partono says:

      Sebaiknya dikonsultasikan ke dokter yg mengoperasi mnrt kami memang posisi tidur miring dgn kaki menekuk posisi yg nyaman sehingga mengurangi nyeri paska operasi

  25. agus says:

    dok sy mengalami kecelakaan motor dan tulang blakang sayaretak,, skarang sy mengalami kelumpuhan dari pusar sampai ujung kaki,,BAB & BAK ,, sy mengunakan dulkolak & kteter,, sdah 10thn ,,apa saya msh bisa sembuh & bisa berjalan lagi dok?,,,pengobatan apa yg perlu sy lakukan?

  26. Marlin Mona says:

    Dok,, sy br mengalami patah tulang belakang akibat jatuh 1 minggu yg lalu.. Dan bbrpa hr lalu br slse d operasi(reposisi). Yg mau sy tnyakan,, apa sy bs duduk dg menggunakan bantal sejenis donat(bolong tengah) dan utk jongkok kira2 bs atau tidak?? Soalx yg sy dgr slma 2 minggu sy hrz tdr dg posisi miring kemudian slma 2 bln tdk bs duduk. Thx b4 dok..

  27. Shahril Ikhwan says:

    Salam …doc ..saya dah tiga bulan patah tulang belakang dan dalam proses penyembuhan….adakah saya boleh melakukan aktiviti berjoging??

  28. aldi says:

    selamat pagi pak dokter,

    ayah sya mengalami patah tulang punggung penyebabnya beliau jatuh 1 tahun yg lalu dan baru merasakannya seteleh 1 tahub kemudian dan hampir selama 5 bulan masih terasa nyeri , 1 bulan belakangan beliau telah mngenakan bebat di punggung,vit,calcium dosis tinggi,dan susu berkalsium sudah diberikan utk mengurangi rasa sakitnya beliau menggunakan tramadol tabletitupun hanya digunakan saat nyeri yg tak tertahankan.saat ini beliau berusia 60 tahun,mohon saran dan petunjuk dokter utk mengatasi sakit beliau,

    terima kasih
    aldi

    • muki partono says:

      kemungkinan nyeri akibat penekanan tulang yg patah pada saraf , saran lakukan pemeriksaan MRI Lumbal utk memastikannya apakah nyeri akibat penekanan saraf atau akibat tulang yg patah yg belum menyambung

  29. Dani daeng says:

    Met pagi dr.SpOt Doc…2 stngah th yg lalu sy prnh jatuh duduk dari atas kursi bebrp x ,n baru trasa 1 th kmudian smkin hari smkin lama pinggang trasa ada beban/berat bila k dua kaki mlangkah. Menurut hasil rontgen ada tulang blkng no:2 n no:3 yg bengkok lalu ngejepit saraf ,besar kmungkinan sy dianjurkan oleh dr.SpOt pemasangan pen n segera dilakukan oprasi. Yg jadi prtanyaan sy,apakah paskah oprasi nanti kdua kaki sy normal buat brjln lgi doc…n adakah efek dari pemasangan pen itu ??

    Trma ksh atas informasi’y,Doc..

    • muki partono says:

      sebaiknya ditanyakan langsung ke dokter yg akan operasi , kalau metode kami tdk ada pasang pen di tulang belakang cukup dilonggarkan saja sarafnya spy nyerinya hilang

  30. dwi says:

    Doc saya mengalami kecelakaan retak nya tulang belakang di bagian Cerivical. Saya tidak bisa menggerakkan kedua tangan jari2 saya, kedua kaki saya,tapi saya masih bisa merasa kan kalau kaki n tangan saya dipegang. saya mndapat kan kclakaan baru2 ini sekitar 20 hari lalu.

    Yang ingin saya tanyakan apakah ada cara/obat untuk penyakit saya ini Doc, dan apakah saya bisa berjalan lagi, kalo saya bisa berjalan lagi kira” dalam waktu yang berapa lama agar saya bisa berjalan seperti semula….maaf umur saya 42 thn.

    terima kasih atas info nya Doc…

    • muki partono says:

      sebaiknya anda ditangani medis, kemungkinan anda sdh mengalami kelumpuhan , hrs dipastikan dengan pemeriksaan MRI apakah saraf anda terjepit atau sarafnya hanya memar, krn pengobatannya akan berbeda

  31. rohim says:

    selamat malam DOC.
    saya masih bingung dok, apa perbedaan lumpuh permanen dengan lumpuh yang di karenakan syaraf terjepit?.
    apa kah pasien yang lumpuh permanen sudah tidak sama sekali merasakan apa-apa pada bagian tubuh itu atau masih ada rasa yang dia rasakan..?
    apa bila kaki nya masih merasakan kesemutan, dan bila di pegang tidak merasakan tangan atau cubitan, apakah itu di sebut lumpuh permanen.?
    mohon dokter membuatkan 1 artikel tentang perbedaan lumpuh permanen dan lumpuh sementara , dan apa yang di rasakan oleh pasien tersebut, apakah mati rasa saja, atau masih ada rasa semutan di kaki nya..

    demikian pertanyaan saya dok…
    untuk petunjuk nya saya ucapkan terimakasih banyak …

    • muki partono says:

      Saran kami tampung dulu mengenai hal lumpuh permanen yg dimaksud lumpuh totak artinya sensibilitas dan motoriknya nilai 0

  32. Fitri says:

    Dok,ibu sy patah tulang punggung,baru ktauan skrg.sakitny sdh lmyn lama..dadany baru2 ni sesak,katany sh da cairan.apa itu pengaruh dr patah tulang punggung atw apa?harusny bagaimana?kira2 bs sembuh normal lg ga?tk

  33. Indra says:

    Mw tanya kira kira berapa biaya vertrebroplasty sampai selesai semua perawatan.

    JAWAB ; BIAYA VERTEBROPLASTY YG MASIH MAHAL ADALAH SEMEN YG AKAN DISUNTIKKAN TERMASUK ALATNYA, KISARAN 40 JTAN

  34. kumala says:

    dok,kakak saya baru saja mengalami kecelakaan dan tulang belakang patah.apakah itu bisa menyebabkan kelumpuhan walau telah di oprasi?

    JAWAB ; GANGGUAN SARAF PADA PATAH TULANG BELAKANG BISA KEMBALI SEMPURNA BISA TIDAK, KRN SARAF PERBAIKANNYA AGAK SULIT DAN BUTUH WAKTU LAMA, OPERASI TUJUAN UTAMA UTK STABILISASI TULANG AGAR, BISA MENYAMBUNG DAN SEKALIGUS MENGENDORKAN SARAFNYA ,TAPI KADANG PADA BEBERAPA KASUS BISA SAJA CEDERA SARAFNYA TDK KEMBALI SEMPURNA WALAUPUN SDH DILAKUKAN PEMASANGAN PEN PADA TULANGNYA

  35. ary says:

    sore dok…teman saya 20 th mengalami kecelakaan dan mengakibatkan tulang belkang ptah..dan sudah di operasi dipasangkan 2 bh pin penyangga.baru satu hari kakinya sudah bisaa di gerakkan dok walau harus dengn sedikit bntuan untuk menaikan lututny.gimna dengan peluangya bisa berjlan kmbli dn brpa lma dok??
    trma ksih

  36. Ridha says:

    Halo Dok,
    5 hari lalu saya jatuh dari asbes ketinggian 2mtr trus lgsg dibawa kerumah sakit dan dirontgen hasilnya ada retak sedikit pada tulang punggung bawah dan terasa nyeri tetapi kt dokternya tidak mengenai syarat.
    Terapi yang diberikan hanya obat. Sehari pertama nyerinya reda dan bisa duduk. Hari kedua bisa berjalan. Klo untuk buang air lancar.
    Skrg sya pake korset untuk menahan dan selalu saya oles balm analgesic dan minyak tawon.
    Berapa lama rasa nyeri bs hilang total terus apa ada efek dikemudian harinya Dok?
    Terapi apa yang harus saya lakukan untuk penyembuhannya
    Terima kasih Dok.

    • muki partono says:

      saran sebaiknya jgn banyak jalan bed rest di tempat tidur selama 1 bulan sampai tulangnya menyambung dulu baru boleh duduk dan berjalan

  37. dwi says:

    Dok, ayah sya sbulan llu oprasi fraktur tulang belakang dan smpai skrng msh blm bsa brjlan. Apakah ayah sya msh bsa pulih dok? Trima kasih

  38. Abdul Hamid says:

    dok….mau tanyakkk….Adek saya jatuh 3 tahun yang lalu dan d rongsen ternyata tulang punggung nya retak sampai sekarang belum sembuhh…sekarang tubuh adek saya jadi membungkuk…minta solusi yang tepat dok…terima kasih…semoga amal nya d terima Allah

    • muki partono says:

      sebaiknya bapak kami periksa lbh dulu kalau masalah punggung yg membungkuk hrs dioperasi tapi kami curiga adik bapak bukan akibat jatuh tapi infeksi pada tulang belakang yg menyebabkan bungkuk

  39. musthofa says:

    dok, ayah saya usia 78 tahun, kecelakaan gegar otak sedang, dan sekarang sudah membaik namun saya melihat tulang belakangnya agak menonjol (benjol) meski tidak ada yang lumpuh, apakah pengobatannya pada ahli urut tulang? terima kasih sebelumnya.

  40. ardi says:

    Slam hormat dok,sya mau tnya,,sya mngalami kclkaan sdh 8 thn dan tdk bs brjln dan mati rasa,tapi klamin sya msh bs berdiri dan kluar sperma tuk BAB dan BAK tdk brjln normal memakai (kateter),yg ingin sya tnya apa kh sya bs berjln kmbli dan tuk sperma sya msh baik??trima ksh dok sblm ny

    • Muki Partono says:

      anda mengalami kelumpuhan saraf , bersukur kemampuan ereksi anda masih ada, biasanya kemampuan ereksipun ikut hilang, prognosisnya kemungkinan berjalan sulit dinilai tapi berdasarkan pengalaman memang agak sukar kembali spt semula krn sdh 8 tahun, biasanya kalau memang akan baik, waktu 8 tahun sdh ada kemajuan yg berarti, masalah sperma insya allah masih baik , krn tdk ada pengaruh anatara kelumpuhan dengan produksi sperma

  41. ajang says:

    dok,saya mw tanya,,th 2009 saya kecelakaan dan patah tulang lengan dan bahu,,di operasi dan memakai pen,pen yg di bahu sudah diangkat setahun kmudian di th 2010,tpi yang di lengan sampai sekarang belum,,sebelumnya sehabis operasi pamasangn pen saya tidak bisa mengangkat jempol tangan ke atas,baru 3 bulan kemudian kembali normal,kata dokter tulang yg menangani saya,ada saraf yg kena ujung patahan tulang(sarafnya ada yg terjepit),,katanya lagi,ada resiko kena saraf lagi kalo pen di lengan di buka,,gimana dengan kondisi pen saya dok??kira2 kalau tidak di buka gmn?keluhan saya kdg2 ada nyeri,tpi tidak lama,,resep yang di berikan obat kolkaltriol 0,25mg.terimaksih jawabannya dok,

    • Muki Partono says:

      dibuka boleh kalau tdk tdk apa2 , kalau ada keluhan sering nyeri dan linu sebaiknya dibuka saja , insya allah tdk apa2

  42. ajang says:

    dokter di sini menyarankan tidak usah di buka,karena khawatir sarafnya bermasalah kayak dulu,,gmn dok?nyeri tidak sering,,tpi kadang2 aja,sekarang pun di suruh kontrol setahun sekali atau jika ada keluhan,,oya,dok apakah pen tsb ada masa expirednya??krn ada saya dengar dari kawan bagian radiologi,katanya ada.terimakasih….

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome