Benjolan setelah melahirkan

November 5, 2010 Dr Menjawab Leave a reply

Selamat malam Dok…saya SL (21 tahun)…setelah melahirkan, bagian punggung saya sakit sekali & membuat saya susah berjalan. Kata orang mungkin salah posisi waktu melahirkan…maklum baru pertama kali. Lalu setelah sebulan, saya pijat di ibu pijat setempat (tradisional). Tapi tidak ada perubahan. Beberapa bulan kemudian saya pijat lagi, di tukang pijat yg berbeda (karena merasa yg pertama mungkin kurang cocok). Selama 3 hari pertama saya merasa sedikit lebih baik. Tapi perlahan rasa sakit itu muncul kembali. Sampai sekarang yg saya rasakan memang tidak sakit seperti dulu, tapi saya menemukan ada seperti pembengkakan pada tulang punggung saya bagian bawah (dekat tulang ekor). Tidak ada rasa sakit yg ditimbulkan Dok. Namun rasa sakit begitu nyeri kerap kali saya rasakan di bagian atas punggung, rasanya seperti urat yg keseleo. Kira2 apa ini berbahaya atau tidak ya Dok? Tolong beri saran..apakah harus secepatnya melakukan perawatan medis? Karena sampai saat ini saya masih menyusui bayi saya secara eksklusif. Terima kasih banyak.

jawab ; kadang kalau melahirkan dengan cara normal dan bayinya besar serta pertama kali spt ini , mungkin dengan seiring waktu nanti berangsur berkurang, kalau anda khawatir tentang benjolan di tulang ekornya sebaiknya diperiksakan

About author:

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome