Benjolan jinak di kaki

December 3, 2010 Dr Menjawab 32 Comments

Assalamualaikum Dr. Muki

Ibu saya merasakan sakit di pergelangan kakinya dan setelah dilakukan rontgen ternyata ada benjolan (tumor) jinak dikakinya tersebut. Dokter tersebut mengatakan bahwa bisa dilakukan operasi untuk mengangkat benjolan tersebut.

Yang saya ingin tanyakan apakah hanya dengan operasi benjolan tersebut dapat dihilangkan, atau bisa dengan cara lain seperti dengan obat-obatan. APakah benjolan tersebut akand apat membahayakan dan menjadi sebuah tumor ganas?

Mohon penjelasannya.

jawab : benjolan dalam istilah medis namanya TUMOR , bila menghadapi tumor kita periksa  apakah isinya cairan , kenyal atau padat, bila cairan bisa kita kurangi dengan menyedot, tapi bila bukan kita harus angkat, tumor ada 2 jenis bisa jinak atau ganas. Bila jinak masih bisa berubah perangai menjadi ganas cuma presentasinya kecil ( 1 %). Jenis tumor itu macam2 , utk mengetahui jenisnya kita hrs melakukan pemeriksaan mikroskop (PA), untuk itu kita butuh sampel dan sampel itu kita ambil dengan lewat tindakan operasi. Jadi operasi punya 2 tujuan , pertama mengangkat tumor sampai bersih, kedua untuk diperiksakan apa jenis tumornya, setelah ada hasil kita baru mengetahui jenisnya apa dan baru kita berikan pengobatan lanjut

Terimakasih atas jawaban & penjelasannya Dr. Muki.

About author:

32 Responses to “Benjolan jinak di kaki”

  1. nova says:

    Assalamualaikum.. Dr. Muki

    Saya punya sahabat pria, memiliki benjolan di bagian kaki, perut, tangan, paha.. Dlu dia pernah merasa sakit d bagian perut’nya.. Tp skrng sudh tdk begitu sakit.
    Benjolan itu kenyal, pernah ke dokter, tp solusi hanya di biarin, krna kalo di operasi akan menambah bnyak.
    Bagai mana kalo di biarin? Bukan’nya semakin besar ?
    Dan apakah itu bisa hilang dgn pengobatan lain?
    Dan nama tumor itu apa dok, dan apakah tumor itu akan menyeluruh ke badan ?? Trimakasih Dr,Muki

    • muki partono says:

      Anda menderita gejala benjolan yg banyak yg disebut lipomambiar kan saja , kalau diambil bisa kemali muncul, jd biarkan saja memang resikonya tambah banyak dantambah besar

  2. Yosep Asafa says:

    Siang Dok, sejak tahun 2009 lalu, muncul benjolan kecil di kaki bagian kiri saya, namun karena benjolan ini tidak menimbulkan efek apa-apa, saya lalu bairkan begitu saja. selama waktu berjalan, diawal tahun 2012, benjolan itu mulai memunculkan efek berupa nyerih yang tidak saja pada benjolan itu tapi sampai ke bagian lutut.. kemudian pada beberapa hari kemarin, benjolan yang sama muncul lagi di kaki bagian kanan, tepat di tempat yang sama seperti kaki bagian kiri.. karena merasa takut, hingga kini saya belum melakukan pemeriksaan secara langsung ke RS atau klinik .. boleh tau ini penyakit apa ya dan mungkin ada saran penyembuhannya..
    terima kasih atas bantuan konsultasinya..

    • muki partono says:

      setiap benjolan dalam tubuh kita katakan tumor, hrs dipastikan apakah benjolan itu jenisnya jinak atau tidak ,saran konsultasikan ke dokter

  3. Ricky says:

    sore , dok
    saya mau tanya sedikit ,
    saya punya benjolan di salah satu jari kaki saya.
    mungkin akibat pemakaian sepatu sempit yang saya paksakan. sekarang benjolan itu berwarna putih dan terasa sakit ,
    apa yang harus saya lakukan buat menghilangkan benjolan itu ?
    terima kasih dok

    • muki partono says:

      sebaiknya kami periksa , kalau benjolan yg anda maksud bisa kapalan , kalau mau hilang dilakukan tindkan pngangkatan, bisa juga sebab lain jd sebaiknya konsultasikan ke dokter dulu

      • andreas says:

        Malam dok, sewaktu usia saya 17 tahun ditubuh saya sering bisulan, terakhir timbul gejala bisul di paha sebelah kanan bagian belakang, tetapi kemudian saya olesi Salep Zam-Buk yang berwarna hijau niatnya supaya tidak jadi bisul, memang sakitnya kemudian hilang tetapi benjolan menetap dan tidak pecah pula.semakin lama semakin membesar dan mengeras. ( sudah hampir 18 tahun )

        saya sudah memeriksakan ke beberapa dokter dan dikatakan tidak berbahaya,dan bisa dilakukan pembedahan bila diinginkan.

        Terakhir internist mengatakan itu neurofibroma..tetapi bila saya baca di artikel gejala neurofibroma tidak seperti yg saya rasakan pada saat timbul pertama kali.

        Mohon saran dokter sebaiknya apa yg harus saya lakukan terhadap benjolan ini, saya khawatir bila didiamkan akan semakin membesar dan berbahaya, dan apabila di bedah saya takut terjadi efek merugikan mengingat usia saya masih produktif ( 34 tahun )

        mohon saran dokter

        • muki partono says:

          kami juga curiga neurofribroma , saran jgan di ambil krn makin banyak nantinya, kalau ingin pasti sebaiknya kami periksa kembali secara klinis

  4. nita says:

    Dok, kalo ada benjolan berwarna agak hijau dibagian samping lutut itu kenapa yah?
    saya sudah konsultasi ke beberapa dokter, katanya itu seperti penggumpalan urat. benjolan tsb sudah ada sejak 8tahun yg lalu,tdk membesar, namun sering membuat kaki pegal, dan agak sakit jika ditekan. apakah harus dilakukan operasi kecil atau ada pengobatan lain? utk operasi kecil kisaran biayanya brp Dok?
    Trims

  5. amy says:

    siang dok..
    saya mau nanya .. kan waktu dari kecil di bgian kaki saya trdpt benjolan wrna hijau , wktu d periksa ke dokter ktanya gpp cuman bawaan aja. tapi lama kelamaan d telapak kaki saya ada benjolan lg dan itu sangat skit bgt dok bila d gerakan . saya periksa lg ke rs. al islam dan ternyata itu tumor jinak , saya lgsung mlakukan oprasi . sudah hampir 1thn. tlapak kaki saya mulai trasa sakit lg. gmna dok menurut dokter apa penyakit itu? tolong brikan saran buat saya dr. muki?
    terimakasih sebelumnya.

    • muki partono says:

      di cek kembali apakah benjolannya kembali muncul atau sebab lain misalkan adanya jaringan parut akibat operasi yg dulu

  6. vira says:

    saya mau tanya
    waktu smp saya pernah periksa ke dokter kan
    karna ada benjolan di telapak kaki saya
    setelah di rongsen
    kata dokter, di kaki saya ada tumor jinak
    lalu lambat laun, lama-lama benjolan di kaki saya itu tidak ada
    trus apakah cairannya itu bisa menyebar di seluruh tubuh dan tumbuh lagi dok?
    lalu kaki saya itu kalau di buat jalan itu sakit lama-lama
    saya tunggu jawaban dokter secepatnya

  7. Rizty says:

    Malam dokter Muki..
    Saya mau tanya..
    Suami saya punya banyak benjolan di organ tubuh..
    Dan ada yg besar..di paha atas bawah selangkangan,di tangan jg ada yang besar.
    Kata suami saya benjolan tsk sudah sedari dlu wktu masi kecil,dan tidak trasa sakit skalipun di tekan,,namun bila dlm keadaan cape hanya trasa pegal.
    Pernah periksa tetapi di bilang hanya darah beku..
    Menurut doktr itu apa?dan harus gmana?
    Trimakasih,

    • muki partono says:

      kemungkinan menderita tumor jinak lemak yg namanya LIPOMA dan bisa terjadi pada banyak tempat pada tubuh kita , konsultasikan ke dokter bedah umum

  8. yesi says:

    dok sebelumnya dokter bilang kalau operasi pada tumor dilakukan dengan 2 tujuan yaitu membersihkan tumor atau hanya mengambil sampelnya untuk pengobatan lebih lanjut.

    dalm kasus teman saya, dia telah melakukan operasi untuk tumor jinak yg ada di telapak kakinya akantetapi setelah kurang lebih seminggu, dia merasakan benjolan yg ada dikakinya kembali membesar. sebaiknya bagaimana ya dok? mohon bantuannya. terimakasih…

  9. al lia says:

    Malem dok. Dok maap mau tanya ibu saya sekrang ada benjolan di pergelangan kaki kiri , itu kenapa ya dok ? Dari faktor usia atau bukan ? Ada yang bilang itu urat.. Gmna dok ? Trmksh .

  10. novita says:

    Assalamu’alaikum Dr Muki
    langsung saja ya dok, di kaki saya sebelah kanan ada benjolan dan itu ada sejak SD hingga sekarang masih ada, menurut saya benjolan tersebut pertumbuhannya sangat lambat namun semakin menyebar, dan benjolan tersebut padat. pernah tanya pada seorang dokter, dia bilang tumor jinak.
    pada saat kecapekan di bagian kaki yang ada benjolannya itu terasa lebih nyeri dan jika diraba terasa panas.
    apabila dioperasi tumor itu bisa hilang dan gak tumbuh lagi tidak dok?
    terimasih dok mohon solusinya. . .

    • muki partono says:

      kalau bicara tumor tergantung jenisnya kemungkinan tumor yang anda derita jinak dari perangainya yg lambat bertambah besar , tapi kita belum tahu jenis tumornya dan baru ketahuan setelah pemeriksaan Patologi anatomi

  11. Adjie says:

    Pak Dokter yang baik.
    Di punggung kaki kiri saya dekat kelingkingada benjolan yang baru muncul sejak 4 bulanan. awalnya kecil dan sekarang sudah berdiameter 1 cm. agak keras. Sedikit sakit kalau ditekan. Kira2 ini apa ya pak dokter? Apa tindakan yang harus dilakukan?
    Terimakasih.

    • Muki Partono says:

      setiap benjolan adalah tumor dan kalau bertambah besar sebaiknya dilakukan operasi pengangkatan dan diperiksakan PA utk memastikan jenis tumornya

  12. Bowo says:

    Assalamualaikum Dr. Muki yang saya hormati. Perkenalkan saya bowo usia 34 tahun.
    Seiring membaca website dokter,menyadarkan saya.
    Dikaki kiri saya tepatnya dengkul bagian kiri depan ada benjolan sekitar 1-2cm yang seingat saya sudah sejak SMP/SMA artinya sudah hampir 18 tahun. Tidak ada perubahan ukuran secara pasti dan hampir tidak ada keluhan berarti. Untuk aktifitas/olahraga juga tidak jadi pegal, dipencet juga tidak sakit. Tapi saat memikirkan dan baca baca artikel kedokteran jadi agak kepikiran. Mohon saranasukannya.dokter. Terima kasih sebelunya.

  13. wida maharani says:

    permisi saya ada benjolan berwarna hijau dilutut tpi tidak terasa skit atau nyeri sama sekali. apakah ini benjolan yg membahayakan?

  14. tanto says:

    dok, ditelapak tangan saya ada benjolan, tidak terasa sakit.. apakah ini lipoma?

  15. Heru Raspati says:

    Salam kenal Dok, umur saya 24thn. Di kedua lutut bagian atas kaki saya ada benjolan yg ukurannya berbeda. Yg sebelah kanan seukuran stengah bola pingpong, dan sbelah kiri ada 2 benjolan seukuran guli/kelereng. Efek yg ditimbulkan tidak ada. Hanya saja blakangan ini sering terasa pegal. Benjolan ini udah hampir 10thn krng lebih sejak dari kelas 1 sma (sadarnya ketika sma kelas 1. Ukurannya masih kecil dibanding skrg) Dan terdapat benjolan lainnya lg di bagian tumit bekas terkena jari2 sepeda waktu masih kecil. Dan skrng stelah saya perhatikan ada benjolan juga. Semua benjolan yg ada dikaki saya jika saya tekan tidak sakit, lari bermain futsal semua normal2 saja. Malah pernah sakin kesalnya tiba2 saya pukul jg tidak sakit karena ukurannya mengganggu sekali. Menurut dr penjelasan saya apakah ini tumor ganas? Kanker? Dan apa tindakan yg harus sy lakukan? Terima kasih banyak Dok

    • Muki Partono says:

      anda mengalami tumor , berdasarakan perjalanan penyakitnya sdh 10 tahun kemungkinan jinak saran kalau khawatir dan mengganggu sebaiknya dilakukan pengangkatan lewat operasi sekaligus diperiksakan jenis tumornya

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome