Biografi

Dr. Muki Partono, Sp.OT

Membangun Komunikasi Dengan Pasien

Dr. Muki Partono, Sp.OT adalah dokter spesialis orthopedic yang telah banyak menangani kasus-kasus sulit dan dikenal masyarakat luas di usianya yang relative  muda. Tamatan Fakultas kedokteran Universitas Indonesia tahun 1990 ini memperdalam  ilmunya  dengan mengambil spesialisasi bedah tulang di fakultas yang sama dan lulus tahun 1999.

Sebagai dokter bedah tulang ia tertarik dengan  endoskopi yaitu tindakan bedah yang tidak membutuhkan sayatan lebar karena menggunakan  alat bantu kamera  yang dilengkapi dengan monitor  dan beberapa instrument khusus. “Hal ini berkat bimbingan yang saya dapatkan dari prof.Dr.Chehab Rukni Hilmy,MD,FICS(alm),” kata Dr. Muki. Ketekunan dan niat  untuk memberikan layanan terbaik kepada pasiennya membuat Dr. Muki  selalu meningkatkan kemampuan medisnya  dengan mengikuti berbagai pelatihan tingkat  internasional  seperti Arthroscopy lutut si Singapura dan Arthroscopy bahu di Hongkong.

Disamping beberapa pelatihan lainnya. Dr. Muki juga memperdalam ilmunya  secara khusus dalam menangani  masalah tulang belakang dengan teknik MED pada Dr.John (jean) Destandeu di Universitas  Bordeaux, Perancis. Dr. Destandeau adalah pencipta Endospine system yang menggunakan teknik Microendoskopic Disektomi.

Berkat keahliannya, beberapa kelainan pada lutut dan bahu serta kelainan tulang belakang seperti HNP (syaraf terjepit dapat ditangani  dengan baik melalui bedah edoscopy dan MED memungkinkan pasien menjalani waktu rawat selama satu hari saja, sangat singkat dibandingkan operasi konvesional yang perlu rawat  inap selama beberapa hari.

Dalam perjalanan kariernya. Dr. Muki juga banyak menangani kasus yang berkaitan dengan cedera  olahraga (karate, bola, dll) Merupakan kepuasan  dan kebahagiaan tersendiri  baginya bila atlit yang ditanganinya  bukan hanya sembuh  dari penyakitnya tetapi bisa kembali menekuni  karir mereka sebagai atlit. Salah satu pasiennya bahkan berhasil meraih gelar juara dunia setelah dioperasi.

“Pasien adalah teman kita” kata Dr. Muki. Karenanya  ia bukan hanya berusaha memberikan yang terbaik  tetapi juga membangun komunikasi yang  baik dengan pasiennya. Selain dapat dihubungi melalui handphone  atau berkomunikasi  melalui internet. Dr. Muki juga menyediakan fasilitas informasi kepada pasien-pasiennya  yang  dapat diakses melalui internet.

Dokter yang anggota Persatuan Ahli Bedah Orthopedi (PABOI) dan juga anggota American Orthopaedic Association (AOA) , AOSPINE menyarankan masyarakat untuk berani bertanya kepada dokternya mengenai tindakan  apa yang akan dilakukan  dan mengapa  tindakat tersebut perlu dilakukan. “Saat ini ada banyak teknik  yang dapat dilakukan untuk menangani suatu kasus.

Masing-masing teknik ada resikonya. Dengan mengetahui resikonya, kita dapat memutuskan  tindakan yang paling tepat,” kata Dr. Muki. Ia juga menambahkan bahwa tidak semua  kasus patah tulang misalnya, perlu dioperasi. Hal itu tergantung pada kondisi masing-masing pasien.

Di luar jam kerjanya, dokter yang suka travelling bersama keluarga  punya hobi yang cukup unik, “beberes rumah”. Seminggu sekali, bersama Dr. Nancy, Sp.THT yang dinikahinya sejak 1994 dan ketiga putera puteri mereka . Dr. Muki membersihkan dan merapikan rumahnya , menurutnya kegiatan ini sangat baik selain meningkatkan kebersamaan  juga membuat tubuh berkeringat, sama dengan olahraga.

Selain akrab dengan pasien, Dr. Muki juga berjiwa social, bersama Prof, Chehab (alm) ia pernah melakukan operasi  rekonstruksi  panggul yang tergolong sangat sulit pada seorang anak  kurang mampu. Operasi yang berhasil baik tersebut  memberinya pengalaman berharga sekaligus  meningkatkan kemampuannya. Ia kemudian sukses melakukan  operasi pada  seorang anak lainnya  dengan kelainan CTEV  lanjut yaitu berjalan dengan punggung kakinya.

Berkat bantuan Dr. Muki  anak tersebut kini mampu berjalan  dengan kedua kakinya secara normal. Hal ini menguatkan keinginannya untuk membantu orang yang kurang mampu. Dr. Muki juga rajin memotivasi orang  untuk mendonorkan darahnya.”Saya sudah 80 kali mendonorkan darah sejak tahun 1990 lalu”,tambahnya.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya  mereka yang berdomisili  di Jakarta Barat, Dr. Muki memutuskan untuk  untuk praktek  di RS. Puri Indah. Menurutnya, masyarakat sekarang bukan hanya menuntut profesionalisme  dokter saja tetapi juga peralatan canggih  dan fasilitas rumah sakit yang modern serta nyaman dan aman.

RS. Puri Indah dengan peralatan yang “state of the art” dengan teknologi terkini, dukungan dokter ahli  dan seluruh staf  yang professional di bidang masing-masing,, ruang perawatan yang nyaman dan elegan sesuai  dengan moto rumah sakit Your health, Our Priority, di mana patient safety merupakan hal yang utama, dipandang sebagai mitra  yang baik  bagi Dr. Muki di dalam usaha memuaskan keinginan masyarakat untuk menjadi sehat.

—————————————————————————————————————————————————————————————–

Dr. Muki Partono, Sp.OT

  • Lahir di Jakarta 25 maret 1965dsc002114
  • Lulus  dokter tgl 9 Agustus 1990 FKUI
  • Lulus Sp Orthopedi FKUI 3 Feb 1999
  • Status menikah dgn 3 anak
  • Pelatihan artroplasty Genting, malaysia, 2000
  • Visiting program di Tang Tok Seng Hospital, Singapura, 2001

Pelatihan

  • Pelatihan artroskopi lutut basic , Singapore General Hospital 2002
  • Pelatihan artroskopi lutut advance , Singapore General Hospital 2003australia2
  • Pelatihan artroskopi bahu , Singapore General Hospital, 2004
  • Visiting program sponsor S & N di Singapore pada Changi ,ME, NUH, 2005
  • Pelatihan artroskopi bahu advance, Changi Hospital , 2006.
  • Belajar Microdisectomi perendoscopi ENDOSPINE system , Bourdeoux, Paris
  • Pelatihan endoscopic HNP dgn Chiu System , Langkawi , Malaysia, 2006
  • Pelatihan ENDOSPINE system, Brunei 2007
  • Pelatihan MIS spine dgn kadaver, PIK Hospital 2004
  • Pelatihan cervical artroplasty dgn kadaver Soetomo hospital, 2008.
  • Pelatihan Artroskopi bahu advance, Hongkong ,2008.

    jalan-anyer-075

  • Mengikuti Kongres AAOS Las Vegas Nevada USA, Pebruari, 2009
  • Workshop Spine,  Thailand, April, 2009
  • Cadaver Workshop PLED dan PECD, Changi Hospital, Singapore 2009
  • workshop PLED dan PECD, Wooridulspinehospital, Seoul, Korea, 2010
  • AOSPINE, Scoliosis week, Brunei 2010.

Pengalaman Kerja

  • Dokter RS Siaga Raya 1990-1991.
  • Ka Puskesmas Natarbora, TimTim 1993
  • Dokter RS Siaga Raya 1993-1994
  • Tugas WKS II Aceh, RS Zainal abidin

246 Responses to “Biografi”

  1. santi says:

    dear doctor,anak saya umur 2,5th,bb 23kg,punya masalah kakiny o.anakny sih lincah.sdh saya konsultasikn,ada yg bilang hrs dgips,ada jg yg bilang tunggu umur 4thn dl krn ada kmgnan sembuh sndr.baikny gmn ya dok.trims

    • muki partono says:

      sebaiknya diperiksa dulu secara klinis, memang kalau termasuk common normal variasi tdk perlu di gips, kalau itu kelainan hrs dilakukan tindakan salah satunya gips

  2. Toni Pribadi says:

    Dokter Yth, saya 38 th, ada rasa sakit di bahu kanan kalau tangan kanan dibawa ke punggung, asalnya menahan badan ketika terpeleset. Dari hasil rontgen tulang dinyatakan normal. Dari MRI didiagnosa partial rupture kronik pada glenoid labral anterior superior dg inflamasi lokal pada deltoid anchor. Mhn sarannya apakah bisa dg fisioterapi? Langkah terbaik apa yg perlu dilakukan?
    Terima kasih Dokter

    • muki partono says:

      fisoterapi bisa membantu menghilangkan keluhan saja, tapi tdk menghilangkan penyebabnya, krn hasil mrinya ada kelainan sebaiknya diperbaiki dgn cara artroskopi bahu ,baca tulisan saya tentang artoskopi bahu

  3. mita says:

    Yth.dr.muki,sy perempuan 24th,didiagnosis HNP L5-S1 bilateral dg kompresi radiks(dari mri) sjk 1 thn yg lalu.saat ini gejala yg masih dirasa yaitu LBP&ischialgia kanan kiri shg tidak kuat duduk/berjalan lbh dr 2 jam krn nyeri.saat ini sy hanya terapi akupuntur dan fisioterapi krn takut dg risiko operasi yg katanya sering membuat lumpuh.stlh sy tahu biaya operasi hnp dr dr muki,sy makin sedih..(Benar>25jt dok?)hiksT_T…sy merasa mkn merepotkan ortu.Yg ingin sy tanya:
    1.apakah ada operasi hnp dg efektivitas yg sama tp biaya yg lbh ringan dok?
    2.apakah ada keringanan biaya operasi utk rekan sejawat?
    3.seberapa besar risiko lumpuh utk metode operasi yg dokter lakukan?
    Atas perhatiannya,terima kasih byk…

    • muki partono says:

      cara lain kurang efektif sebaiknya operasi saja , masalah harga bisa kita lakukan di rs pemerintah bisa lebih murah, apalagi kalau teman sejawat bisa sekali, resiko lumpuh hampir tdk ada dengan metode endoscopi, krn sayatan minimal, apalagi level L5-S1 biasanya lebih mudah dari segi tehnis krn masalah anatomi yg lebih mudah

  4. Yan says:

    Dear Dr.Muki yg baik.saya mau berkonsultasi sedikit ttg masalah bahu kanan mama saya.dulu thn 2001 pernah dioperasi katanya urat kejepit.dan skrg mur yang ditanam dokter dulu terlepas dan tertancap di daging bahu sehingga tdk bs di mri.menurut hasil mri sblm2nya,bbrpa dokter berkata ada saraf terputus saat operasi dulu dan ada yg bilang saraf dipindah ke bagian lain.sehingga sekarang tangan kanan mama saya tidak bisa diangkat maksimal ke atas dan sakit terkadang saat diam saja.katanya jg tulang pangkal mama saya mengecil sehingga bs lolos dr mangkoknya.ada dokter yg menyarankan operasi di singapur krn di indo ga da dokter yang mampu.sedangkan biayanya pasti besar dok.saya cukup bingung dan kasihan mama saya menahan sakit.boleh mohon penjelasan Dr.Muki dan mudah2an gambaran saya cukup jlas.boleh juga kontak via email dok.Dokter praktik dimana saja dan jam brapa ya?trima kasih banyak dok sebelumnya dan mohon bantuannya.

    • muki partono says:

      Sebaiknya kita jumpa dulu Untuk memeriksa ibu anda di RS. SIAGA RAYA Ps. Minggu ,Untuk lebih jelasnya lihat di kolam kontak

  5. Debby says:

    Selamat sore dokter, saya ingin bertanya: nenek saya umur 75th, ada keluhan lututnya sakit baik diam maupun berjalan. Setelah diperiksa, hasil diagnosanya bantalan tempurungnya sudah habis dan harus dioperasi. Apakah memang harus dioperasi dok? Dan kira2 berapa biayanya? Kemudian, sekarang dokter masih praktek di Rs. Puri Indah? Terima kasih dok.

  6. awy says:

    dear dok, saya laki2 usia 27thn, maret 2008 tempurung lutut saya pecah melintang menjdi 2 bagian dan tlh dipasangi pen saat dioperasi, saat ini lutut saya kadang2 mash nyeri kalau terlalu lama dibuat berjalan dan menekuk tp tidak bisa dibuat untuk naik anak tangga dan apalagi lari2, pertanyaan saya adalah apakah nanti setelah pen nya di lepas masih kuatkah lutut sy kalau dibuat naik tangga dan lari2 serta membutuhkan waktu berapa lama untuk bisa kembali ke kondisi normal

    trim’s

    • muki partono says:

      wah saya hrs periksa secara klinis , sebenarnya bila hanya patah tempurung dan sdh sejak hampir 2 tn yg lalu, seyogyanya tdk ada hambatan utk naik tangga dan lari, saya menduga anda ada kelainan tambahan di dalam lutut biasanya robekan bantalan atau tulang rawan lutut yg cedera

  7. youngky firmanto says:

    Dok, saya 34 thn. Pernah suatu hari sewaktu belajar golf (driving) tiba2 lutut kiri saya seperti muter tapi kemudian balik lagi tetapi rasanya sakit sekali sampai sempat black out bbrp detik. Setelah di cek ke dr tulang karena kebetulan ada rs ortopedi di solo menurut dokter ligamen sobek harus di operasi dgn biaya yang cukup tinggi. Saya mencari 2nd opinion dgn lain dr dan di cek lututnya ktnya msh stabil dan tdk mungkin ligamen sobek. Sempat di suruh mri tp tdk sy jalanin. Utk informasi saja pernah suatu hr sy jatuh krn tiba2 lutut spt muter tp balik ke posisi semula. Apa langkah yang sebaiknya saya lakukan dok? Ingin sekali bisa di operasi utk memulihkannya. Kira2 brp besar biaya operasi artroskopi? Tks

    • muki partono says:

      biaya artroskopi relatif tergantung pasien berkisar 13 – 18 jt rupiah , sebaiknya anda dilakukan artroskopi krn bila dibiarkan mengganggu aktifitas golf anda

  8. donna says:

    Dokter, saya pernah jatuh dgn posisi berlutut,sekitar bulan januari 2010. Stlh jatuh lutut saya memar keduanya kurang lebih 1minggu,tp masih bs brjln & berlari. Sekarang sdh sembuh,namum lutut sebelah kanan sampai saat ini merasa sakit kalau posisi berlutut pd lantai. Tetapi kl dipakai brjln & berlari tdk ada masalah apa2 & tdk ada gangguan appn jika tdk posisi berlutu pd lantai. Apakah ada luka dlm tulang lutut sy..?
    Jika bisa saya mohon bantuan dokter untuk bersedia menjwb mll email saya. Trimakasih byk dokter. GBU

  9. Ridha maulana says:

    Pa dr. .
    Saya laki2 umur 18 tahun, tinggi 160cm, pingin tinggi lagi..
    Apa ya nama obat yg paling ampuh, bagus, mujarab, terbukti yang bisa membantu tinggi saya?
    Mohon bantuannya, trim.

  10. han says:

    Sy laki2 berumur 33thn,6bulan lalu sy ngangkat beban sehingga menyebabkan leher dan pundak kiri kanan nyeri dan sakit,leher jadi kaku banget,kira2 ini penykit apa dok?apa hanya otot kaku ato saraf kejepit,udah berbagai fisioterapi sy coba tp gak ada hasilx,trims dok

  11. Fifi says:

    Dok saya wanita umus 29th saya sering nyeri pinggan sampai kekaki sudah diperiksa kepuskesmas cuma dikasih obat penghilang rasa nyeri tp ngga mengurangi rasa nyerinya kira2 sakit apa ya dok?

    • muki partono says:

      ibu mengalami gejala penekanan saraf pinggang, sdh menjalar ke kaki, tdk cukup hanya diberi obat nyeri, perlu pemeriksaan MRI utk memastikan kelainannya

  12. lina says:

    Dok, anak ku 16 bln, kaki kirinya agak cenderung O, menurut info dr beberapa teman, harus memakai sepatu khusus n menjalani serangkaian theraphy..
    Saya mnt pejelasan utk keluhan tersebut dok, thx

    • muki partono says:

      sebaiknya kita check dulu, kalau memang benar bisa pakai sepatu belum tentu sepatunya khusus, variasi bentuk kaki manusia ada 3 salah satunya o, netral, dan x.

  13. suci maryanah says:

    Dok anak saya berusia 4bln kta dokter anaknya kaki sebelah kananny tdk lurus apakah itu yg disbt kaki bentuk O?ktany stlh anak sya usia 1thn kaki hrs digift,apakah ada cara lain selain digifs dok?terima kasih

  14. suganda says:

    Dok.saya mau tanya telapak kaki saya bengkak sudah 1 minggu ini,saya sampai tidak bisa berjalan,bengkaknya dibagian tumit keatas,lengkungan kaki dan punggung telapak kaki juga bengkak,sehingga kalau jalan jari kaki seperti ketarik.saya harus ke dokter specialis apa yah dok.terima kasih

  15. mery says:

    hi dok mhn bantuan saran nya utk teman sy yg sdh bbrp bln ini mengalami skt punggung yg lmyn sakit. Dia laki2 usia 26thn. Mau cek ke dokter atau perlu mri dulu dok.Thanks!

    • muki partono says:

      sebaiknya diperiksa dulu , kecuali bila gejalanya sudah khas spt nyeri pingang disertai penjalaran ke kaki bisa langsung MRI lumbal

  16. Lucy Widiada says:

    Dok, ibu saya pernah melakukan pengobatan pd dokter specialis tlng,dan tlh dilakukan penyuntikan sendi sbyk 4x,serta obat2an yg dikonsumsi, diantaranya i-flex, osteo forte. Tapi skrg sdh sakit lagi, mlhan kalo hbs du2k, ga kuat lg untuk berdiri…apa yg hrs dilakukan dok

  17. agnes says:

    Dok,saya wanita 24thn,menikah,anak 2,sudah 2thn ini saya menderita nyeri bahu kanan yg sangat tdk nyaman.tdnya hanya untuk menulis dan aktifitas aja skt,tp skr selalu terasa nyeri linu,bener2nya ga nyaman,sangat mengganggu krn selalu hrs pake koyo.sy udh fisioterapi tdk tdk begitu membantu,udh ke spesialis syaraf hanya disuntik dan obat minum 2kali aja krn nggk kuat,mual2.mohon sarannya dok,krn nyerinya sampe bikin leher sm kepala bagian kanan atas leher jd nyeri juga,spt menjalar dr bahu.saya di jawatengah dok,mohon sarannya krn sy jauh…trimakasih.

    • muki partono says:

      pastikan dulu keluhan anda berasal dari leher atau dari bahu, kelihatannya anda keluhannya dari leher, sebaiknya konsultasikan dgn benar

  18. cica says:

    Dok, saya mengalami nyeri dipunggung bahkan smp ke bahu. Saya kira mngkn hanya capek krn jobdesk saya sll diblkg meja dan komputer. Saya memutuskan untuk dipijat, tetapi nyeri itu tetap sll datang lg. Apa ada yg salah dgn urat saya? Saya ingin konsutasi dgn dktr, lbh baik saya konsultasi dan periksa dgn dktr di rs puri indah atau siaga raya, sabtu ini?? Trims

  19. agnes says:

    Kalau langsung konsultasi ke dokter bisa ya?atau hrs ke dokter spesialis syaraf dulu?krn saya blm melakukan test apapun.mohon informasinya dok,krn saya jauh,agar tdk sia2.trimaksh.

  20. agnes says:

    Oia dok,kl untuk memastikan keluhan sy berasal drmn apa saja yg hrs saya cek?trimaksh.

  21. modita, 20th says:

    siang dok..
    Sy mo konsultasi.
    Lutut knan sy bengkak,spt ad cairanny.sudh sjak 8th-an yg lalu.dlu trasa nyeri,skit,snut2,skit jika dipgang/pun ditekan,hny stlh b’aktivitas.tp 1th blkngan ni,intensitas skitnya lbih bnyk,tdk skt hny stlh istrhat. 3minggu blngkangan ini,sy sudh priksa keRSO-SOLO. Sudah xray&tes darah&sample cairan ltut jg diambil utk dites(stlh itu digips 1/2 spy lutut istrahat),tp hsilny ngtif smua,tdk dtmukan apa2. Tp stlh digips,skitny b’kurang,trasa skit jika ditekan skali(gips sdh dilepas,hny pkai 1minggu).Dokter jg blm memberitahu psti ltut sy knp. Sy jd ikut2an bingung. Sy hny diberi obat Meloxicam.
    Kira2 lutut sy knp y dok?

    • muki partono says:

      lutut bengkak bisa banyak penyebabnya itu hanya suatu tanda saja spt kita mengalami panas, jd sebaiknya spy tuntas anda hrs mengikuti prosedure artroskopi lutut, (baca artikel kami), tujuannya perama utk diagnosisi pasti, kedua sekaligus tindakan, kami curiga anda mengalami sesuatu yg serius di dalam sendi anda

  22. Hendi says:

    Hai doc, saya anak H.Aceng(74th), 2 kali sdh bpk sy konsul ke doc. Muki, ad impeach syaraf di tulang leher blkg bpk (hsl MRI). Skrg tangan & kaki kanan bengkak, apa ada obat utk mengempiskan? (as. Urat normal, kencing lancar).

  23. Nila says:

    Yth Dr. Muki.. Saya punya keluhan pada tulang dan persendian, gejala ini mulai saya rasakan pd saat saya terkena campak rubela sebulan yg lalu.. Sampai saat ini setiap bgn tidur jari2 tangan, kaki dan tulang persendian saya sakit dan ngilu semua, terkadang kalo sedang kambuh telapak kaki saya yg sebelah kanan bengkak. Kalo sudah bengkak sakit sekali sampai tidak bisa berjalan seperti orang salah urat.. Saya sdh pernah ke dr umum dan periksa lab asam urat + rematik tapi hasil lab semua bagus, dan dr hanya mengatakan saya sakit radang sendi.. Tp sampai skrg jari2 tangan dan tulang persendian saya mash ngilu dan sakit.. Kira2 saya sakit apa ya dok..? Terima kasih dok..

    • muki partono says:

      walaupun hasil lab asam urat dan rheumatic normal masih mungkin anda menderitanya, krn patokan kami adalah keluhan, sebaiknya anda berobat ke dokter ahli tulang mungkin anda perlu obat anti radang sendi yg memadai agar keluhan anda berkurang

  24. ayik says:

    dr. Muki yth, saya mohon pendapat, kata dokter saya menderita cedera mcl menikus dan acl sendi lutut setelah jatuh dengan kaki tertimpa motor,kata beliau sebaiknya operasi,bagaimana sebaiknya dokter,soalnya kaki saya sering seperti lepas,terimakasih penjelasannya

    • muki partono says:

      kami sering jumpai kasus ini sebaiknya dilakukan tindakan artroskopo, dan sekaligus kita perbaiki kelainannya supaya rasa seperti lepas hilang

  25. thatha says:

    Dokter,saya mau tanya mengenai kondisi mama saya.kemarin tiba2 betisnya kiri kanan bengkak dan ada benjolan ???ï lutut kirinya.kata dokter umum yang periksa dikarenakan mama saya banyak minum,jadi betisnya bengkak.mengenai benjolannya kata dokter itu tidak bahaya,tapi kalau mau bisa dioperasi.benjolan itu lembek kaya ada air.sebelumnya memang telapak kaki kiri kanan mama saya baal dok dan kulitnya tebal serta urat2nya keluar seperti varises.dokter,apakah ini ciri2 kanker tulang?oh ya sekarang mama saya suka pakai sandal kesehatan yang sekarang lg ramai ???ï pasaran,yang ada magnetnya,itu diperbolehkan tdk dok?maaf ya dokter saya byk bertanya.dokter praktek ???ï rs puri tiap hari ??Ä?å dan jam brp?trimakasih sebelumnya.GBU

  26. Yth Dr muki partono Sp.OT.sekarang anak sy menjalani operasi polydactyly,kedua kakinya jari jempolnya dobel&jari tngan kirinya 6,menurut Dr orthopedinya,hanya bs operasi kakinya dulu,kenapa kok ngk bs sekalian tangannya ya pak dokter muki.? Anak sy umur 10bln.trim’s atas jawabannya.

    • muki partono says:

      sebaiknya diperiksa secara klinis, bisa ya atau tunda tergantung kondisi, bila hanya menempel bisa langsung di operasi bila fungsinya ada kita tunggu mana yg lbh berfungsi dari jarinya itu yg dipertahankan

  27. Dessy says:

    Dok sy mw tny,bgmn cr menekuk lutut stlh dioperasi 1th yg lalu akbt kclakaan,sy sdh terapi tp hny 30drajat sj,tlng sarany dok?

  28. ny ita cikampek says:

    Saya wanita 39 th, sakit hnp L4/5, disc protrusion, neural foramina stenosis kanan>kiri, disc level L5/S1, tdk tampak disc herniation. Pertanyaanya berapa persen tingkat keberhasilan operasi di tempak bapak? Adakah resiko setelah operasi? Terimakasi

  29. evi surjana says:

    Dear dokter, cici saya sudah ampir 3 thn jalannya jadi agak berat sekarang, menurut hasil pemeriksaan adanya pengapuran pd tulang leher, apakah ini bisa sembuh dok, sudah berobat kesana kesini tidak adaa hasilnya, gimana jadinya skrg dok, terimakasih banyak

    • muki partono says:

      kalau jalan sdh berat artinya sdh ada kelemahan otot akibat penekanan saraf leher sebaiknya periksakan MRI leher utk memastikan lefel penekanan dan sebaiknya di operasi dengan metode yg aman

  30. wiwiek says:

    selamat malam dok…ini dokter muki yg dl pernah praktek di RSAL Mintoharjo ya?yg dulu pernah menangani adik saya wedaq jati priyanto?

  31. Maya says:

    Dear Dokter Muki ,

    usia putri saya sekarang 8 tahun 5 bulan tiga tahun yang lalu anak saya terjatuh dari tempat tidur dan lengan kiri ada benjolan seperti tulang yg akan keluar saat ini anak saya merasakan sakit dan kadang kram berbagai dokter saya datangi tapi di karenakan terbenturnya biaya kami baru sanggup melakukan sekarang untuk ke dokter agar putri kami bisa sembuh . Yang saya mau tanyakan apakah ada kesempatan untuk bapak dokter menolong kami dan berapakah kisaran biaya untuk operasi supaya lengan anak saya bisa seperti sedia kala . Terimakasih pak dokter
    Semoga Tuhan selalu melindungi pak dokter dan keluarga

    • muki partono says:

      mengenai biaya tergantung rumah sakit sebaiknya kita konsultasi dulu dan dilakukan foto rontgen dulu utk mengetahui kondisi terakhir , kadang belum tentu harus operasi

  32. astri says:

    dok ,sya perempuan 22 tahun
    ..sudah hampir satu bulan ini pundak dan lengan saya sakit sekali jika di gerakan,
    apalagi ketika bangun tidur, ketiak juga rasanya panas, dan kadang tangan kesemutan,
    kadang2 mata dan bibir juga suka perih..
    sudah periksa ke ahli syaraf katanya syaraf leher terjepit tapi tidak di lakukan scan,
    obat sudah habis tapi belum merasa baikan,
    saya sakit ap ia dok?
    ap yg harus saya lakukan,
    terima kasih banyak dokter

  33. arif says:

    dok pinggang kan sy pegel2 gt di bgian blakang, nah trus di urut, pegal pinggang hilang tp muncul pegal di dket bokong bgian atas, mngkn tulang pinggul kanan, trus kaki kananny jg ky pegel gt, ky kaki org ketakukan, kira2 knp ya ?

  34. risma rahmawati says:

    Dok,anak saya usia 18bln kalau diperhatikan dr cara berjalannya cenderung berbentuk X apakah itu faktor keturunan ya dok,bisa disembuhkan?apakah saya bisa langsung membawa anak saya untuk diperiksa dok?trims

  35. Deslizafitri says:

    Dokter saya mau tny 3 hari yg lalu saya jatuh dikamar mandi dgn posisi duduk dan punggung agak terbentur, kira2x apa yg hrs saya lakukan krn skrg ini kondisi saya sedikit pusing dan sktr bokong kl duduk keras agak sakit dan sktr punggung memar. Apakah saya hrs periksa ke dokter ya?

    • muki partono says:

      sebaiknya periksa utk memastikan apakah ada patah/retak pada tulang belakangnya. utk sementara kompres es pada daerah yg memar

  36. ola says:

    dok..mu konsulatasi ni dok..
    Salam kenal ajjah..
    Saya mnderita scoliosis torakolumbal..
    Sdh didiagnosa sejak 6 tahun yg lalu..
    Sekarang saya berumur 23 tahun..
    Mnrut dok apa pilihan trbaek buat saya dok..
    Utk mnngurangi atau menghilangkan benjolan di punggung saya ini dok..

  37. zulfikri says:

    Bagaimana pengalaman Bapak dengan operasi ganti elbo (siku) dengan engsel buatan

    • muki partono says:

      pengalaman hasilnya baik, hanya saja alatnya hrs dipesan lbh dulu krn permintaan tdk sebanyak ganti sendi lutut , panggul.

  38. ivana says:

    Dok, anak saya wkt lahir kaki kanannya (betis sampai tapak kaki) bengkok kedalam spt o. mgkn wkt sy hamil posisinya slalu melintang ga gerak2 krn kaki kanannyanya trsangkut dgn kaki kirinya. Umur 3 hari lsg di gips dari pangkal paha sd tapak kaki. Selama 1,5bln. Stlh di buka bentuk kaki sdh bagus tp koq kakinya spt panjang sblh (yg kanan trlihat lbh pendek). Saya konsul kmbl ke dokter minta rongent tp tdk perlu kata dokter. Sy hny di minta kmbl bila anak sy sdh bisa berdiri & apabila perlu mgkn hny spatu khusus kt dokter. Stlh anak sy mulai berdiri dan blajar jalan saya ajak kmbl ke dokter dan di rongent trnyata ada kelainan pada pinggul anak saya ‘HIP DYSPLASIA’ dan di sampaikan hrs operasi. Menurut dokter ada kan tindakan selain operasi yang bisa memperbaiki tulang pinggul anak saya. Usia anak saya saat ini 16 bulan.

  39. Rita says:

    Dokter Muki,
    Saya berusia 45 thn, ada keluhan mengenai lutut saya. Setiap sy drive a car selama (paling tidak) 3 jam non stop, lutut kanan sy sangat sakit sekali, terutama saat digerakan, saat sy akan mengeluarkan kaki Dan turun Dr Mobil. Kira2 apa penyebabnya? Dan bahayakah? Trm ksh.

  40. benny says:

    Dok, maaf mau tanya, pangkal paha bawah sampai pantat kiri tiba2 nyeri, setelah satu minggu tiba2 ada spt benjolan tp bukan bisul dan sakit, kira2 knp ya dok, trus harus periksa ke spesialis apa, terima kasih banyak infonya

    • Muki Partono says:

      biasanya itu kelenjar getah bening yg membengkak , artinya ada proses infeksi pada daerah kaki , saran periksakan ke doker utk memastikannnya

  41. sari says:

    Yth dr muki, sy perempuan usia 32 th. brp hari ini lutut kiri sy trasa ngilu terutama mlm hari dan saat beranjak dari posisi duduk (saat solat). Riwayat medis saya antara lain:
    1. Umur 5 thn patah tulang kaki kiri. Penangan di gips
    2. Umur 27 saya hamil, umur 28 hamil lagi dg berat bdn sy naik: 86 kg, (normal 56) krn hamil anak kembar. Bbrp bln Stl melahirkan tumit kaki kiri ngilu. Sy priksa ke foot clinc di sbuah rs, dan melakukan rontgen kaki. Trnyata sy pengapuran tulang tumit. Penanangan : memakai sepatu empuk, dan hood bye high heels. Umur 31 saya hamil dn melahirkan kmbali.
    Yg saya tanyakan
    Apakah penyebab sy ngilu di lutut ? Adakah hub dg kecelakaan dulu ? Atau kenaikkan brt bdn sy yg cukup drastis ? Bgaimana penangannya ? Terimakasih.

    • Muki Partono says:

      keluhan lutut anda bisa akibat kelainan pada lutut atau kombinasi dengan kelainan penekanan saraf di pinggang yg manifestasinya ke lutut, saran periksakan ke dokter utk memastikannya

  42. yoga agung says:

    dokter,
    ayah menyidap penyakit saraf terjepit,udah pernah di operasi pada 10 tahun yang lalu,setelah di operasi ayah saya mengalami cacat pada kakinya.lama lama kaki belah kiri menjadi kecil,lalu ayah saya kembali menjalankan rawat jalan,setelah di rosen menggunakan MRI tertanyata di temukan kembali penyakit HNP,saya mintak solusi dan saran terbaik untuk penyakit ayah saya ? ?
    terimakasih.

    • Muki Partono says:

      hal ini memang bisa terjadi , jd sebaiknya dioperasi kembali atau kalau penekanan masih ringan kita lakukan suntik saraf

  43. Yacita Masyhur says:

    Selamat siang pak dokter…
    saya perempuan berusia 36thn, profesi guru.
    begini pak dokter, sudah seminggu ini saya klo duduk lama bahkan berjalan, pinggang kanan saya terasa sakit seperti ditusuk bahkan nyeri sekali. Tapi klo dibawa tidur berkurang sakitnya. Selama ini untuk mengurangi sakit itu sy hny diurut dan melakuan peregangan otot saja tapi sakitnya hanya berkurang sedikit trs ntar kambuh lagi. Sebenarnya kejadian ini berawal dari kegiatan saya dlm mengoreksi PR murid2 saya dlm kondisi duduk di kursi tanpa sandaran dan dilakukan dlm waktu lumayan lama.
    Pertanyaannya:
    1. Saya sakit apa pak dokter?
    2. Bgmn cara mengatasinya?
    3. Krn saya tinggal di surabaya, ada nggak dokter orthopedi yg bagus menurut pak dokter?
    mohon dibalas ya pak dokter, terima kasih.

    • Muki Partono says:

      ibu menderita gejala saraf terjepit akibat bantalan antara pinggang, itu khas dgn posisi tidur nyerinya hilang , caranya coba alas tidurnya hrs yg keras atau papan/triplek dan kurangi duduk lamam jd koreksinya dalam posisi tengkurap saja. saya tdk bisa rekomendasi kesiapa saja ok

  44. cindy says:

    Selamat malam dr muki…saya berumur 45th…5hari yg lalu mendadak pagi hari ke2 kaki saya dingin spt pake kaos kaki basah..jalan tdk nyaman…2hari yg lalu rasa dingin di kaki berkurang tp kaki kiri saya rasa tdk kuat utk berdiri gak ada tenaga..ada rasa kesemutan dibwh pinggang sampai bokong atas..lalu sy mri hsl nya…spondyloarthrosis lumbalis ringan..pd L5/S1 tmpk protusio discintervt tdk menagkibatkan penekanan. Pd L3/L4 dan L4/L5 tmpk bulging ringan….yg mau sy ty apa yg hrs dilakukan utk peny saya…spakah sdh kena Hnp ? Tlg dijwb ya dokter.tx

    • Muki Partono says:

      anda menderita hnp , sebaiknya diperikskan ke dokter tulang utk memastikan lefel mana yg tertkan oleh bantalan atau saraf mana yg mengalami peradangan

  45. nanny says:

    Pak Dokter…
    anak saja sejak umur 1 tahun,ke-2 tulang dengkul nya kalau dilipat tulang nya keliatan seperti benjolan…karena tidak mengganggu n tidaka da keluhan saya abaikan…sampai sekarang sudah 4 tahun benjolan tsb kalau ditekan kata nya sakit..itu kenapa ya dok…
    Tolong dibantu…terima kasih

  46. saki says:

    dok saya habis terkena musibah kecelakaan pada tulang lengan tangan kanan dan ujung kelingking tangan kanan saya hilang tepatnya pada kuku dan robek pada jari sebelah kanan dan dijahit 8 pada ujung kuku yang hilang dan lengan saya dijahit14
    dan dipasang pen
    terus pertanyaan saya setelah beberapa bulan lepas jahitan dan melewati masa pembekakan, pada ujung jari kelingking saya itu tumbuh seperti tulang dan terus tumbuh keluar gimana itu dok apa terjadi kesalahan pada jahitanya kok gak bisa menyatu dan keloid bekas jahitanya kok susah mengecil padahal sudah saya obati dengan salep dermatic habis 3 tolong solusinya dok terima kasih

  47. amilia says:

    Dear Dr Muki,

    Saya mempunyai keponakan yang terkena cp karena kejang dan panas sewaktu bayi. saat ini sudah berusia 8 tahun namun belum dapat berjalan karena kakinya kaku sehingga jalannya harus digandeng dan belum bisa berdiri sendiri, saat ini saya posisi di solo. apakah saya bisa kirim gambar terlenih dahuluM dok? dan mohon sarannya hrus bagaimana agar keponakan saya bisa berjalan. terima kasih

  48. kiky lestari says:

    dokter, ibu saya (62thn) mengalami pinggul yg retak krn terjatuh…sdh dirontgen dan konsultasi dktr di bandarlampung..ktnya mesti dioperasi dan ganti pinggul. Apakh mnrt dktr hal tsb hrs dilakukan? apakh ada alternatif lain yg bs dilakukan? dan apkh ibu sy bs sembuh dan bs jln lg dok? mohon penjelasannya dok…trma ksh.

  49. meli says:

    selamat siang Dr. Muki,
    usia saya 31th namun akhir2 ini punggung kanan sebelah kanan sering sakit bahkan saat bangun tidur di pagi hari itu terasa banget sakitnya. saya mengira salah posisi tidur ataupun masuk angin. tetapi sudah di pijat namun hanya sesaat hilangnya dan kembali sakit lagi.
    mohon penjelasannya dengan gejala tersebut di atas. terima kasih

    • Muki Partono says:

      keluhan yg saat ini banyak dikeluhkan orang akibat naik motor , duduk lama, berdiri lama , sebaiknya lakukan tidur dengan alas keras dan posisi terlentang utk memberi istirahat pada tukang belakang kita

  50. Witri says:

    Dokter,saya mau tanya..saya 29th..5bulan yang lalu saya sakit tulang belakang bagian bawah,lama2 menjalar sakitnya k betis,jari2 kaki,dan paha.setelah k dokter beberapa kali ktny ada kemungkinan syaraf terjepit,setelah di rontgen hasilnya ada tulang yang agak bengkok dibagian pinggang.setahun yg lalu saya pernah jatuh terduduk.saya sudah terapi k alternatif,tp skrg saya msh sakit di paha,pinggang,kadang terasa di punggung.bagaimana solusinya dok?trm ksh.

  51. elsye says:

    dear dok, anak saya berumur 7 th laki-laki dalam bebrapa minggu ini sering merasa sakit di betis dan di dengkul, dia minta dipijit karena bisa mengurangi rasa sakit, sebenarnya sakit nyeri itu sudah jarang semenjak anak saya SD, waktu berumur 4-5 tahun sering mengalami rasa nyeri ini bahkan tengah malam terbangun sambil menangis merasakan sakit.
    salahnya saya dulu tidak langsung periksa ke dokter karena setelah anak saya tidak mengalami sakit lagi saya lupa.
    apakah anak saya hrs di rontgen?
    terima kasih

    • Muki Partono says:

      kemungkinan anak ibu menderita kaki ceper kita sebut FLATT FOOT biasanya sering menyebabnya nyeri pada kakidan tulang kering, sebaiknya periksakan ke dokter tulang utk memastikannya

  52. susan z says:

    Dokter,saya mau bertanya… Saya punya anak berumur 1thn 3bulan, bbrp hari yang lalu ditangan kirinya trdpt benjolan dipergelangan tgnnya. Apakah benjolan itu berbahaya dok? Apakah hrs dioperasi? Mengingat anak saya msh kecil,saya takut apabila hrs dioperasi. Apakah benjolan itu semacam ganglion dok? Trmksh…

  53. ratna says:

    selamat siang dok,
    usia saya 23 tahun, sudah sejak tahun 2010 saya mengalami sakit pada punggung kanan saya, ketika saya melakukan gerakan badan ke arah kanan saya merasakan sakit, tetapi sebaliknya jika digerakan ke arah kiri tidak. kemudian ketika saya menekuk leher kedepan sakitnya menjalar sampai ke bahu dan punggung. dan belakangan ini kadang-kadang saya merasakan seperti kesemutan di belakang kepala, dulu pernah fisioterapi tetapi sekarang sakit yang saya rasakan semakin terasa terlebih lagi ketika bangun tidur maupun melakukan gerakan sholat. mohon penjelasannx dengan simpyom tersebut. terima kasih

    • Muki Partono says:

      sebaiknya diperiksakan ke dokter kemungkinan anda mengalami gejala penekanan saraf punggung, perlu pemeriksaan lbh lanjut

  54. anggi says:

    Selamat pagi dok..
    Mama saya usia 51 tahun, ibu jari sblh kirinya tidak bs ditekuk (sakit jika dipaksakan)bahkan untuk memencet tombol HP pun ibu jari mama saya tidak ada kekuatan.kurang lebih sudah 2 bln. Itu kenapa ya dok? Sy khawatir merembet ke yg lainnya. Kmn sy hrs berkonsultasi? Ke spesialis Saraf / ortopedi. Apa sja yg hrs dilakukan agar sembuh dan Brp kisaran biayanya?

    • Muki Partono says:

      ibu anda mengalami TRIGGER THUMB, kondisi dimana urat yg membuat jempol menekuk terjerat oleh selubung urat yg disebut Puley, pengobatan dari minum obat, suntik steroid pada daerah puley, dan bila tak berhasil kita lakukan operasi kecil release puleynya

  55. Hendrajit says:

    Assalamualaikum dok, saya saat main badminton sepertinya tendon robek bukan putus, karena masih bosa jalan. Apakah harus operasi atau ada obat alternatif? Apabila tdk di operasi efeknya sepwrti apa? Terimakasih jawabannya, dan kemungkinan saya mau komsultasi Ke Rs Jakarta wassalam hendrajit

    • Muki Partono says:

      Kalau mau main sebaiknya artroskopi lutut

      • Hendrajit says:

        Maksudnya Tendon acilles dokter mugi, apakah bisa juga dengan antroskopi lutut seperti yg dokter sarankan. Karena saya masih bisa jalan cuma kalau bertumpu dgn tumit belakang terasa nyeri, maaf dokter apabila saya mau operasi pembiayaannya sekitar berapa ya? Terimakasih atas jawaban dokter wassalam

  56. didi says:

    selamat malam dokter.
    dokter saya mengalami patah tulang pada tulang pinggul (sebelah kanan) … proses penyembuhannya kemarin saya melalui pengobatan alternatif sambung tulang, dan setalah 4 bulan saya sudah dapat berjalan lagi, setelah lepas tongkat 1-1 namun sekarang kondisi kaki saya panjang sebelah dimana kaki kanan saya (dari ujung paha sampai lutut )lebih pendek dari yang kiri). saya ke salah satu dokter spesi orthopedi kemudian beliau menyarankan pada saya untuk tidak di operasi karena tulangnya sudah menyatu hanya saja tumbuhnya tidak pas sehingga mengakitbatkan lengser. disamping itu dokter tersebut juga mengatakan kasus saya cukup sulit sebat patahannya di dekat tempat yang banyak pembulu darahnya. setelah dr. sp orthopedi tersebut mengukur panjang kaki saya. beda antara kaki kanan (bekas yang patah) dengan yang kiri adalah 4 cm. dokter apakah ada tindakan medis yang dapat dilakukan untuk mengembaikan ukuran kaki saya menjadi normal lagi.. sekarang saya kalau berjalan pincang2 dokter dan condong ke kanan dengkul atau kaki kiri saya juga jadi lebih cepat capek. terimakasih dokter muki.

    • Muki Partono says:

      Kalau anda mau sebaiknya kami periksa kembali .utk kasus spt ini kami punya pengalaman perbedaan yg 7cm hanya saja 2tahap operasi

  57. Assalamu’alaikum dok..

    Saya wanita, usia 42th, tinggi badan 158, berat badan 75 kg. 3 minggu lalu saya jatuh dari motor, lutut saya nyeri sd sekarang. jauh sebelum jatuh lutut saya kalau di tekuk mmg bunyi krek krek. tapi karena tidak sakit, saya abaikan. Namun setelah jatuh ini ( sisi kaki sebelah kiri tertimpa motor nya ), nyeri dilututnya nggk berkurang. padahal lebam2 sdh hilang. saya tidak bisa sempurna ketika posisi duduk ketika sholat. sya sdh rontgen. Oleh dokter OT, saya diberikan Osteokom 2 X 1 , NAcofplar 2X 1 ,dan obat yang tdk terlihat mereknya 2 X 2. menurut dr OT , saya terkena OA. Ada tambahan bahwa ligamen saya robek sedikit mengingat nyeri sekali saat ditekuk.

    Pertanyaan saya. kira2 OA saya ini bisa sembuh nggk ya dok? juga apakah ligamen yang disebut tadi bisa sembuh..? / menutup lagi..? juga oleh saudara, saya diberikan kapsul nano kalsium. apakah itu bisa saya kombinasikan dok..?
    kenapa ya dok.? usia saya 42 tapi sudah kena OA..?

    • Muki Partono says:

      anda sdh kena OA akibat berat badan, dan saransebaiknya lakukan artroskopi utk mengatasi ekduanya memastikan OA dan memperbaiki robekan bantalan

  58. rameyza says:

    Sore dok
    Dok anak sy terkena rematik sdh satu tahun jalanya blm normal..
    Msh ada memar di kakinya
    Apa anak sy bs jln normal lg dok?

  59. siat fa says:

    slamat malam dok, saya wanita 35 tahun, saya sudah rontgen lumbosacral ap dan hasilnya tulang saya jatuh didepan promontorium serta kesimpulannya unstable lumbosacral joint, apakah ada efek yang berbahaya dok dan gimana cara penyembuhannya, terima kasih dok

    • Muki Partono says:

      pergeseran tulang belakang , sebaiknya hati2 dan pakai korset, da lakukan olah raga berenang saja secara teratur, dan perkuat otot2 tulang belakang , yg ditakutkan terjadi penekanan saraf pinggang akibat pergeseran yg makin besar

  60. Albert says:

    Dokter muki, saya albert umr16 mw msk 17 , tp tinggi badan aku bru 160an, bs bantu gk dok bier cepet tinggi? Buka resep obat gitu buad merangsang pertmbuhan tulang aku :( , tolong saya :( malu dok, pendek :( berat badan aku 40 lebih , *mohon di bntu , resep obatny :(

    • Muki Partono says:

      spy bisa tinggi , hrs pastikan bahwa lempeng tulang anda belum menutup, danlakukan olah raga yg teratur dan rutin tiap hari, dan konsumsi kalsium dan vit d3 yg cukup, jgn lupa berjemur matahari tiap hari dibawah jam 10 pagi cukup 20 mnt saja

  61. deti says:

    Sore dok,
    Mau tnya untk pmriksaan MRI pada punggung dgn pasien trpasang behel (logam) pada gigi bisakah dilakukan? Apakah ada pengaruhnya pada hsil pmeriksaan nantinya? Mhon pnjelasanya dok. Terima kasih

  62. Atma says:

    Selamat pagi Dok. Saya usia 37 thn (laki-laki) sejak Agustus 2013 persendian siku tangan kanan sering nyeri dan kaku jika lama diam atau dalam posisi lurus atau ditekuk ketika beraktivitas maka ketika mengubah ke gerakan lain perlu beberapa saat untuk membiasakan krn nyeri dan kadang nyerinya berkurang. Klo sedang sakit bahkan mengangkat beban sekitar 0.5 – 1 kg sudah terasa sulit dan kadang gemetaran. Tp klo sendi ditekan/diurut terasa sakit.
    Juga di tengah2 telapak kaki kiri saya suka nyeri ketika bangun tidur pagi atau lama berakktifitas walau belum sangat mengganggu hanya klo ditekan-tekan dari bawah terasa agak ngilu atau ketika berjalan kaku dengan sol yang kurang lentur terasa menusuk.

    Apakah kalau saya konsultasi perlu sampai rontgen dan periksa darah lab mis. indikasi asam urat atau lain-lain krn dengan tinggi 163 cm berat 78 Kg ada kekhawatiran dengan kolesterol, gula, dan asam urat yang menurut informasi bisa menyebabkan nyeri sendi.

    • Muki Partono says:

      dari kompisisi berat dan tinggi anda sdh kelebihan berat badan , itu bisa membuat keluhan2 anda muncul , jd turunkan dulu saja berat badannya jgn periksa@ dulu, mau tahu cara turunkan berat baan yaitu PUASA, hanya saja lakukan puasa dengan benar , yaitu anda hrs merasakan lapar pada siang hari , jd jangan bales dendam saat saur dan buka

  63. Selly says:

    Selamat pagi dok.saya mau tanya anak saya sekarang berumur 7 tahun. Sejak kecil dia suka berjalan jinjit tapi tapi kalau diingatkan dia bisa jalan normal.tp sekarang tambah sering jinjit. Yg paling parah sebelah kanan bisa 3 cm dr lantai .dan telapak kaki bagian depan sekarang jadinya melebar karena sering jadi tumpuan jinjit. Apakah perlu mengunakan sepatu khusus.dan dimana saya bisa membuatnya.saya sdh ke dokter tp katanya blm perlu disuruh terapi dgn cara berdiri di atas kayu yg di buat kemiringan 30 derajat.tp udah 1 tahun gak ada perbaikan.terima kasih.

    • Muki Partono says:

      jalan jinjit kalau psosi istirahat dia tdk jinjit itu sih nggak masalah , yg masalah bila posisis istirahatpun ia tetap jinjit, caranya sering diingatkan saja dan masukkan olah raga balet atau senam utk melatih kelenturan ototnya

  64. al amin says:

    Dear Dr.Muki, saya mengalami torticollis dengan leher condong kekanan..torticollis ini saya dapatkan sebelum terdiagnosa flek paru-paru pada tahun 2005. Sakitnya tak tertahankan pada waktu itu jika akan bangun dari tidur yang berkepanjangan. Dalam melakukan aktifitas juga sakitnya tak terhingga.
    Flek paru-paru komplikasi asam urat kata dokter pada waktu itu. Pada dada terdapat benjolan yang besar yang diindikasikan cairan pada paru-paru. Saya tidak bisa berjalan karena pinggul bagian kanan juga seperti ada tulang/otot yang sangat sakit sekali jika digerakkan/digunakan untuk berjalan..
    Setelah pengobatan 1 tahun dari dokter dengan mengkonsumsi obat untuk flek paru-paru, benjolan di dada kempes dan hilang, pinggul kanan yang sakit jika digunakan untuk berjalan sudah kembali normal..
    Kondisi leher sekarang sudah tidak sakit, tetapi leher masih susah untuk digerakkan untuk menengok kekiri. Posisi tulang belakang leher bengkok kekanan. Sempat fisioterapi pada tahun 2006 tetapi saya tidak lanjutkan kembali..
    Apa ada terapi seperti chiropractor di indonesia dok?
    Jika memang sulit dikembalikan apakah memang harus melakukan congenital torticollis surgery?
    Regards,
    Al Amin
    (saya berusia 28 tahun)

    • Muki Partono says:

      kasus anda cukup sulit saran sebaiknya kami periksa kondisi klinis anda terakhir utk memastikan apakah bisa diperbaiki atau tdk

  65. Alten says:

    selamat pagi dan salam hormat dok,
    saya berusia 32 th, sekitar 6 bulan lalu saya mengalami kecelakaan motor yg mengakibatkan tulang selangka saya patah, luka robek d permukaan tulang selangka yg patah, kemudian tulang rusuk 3 buah patah. tangan saya sejak kecelakaan awal mati rasa dan tidak bisa dgerakan. tulang2 yg patah tidak d operasi spi sekarang. sampai 6 bulan ini juga tangan saya msh lumpuh dan mati rasa. mnurut dokter d sini, saya mengalami lexi branchialis flexus. menurut dokter apa tindakan yg harus d lakukan pd tangan saya? terima kasih

    • Muki Partono says:

      sangat sulit mengobati masalah anda ,krn perbaikan saraf itu lama 3 tahun baru kelihatan apakah ada perbaikan atau tdk

  66. Shanty says:

    Dokter Mukti, usia Saya 46 thn, kaki kiri Saya llebih Pendek dari kaki kanan karena tulang pinggul Saya tdk balance. Adakah alat yg bisa mengembaliakan tulang pinggul Saya supaya balance?

    Terima kasih atas jawabannya

  67. Saya ada melakukan pemeriksaan MRI Lumbosakral tanggal 6 September 2013 di RS, hasilnya antara lain :
    1. MR Myelogram : Amputasi canalis spinalis setinggi L4-5
    2. Kesan :
    - Lumbal spondylosis dengan degenerasi disci L3-4 dan L4-5 disertai bulging discus intervertebralis L4-5 menekan dural sac dan menyempitkan foramen neuralis L4-5 kanan kiri.
    -Spondylolisthesis L4 ke anterior L5 gr.I

    Apak maksudnya dan bagaimana pengobatannya atau apa obatnya, terima kasih dr

    Syahruddin Ujang

    • Muki Partono says:

      anda mengalami pergeseran segmen tulang belakang pada lefel l4-5 grade 1 artinya sdh terjadi 25% , danmengakibatkan saraf terjepit sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang

  68. Anang says:

    Pagi dok,

    Usia anak sy 7 bulan, mengalami kelainan pada jari kirinya, yaitu dua jari tengah dan manis melekat dan tidak tumbuh tulang, bgm saran dokter?sy berharap jari bisa dipisah dan tulang dpt tumbuh spt anak normal?trmksh dok..

    • Muki Partono says:

      sebaiknya dilakukan operasi pemisahan hanya saja saran, sebaiknya cari usia lbh besar, krn dempet jari manis dan tengah tdk terlalu jauh bedanya jd tdk mengganggu pertumuhan tulangnya bila ditunggu sampai usai sebelum masuk sekolah

  69. dian anggraeni says:

    Malam Dokter,

    Saya Dian 33 th,hasil MRI saya ada kista di lutut saya?, kok bisa ada kista di lutut saya kira kista hanya ada di rahim atau payudara dan penyebabnya apa sih dok? Many Thanks Dokter

    • Muki Partono says:

      kista pada lutut bisa terjadi pada tulangnya atau pada bantalan krn 2 kondisi yg berbeda, bisa saja hanya ukuran kistanya kecil, penyebabnya bila kista tulang tdk diketahui, jika pada bantalan biasanya akibat robekan bantalan

  70. luki says:

    Selamat pagi dokter,

    anak saya usia 17 bulan. sekarng dia sudah bisa jalan dan berlari khas anak anak. permasalahannya telapak kakinya kalau berjalan agak masuk sehingga kadang dia bisa keserimpet kalo jalan cepet atau lari sehingga jatuh. mohon masukannya dok.

    terima kasih

  71. Ani Sulistiyowati says:

    Selamat siang, Dok..
    Anak saya usia 3 tahun. Sekitar enam bulan ini setiap malam, mengeluh kakinya sakit. Jari kakinya mencengkeram-mencengkeram gitu. Sambil menangis kesakitan. Akhir akhir ini mengeluh kakinya sakit sepanjang hari. Saya konsultasikan ke dokter spesialis anak, dokter mengatakan kekurangan vitamin B, harus banyak minum air kacang hijau dan makan kacang-kacangan lainnya. Sudah dites darah lengkap, hasilnya normal. Saya minta dirontgen, bagian telapak kakinya, hasilnya juga normal. Oleh dokter spesialis anak, dites jongkok berdiri, lompat lompat, juga bisa, tidak ada masalah. Saya pernah baca diinternet, ada anak yang mengalami masalah seperti itu, ternyata didiagnosa rematik, harus minum obat anti biotik selama 1 tahun. Untung belum terlambat, jika terlambat bisa menyebabkan gagal jantung. Sebagai ibu, tentu saja saya kawatir, Dok. Menurut dokter anak saya sakit apa? Apa yang sebaiknya harus saya lakukan? Saya takut terjadi sesuatu yang fatal pada anak saya? Mohon bantuannya…

    • Muki Partono says:

      sebaiknya kami periksa lbh dulu utk memastikan kelainannya

      • Sylvia says:

        Selamat siang Dok,

        Mau tanya Dok, beberapa hari ini saya merasakan sakit dibagian pantat sebelah kanan apabila sedang duduk, hari kemarin sakitnya hilang tp pindah ke paha atas dan betis belakang, semlm saya pijet dan paginya dibagian pantat sebelah kanan sakit lagi kalo dibawa duduk kelamaan.
        Sakitnya sih engga yg banget tp nyut2an dan merasa khawatir.
        Oiya, saya 35th, berat 55kg, tinggi 163cm
        Apakah gejala rematik atau ada sesuatu yg meghawatirkan ya Dok.
        Hrs cek kemana ya Dok

  72. Sylvia says:

    harus diapain ya dok?
    bagaimana pengobatannya?

  73. Selmat pagi dok

    Kira3 blan yang lalau aq kclkaan dok, shingga lutut kanan saya pecah jadi 2 , sekita itu juga saya langsung d operasi dengan pemasangan pen dan kawat,allhamdullah nya saya bisa nekuk dengan poollll,,, yang aq mau tanyakan dok kira2 berapa bulan lagi aq bisa buat untuk berlari? Dan olahraga apa dok untuk bisa nguatkan lutut saya ini?

  74. Novita says:

    Selamat siang Dok..

    Dok, saya wanita umur 23th.. begini dok ceritanya.. minggu lalu, saya jalan kaki seperti biasa.. tb” lutut sebelah kiri saya lemes gt.. kayak keseleo gt.. tiba”.. padahal saya jalan tidak kesandung apa”.. itu membuat
    lutut saya bengkak.. jalan sakit, naik turun tangga juga sakit.. saya ke
    dokter, katanya bantalan lutut saya robek.. apakah benar?
    Jika iya, apa tindakan yang harus saya lakukan?
    dokter praktek di rs. Puri jadwalnya kapan saja?
    trims dok..

    • Muki Partono says:

      ya benar kemungkinan bantalan robek tiba2 dan pastikan dengan pemeriksaan MRI lutut, kn dengan foto rontgen biasanya tdk terlihat, jadwal praktek kami tolong lihat di web klik pada jadwal praktek di 3 dari pojok kiri

  75. david says:

    Malam dok saya david , saya mau bertanya ,umur saya 26tahun , pada tgl 31 desember 2013 saya melakukan operasi pasang pen di tulang paha kanan saya, kata dokternya fraktur femur , dan minggu lalu tgl 22 januari saya disuruh rontgen dan dokter blg hasil bagus tinggal tunggu prmbentukan tulang baru dan 8minggu pasca operasi sudah boleh belajar napak , yang saya ingin tanyakan dokter muki , apa iya secepat itu saya sudah boleh belajar menapak kan kedua kaki saya ? Thanks dok..

    • Muki Partono says:

      Memang hanya saja menapakkan sebagian patokannya coba dgn timbangan badan menekan 20 kg dulu nanti bertahap lalu kemudian bisa menapak full sampai 8 bln lah

  76. ash says:

    Dokter Muki,
    anak saya umur 3 tahun, mengalami cedera patah tulang pada lengan kiri-nya (di atas pergelangan tangan) salah satu tulangnya fracture dan 1 lagi bowing. kami sudah bawa anak kami ke spOT dan pengobatan-nya menurut spOT tersebut hanya cukup di gips atas bawah lengan (2 lempeng gips lalu dibalut)
    pertanyaan saya Dok…
    1. setelah 2 minggu di gips, sewaktu jadwal kontrol dan gips dibuka, kenapa tangan anak saya masih bengkak?
    2. kenapa tangan anak saya tetap masih sakit saat digerakkan sewaktu gips tersebut dilepas saat kontrol? berapa lama waktu yang dibutuhkan agar rasa sakit-nya hilang?
    2. apa betul meski tulang anak saya itu bengkok, akan bisa lurus lagi dengan sendirinya dengan perkiraan 6 bulan – 1 tahun kedepan (seperti kata SpOT yang kami kunjungi), tanpa tindakan pelurusan tulang tersebut, sebelum di gips?

    terimakasih banyak dok atas waktu dan second opinion-nya.

    • Muki Partono says:

      tolong baca artikel kami tentang hal ini, HEBATNYA PATAH TULANG PADA ANAK, pad anak insya allah nanti akan seperti semula lagi, hanya saja butuh waktu , 2 minggu sih blm apa2

  77. kholid fauzi says:

    Selamat Malam dok,
    Saya Kholid dari bengkulu,
    saya mengalami gangguan di pinggang, kalau mau berwudlu sakit sekali menahan berat badan (berat saya 90 kg-tingi 170 cm), gejala ini sudah lebih dari 10 tahun, tapi sekarang2 ini baru terasa sakit sekali, persendian dari kaki sampai tangan jadi pegel, pada bagian lutut untuk berdiri sekarang sakit (baru 2 bulan), di bagian atas kemaluan sakit (kata orang porstat), di bagian dubur sakit mungkin wasir atau ambeyen, umur saya 36 tahun, sebaiknya saya bagaimana dok?

    • Muki Partono says:

      kholid pertama turunkan berat badan dulu sampai 70 kg , kalau keluhan anda tak berkurang baru kita lakukan pemeriksaan MRI lumbal sptnya anda mengalami gejala penekanan saran pinggang

  78. Safwanus says:

    Pagi dok, saya mempunyai anak perempuan usia 10 bln dan mengalami CTEV pada kaki kanannya. mulai usia 3 bulan sampai 6 bulan (setiap minggu di ganti) sudah kami coba menggunakan gips. tapi hingga sekarang masih belum ada perubahan. ini akan saya menggunakan sepatu yg biasa digunakan untuk pengidap CTEV. adakah solusi yg lain yg bisa kami coba utk lakukan…? jika dilakukan operasi, apakah luka bekas operasi akan terlihat hingga dewasa…? terima kasih Dok…

    • Muki Partono says:

      kalau tdk ada perubahan, sebaiknya operasi. luka operasi akan terlihat tapi umumnya sih nggak masalah pada pasien2 kami

  79. Safwanus says:

    Terima kasih atas sarannya, mungkin Dokter punya saran dokter yg ada di surabaya…(maaf, karena saya berdomisili di surabaya)

  80. hari says:

    Dok, saya laki-laki 19 tahun. Saya memiliki masalah pada bagian tulang rusuk sebelah kanan saya yang cekung ke dalam. Apakah itu termasuk kelainan? Bagaimana cara mengembalikannya ke kondisi normal? Terima kasih.

  81. HERMAN says:

    Salam dokter Muki, mama saya berumur 72 th, sudah setahun ini di tempat tidur saja, dikarenakan semua ototnya seperti kaku / menciut, sehingga tidak bisa bergerak. Awalnya dari sakit punggung dok, setelah di foto ternyata kata dokter pd saat itu, ruas tulang punggungnya menempel semua,
    dan ada banyak syaraf yg terjepit, dikarenakan ada osteophorosis dokter pun tidak berani ambil resiko operasi. Apakah ada pengobatan untuk melemaskan otot-otot tersebut tanpa operasi sehingga mama saya bisa bergerak lagi? Terima Kasih Dokter Muki.

  82. Henry Budiharto says:

    Saya umur 55 tahun, jatuh dari plafon rumah pada tgl 26 Jan yang lalu. Hasil rontgen dan MRI L2, L4, T11 dan tulang ekor patah dan disarankan untuk dilakukan vesselplasty.
    Apakah di RS Puri Indah ada fasilitas ini atau apakah ada saran tindakan lain dari dokter ?
    Ditunggu tanggapan dari dokter,

    Terima kasih atas perhatian dan kesediaanya.

    • Muki Partono says:

      tindakan lain konservatif saja , istirahat bed rest sampai 1 bulan spy tulangnya menyambung dulu, kalau vesselplasty kami ada fasilitas itukan alatnya saja di pesan , tidak ada fasilitas khusus

  83. david says:

    Siang dokter , saya mau tanya , saya mengalami fraktur femur , dan sudah dipen ,dokter spOt saya memberikan saya obat hi-bone , kolkatriol , dan alovell .. Yg ingin saya tanyakan , kalo saya ada tambah minum suplemen CDR boleh gak dok ?

  84. chris says:

    dok, kalo mau dioperasi cubital tunnel, apa hrs diperiksa syaraf2nya lagi (EMG) ?? PADAHAL UDH JELAS2 DI SIKUNYA SAKIT KALO DI TEKUK (ADA YG MENJEPIT DI SIKU…..TRIMS

  85. chris says:

    Pak dokter, mau tanya, kalo operasi cubital tunel sindrom (siku kanan), kira2 biayanya brp ? apa hrs menginap ? apa dibius total ? prosesnya berapa lama ? trims

  86. okta says:

    Dear docter. Saya perempuan, seorang atlet volly dki. Saya kena cidera lutut kiri disaat bertanding. Sebelumnya saya sudah konsul dan melakukan rontgen dan hasilnya tulang saya tidak apa apa. Dan saya juga melakukan fisioterapi. Saya sempat recovery tapi tdk lama hanya berkisar 2 minggu lalu ikut latihan seprti biasa. Sekarang lutut saya sudah bsa ditekuk 115° tapi jika diluruskan masih ada yg mengganjal. Dan biasanya kalo selesai program berat lutut saya nyilu sekali dan kaku. Itu kenapa dok? Dan setiap saya gerakan lutut saya berbunyi “kletek” selalu seperti itu dok. Kira2 knpa dok? Mohon responnya ya dok. Trims.

    • Muki Partono says:

      anda mengalami robekan bantalan yg cukup serius saran sebaiknya dilakukan operasi artroskopi krn anda atlit jd jgn dibiarkan lama krn akan merusak tulang rawan lutut anda

  87. windha says:

    teman saya hari kamis tgl 6 februari 2014 kecelakaan motor yang mengakibatkan tulang di bagian siku tangan kiri patah, dan telah dilakukan operasi pemasangan pen pada hari minggu 9 februari 2014
    tetapi setelah operasi tangan temen saya tidak pakaikan gips seperti biasanya orang yang operasi pasang pen, hanya dibalut perban dan balut dengan kain
    ditanyakan kepada dokter yang terkait jawabannya adalah tidak dipasang gips agar reflek tulang tidak hilang .
    apakah memang demikian dok jika pasang pen dibagian siku?? dampaknya tidak menggunakan gips setelah operasi apa yah dok?
    karena saya sendiri ngeri melihat saat dy akan ke toilet tangannya di papah begitu..
    mohon pencerahannya dok
    terima kasih

    • Muki Partono says:

      sebenarnya tdk ada keharusan pasang gips lagi setelah kita melakukan operasi pasang pen, yg tahu apakah perlu atau tdknya dokter yg mengoperasinya jd lanjutkan saja pengobatannya

  88. HERMAN says:

    Malam dokter , saya mau tanya , mama saya umur 72 th, sudah 1 th berbaring ditempat tidur, dikarenakan otot-ototnya seperti menciut / pendek, ditambah menderita osteoporosis, apakah ada obat untuk melemaskan otot-otot tersebut.
    Terima kasih dokter.

  89. hendra says:

    malam dokter.. 3 minggu yg lalu tendon archiles saya putus..karena panik saya dibawa besoknya ke rumah sakit gleaneagles kualalumpur ..jadi sampai disana saya di rujum ke dr sport injury anthroscopy..sampai disana saya cuma dikasi pakai ROM walker..saya minta mri atau xray dokternya malah suruh ndak usah dan cuma dikasi waktu 1.5 bulan pakai sepatu.dan selanjutnya fisioterapi..dan tidak disarankan operasi..pertanyaan saya apakah tendon archiles itu tersambung sendiri.. atau bagaimana seharusnya..thanks

  90. Niken says:

    Pagi Dok, saya Niken

    Saya punya pacar di tahun 2011 kecelakaan motor, lalu di bulan ini pen tersebut akan di lepas dikarenakan pen tersebut putus. Saya ingin bertanya untuk pemulihan setelah operasi lepas pen di kaki kiri (Lutut) berapa lama ya dok??
    Apakah bisa jalan normal kembali ??

    Trima Kasih

  91. Muki Partono says:

    bisa baca artikel kami tentang penyembuhan tulang pada web ini biar jelas semuanya

  92. Dwi T says:

    Yth. Dr. Muki,

    Saya menderita HNP sejak tahun 2004 di leher dan pinggang L3/4/5.
    Saya pernah dioperasi oleh Prof. dari Beijing di RS. Abdi Waluyo tahun 2008, namun yang saya rasakan masih sama saja kecuali yang bagian leher.
    Saya pekerja keras dan sangat aktif. Karena penyakit ini, sudah 10 tahun rasanya sangat menderita bila sakit menyerang.

    Sejak dioperasi tahun 2008, saya menjadi sangat trauma karena rasa sakit yang dirasa saat operasi tersebut di bagian syaraf saya walaupun kata dokter anestesi sudah dosis maksimal. Saya tidak tahu kekeliruannya dimana.

    Pertanyaan saya:
    1. Bila disc diangkat, apakah akan menyebabkan struktur tulang punggung berubah?
    2. Apakah penyakit ini tetap berkemungkinan kambuh setelah operasi?
    3. Berapa % resiko kegagalannya? Karena saya sangat kuatir lumpuh seperti yang disampaikan dokter-dokter yang pernah saya temui.
    4. Apakah saat operasi akan terasa sangat sakit juga?

    Mohon bantuan jawaban dokter. Terima kasih sebelumnya.

    Salam,
    Dwi T

    • Muki Partono says:

      sebaiknya kami periksa lbh dulu utk mengetahui kondisi anda terkini dan bawa semua data2 yang anda miliki , mudah2an ada solusinya , disc diangkat kalau metode minimalis tdk akan merubah struktur tulang, angka kekambuhan pasti ada pada setiap tindakan hanya saja tergantung metode yg dipilih , minimalis angka kekambuhannya rendah dibandingkan metode lain, insya allah resiko kelumpuhan bisa dihindari dengan metode minimalis, angka keberhasilan lbh kepada individu dokter yg melakukan operasi karena masing2 punya metode sendiri yg diyakini, metode kami saat operasi pasti tdk sakit karena anda dibius umum

  93. Dwi T says:

    Terima kasih untuk informasinya, Dok.
    Saya atur waktu utk konsultasi dengan dokter sambil menyiapkan mental saya lg utk operasi.
    Terima kasih banyak.

  94. Yenny says:

    Selamat malam Dr. Muki, saya mau tanya..jari tengah saya ( triger finger ) sudah pernah disuntik 2x sepertinya sekarang kambuh lagi, apakah harus dioperasi? Biayanya berapa? Terima kasih….

  95. angga says:

    Halo dokter Muki, saya hendak bertanya soal keluhan yang dialami oleh Ibu saya, tiba2 lutut sebelah kiri nya mengalami pembengkakan dan jadi mengalami susah untuk berjalan (walaupun masih bisa hanya harus sangat pelan dan sedikit dipaksakan), ibu saya mengalami pernah melakukan rontgen dan hasilnya adalah osteoarthritis, apakah ada cara atau obat agar mengurangi bengkaknya agar bisa berjalan normal dan kemudian diperiksa lebih lanjut? Terimakasih sebelumnya dok…

    • Muki Partono says:

      kalau bengkak biasanya cairan sendi lututberlebihan biasanya kami lakukan aspirasi utk mengeluarkan cairan yg berlebihan dan sekaligus diberi obat ke dalam sendi lututnya utk mencegah pembengkakan selanjutnya

  96. FS says:

    Siang Dok,

    Sekitar 3 tahun lalu saya kena cidera lutut kiri akibat bermain futsal. Setelah 3minggu beristirahat saya sudah dapat tekuk kaki saya dengan normal. Namun setiap saya bermain basket/ futsal lagi, kaki saya cenderung kepletek & lutut saya akan bengkak 1 atau 2 hari.
    Saya sudah coba rontgen & hasilnya normal tidak ada pergeseran. Kurang lebih sudah hampir 6 bulan dari terakhir saya olah raga rutin, sekarang ini tiba2 lutut kiri saya nyeri bahkan untuk jalan biasa. Itu kenapa yah?
    Mohon responsenya. Thanks

  97. Azhar Rifai says:

    Selamat pagi dokter Muki,
    Istri saya menderita syaraf terjepit di tulang pungung (L5) sesuai dg hasil pemeriksan MRI. Disarankan oleh dokter yg memeriksa agar segera dioperasi.
    Yang ingin saya tanyakan kepada pak dokter,
    1.Berapa perkiraan total biayanya?
    2.Berapa lama perawatan di RS?
    3.Berapa besar tingkat keberhasilan operasinya?
    Maaf dok, kami perlu jawaban dokter krn kami berdomisili si Jambi.
    Terima kasih.

    • Muki Partono says:

      tehnik yg kami kerjakan adalah MED , dgn sayatan kecil 1,5-2 cm, tdk ada alat yg ditanam dalam tubuh, perawatan 1 hari saja, dan langsung bisa mobilisasi, kisaran biaya 40 jtan, perawatan klas 3, tingkat keberhasilan silahkan anda baca testimoni pada web ini , insya allah di atas 90%, 100% milik allah swt

  98. debby says:

    selamat pagi dok,saya deby umur 20th ..gini dok pantat kanan bagian bwah saya sering sakit..
    itu kenapa ya dok
    dia mulai dari lutut kek mau lepas langsung saya jatoh dan langsung terhempas…
    terus bagian pantat bawah saya sakit hebat dok
    tapi cuma 30menit abis tu ilang lagi
    itu kenapa dok

    • Muki Partono says:

      gejala spt saraf terjepit di pinggang ,coba lakukan berenang dulu teratur 1 kali seminggu dan tidur alas keras

  99. lidia says:

    siang dokter Muki, saya mau tanya dok, kalau untuk operasi ganglion pada pergelangan tangan kisaran berapa juta ya dok….??

  100. nadya says:

    Dok, mohon bantuannya : sy mempunyai anak laki usia 9 tahun juli ’14 nanti, TB 119 cm, BlackBerry 25kg… bagaimana caranya agar anak sy dapat tambah tinggi badanny, supaya bisa setara dengan teman sebayany? perlu di bagaimanakah anak sy dokter, semisal suntik, minum vitamin tinggi badan, atau apakah perlu dilakukan pembedahan.. mohon saranny dok? Makasih..

    • Muki Partono says:

      suruh anak ibu olah raga tiap hari dan berjemur matahari dibawah jam 10 pagi 20 mnt saja. dan istirahat cukup misalkan tidur siang

  101. julia says:

    dok saya mengalami tabrakan tgl 18 februari 2014.tulang metatarsal khusus’a tulang jempol saya nonjol dok akibat benturan kena step motor.saya juga sudah urut ke patah tulang blm sembuh jg dok.tetap nonjol.akhirnya saya rongent dan kliatan tulangnya itu nonjol.saya harus bagaimana ya dok?bisa berobat ke dokter?mohon jwbn’a dok

    • Muki Partono says:

      sebaiknya pastikan dgn foto rontgen apakah memang ada kelainan , bila ada mungkinperlu tindakan krn biasanya terjadi penymabungan dengan posisi yg tdk tepat akibatnya terjadi perubahan bentuk tulang

  102. afdal says:

    Assalamualaikum Dok… Saya mau tanyak ne.. Kaki kanan saya sudah terpasang Pen Dari tahun 2003.. Sampai Sekarang belum saya lepas tahyn 2014.. apakah ada efek sampingnya.. kalau terlalu lama tidak di lepas… Tapi untuk sementara waktu efeknya jga di kulit aja yg terlihat…seperti luka bakar…tapi ketika saya kasih salap kulit sembuh lagi..

    • Muki Partono says:

      kalau sdh ada keluhan luka disekitar daerah operasi sebaiknya dilepas saja pennya baca artikel kami tentang hal ini pada web

  103. yohanes says:

    Pak Muki yang terkasih, saya mohon bantuannya, saya punya anak perempuan usia 1,5 tahun, 2 hari yg lalu anak saya jatuh terpeleset dilantai dengan posisi pinggulnya terkena lantai, tapi sesudah itu anak saya masih bisa dapat bermain/berjalan seperti sediakala tapi keesokan harinya anak saya susah bangun sendiri karna merasa sakit dibagian pinggul sebelah kiri, dan tidak mau berjalan. kalaupun mau tapi nangis terus. kemungkinan besar apakah anak saya patah tulang atau skedar keseleo atau bagaimana ya dok. terimakasih

    • Muki Partono says:

      mungkin keseleo saja, tapi utk memastikan sebaiknya dilakukan foto rontgen, istirahatkan dulu jgn banyak jalan dan minum obat nyeri dan mengurangi bengkak

  104. Indesa says:

    Dear dr.Muki,

    Selamat siang Dok, saya ingin bertanya mengenai penyakit yang diderita ibu saya.
    Beliau mulai merasakan ngilu di pinggang sejak sekitar 1 tahun lalu, namun timbul tenggelam.
    Kami sudah membawanya ke beberapa dokter diantaranya dr ahli reumatik, dr syaraf dan dr tulang, namun hasilnya selalu dikatakan baik-baik saja.
    Hingga sekitar seminggu lalu Kami bawa kembali ke dr syaraf dan mengatakan ibu harus di MRI.
    Dokter mengatakan ada semacam parasit (berisi cairan) tumbuh di lumbalnya, dan sudah merusak 2 ruas tulangnya. Namun hingga hari ini dokter selalu menunda operasinya tanpa alasan yang jelas sehingga Kami pun bingung dan memutuskan membawa ibu kembali ke rumah karena ingin dipindahkan ke RS lain dgn dokter lain yang lebih cappable.

    Pertanyaan saya, apakah dokter pernah menangani penyakit semacam ini?
    Dan apakah ada kemungkinan untuk disembuhkan?

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak, Dok..

  105. Wijayanti says:

    Selamat siang dokter muki, saya ingin bertanya mengenai ibu saya usia 82 tahun mengalami jatuh saat dikamar dan cedera pada tulang pinggul, setelah di rontgen menurut dokter tulang di rs tersebut mengalami retak tulang bonggol dan disaran kan harus operasi pemasangan implant/pen, namun mengingat usianya yg sudah lanjut saya sgt mengkhawatirkan apabila dilakukan operasi maka harus dianestesi dimana efek anestesi total dpt menimbulkan komplikasi dlm tubuh apabila kondisi organ tidak kuat, walaupun setelah diperiksa kondisi jantung ibu saya bagus. Tp beliau memiliki riwayat diabetes dan tekanan darahnya kadang bagus kadang lumayan tinggi (contoh: kadang 120/70 kadang 150/87) untuk saat ini beliau mengkonsumsi 3 jenis obat setiap harinya, yaitu obat gulanya, obat tensi dan obat kolesterol.
    Pertanyaan saya adalah, untuk menghindari resiko anastesi apakah ada second opinion metode penyembuhan tanpa melakukan tindakan operasi. Demikian lah pertanyaan saya, mohon dgn sangat responnya karna saat ini ibu saya sedang lemah dan sakit menunggu keputusan tindakan. Dan apabila dokter memiliki solusi lain maka kami ingin sekali segera ditangani oleh dokter muki. Saya ucapkan banyak terima kasih sebelumnya.

    Ps: kalo boleh saya minta kontek number dokter muki supaya bisa berhubungan langsung.

    Best regards,
    Wijayanti.

    • Muki Partono says:

      saran opeasi saja . ibu liha di web kami ada tampilan filp ibu usia 85 tahun yg kedua bonggolnya sdh diganti bonggol palsu dan s, film itu saya buat 4-5 hari setelah operasi

  106. Atriva says:

    Yth Dokter Muki Parnoto,
    ibu saya jatuh dari sepeda motor, beliau mengeluh tangan kanannya sakit tapi masih bisa angkat bahu. Bagian yang sakit itu di lengan kanan. Setelah dirontgen ternyata tulangnya patah, apa yg patah itu tulang humerus? (dokter di RS tsb tidak menjelaskan tulang apa yg patah) tapi kok ibu saya masih bisa mengangkat bahunya?
    Berapa kisaran harga jika yang patah itu tulang humerus/ tulang di bagian lengan?
    Terima kasih atas bantuannya.

    • Muki Partono says:

      pada kasus patah kadang masih bisa mengangkat tungkai atau anggota gerak yg patah , mungkin krn posisinya baik dan patahnya tdk bergeser , jadi masih bisa mengangkat tangan , masalah harga sebaiknya ditanyakan langsung setahu saya kisaran 17 jtan klas 3

  107. Maria says:

    Kpd yth : Dr Muki Partono ,
    Saya telah MRI spine & hasil problem di L5 S1.Apa traction theraphy bisa kembali normal? Sdh 8 bulan tdk kambuh, sekarang sakit lg, tdk bisa tidur dg benar,lurus ke kiri ke kanan sakit,bag kanan sp lutut itu nyeri dll. apakah tindakan microdiscectomy segera ?
    Terima kasih

    • Muki Partono says:

      traksi tdk emmbuat penonjolan hilang tapi tekanannya berkurang shg anda lbh nyaman , kalau sdh kambuh dan sering serta menggangu sebaiknya operasi saja dgn MED , hanya 1 hari rawat, sayatan kecil dan aman serta mobilisasi cepat

  108. Tiwi says:

    Ass,, dr.muki, sy (30th) mau tanya:
    Di kaki sebelah kiri dr telapak kaki sampai ke pantat/pinggang kiri sering ngilu itu kenapa ya dok? Rasanya tdk nyaman dibuat berjalan. Pernah sy minum jamu asam urat/reumatik tp ga ada perubahan. Makasih dok :-)

  109. Fendi says:

    Siang dr. Muki Partono, saya laki2 usia 30th,, sekitar sebulanan ini kalo berjalan tumit saya yang sebelah kiri terasa sakit/ngilu. Itu kenapa ya dok? Thx

    • Muki Partono says:

      kemungkinan besara anda mengalami spur calcaneal, fasciitis plantaris, sebaiknya berobat ke dokter utk dilakukan injeksi steroid agar lbh nyaman

  110. hanavy says:

    Selamat siang dok,

    Ayah saya umur 72th, 2 tahun yg lalu pernah jatuh pelan di toilet dan mgenai tulang ekornya, setelah mnjalani test pet scan januari 2013 dianjurkan dokter utk operasi. Apakah operasi di usia tersebut akan beresiko berat dok ? Apakah di rs puri indah di tempat praktek dokter bisa dilakukan operasi ini dgn catatan klo memang hrs di operasi ? Utk hasil biopsy adalah ” overall features are suggestive of chordoma”.
    Terimakasih atas perhatiannya dan saya mohon infonya dari dr muki, dikarenakan kami berdomisili di luar jawa setelah mendapat informasi dari dokter maka kami berencana utk berobat ke rs puri indah.

    Wassalam . . .

    • Muki Partono says:

      kalau kasus nya tumor sebaiknya ditangani di rs yg lbh khusus utk menangani tumor spt RS DHARMAIS di jakarta ,

  111. nita says:

    dok saya berusia 17 tahun
    diumur saya yang sekarang apakah saya dapat menambah tinggi badan ?
    Dan setiap saya mengukur tinggi badan dipagi hari tinggi saya bertambah 2 cm
    tetapi ketika mengukur disore hari tinggi badan saya kembali normal itu kenapa ya dok ?

    • Muki Partono says:

      itu kondisi yg wajar memang demikian adanya , hal itu diakibatkan saat kita baru bangun beban pd tulang belakang minimal, sedangklan sore hari tulang belakang sdh mengalami pembebanan yg mengakibatkan bantalan jd tertekan , dan bila tiap ruas bantalan tertekan 1 mm saja berarti secara total terjadi penyusutan 3,3 cm krn di tulang belakang ada 33 ruas

  112. kusuma says:

    Dear Dokter,

    Saya mau menanyakan, ayah saya sempat jatuh dari tangga 2 bulan yang lalu. Tetapi pergelangan tangannya sebelah kiri masih suka bengkak. Apalagi kalau terkena goncangan, bagaimana cara mengatasinya?
    Terima kasih sebelumnya.

    • Muki Partono says:

      kalau sdh 2 bulan hrs sdh tidak bengkak ,mungkin ada yang retak tulangnya sebaiknya lakukan foto rontgen bila hasilnya tdk ada yg retak atau patah lakukan pemeriksaan MRI utk memastikannya

  113. yogi says:

    malam dokter, saya laki-laki umur 30th,
    saya mau bertanya mengenai rasa nyeri yg sudah 1 minggu ini saya rasakan. nyeri ini timbul pada daerah tulang ekor bagian kanan. sehingga pada saat bangun tidur atau pada saat memakai celana, memakai sepatu bahkan setelah turun dari mengendarai motor (posisi membungkuk) rasa nyeri ini timbul. dulu pernah sekali saya melakukan rontgen dan dokter waktu itu menyatakan bahwa saya mengalami unstable lumbosacral joint.

    mohon pencerahannya dok, apakah ada treatment atau cara untuk menyembuhkan rasa nyeri tersebut?

    terimakasih

    • Muki Partono says:

      berenang, tidur alas keras, minum obat nyeri sementara

      • yogi says:

        pada saat nyeri tersebut, saya sempat berkaca dan menundukkan kepala. melihat bahwa dari kepala sampai ujung kaki tidak dalam 1 garis as. posisi tulang pada bagian perut melengkung ke kiri kadang ke kanan juga dok. apakah ini juga disebabkan oleh unstable lumbosakral joint tersebut atau skoliosis (dari artikel yang pernah saya baca).

  114. Emanuel Rian says:

    Sore Dok.

    Nama saya Rian, umur 24 tahun. saya baru saja melakukan MRI dan didagnosa ada ruptur pada ACL dikarenakan impact pada saat bermain basket.
    pertanyaan saya, makna dari ruptur sendiri apakah putus atau robek? Karena saya masih bisa jalan tanpa memakai tongkat, namun lutut unstable dan kaki tidak bisa menekuk lebih dari 90an derajat.

    Selain itu, kebetulan saya melihat dan mengetahui Dokter adalah salah satu bagian dari dokter orthopedi di gurp RS Pondok Indah (mohon maaf apabila salah).
    yang ingin saya tanyakan, berapakah perkiraan biaya operasi artroskopi ACL double bundle di RS Pondok indah? dan kategori operasinya (major atau intermediate)?

    dan apakah operasi double bundle ada efek jangka panjangnya saat sudah tua nanti?
    Mungkin jika disamakan dengan kasus patah tulang, jika memakai pen dan dipasang di tulang, pada cuaca dingin bisa menyebabkan terjadi ngilu, apakah sekrup ini juga bisa mengakibatkan seperti itu, mengingat bahwa sekrup yang dipasang lebih banyak dari single bundle.

    Sekian pertanyaan saya. Terima kasih banyak dokter Muki.

    • Muki Partono says:

      ruptur artinya robek bisa sebagian (partial) atau total seluruhnya dampaknya lutut anda goyang saat berjalan tapi anda bisa berjalan krn memang fungsi ACL utk mencegah lutut lari ke sisi depan , rekonstruksi ACL memang ada penganut duoble bundle dan penganut single bundle, prinsip kalau double menganggang rekonstruksi lbh anatomi, sedangkan yg singgle tdk tapi lbh tebal ligamentnya, anda betul kalau double penggunaan instrument lbh banyak dan membuat lubang pada lutut lbh banyak jd ada 4 tunnel, jd dari sisi cost dan dampaknya lbh ringan, saya pengikut yg single bundle,berdasarkan pertemuan meeting SPORT ORHOPEDIC yg I di Hongkong, setelah dilakukan votting pada seluruh orthopedic yg hadir dari seluruh dunia pada saat itu, ternyata sebagian besar penganut SINGLE BUNDLE dengan 3 alasan ; lbh simple, lbh murah, buat pasien lbh nyaman dan ternyata hasilnya tak jauh berbeda artinya sama baiknya.

  115. adri.eliazer says:

    dok tanya..saya laki2 umur 35th..keluhan saya pada ke 2lutut saya..naik dan turun tangga sendi sya sakit sekali..apakah dengan suntikan atau operasi..baru bsa sembuh..cttan saya suka olah raga voly..trima ksih

    • Muki Partono says:

      sebaiknya kami periksa lbh dulu apakah benar kelainan pada lutut atau nyeri menjalar kelutut, kalau emang kelainan pada lutut biaanya penyebabnya ada cedera bantalan lutut dan tulang rawan , pengobatan bisa dengan obat saja atau dibantu dengan suntik

  116. Selvira says:

    Selamat sore dokter, saya Selvira 20 tahun, saya menderita lordosis namun tidak ada nyeri atau keluhan2 yang saya alami. Saya mau tanya, apakah tidak apa2 bila tidak diberi pengobatan lebih lanjut dok? Dan bisakah lordosis diobati dengan penggunaan brace? terima kasih sebelumnya dokter.

  117. rizky says:

    Dear dokter muki

    Dok mau nanya saya saya kena fraktur tertutup krn tabrakan.. patahannya sangat bagus dan struktur tulangnya tidak ada yg rusak (kalau saya cari2 info katanya patahan chopstik namun ada pergeseran)

    nah itu bagaimana dok apakah bisa melalui jalur non operasi?seperti pemasangan sling point of 8?atau terapi?

    krn jujur untuk biaya cukup mahal jika melakukan operasi

    terima kasih dok

    • Muki Partono says:

      bisa saja , hanya saja menyambungnya tdk tepat baca konsultasi Tn alfin suhendra, yg mengalami kasus yg sama patah tulang selangka pada usia 16 tahun dan saat ini mengeluh sering pegal pada daerah punggungdan bahunya miring

      • rizky says:

        Solusi terbaik apa dok?apakah bisa dengan operasi minor?seperti pemasangan kawat bukan pen?

        terima kasih atas jawabannya dok

  118. Tita Tresnawati says:

    Selamat pagi dr…suami saya usia 40 th udah 2 minggu belakangan ini jari tengah sebelah kanan setiap bangun pagi tidak bisa di tekuk dan sedikit bengkak… Menurut dr , apakah masih bisa di obati ? Atau ada tindakan lain yg bisa menyembuhkan sakit nya itu…sebagai catatan suami saya punya penyakit diabetes …terimakasih.

  119. Benny says:

    siang dok,
    ada pembengkakan di paha kiri belakang saya, sudah MRI dan ada 2 opini berbeda yaitu baker cyst yang pecah dan soft tissue tumor, dan harus segera dioperasi. apa dok pernah tangani kasus spt itu? menurut dok bagaimana?

    many thanks utk responnya

    notes: domisili saya diluar jakarta

  120. diki murdani says:

    Assalamualaikum dr Muki, anak saya umur satu tahun, kena tortikolis sejak umur 2 minggu, sudah fisio terapi, tapi belum ada hasil memuaskan…solusinya dibedah apa gmn? terus kalo dibedah kira kira harus ada biaya berapa ya dok? tolong anak saya, mksh.

    • Muki Partono says:

      hrs diperiksa torticolisnya murni atau sebab akibat dari kelainan pada tulang leher, krn pengobatannya berbeda, saran diperiksakan kembali ke dokter tulang yg ada di tempat bapak saja setahu saya kan dokter tulangnya hanya ada 2 orang pilih saja yg mana yg bapak suka

  121. Yesi says:

    Slmt mlm dokter,salam kenal,,sya bru 3 bulan pasca operasi melahirkan,smpai skrg saya kalau duduk dilantai trus berdiri badanny bungkuk karna perutny terasa sakit kalau langsung badan dluruskan,,3 minggu yang lalu saya lagi duduk santai tiba2 kepala sampai badan saya kesemutan,badan terasa pegel” pdhal sya tdk beraktivitas berat, seperti baru dsuntikkan bius dan bius sedang bekerja kata m2 saya wajah saya pucat banget,sesak nafas muntah2,sekarang telapak tangan,telapak kaki berkeringat terasa panas seperti diatas api,berat badan saya trun 7kg,betis saya kesemutan ,Wajah saya klau terkena panas kesemutan,saya kenapa ya dokter??trims

  122. clairine says:

    Malam dok,
    Saya mau tanya…sudah hampir 2 bulan ini mama saya sering merasakan nyeri di telapak tangannya (terutama di daerah bawah jempol yang mengarah ke pergelangan tangan). Sudah pernah ke sinshe dan katanya itu adalah radang sendi,yg bs terjadi karena mengangkat beban yg berat. Hingga saat ini keadaannya tidak sembuh2 dok, ada yg bilang itu de quervain sindrom. Sampai sekarang jempol mama sy sakit jika digunakan untuk menggenggam sesuatu atau kalau digerakkan. Pengobatan yg tepat apa ya dok? Apa hrs disuntik? Terima kasih.

    • Muki Partono says:

      bisa suntik bisa operasi kalau sdh mengganggu sebaiknya dioperasi saja krn jempol memegang 60% dari fungsi tangan kita

  123. dian says:

    Assalamualaiku docter

    Docter ibu saya sudah hampir 1th ini mempunyai masalah dengan lututnya kalo sudah duduk untuk bangun lagi butuh waktu lama karena lututnya sakit dan sudah 2hari ini kaki ibu saya mulai bengkak dan kalo buat dipakai dan sekarang kalo berjalan sudah susah.
    Docter saya mohon solusi untuk lutut ibu saya karena ibu saya sudah banyak minum obat untuk lutut dan tidak ada perubahannya

  124. Novelgio says:

    Dok, slmt sore.. Ingin konsultasi. Saya ada 1 pertanyaan saja.. 4hr lalu saya mengalami kecelakaan, tulang kaki saya sedikit retak, kaki saya dijahit 14 jahitan. Lalu kaki di spalek, dokter menyarankan mondok, krn kondisi kesibukan keluarga saya akhrnya di rawat di rumah. Pertanyaannya : apa yg hrs saya lakukan agr tulang terjaga? Saya hrus meminimalisir kegiatan seperti apa? Dan berapa lama lagi saya bisa sembuh dan bisa jalan? Saya hanya ke kamar mandi saja itupun pake tongkat, dan kaki saya angkat. Trmkasih dok

    • Muki Partono says:

      pastikan tulang anda posisi patahnya baik, kalau memang demikinan istirahatkan dari kegiatan selama 3 minggu waktu utk tulang menyambung , selama itu istirahat dan berjalan dengan tongkat tanpa menjejajkkan kaki

  125. Yesi safit says:

    Pg dokter,tulang punggung saya suka terasa nyeri dibagian sebelah kiri kalau saya habis nyetrika atau melakukan aktivitas seperti cuci piring terasa nyeri sekali dan terasa agak panas,telapak tangan saya jg seperti terasa panas terbakar dan dimalam hari saya suka pegal2 kaki dan tangan,sering kesemutan dan mendingin,,kalau kecapekan kepala suka pusing,dan kaki sebelah kiri akhir2 ini terasa gatal2 dan kulitnya kering dan sedikit menghitam bekas garutan,,apa yang harus sya lakukan dokter?apa perlu MRI?brp biaya MRI dokter? Sekian terimakasih dokter :)

  126. Ali Toni says:

    Pagi Dok, nenek saya umur 70 th
    mengalami pengeroposan tulang sendi punggung
    sebanyak 4 ruas. Berobat sudah kemana2 tp g ada hasil
    Mohon petunjuk sejelas2nya Dok
    Sekarang nenek hanya bs tiduran
    Matur Suwon Sanget Dok

  127. Muki Partono says:

    Sebaiknya ke dr tulang saja mnrt kami anda perlu evaluasi kembali mungkin perlu suntik pada lengannya

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome