Bulging Disk dan Diskus Stenosis

June 22, 2011 Dr Menjawab 2 Comments

Hasil MRI:
Multiple bulging disc ringan pada level C3-4, C4-5,C5-6, dan terutama C6-7.Tampak indentasi ringan pada thecal sac setinggi diskus C5-6,C6-7, tetapi tidak tampak canal stenosis.
Diskus L5-S1 stenosis dan bulging disc ringan anulus fibrosus L5-S1.
Pertanyaan:
1. Multiple b.d. cervical ringan bahaya gak dok, dan kenapa bisa terjadi?
2. Diskus L5-S1 stenosis maksudnya apa, kalau maksudnya penyempitan antara ruas tulang L5 dan S1, kok bisa ya dok, sepengetahuan saya saja,kan bantalan disc di bagian lumbar rata2 lebih tebal dibanding bagian lain ya dok?Kenapa bisa terjadi? (saya ‘tidak’ pernah mengalami trauma jatuh/benturan)
3. Dalam kasus saya ini, menurut saya lagi, terutama diskus stenosis L5-S1 dan bulging ringan. Apakah saya bisa berolahraga fitnes dan badminton kembali gak dok? (karena sebelumnya saya pernah fitnes 2 tahunan, aktif/ intens, tidak ada masalah nyeri)
4. HNP itu sebenarnya apa sih dok, apakah fibrosus anulusnya robek, terus Nucleous Pulposus nya keluar? Saya agak heran teknik MED tanpa ditanam apapun di tulang, HNP dengan MED, apakah sembuh total dan bisa beraktivitas bebas dok?
Apa maksud d.b.n.?
Dokter Muki, sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas kesempatannya.Sementara demikian dulu pertanyaan saya.

MRI CERVICAL.jpg (34 KB)

jawab : anda tolong baca artikel pada web tentang nyeri pinggang, prinsip bantalan lumbal knp bisa jd HNP krn , adanya faktor resiko dan beban yg selalu terjadi pada lumbal walaupun posisi tidur .HNP adalah kerusakan pada bantalan yg mengakibatkan penekanan pada saraf pinggang yg anda sebutkan di atas itu stadium 3 dimana cincin (anulus ) robek dan inti (nukleus) melejit kebelakang, tehnik MED cocok utk HNP dan spinal stenosis krn kita tdk membuang seluruhnya bantalan 9disc) hanya inti yg menonjol dan yg menekan saraf , sedangkan bagian yg masih baik biarkan krm masih ada fungsinya, kelebihan MED bisa aktifitas kembali lbh cepat

About author:

2 Responses to “Bulging Disk dan Diskus Stenosis”

  1. Erwan Cahyadi says:

    Yth. dr. Muki di tempat,
    Terimakasih sebelumnya saya diberi ruang waktu untuk bertanya kepada dokter.

    1.Ada sinse/dokter menyarankan bulging disc bisa disembuhkan dengan salah satu metode: berenang atau diurut, atau fisioterapi.Apakah benar demikian dokter Muki?

    2.Sebelum MRI saya aktif fitnes bodybuilding intensif.Bermula sejak kecil usia anak-anak selalu mengalami kecapekan, tidak terlalu fokus stabil, cemas. Banyak obat telah saya konsumsi, belum sembuh juga.Salah satu cara paling manjur adalah olahraga.Berlanjut ke usia remaja hingga sebelum 3 tahun terakhir, saya selalu merasa kelelahan dan cemas, kepala saya terasa sesuatu selalu mencengkram, ada beban (seperti memakai helm besi yang berat dan sempit) tidak plong/fresh.Makanya selalu saya bawa olahraga, sehabis olahraga terasa ringan dan enak.Mulanya sekali olahraga bisa tahan beberapa hari, sebelum mendekati 3 tahun terakhir frekwensinya lebih sering, hingga tiap hari saya merasa kelelahan dengan semua gejala di atas, hingga akhirnya saya mengalami cidera urat pinggang bagian kiri ketika fitnes (dalam teknik gerakan seated rowing/untuk latihan otot punggung). Pakai obat herbal sembuh dalam seminggu. Beberapa hari setelah itu saya merasa sangat tidak nyaman di bagian urat leher bagian kanan sampai ke kepala atas bagian kanan juga (satu jalur) dan gusi kanan atas.Terasa seperti ada cairan, sangat tidak nyaman seperti sudah mau pingsan.Urat pembuluh darah leher bagian tsb. berdenyut kencang, bawa tidur baru baikan. Saya terapi urut urat punggung dari leher sampai ke lumbar sakrum, langsung berasa lega, energi yang semula tersumbat tersalurkan kembali (seperti saluran got yang mampet). Kalau sudah mampet rasanya lelah dan tidak mood sama sekali. Setelah 2 tahunan terapi urut dan herbal, bagian leher dan kepala seperti cairan/inflamasi sembuh total. Tinggal yang digusi kanan atas. Terus saya ke Jakarta, dan saran dokter sp. syaraf di MRI brain dan cervical. Tidak ada masalah serius. Hanya multipel cervical bulging ringan dan L5-S1 bulging ringan/ discus stenosis.Saya bingung, setelah dari dr. sp. syaraf tidak masalah, saya di sarankan ke dr. gigi tidak masalah,ke dr. kejiwaan belum ada komentar, terus disarankan ke THT tidak masalah, terakhir saya ada inisiatif ke dr. orthopedy belum kesampaian.Kondisi sekarang belum sembuh, yang semula gusi kanan atas, pindah ke gusi kanan bawah, seperti ada cairan, ngepres,kadang seperti inflamasi ( tapi gusi tidak merah, bengkak atau berdarah).Setahun terakhir hingga sekarang saya konsumsi Tripanzym, Meloxicam 15mg, dan racikan kapsul: paracetamol, clobazam, bromazepam, alprazolam, dari resep dr. sp. syaraf, agak baikan aja hasilnya/belum sembuh juga. Maka pada kesempatan ini saya memberanikan diri untuk bertanya kembali kepada dokter Muki.Menurut dokter apa sebenarnya penyakit saya ini?

    Terimakasih saya haturkan kepada dr. Muki.

    • muki partono says:

      jawaban 1, blging disc tdk bisa disembuhkan dgn berenang aja, tapi keluhannya dikurangi, bulgingnya sih tetapatau tambah parah,.jawaban ke 2 , maalah anda lbh ke arah kelainan pada mulut , jd sebaiknya konsultasikan ke dokter bedah mulut, kalau masalah disc bulging leher sih sbaiknya olahraga berenang dan jgn angkat2 berat, Berat badan turunkan sampai batas ideal

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome