bagaimanakah cara pengobatan nyeri tulang pada kaki sehingga terjadinya pembengkakan dan terasa ngilu pada saat berjalan

December 3, 2009 Dr Menjawab 212 Comments

sebaiknya diperiksa secara klinis dan laboratorium biasanya yg buat bengkak bisa banyak faktor apakah kadar albumin yg rendah, atau kelainan pembuluh drh balik atau lainnya

About author:

212 Responses to “bagaimanakah cara pengobatan nyeri tulang pada kaki sehingga terjadinya pembengkakan dan terasa ngilu pada saat berjalan”

  1. rudy says:

    knp yah tulang dngkul sring ngilu dan tulang blakang jg ngilu2…. trasa pegel banget klu abis duduk .. it kira2 knp yah dok???????

    • muki partono says:

      anda sdh ada keluhan pada pinggang, sebaiknya bila anda gemuk berat badan harus dibuat ideal, dan olah raga berenang.

      • wendy says:

        dok. umur saya masih 18 tahun,, tapi 3 bulan ini bokong saya (tepat nya di bawah pinggang ) terasa ngilu skali . apa lagi klo kaki nya saya tekan,, ngilu nya terasa bnget.. saya coba di urut . stelah di urut semakin ngilu..klo bole .. minta saran dok. o’ia.. penyakit saya ini ap y dok .. makasih

  2. ari says:

    Slamat siang dokter. Anak saya perempuan umur 16 tahun, sudah 1/2 thn ini sering mengeluh lututnya seringkali sakit jika berlari. Dia tidak pernah jatuh/ cedera lutut. Olah raga yang selama ini ditekuni basket, softball, dan juga naik gunung. 3 minggu yl saya sudah bawa dia ke dokter syaraf, sempat disuntik (saya lupa tanya nama obatnya), diberi obat penghilang rasa nyeri, serta selama 1 bln dilarang untuk OR (lari)tapi sampai sekarang rasa nyerinya belum hilang. Mohon saran dari dokter. Trima kasih

    • muki partono says:

      anak anda kemungkinan cedera pada bantalan lutut, memang cedera tdk selalu hrs ada jatuh dulu, sebaiknya dipastikan dgn Pemeriksaan MRI , krn dgn foto rontgen biasa tdk terlihat

  3. bonny says:

    Dok, orang tua saya usia 58 th. saya mau nanya apakah kalo orang jatuh terduduk itu ada pengaruhnya ndak di belakang hari (beberapa tahun kemudian)
    Misalnya rasa ngilu dari pantat sampai ujung kaki.

    Kalo ndak ada pengaruhnya, apakah penyebabnya rasa ngilu dari pantat sampai ujung kaki (kaki kiri). Jadi orang tersebut tidak bisa jalan.

    Terima kasih

    • muki partono says:

      pengaruh jatuh bisa saja, ibu anda menderita penekanan saraf bila sdh tdk bisa jalan sebaiknya diobati dgn benar, artinya nyeri hebat atau disertai dgn kelemahan otot kaki yg terkena,mungkin perlu pemeriksaan MRI lumbal

  4. efil says:

    dok sy sering skit pd tlang kaki dan pinggul kdang smpai tlang punggung.
    itu penyebab nya apa ya dok????
    pa karna krang kalsium…
    trus cr pnyembuhan nya gmn????

    • muki partono says:

      sepertinya anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang, sebaiknya diperiksa lbh lanjut, buka krn kalsium yg kurang

  5. sandi says:

    dok saya mau tanya apa penyebab jika kaki slalu sakit dan gak bisa berdiri

    • muki partono says:

      biasanya ada penekanan saraf pinggang, krn nyeri saat dibebani, kalau anda merbaring nyeri akan hilang, sebaiknya diperiksakan lebih lanjut

  6. ika says:

    dok, belakangan ini saat saya turun dari tangga, lutut hingga tulang paha saya terasa ngilu. Apakah ini gejala rematik? Bagaimana cara penyembuhannya? Apakah Suplemen kalsium yang banyak beredar di pasaran dapat membantu?

    • muki partono says:

      anda blm tentu rematik, sebaiknya di cek kalau pendapat kami anda menderita penipisan rawan sendi pada tulang tempurung.

  7. muki partono says:

    istirahat dr angkat berat itu jalan terbaik kalau masih mau angkat2 berat sebaiknya dilakukan MRI lumbal pastikan kelainan seberapa parah ,selanjutnya kita pastkan solusinya

  8. Ana says:

    Dok,ibu saya berusia 54 tahun.
    Kenapa tiap malam ibu saya slalu merasa kesakitan pada lututnya.. Skilaz info. Kalo daerah tempat tinggal kami daerah yg dingin..

    • muki partono says:

      kalau tinggal di daerah dingin bisa saja terjadi demikian, coba di beri yg hangat2 sekitar lutut, baik berupa salep atau kompres hangat

  9. ahmad gunawan says:

    salam dok.. umur saya 26 tahun, setelah jongkok lama, otot kaki saya terutama bagian lutut kanan terasa sakit, dan sakitnya terasa sampe tulang, mohon petunjuk. salam

    • muki partono says:

      sebaiknya dipriksa mungkin anda sdh mengalami penurunan funsi rawan sendinya shg jongkok terasa nyeri

  10. shanty says:

    dok, dua minggu lalu dengkul kiri suami saya terpelintir ke kiri (sedang tiduran tertimpa anak saya) hingga tempurungnya rasanya kosong krn pindah..(ini yg kedua kali 10 th yg lalu jg pernah) sdh di bawa ke tukang urut…namun hingga saat tulang paha kanan-kiri jd sering panas,lemas, pegal (tdk kuat berdiri lama)..suami tdk gemuk/kurus dan bukan olahragawan… harus bagaimana ya dok..tks

  11. bunda nazkia says:

    dok, kaki kanan saya sering ngilu dari semenjak hamil pertama 4thn lalu, kalo habis beraktifitas di rumah trus tiduran sakit n ngilu minta ampun, kenapa ya dok, pusat sakitnya di tulang bokong tengah saya, jadinya sakitnya merembet ke lutut juga.. apa karena kurang kalsium atau mengeringan sendi?? ada rekomendasi obat ga dok?

    • muki partono says:

      anda menderita gejala penekanan saeaf pinggang akibat kelemahan bantalan akibat proses kehamilan sebaiknya diperiksakan MRI lumbal

  12. Hardianto says:

    Dok saya pria berumur 35 tahun, semenjak 3 hari ini terasa ngilu pada tulang paha kanan (kira2 ditengah-tengah). Biasanya muncul 5-15 menit terus hilang. Pertanyaan saya, apakah itu gejala rematik? atau lainnya? apakah cara pengobatannya?
    Terimakasih sebelumnya.

    • muki partono says:

      belum tentu rhematik, tapi itu gejala tdk khas utk rhematik, mungkin bisa karena sebab lain, sebaiknya diperiksakan

  13. yulia says:

    dokt,suami saya sejak 2thn yang lalu nyeri di paha kanan jika untuk berjalan bahkan sakit untuk naik tangga.sudah di rontgen dan kata sp.ot semua normal dan nyeri nya karena suami saya bekas penari dahulu nya.tapi sampai 2 thn lbh nyeri dan sakit untuk berjalan jika duduk bahkan nyupir tdk sakit.skrg sdh menjalar ke kaki satunya.jika di pijit di bagian2 tertentu sekitar bokong rasanya nikmat sekali(seperti di garuk pd tempat yg gatal) dan nyeri reda sementara.mohon saran dokter.thx b4!

    • muki partono says:

      suamoi anda menderita gejala HNP sebaiknya diperiksakan utk memastikannya dilakuakan pemeriksaan MRI Lumbal

  14. Evan adam says:

    Dok..
    Saya umur 28 tahun..
    Mata kaki, lutut dan ujung pantat sebelah kanan saya sering banget nyeri.. Dan 2 hari terakhir.. Menyusul kaki kiri saya yg titik sakitnya sama dengan kaki kanan saya..
    Dulu sekitar 5-6 bulan lalu saya pernah mengalami kejadian, pada saat menjemur.. Dari posisi rukuk mau ngambil pakaian kemudian berdiri..
    Pinggang sebelah kanan saya tiba2 nyeri..
    Saya tidak kuat berdiri.. Pandangan jadi kuning smua.. Seakan-akan saya mau pingsan..
    Lalu saya coba jongkok..dan bersandar.. Nyerinya lumayan ilang..
    Sampai skrang saya belum periksa ke dokter..
    Kira2 penyakit apa ya dok?
    Apa hubungannya dgn kaki kanan saya yang sering nyeri?
    Lalu kenapa kaki kiri baru terasa 2 hari belakangan ini?
    Apa ada obatnya dok?
    Terima kasih dok…

    • muki partono says:

      anda menderita gejala penekanan saraf pinggang(HNP). Kelihatannya kondisinya serius karena sudah mengenai kaki kanan dan kiri, sebaiknya kita periksa dan mungkin anda perlu pemeriksaan MRI

  15. Andi says:

    Slmt sore dok maaf ingin tanya saya sakit dengkul sudah 6 bulan, sudah 3 kali ke tukang urut tapi hasilnya jelek. kalo kaki saya d luruskan serasa sakit dan ada bunyi krek gitu, saya seorang atlit bola waktu itu dengkul kanan saya cedera kehilangan keseimbangan dan bergeser ke sebelah kiri sehingga wktu itu pas jalan kaki saya gag bisa menumpu sehingga pas jalan dengkul bergeser ke kiri dan kanan. Tetapi sekarang sudah 6 bulan sudah agak kuat hanya sakit ketika di luruskan, mohon penjelasan da obatnya apa dok. Trmksh

    • muki partono says:

      anda kelihatannya menderita cedera pada bantalan sisi depan, sebaiknya dilakukan tindakan artroskopi agar bisa bermain kembali, jgn khawatir kami punya pengalaman menangani atlit2 sepak bola nasional

  16. sari says:

    Dok,
    saya wanita berumur 33 tahun. belakangan sering menderita nyeri dan ngilu di sekitar pinggul dan menjalar ke kaki kiri sebelah belakang dan samping. ketika hilang di kaki kiri terkadang berpindah ke kaki kanan.
    apakah ini kemungkinan efek dari kurang minum atau mungkin posisi duduk saya yg salah/kurang gerak.
    pengobatan apakah yg tepat untuk kondisi saya ini. dan dimana lokasinya.
    sebelumnya terima kasih atas penjelasan dokter.

    Regards,
    Sari.

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang yg mengenai kedua kaki, tapi kemungkinan masih ringan krn keluhan hilang timbul, sebaiknya jaga BB jgn tambah kurangi aktifitas duduk lama dan istirahat berbaring terlentang, bila anda ingin tuntas sebaiknya dilakukan pemeriksaan MRI lumbal utk memastikannya

  17. endar ade saputro says:

    dok apa penyakit pinggul trasa ngilu ky otot ketarik bisa sembuh ? penyebab ya ya dok ? minta arahan ya dok

  18. Mutz says:

    Dok sy ingin bertanya tentang keluhan yg akhir ini sy rasakan..
    Sy merasakan nyeri dan ngilu pada daerah bokong kanan,pinggang,dan lutut tp hanya sebelah kanan saja,terasa pegal sekali dan terasa panas yg sering sy rasakan pd malam hari..
    Sy ingin minta tips untuk mengurangi atau menghilangkan keluhan sy ini..
    Terimakasih sebelumnya dok..

    • muki partono says:

      anda mengalami gejalan penekanan saraf pinggang, cara utk mengatasi nyerinya istirahat berbaring posisi terlentang alas keras dan datar, minum obat nyeri dan muscle relaksan

  19. nina says:

    bokong sebelah kiri sy sakit,menjalar sampe dikaki kiri.kaya nyeri n ngilu.kdg kaki pe berasa dingin.kalo ditekan dblakang (bg yg sakit),brasa sampe ke kaki.sy kenapa ya dok?apa penekanan saraf pinggang juga atau penyebab lain?tindakan apa yg musti sy ambil?rgrds.

    • muki partono says:

      sepertinya ya benar, sebaiknya diperiksakan dgn baik, coba minum obat nyei dulu, fisioterapi, bila anda punya kesanggupan sebaiknya periksa MRI lumbal

  20. Pia says:

    Dok,sy bersia 20thn.saya sdkt tkt klo mau keRs untk perksa.bgni sktr buln Desbmr kmrn sya sadar trnya dibagian bokong sya ada benjolan kecl,awalnya tdk skt,tp 3bln kemudia mulai trsa skt dan dr bokong sampe kaki sya itu sering sekali nyeri,dn ngilu rsanya skt.tp hanya kaki sblh knan.apa rsa skt tu ada hubgn dgn benjolan itu?itu penykt apa ya dok?jujur sya tkut.

  21. doel biasa ajah says:

    dok, sya 25 thn laki2…
    saya suka naik gunung dan bermalam dipuncaknya, biasanya 3 hari 2 malam.
    saat mendaki saya kuat sampai puncak tanpa ada keluhan, tetapi ketika turun gunung lutut saya nyeri luar biasa, bahkan diangkat pun rasanya susah.
    apa yang perlu saya lakukan, mengingat abis lebaran saya ingin mendaki gunung tertinggi di jawa barat.

  22. jhon says:

    Lutut sring ngilu tengah malam apa sebab nya.

  23. christ says:

    Dok, 2 hari ini lutut saya berasa ngilu banget kalo malam. Di bandung memang lg dingin sekali,tp biasanya saya tidak ada masalah dng cuaca dingin. Kira2 kenapa bisa sampe mendadak ngilu yah?

  24. bramchris says:

    Salam Kenal DOk, Saya sudah 2 hari ini kaki kanan sering mengalami nyeri pada otot di atas mata kaki. tapi kadang hilang kadang ada lagi. Mohon bantuan advice dari pak dok yach.. tks

  25. vera says:

    dok, saya mau tanya, 3 bln kmrn saya terjatuh dari motor, setelah jatuh saya masih jalan2 sekitar 4 jam, biarpun sambil menahan sakit..sampai di rumah, kaki semakin sakit sampai untuk mengangkat kaki saja sakit sekali. kaki saya diurut sampai 3x, terakhir saya ke speasialis bedah otot, karena saya masih merasa sakit kalau jongkok. saat buang air, saya bisa jongkok, tapi kaki kanan harus jinjit. saya sudah rontgen tp dokter bilang tidak ada masalah. namun sampai saat ini, saya masih merasa sakit bila jongkok, bahkan sekarang untuk melipat kaki ke belakang juga sakit sekali. pemeriksaan apa lagi yang lebih teliti dari sekedar rontgen dok? terimakasih

    • muki partono says:

      kami curiga anda mengalami kelainan pada pinggang sebaiknya diperiksa kembali secara baik, cukup dgn pemeriksaan klinis dan kalau diperlukan baru diperiksa MRI

  26. vera says:

    menanggapi jawaban dokter di atas, sakit pada kaki saya ini terasa di lutut kiri bagian belakang saja. apa iya dok terpengaruh karena kelainan dari pinggang?

  27. Nurhijraini says:

    Salam kenal..dok uda smggu nie ak sakit diprgelangan tangan n kaki kanan kiri saya trlihat ad benjolan kecil bnyk..n rasany sakit seperti trbentur benda kasar…ak uda brobat n stlh obtny hbs,sakit it kumat lg..setiap sakit pasti ad benjolan kecil..mohon mt bantuan nya krn sya org awam bgt tk mslh it.trmakasih y dok.

    • muki partono says:

      mungkin anda menderita rematik atau gout artritis, sebaiknya bila lg serangan berobat agar lbh jelas penyakitnya

  28. dona says:

    Askum..slm knal dok…sy mau ty dok..ibu sy umur 54th,kakiny mengalami pembengkakan,sdh tes lap tdk ad asam urat ataupun diabetes. Kira2 itu disebabkan oleh ap ya dok? Dan hrs bagaimana menanganinya? Trma ksh dok…wass.wr.wb

    • muki partono says:

      ibu anda mengalami pengapuran lutut dgn pembengkakan sebaiknya diperiksakan dan penanganannya pengalaman kami perlu waktu, dibanding tipe pengapuran yg tdk bengkak

  29. brian says:

    Dok, bapa saya suka merasa lemas dan ngilu di lutut sampai ke pantatnya. Dulu pernah kejadian seperti ini, tapi mendadak sembuh, dan sekarang sepertinya kambuh lagi. Sempat di cek darah tetapi hasilnya bagus. Kira” penyakitnya gara” apa ya dok ? dan bagaimana cara penyembuhannya ?
    Terima Kasih

    • muki partono says:

      ayah anda menderita back pain biasanya pada 80 % kasus bisa sembuh sendiri, coba minum obat nyeri, tidur alas keras

  30. Lisma husni says:

    Asw..Dok.. Kalau malam hari skitar jam 1, saya suka terbangun dari tidur krna kerasa ngilu nyeri bahkan panas d lutut.. Kalau digerakin sedikit ja sakit bngt ngilu’y.. Skitar stngah jam br hilang.. Kira krn apa ya dok? Trmksh

  31. rani says:

    dok,pergelangan kaki dan dengkul kadang suka bunyi krek krek. sudah lumayan sering dlm bbrp bln ini. shg badan jd cenderung pegal2. apa hal tsb bs diakibatkan oleh berat badan yg berlebih? (saya kelebihan 8kg dr bb ideal). makasih sebelumnya

    • muki partono says:

      bisa saja berat badan menyebabkan keluhan pegal dan nyeri sebaiknya diturunkan, mengenai masalah bunyi itu hal yg sering dikeluhkan selama tdk membuat nyeri yg hebat, mudah2an tidak masalah

  32. arif says:

    permisi dok,
    1. Bulan lalu, ketika sy main bola sy jatuh dgn posisi sliding kaki kiri di belakang tertekuk di bgn lutut hingga bunyi krek ketika jatuh kemudian terasa nyeri di sebelah kanan lutut hingga kaki tidak bisa di luruskan di rontgen normal skrg udah bisa diluruskan tetapi apabila dilakukan penekanan ke arah kanan di bgn lutut nyeri akan kembali, solusinya apa dok?
    2. 2 minggu yg lalu ketika saya bermain bola, ketika berlari2 sekitar 10 – 15 menit terasa nyeri sekali di bgn dalam pantat kiri mendekati tengah2 pantat, apabila berlari semakin kencang semakin sakit, setelah itu akan terasa nyeri hingga kaki kiri sulit untuk berjalan, nyeri tersebut kemudian hilang dgn sendirinya 1-2 hari kemudian dan ketika kembali bermain bola nyeri tersebut datang kembali, hal tersebut dikarenakan apa? Apa solusinya dok?

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala robekan pada bantala d lutut kalau mau keluhan hilang sebaiknya dilakukan tindakan artroskopi, baca tentang ARTROSKOPI lutut

  33. arif says:

    sementara pertanyaan kedua sy dok, bagaimana solusinya?

  34. Lianti says:

    Assalm.kum..slam knal dok.
    Sy prmpuan 18 thun..sjak umur 15 thun kaki sya sring skit & ngilu..klu kmbuh ssah d grakkan krn akn tmbah skit, tp yg skit ksringan d kki kiri dri ujung paha smpai ujung jari kaki..
    Trims

  35. Oni irwanto says:

    Assllamuallahikum wbr dok ibu saya sakit pada kakinya,kalu di buat jalan tu agak terasa linu gitu,terus penyembuannya gimana dok?? Terima kasih wbr

    • muki partono says:

      bisa akibat OA pada lutut atau akibat pengapuran dui pinggang

    • muki partono says:

      kita pastikan dulu penyebabnya baru kemudian kita berikan pengobatan, paa orang tua biasanya pengapuran pada lutut atau pengapuran pada pinggang yg menyebabkan penekanan saraf pinggang

  36. jennifer says:

    dok….saya mau tanya…teman saya pernah patah tulang di pergelangan tangan sampai harus digips….sekarang sudah tidak apa2…tapi kalau cuaca lagi dingin tangannya masih bisa nyeri….gimana ya cara mengatasinya?? Thanx…

  37. anneke says:

    Yth Dr.
    saya brumur 47thn,93kg(dlm pengawasn dietiis) tgl dibelanda,keluhan pd sekitr paha&lutut kiri&pd bwah enkle tlapak kaki knan terasa nyeri kaki kiri klau ditekuk/tergantung juga sakit klau diluruskan agak mendingan saya juga pedrita tknan darah tinggi minum obat metoprololtartraat 100mg 1×1/dag.apkah keluhan saya ini akibat cuacadingin/sbab lain mohn infonya terimakasih

    • muki partono says:

      anda kelebihan berat badan, sebaiknya usakahan berat mendekati ideal, gejala yg anda keluhkan itu ada kaitan dengan berat badan

  38. Mey says:

    Yth. Dok
    usia sy 20th, kaki sy sring trsa ngilu yg biasanya msh bsa sy tleransi.. Tpi baru2 ini ngilux trsa bnget, smpai2 smua bdan ikutan ngilu.. Apa krna pngru udra dngin atw? (krn sy skrg brda d daerah dngin & klau d daerah pnas kdg trsa ngilu)..
    Sblmx trmksh dok. Gbus

  39. yuyun says:

    dok sy mo tny,tlapk kaki lutu n pantat sy ngilu,sjak sy mlhrkan?kr2 apa pnybbnya dok n kl periksa k dokter apa?

  40. Wahyu says:

    Mo bertanya dok. sudah 3bulan saya sdang mnjalani masa penyembuhan pada kaki yg patah saya akibat kecelakaan. tp skrang rasa nyeri tulang mash ada dan bengkak pada kaki saya. saya berjalan pake tongkat. trus bagaimana menghilangkn rasa nyeri dan bengkak pada kaki saya? dn perlu brapa lama lg saya hrs brjaln pake tongkt?. trima kasih

    • muki partono says:

      biasanya penyembuhan pada kaki butuh waktu lbh lama, lepas tongkat bervariasi tergantung kelainan patahnya masing2 individu berbeda , tapi kira2 antara 3-6 bulan

  41. demetra says:

    dok otot di belakang lutut saya suka sakit kalau naik/turun tangga. kenapa ya dok?

    • muki partono says:

      sebaiknya diperiksakan bisa akibat kekakuan otot hamstring atau, ada cedera pada bantalan lutut bagian belakang

  42. tommy says:

    dok, saya Tommy, umur 21thn…
    akibat keelakaan, tulang kaki saya bengkak, saya kira biasa saja, tapi makin hari terasa ngilu yang sangat menyakitkan….
    seperti aliran darah yang tersumbat…
    kira-kira saya harusn bagaimana dan bagaimana menghilangkan rasa sakit serta ngilunya….

    tolong dibantu dok…

    • muki partono says:

      sebaiknya dilakukan pemeriksaan foto rontgen utk memastikan ada patah atau tidak, sementara kompres es dan minum obat nyeri

  43. Agung PN says:

    Saya nyeri lutut dan sdh periksa ke dokter, dan disuruh foto MRI (biayanya 2,5 jt) supaya bisa diketahui bagian mana yg menjadi penyebab nyeri. Biaya tersebut bagi saya mahal sekali krn setelah itu masih perlu biaya untuk pemeriksaan lebih lanjut. Tolong diberikan penjelasan mengenai sakit saya tersebt. Apakah ada alternatif lain selain dg foto MRI?

    • muki partono says:

      memang idealnya dilakukan MRI, alternatif lain dilakukan artrogram, tapi saat ini sdh ditinggalkan krn resikonya banyak, tdk ada cara lain

  44. tasya says:

    dok, saya punya kemenakan, kalau dilihat kondisi dia sangat prihtin, soalnya dok kalau dia mau jalan seperti pada melayang, dan bila duduk dia kemudian mau berdiri dia itu tidak bs seperti biasa,langsung oleng dan mau jatuh, sering dia jatuh tanpa sebab dok sepertinya keseimbangan tubuhnya tidak ada. apa ya penyebabnya dok sudah dibawa ke dokter tulang tidak ada skitnya malah mungkin dia semakin parah dan cara berbicaranyapun lambat. kira-kira dia harus dibawa kemana berobat ya dok. dah pusing dibuat sakitnya itu

  45. asep says:

    Selamat pagi dok, maaf saya mau tanya. ayah saya sudah 12 hari tidak bisa jalan, beliau merasa sakit pada bagian betis dan paha, kalau boleh tau kira-kira penyebabnya apa ya dok.? dan obatnya apa..? apa mungkin kekurangan kalsium tulang..?

    terima kasih dok.. mohon di kasih saran..

    • muki partono says:

      biasanya padaorang tua penyebabnya karena pengapuran pada pinggang yg menyebabkan nyeri pada paha dan betis seperti kram, berikan obat nyeri dan pelemeas otot dan fisioterapi, tidur terlentang di alas keras

  46. tonny says:

    kaki saya mulai dari lutut kebawah terasa pegal ditulang bagian dalem, terutama saat bangun tidur. itu kenapa ya dok?

    • muki partono says:

      keluhan anda bisa diakibatkan penekanan saraf pinggang atau akibat posisi tidur yg kurang baik, atau krn kram saja, sebaiknya diperiksakan

  47. martina says:

    dok, sya wanita umir 20 thn mau nanya ni,kenapa ya tulang kaki saya sering terasa ngilu dan setiap bangun tidur atau pun bangun dr duduk telapak kaki sya terasa sakit saat berjalan.

  48. oche says:

    saya oche dok umur sy 21th, saya mau nanya kenapa dah beberapa hari ini lutut sampai tulang betisku sakit,eman si biasaya sering sakit saat saya haid dan saya kira itu hanya nyeri haid,tp skrang saya nda haid kenapa sakit, dan biasax setiap saya sakit perut tulang kaki saya juga sakit dan justru lebih sakit dibanding sakit perut saya, sehingga saya tidak merasakan sakit perut saya lagi dan hanya merasaka sakit tulang kaki saya saja…….mohon bantuanya..

  49. darwin says:

    salam kenal dok,sebelumnya saya ucapkan trima kasih atas bersedianya dokter memberi arahan pada saya. saya sudah 4hr merasakan ngilu pada bagian pinggul samapai telapak kaki sblh kiri dan ditelapak kaki saya ada terasa dingin.ini penyebabnya apa dokter?terima kasih.

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala penekanan saraf di pinggang,sebaiknya diperiksakan

      • rika says:

        slm kenal dok,
        Hmpr 4 bln ini szy mrsakn kesemutan dr paha kiri sampai k telapak kaki. Sy jg sering mrsakan naik betis n skt d kedua lutut yg kdg2 kaki terasa berat dbw jln. Sdh hmpr 1 th ini sy jg mnderita vertigo, yg mana klo brjalan sy mrsa mlyng, n pusing? tiap bln k dr. syaraf tp obt yg dksh tdk mambantu bnyk utk mengurangi keluhan. Kr2 sy mndrita ys dok, krn slm inidktr tdk manyarankan sy utk cek drh n RMI yg. Makash Dokter…..

        • muki partono says:

          anda mengalami gejala penekanan saraf di tulang belakang, sebaiknya diperiksa dulu, apakah penekanan dari leher atau hanya pinggang saja, krn anda mengeluh vertigo juga biasanya dari leher

  50. Enieify says:

    Dok,,saya mau tanya suami saya sring merasakan sakit pinggang dan kram pda paha..dan kalo lg kumat kta’y sakit sekali,sampe dia nangis gak kuat nahan..itu d sebabkan knpa y dok?apakah krna angkat berat2 terus y??trz pengobatan’y bagaimana y?

    • muki partono says:

      suami ibu mengalami gejala penekanan saraf pinggang akibat angkat2 berat, sebaiknya diperiksakan MRI Lumbal utk memastikannya kelainan tsb

  51. purnomo says:

    pak dokter,sy umur 31 thn.sebulan yg lalu mengalami cedera otot samping dengkul kiri akibat bersepeda.rasanya perih skali klo buat turun tangga atau posisi duduk mo berdiri.tp klo buat jalan ga terasa nyeri.sampe skg masih terasa nyeri kalo dipake buat sepedaan.kira2 hrs diperiksa apanya ya.thanx pak.

    • muki partono says:

      sebaiknya kami periksa secara klinis apakah kelainannya pada sekitar sendi lutut atau dari dalam sendi lutut, setelah itu baru kita bisa periksa MRi kalau dibutuhkan utk memastikan kelainan tsb

  52. heri says:

    saya mengalami yang sama dengan saudari vina,, setelah saya cek di dokter penyakit dalam dan disarankan untuk cek lab dan rogent tetapi setelah hasilnya keluar dokter tersebut belum bisa memberi jawaban yang memuaskan ttg penyakit yg saya derita sampai detik ini. perlu diketahui dari hasil lab ada 2 hal yg melebihi dari angka normal yaitu LED dan batang… untuk menhilangkan rasa sakit ngilu saya minum obat neo reumacil.. saya perlu saran lebih lanjut dok, mesti kemana saya agar bisa terobati.

  53. Wahyu says:

    Dok saya wahyu 25 th. pelipis kiri saya sobek kejatuhan tangga, sobeknya sudah sembuh tapi tulang di pelipisnya kok benkak agak tebal beda sama yang sebelah apa bisa diobati dok..? terus kalau diobati obatnya apa..?
    apa bisa pulih seperti semula.Terimakasih.

    • muki partono says:

      kemungkinan tulang pelipisnya ikut terlibat, sebaiknya pastikan dgn foto rontgen utk memastikan ada patah atau retak, bila hasilnya tdk ada patah nanti akan kempes sendiri, bila patah biasanya bengkaknya tdk akan berubah

  54. Amelia says:

    Siang dok..
    Umur saya 36 tahun dan baru saja melahirkan seorang putri,pada usia kandungan ke 7 tulang pergelangan kanan saya terasa nyeri sekali saya coba utk di urut ternyata ga kunjung sembuh,sebulan kemudian menyusul tangan sebelah kanan nyer pada tempat yg samadgn tangan kanan,banyak org bilang krn bawaan baby tp setelah 3 bln stlh melahirkan sakit ga kunjung sembuh,sempet pula di suntik tp cuma mengurangi nyeri sdkt,sakit apa kah saya dokter?terima kasih

    • muki partono says:

      anda mengalami Dequairvains sindrome akibat proses kehamilan , kalau melihat keluhan anda yg sdh disuntik tak kunjung berkurang, sebaiknya dilakukan tindakan operasi

      • febry says:

        Syndrom apa dok? Operasi apa dok?? Soalnya sy jg mengalami yg sama. Msk usia kehhamilan 7bulan pergelangan tangan kanan sakit, dan begitu pula dgn tgn kiri. Sampai saat ini sy sdh malahirkan 1 bulan yang lalu..rs skt nya g hhilang2..hal ini sangat mengganggu aktivitas mengurus bayi. Trims atas pnjelasannya dok.

  55. dok,saya ingin konsiltasi dgn kaki saya,di bagian dengkul kiri kususnya,kaki saya ini mengalami geser tulang dok,nah bagaiman cara mempulihkanya dok???
    terima kasih .

    • muki partono says:

      kalau lutut bergeser kemungkinan ligament yg robek atau dislokasi patella, atau robekan bantalan yg cukup besar, sebaiknya pastikan yg mana masing2 pengobatannya berbeda, kalau ligamen kami hrs operasi rekonstruksi ligament, bila bantalan robek kita lakukan artroskopi meniskus repair, bila dislokasi habitual penanaganannya tergantung kondisi bila akibat penebalan kapsul sendi sisi luar kita lakukan operasi release, bila krn Joint laxity kita lakukan konservatif saja

  56. ricky wirawan says:

    Dok. Saya ricky, umur saya 24.thn, saya ingin menanyakan, keluhan saya, sakit dtulang telapak kaki kiri dan kanan, mau pun dtlapak tangan kiri dan kanan, klo datang’y sakit, saya hanya bisa baring dkamar dan ga bisa jln, sedangkan sakit saya ini dr umur 12.tahun, sampe skrg sakit’y ga sembuh2. dAn klo saya jalan kaki jarak jauh, terasa ngilu dtulang2 kaki dan tangan. Kira2 itu sakit apa ya dok…???dan saya harus berobat kmana.?

    • muki partono says:

      mungkin anda mengalami gejala penekanan saraf di leheraa tapi ringan , dimanan lubang atempat saraf mengecil dari biasanya yg kami bilan SPINAL STENOSIS, sebaiknya diperiksakan

  57. Dyah lufi says:

    Dok, saya dyah lufi, umur saya 21 thn. saya ingin menanyakan keluhan saya.
    kaki kanan saya beberapa hari ini terasa nyeri, sudah diurut tapi belum juga reda sakitnya, padahal yang kiri tidak terasa sakit_ setiap hari saya bekerja hanya duduk2, dan hampir setiap hari saat cuaca panas telapak tangan dan telapak kaki saya berkeringat, hampir seperti orang habis cuci tangan. kenapa ya dok?? apa ada kaitannya?? terimaksih

  58. Nia says:

    Dok,sendi bahu kanan saya bisa digeser lalu dkemblikn lagi,dan max hanya bisa bekerja 2jam kalau lebih pundak sampai leher terasa panas dan nyeri,kenapa ya dok?

    • muki partono says:

      sebaiknya diperiksakan kami menduga ada kelainan penekanan saraf di leher yg mengakiba tkelemahan otot2 bahu dan itu menyebabkan bahu kadang bisa keluar dan masuk kembali dan disertai rasa panas itu menandakan adanya keluhan pada saraf

  59. adi says:

    dok ibu saya sakit kakinya d buat jalan sakit pdahal dokter d rs terdekat mnyatakan gg da pnyakit di kaki ibu saya dan juga hasol ronsen mnyaakan baik tida ada vmasalah tapi mngapa kaki ibu saya jika di gunkan berjalan trasa sakit jadi blom kuat jalan dok bgai mna solsiny

  60. caca says:

    saya mengalami sakit kaki pada tulang yang berulang ulang, dan sering berganti kadang di kanan , kadang di kiri.. saya pernah cek tulang/ rontgen tidak ada permasalahan, cek darah asam urat saya juga normal.. ketukang urut juga tidak ada salah otot.. pada saat sakit kadang sampai bengkak dan sakit kalau di pake jalan, untuk menghilangkan rasa sakit saya sering minum kataflam.. bagaimana sebaiknya adakah obat yang dapat menyembuhkan

  61. junial heri says:

    Pa dokter sudah hambir 15 tahun yg lalu sdaya nyri pada pinggang.tadinya saya ginjal saya terganggau, setelah ditest dokter ternyata ginjal bagu. yang anhnya lagi ketika saya mengamgkat beban pada posisi yg kurang benar terasa sakit dan saya tidak besak bergerak karena pinggang saya nyeri. Nyeri tersebut merambat sambai pangkal paha dan kaki saya.. Gejala apa ini pa dokter dan apa yg harus sy perbuat..? apa solusi? trimakasih

    • muki partono says:

      ANDA MENGALAMI GEJALA PENEKANAN SARAF PINGGANG KALAU SDH 15 TAHUN DAN MENGGANGGU SEBAIKNYA DILAKUKAN TINDAKAN YG TEPAT, PERIKSAKAN MRI LUMBAL LBH DULU UTK MEMASTIKAN KELAIN TSB

  62. muki partono says:

    anda mengalami habitual dislokasi patella , biasa terjadi pada kaki yg bentuk X memang, nggak apa2 sepanjang tdk ada keluhan nyeri yg hebat , kalau sdh terlalu sering bergeser sebaiknya dilakukan tindakan operasi

  63. rini says:

    dok, saya mau tanya. sudah hampir setahun kaki kiri dan kanan saya terasa ngilu dimalam hari, saya pikir awal nya krn sy tidak kuat dingin. tapi sudah hampir sepuluh hari ini, kaki saya terasa lebih ngilu dan sudah 2 hr terasa berat saat di bawa berjalan. ngilu nya dr paha sampai telapak kaki. ini kenapa ya pak.

  64. Ruselina says:

    Pergelangan kaki suami saya bila berjalan selalu berbunyi. Apakah itu normal?
    Karena dia juga mengeluh sakit..

  65. risna says:

    slamat sre dok, saya mau tanya, bagaimana si cara mengatasi sakit ngilu pada kaki, kata orang itu asam urat dan rematik tulang padahal umur saya baru 14 tahun. makasih sebelumnya dok..

    • muki partono says:

      Sebaiknya berobat ke dokter belum tentu krn asam urat, reamatik, krn usia anda muda, bukan berarti kalau usia muda tdk bisa menderita kelainan dinatas

  66. nia says:

    pagi dok!
    saya mau tanya, suami sy sudah hampir 2 thn tidak bisa berjalan normal, kaki kiri trs berat bila di gunakan utk berjalan sehingga dia kehilangan keseimbangan dan selalu jatuh. sdh di tes darah dan scaning tp tdk ada penyakitnya. apa yg hrs sy lakukan . terima kasih…..

  67. endang says:

    selamat pagi Dok,suami sy 2 hr ini mersa sakit pada tulang kaki dan tangan,dan mengalami susah duduk dan berdiri,kepalanya jg terasa pusing,apa itu dampak dari beberpa tahun yg lalu suami sy parnah jatuh dari motor dan 3 minggu yg lalu jg pernah lututnya kebentur lantai.trimakasih sebelumnya Dok…

  68. wiwik mq says:

    Hallo dokter…
    Sudah beberapa hari ini, setiap bangun tidur di pagi hari, saya merasa linu pada tulang tangan kanan. terasa berat untuk diangkat dan ngilu.. setelah untuk beraktivitas, ngilunya agak berkurang. Dan akan terasa lagi ketika bangun tidur. Selain itu, kaki kanan saya juga terasa sakit untuk berjalan,tepatnya pada bagian dalam lutut kanan, setelah duduk lama dengan kaki bersila atau menekuk… kira-kira kenapa ya dok ? apa yg harus sy lakukan ?

    • muki partono says:

      anda mengalami morning stiffness biasanya penyebabnya bisa krn reumatik , artritis dan sebab lain sebaiknya diperiksakan

  69. lena says:

    dokter tolongin donk org tua saya sering sekali merasakan sakit yang hebat pada tulang paha sebelah kiri, apalagi di pagi hari< kalau sudah kambuh tidak bisa jalan dan bila sudah terlalu sakit sering pingsan apa itu penyakitnya dok?

  70. ika says:

    Slamat pagi dok. saya punya seorang kakak perempuan yang berusia 43 tahun. dia mengalami nyeri pada tulang tibia, dan kadang2 sampai menyebabkan sulit berjalan.keluhan ini terjadi mulai 1 bulan yang lalu. kakak saya yang lain juga pernah mengalami nyeri pada tulang, ketika berusia 33 tahun. tetapi kemudian sembuh setelah konsultasi ke dokter spesialis darah, di medan dan menurut beliau kakak saya menderita artritis reumatoid. belajar dari hal diatas maka kami membawa kakak saya yang nyeri tulang kakinya ini ke dokter yang sama. setelah dilakukan pemeriksaan darah ternyata menurut beliau tidak ada masalah, dan hanya diberi terapi cavit d 1×1, dilarang memakai sepatu bertumit dan tidak boleh terlalu banyak berjalan. tetapi 1 minggu kemudian kakinya nyeri kembali. pertanyaan saya,
    1. apakah yang terjadi pada kaki kakak saya?
    2. apakah ada hubungannya dengan histerektomi yang dilakukannya pada tahun 2003 yang lalu?
    3. apakah nyeri pada tulang kaki ini ada faktor keturunan?? karena ayah kami juga pernah mengalaminya pada saat berusia 50 tahun, dan bahkan sampai tidak bisa berjalan selama 6 bulan, tapi kemudian sembuh setelah terapi uap dengan ramu-ramuan.
    4.ada gak kemungkinan kanker tulang????
    5. pemeriksaan apa lagikah yang harus kami lakukan?
    6.siapa dokter ahli bedah tulang dimedan yang bisa dokter rekomendasikan?? karena kami tinggal di pematangsiantar, terlalu jauh kalau harus ke praktek dokter.
    Trimakasih banyak dok…..
    semoga Tuhan membalas kebaikan dokter, dan selalu memberikan kesehatan kepada dokter dan keluarga.

    • muki partono says:

      nyeri tlang bisa banyak penyebabnya sebaiknya diperiksakan ke dokter tlang di MNedan, siapa saja sama kok, hubungAN DENGAN HISTEREKTOMI BISA ya bisa tdk bila, indung telurnya ikut diangkat memang ada pengaruhnya kalau tdk biasanya tdk ada pengaruhnya, kemungkinan kanker bisa saja,a sebaiknya diperiksakan saja ke dokter tulang , nantui akan diperiksa secara fisik dan laboratorium

  71. erik says:

    mau tanya dok,saya pernah mengalami kecelakaan,hampir jatuh dari motor.saya tahan kaki.lalu lutut saya bengkak.setelah di urut lutut saya mulai membaik, tapi telapak kaki saya kalau bangun tidur atau lama gak napak sakit sekali sampai harus jingjit,setelah agak lama baru sakit nya berkurang.bagaimana kondisi saya secara medis?

    • muki partono says:

      Keluhan anda bisa tdk berhubungan dgn traumanya jd sebab lain sebaiknya berobat ke dokter tulang, kemungkinan anda menderita fasciitis plantaris, sering dikeluhkan oleh banyak pasien yg berobat ke klinik

  72. UUN says:

    selamat malem dok. saya uun berusia 25 th punya anak umur 3 bln setelah melahirkan saya mengalami nyeri tulang di kaki dan tangan,jari tangan terasa kaku kadang kalau di gerakkan terasa sakit,kaki kalau untuk jalan terasa sakit di tungkai kaki.terima kasih….

  73. hesti says:

    Selamat siang dok,saya esti umr 33 th kedua kaki saya sakit ngilu pada tulang pa lg kl habis duduk mau berdiri terus kalau merasa kedingan juga kaki pada ngilu terutama pada bagian lutut ,bagaimana ya cara mengobatinya.terima kasih …

    • muki partono says:

      Gejala yg anda alami adalah gejala penekanan saraf pinggang, sebaiknya minum obat, tidur alas keras posisi terlentang, lakukan back excercise , dzn bila perlu fisoterapi

  74. eka dewi lestari says:

    dok, saya mau tanya, dada sering terasa sakit terus hilang sendiri tapi bukan sesak nafas. itu sakit apa ya dok? dan apa obatnya?? terima kasih

    • muki partono says:

      Nyer dada bisa banuak penuebabnya salah satunya krn kelainan pada tulang belakang, sebaiknya diperiksakan, sementara mium obat nyeri yang bisa dibeli bebas saja dulu

  75. Muchammad Chairul says:

    dok, usia saya (lk ) memasuki 50 th, sdh lebih 3 minggu dengkul kaki kanan terasa nyeri, kalau sholat, setelah sujud pada saat akan berdiri terasa nyeri, seingat saya mulai terasa setelah saya jalan kaki cukup jauh. Apakah ada obat atau cream yang harus dioleskan ke tmpt yg nyeri ? dan jika harus periksa ke rumah sakit sebaiknya ke bagian mana ? Terima Kasih

  76. Chairul says:

    Menurut dokter saya mengalami gejala awal pengapuran, Mhn Dr Muki berkenan memberikan informasi obat minum dan oles. Untuk berobat ke dokter saat ini sangat tidak memungkinkan, karena saya tidak mempunyai pebghasilan tetap. Terima Kasih. Mdh2an hanya Allah yg membalas kemuliaan hati dokter

  77. novie says:

    Slmt mlm dok. Sy mau tanya, usia saya 23 th sy dr sekitar umur 12 th sering merasa sakit ngilu di tumit dan telapak kaki,itu bila saya terlalu lama berdiri.sekarang seperti ny bru sebentar berdiri sudah sakit sekali. Apa penyebabnya? Dan obatny?

  78. Afro says:

    Selamat siang Dok

    Singkat saja, Saya Afro (laki2) umur 36 tahun membutuhkan informasi, sekitar 3 minggu lalu saya mengalami cedera retak tulang kaki (telapak bagian atas) jatuh dari motor…saya sudah ke ahli tulang dan 3 hari sekali control), dan sama sekali saya tidak ke dokter, yang ingin saya tanyakan..seberapa lama penyembuhan dengan metoda tersebut, kedua untuk bengkaknya tinggal 10% itupun diarea yg retak..seberapa lama..bisa kempes?? yang ke tiga..sekarang saya merasakan sering pegal dan ngil diarea siku..semua kaki saya (mata kaki, lutut) setiap duduk lama apakah ini efek lain?? dok.. mohon infomrasi dan petunjuk…terima kasih atas bantuannya…?

    • muki partono says:

      Nyeri dan pegal tdk berhubungan dgn patah telapak kkinya kmi rasa ada hubungannya dgn yg lain sebiknya diperikskan ke dokter tulang

  79. Mahmud soleko says:

    Dokter,akhir akhir ini saya mengalami nyeri dari bagian atas kaki sampai paha dan sampai sekarang kadang hilang kadang muncul lagi dan terasa pegal dan nyeri,saya adalah penyuka olah raga bola voli,apa itu ada hubunganya,mohon dijelaskan terima kasih

  80. hendra says:

    Saya usia 30th. Pernah jatuh tertimpa motor. Paha kanan saya awalnya bengkak, di hari ke 3 sdh kempes bengkaknya. Tp di pake buat jln lutut saya sakit & otot paha terasa sakit & ngilu. Sdh hr ke 6 msh sakit. Apa yg hrs sy lakukan dok? Mohon sarannya. Terima kasih dok

  81. giselle says:

    Dok, sudah 1 bulan ini kalau saya duduk di atas motor terasa sakit pada tulang ekor. Dan sekitar 1 minggu rasa sakitnya merembet pada pinggang yang akan lebih terasa sakitnya kalau saya hendak membungkuk, jongkok atau bangun dari posisi duduk atau tidur. Dua hari ini setelah bangun tidur pagi hari maka badan akan terasa segar dan tidak terasa sakitnya tapi menjelang siang akan terasa lagi sakitnya, yang sekarang berpindah ke paha kiri dan tulang belakang semenntara pada tulang ekornya sudah tidak lagi terasa sakit.
    Kenapa ya dok? Mohon sarannya. Terima kasih.

  82. yeni says:

    salamm kenal dokter, saya mau menanyakan soal mama sayang yg berumur 68 th, beberapa hari yang lalu pangkal pahanya terasa sakit sampai tdk dapat berjalan bahkan selangka pun, kalo untuk duduk, berbaring kiri dan kanan bisa bahkan sampai berdiri bisa cuma kalo melangka tdk bisa pangkal paha kananya terasa sakit san tdk ada tenaga. penyebabnya waktu dia berjalan dia merasa ada jalan yg turus jadi kaget tapi tdk sampai jatuh.kira2 pangka paha mama saya kenapa yah dok, sampai menyebabkan rasa akit ketika mau berjalan? mohon saran dan bantuannya. terimakasih banyak dokter

    • muki partono says:

      Ibu anda kami duga ada patah pada tulang leher femur. Itu akibat proses pengeroposan, sebaiknya dilakukan foto rontgen dan konsultasikan ke dokter tulang

  83. citra says:

    dokter, saya mau tanya, sebulan yg lalu saya kecelakaan tapi saya hanya kebanting dan ditimpa sisi tubuh yg kanan, karena tidak ada luka sama sekali jd saya cuma pijet, setelah pijet sembuh…tp setelah sebulan ini pangkal lengan kanan saya yg atas dekat bahu terasa sakit kaya di iris2 gitu tapi sakitnya kadang muncul sendiri dan hilang sendiri…apa ada hubungannya dng kcelakaan saya ato ada penyebab lain ya?trmksh

  84. widya says:

    usia saya 16 thn, saya sering merasakan nyeri pada kaki kiri dan kanan serta nyeri pada pergelangan kaki kiri. nyeri itu datang ketika saya sedang berlari atau setelah main basket, kadang kala nyeri itu sangat sangat sakit dan membuat kaki saya gemetar dan tidak mampu untuk berdiri. nyeri itu cuma terasa waktu saya duduk dan berlari tapi kalo saya bawa berjalan kaki nyeri itu gak terasa, dan saya pernah mengkompres kaki saya dengan es batu dan nyeri itu hilang tapi cuma sebentar. dan waktu saya mengkompres pergelangan kaki kiri saya merasa sangat nyeri sekali. bagaimana cara mengatasi rasa nyeri itu dok? karna nyeri ini sangat menggagung saya buat bermain basket.

    • muki partono says:

      Sebaiknya dilakukan konsultasi ke dokter tulang dan mungkin perlu foto rontgen pada anklenya, biasanya pengalaman klinis kami ada pengapuran atau penulangan pada sendi ankle yg membuat nyeri

  85. lia aryani says:

    orang tua saya sudah 10 hari ini mengalami sakit di dalam tulang samping dari paha hingga betis sebelah kiri saja, saya sudah berusaha untuk memberikan obat dari mulai obat dengan resep dokter, jamu hingga obat warung. sudah di cek untuk kadar asam urat serta kolestrol tetapi hasilnya normal. minggu ini saya akan cb untuk ronsen kakinya. tetapi apakah ada cara lain atau obat apa saja yang ampuh untuk menghilangkan rasa sakitnya. karena sungguh saya tidak sangat tega melihat ayah saya menangis karena kesakitan pada kakinya. mohon solusinya dokter. terimakasih sebelumnya..

    • muki partono says:

      Ayah anda mengalami gejala penekanan saraf yg hebat kala obat2an sdh tak mempan sebaiknya kita lakukan suntik aaraf (foraminal blok) rawa rs 1 hr

  86. zahira says:

    saya zahira usia saya 23tahun saya mau menanyakan tentang nyeri kaki yang dialami oleh bunda saya dokter beliau 4 tahun yang lalu mengalami kecelakaan dan keesokan harinya kakinya di pijat setelah 2 tahun dari kejadia itu bunda saya mengalami nyeri hebat pada kakinya sudah diperiksa dan diagnosanya pengkroposan tulang dan setiap minngu harus disuntik dengan obat bukan disuntik saja melainkan harus mengkonsumsi obat setiap kakinya sakit.
    yang saya mau tanyakan sebaiknya bunda saya harus gimana dokter untuk mengobati kakinya soalnya saya kasihan setiap kali sakit atau setiap minggu harus disuntik obat.

    • muki partono says:

      Sebaiknya kami periksa kalau osteoporosis nyerinya tdk terus menerus spt itu, mungkin ada sebab lain, misalkan penekanan saraf, atau pengapuran

  87. dian says:

    malam dok.saya dian..sudah selama setahun lebih kaki kanan saya sudah ga sesehat seperti dulu lagi..semenjak insiden lutut kecengklak.insiden ini karena ketidaksengajaan saat saya sedang bergerak menggunakan lutut menjadi topangan tubuh saya..tidak lama setelah itu, lutut saya biru dan bengkak.tapi sekarang sudah lebih mendingan semenjak cek ke dokter tulang.katanya tempurung lutut saya suka lari2..jadi disuruh pakai alat penopang lutut gtu..sakitnya sih berkurang..tapi tidak hilang. tapi tidak hanya itu..kaki saya di bagian belakang lutut agak menuju betis bagian atas selalu nyeri, apalagi kalau saya dalam keadaan duduk yg tidak terlalu lama tidak sampe 2 jam..dan kalo saya raba, agak sedikit keras. dulu rasa nyeri di bagian ini bisa hilang kalo pake obat2 nyeri otot..tapi lama kelamaan itu tidak mempan padahal udah dioles sebanyak apapun. dan pokoknya jadi ngerasa tidak nyaman untuk jalan atau duduk lama2..kira2 ini kenapa yah??atau kah perlu di rontgen?atau harus ke dokter tulang dan otot??

    • muki partono says:

      Menurut kami anda perlu tindakan artroskopi, utk memastikan kelainan di dalam send lutut dan sekaligus memperbaikinya

  88. dian says:

    tindakan artroskopi itu kayak gimana dok??

  89. Ana says:

    Dok, saya mau tanya…..sudah hampir 2 minggu ini kaki saya sering gak kuat buat jalan….sering ngilu…klo bis jalan atau berdiri agak lama…kenapa yach.? terimakasih

  90. harun says:

    Assalamu’alaikum maaf dok klo bisa tnya soal penyakit saya ini: kamrin saya sebelum operasi nyilu pada pinggul sampai batis, kadang sampai sakit sekali, nah kamarin sya sudah foto tpi tidak ada indikasi patah atau keropos…sya mau tnya knapa itu bisa trjadi..solusinya apa biar hilang rasa nyeri itu..makasih sebelumnya

    • muki partono says:

      Kemungkinan anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang, kalau di foto rontgen memang tdk akan kelihatan, sebaikya lakukan pemeriksaan MRI LUMBAL

  91. sagita winardi says:

    met malem dok, mau tanya saya hobi olah raga bad minton, pada bulan juli 2011 kaki sebelah kiri saya sakit yg amat sangat, karena sudah tidak tahan lagi saya bawa ke dokter saraf saya di suntik pada paha atas dan di kasih obat, namun setelah obat nya habis sakitnya masih terasa dan saya kembali kedoter yang sama dan hasilnya saya sembuh. tapi ahir-ahir ini di tahun 2012 bulan januari pertengahan kambuh lagi karena dulu ke dokter saraf sembuh saya kembali lagi, namun setelah di suntik dan obatnya habis tidak ada perubahan dan sampai sekarang, karena masih sakit saya pindah ke dokter penyakit dalam di kasih obat toga jenis 1. pembentukan otot, 2. penghilang raya nyeri, 3. osteoporosis itu katanya dokter namun setelah obat diminum kok nyeri dan ngilu pada paha saya tidak berkurang. tolong dok jalan keluarnya gimana terima kasih banyak dok atas jawabannya.

  92. Rida Royani says:

    Dokter, saya sanagat khawatir dengan anak saya (lk) 15th, sejak kecil dia sering sekali keseleo, asal tersandung sedikit tulang/sendinya langsung bengkak dan sakit, saya urut, beberapa hari kemudian bengkaknya hilang tapi selalu terulang kembali, kadang juga pinggangnya tiba-tiba sakit hingga tidak bisa duduk, waktu saya bawa kedokter saya tidak mendapat jawaban yang memuaskan, kata dokter bisa saja sarafnya yang bermasalah, dokter tolong beri tahu saya apa kira-kira yang terjadi dengan anak saya, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

    • muki partono says:

      Kami curiga anak ib mengalami kelemahan otot akibat ganggan saraf pinggang, sebaiknya dikonsultasikan , kam periksa dulu utk memastikan kelainan tsb

  93. ester says:

    dokter sy pernah mengalami kecelakaan,tubuh sy digilas truk mulai dari pinggang sampai ke kaki sy.
    kejadian tsb 3 thn yg lalu, yg mau sy tanyakan, kenapa tulang2 sy sering ngilu ya dok?? thanks

  94. Fatma says:

    Dokter saya mau nanya mengenai kaki suami saya yang lagi sakit dan kadang bengkak , sakitnya sudah sebulan. Kalau tidak beraktivitas seperti duduk dan baring kakinya terasa sakit, dan apabila dipakai untuk berjalan tidak terasa sakit. Suami saya penderita penyakit hepatitis, diabetes dan kolestrol, apakah sakit kakinya itu ada hubungan dengan penyakit yang diderita tersebut ya dok, tolong kami diberitahu bagaimana pengobatan untuk kaki suami saya yang sedang sakit itu, dok. Atas perhatianya kami ucapkan terimkasih.

    • muki partono says:

      Sebaiknya dkiperiksakan ke dokter mngkin suami ibu menderita gejala penekanan saraf pinggangatau sebab lain

  95. lee nda says:

    siang dok,usia saya 25 thn saya sering sekali marasa nyeri dan linu pada belikat sebelah kanan itu saya rasakan sudah lama,saya kira sakit pegal2 biasa tapi kok ga sembuh2 dah hampir 1 thn..saya harus bagaimana dok? mohon solusi. nya..terima kasih.

  96. yunfian says:

    malam dok, saya yunfian 20 tahun, sudah 2 minggu ini setiap kali habis duduk (kira-kira 15 menit), saat berdiri pinggang kanan saya terasa kaku dan nyeri, sakit sekali untuk digerakkan, untuk mengatasinya saya harus bagaimana?
    apa solusinya dok?

    • muki partono says:

      Posisi duduknya hrs lbh baik, dan berat badan kalau blm ideal sebaiknya diturunkan

      • yunfian says:

        pada saat habis tidur, saat berdiri kaki juga masih terasa sakit, tidak hanya setelah duduk saja. harus menunggu sekitar 2 menit baru bisa digerakkan secara normal. berat badan saya juga ideal, berat badan saya 50kg, tinggi saya 170cm.

  97. mimit says:

    malam dok, sudah hampir 2tahun setiap malam saya mengalami kaki ngilu ngilu di sekitar betis.awalnya kaki saya keram,trus teman saya pijet dan menekan dibagian betis itu,efeknya sampai skrng rasa sakit dibetis tersebut masih terasa dan hampir setiap malam mengalami ngilu pada kaki.tolong solusinya ya dok,terimakasih :)

    • muki partono says:

      sebaiknya kami periksa kami curiga anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang bukan kram otot biasa, krn sdh lama sekali

  98. aman says:

    pak dokter mau tanya.. betis kaki kanan orang tua saya sering sakit tiba2 cnut2 dan dirasakan sampai ke pinggang, dicek tidak ada rematik dan asam urat,bagai mana dok solusinya

  99. suci says:

    dok nama saya suci, umur saya 20tahun.
    kenapa ya kok saya sering mengalami pergeseran sendi(dislikasi)pada lutut.
    bahkan yang terparah sampe retak. kira-kira kenapa ya dok jatuh sedikit langsung dislikasi?

    • muki partono says:

      kondisi anda disebut HABITUAL DISLOKASI biasanya akibat kelainan dari lahir , nggak apa-apa da tak perlu dikoreksi, pengalaman kami diperkuat saja otot pahanya dengan latihan , biasa dasar penyakit akibat HIPERLAXITY OF JOINT, dimana sendi anda lentur

  100. rini oktavia says:

    Asl. dok, saya mau bertanya masalah patah tulang.
    3 tahun yang lalu saya mengalami patah tulang paha di bagian dekat pinggul.kemudian dioperasi dan dipasang pen. namun setelah 3 tahun kaki saya masih terasa nyeri dan gerakannya agak terbatas. apakah lokasi patah tulang saya memang tidak bisa sembuh seperti semula dok? apa langkah yang harus saya ambil sekarang dok? atau ada gak terapi khusus untuk mengembalikan ke keadaan semula?

    • muki partono says:

      pada kasus ini bisa banyak penyebab , kekakuan bisa berasal dari otot, tulang dan ligament, sebaiknya periksakan ke dokter tulang utk melihat kondisi klinis terakhir dan evaluasi foto rontgen panggul yg terakhir, baru nanti bisa diberikan solusi jalan keluarnya

    • muki partono says:

      sebaiknya konsultasikan kembali ke dokter tulangnya , kemungkinan2 bisa banyak

  101. tias says:

    Pak Dokter, tulang saya dari kecil sering ngilu tanpa sebab dari tulang panggul sampai telapak kaki dan tangan. terkadang tangan saya sampai tidak bisa digerakkan dan untuk penyembuhannya saya hanya minum Antalgin tapi hanya sementara nantinya kambuh lagi, penyebabnya apa ya dok? terima kasih

    • muki partono says:

      sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang, kemungkinan anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang akibat anatomi lubang saraf di stulang belakang menyembpit

  102. natasha says:

    lutut saya tering terasa sakit, dulu hanya setiap malam, tetapi sekrang hampir setiap saat, kaki kanan saya terlihat lebih gelap(merah)apakah itu tergolong rematik dok? atau pernyakit lain?

    • muki partono says:

      nyeri lutut belum tentu reumatik, sebaiknya diperiksakan , bisa banyak sebab yg dp menyebabkan nyeri lutut, spt radang sendi, penekanan saraf pinggang, pengapuran dll

  103. iin says:

    Dear Pak Docter,

    Pak Dokter, saya punya anak berusia 8 th, sejak umur 7 th tulang mata kakinya sering sakit, sampai minta dipukulin pakai sendok katanya enak, sudah konsultasi ke dokter di suatu rumah sakit, sudah melakukan scan/foto/rogent juga, tapi menurut dokter specialis anak di rumah sakit… bilangnya tidak ada kelainan di tulang mata kaki, tapi anak saya masih sering sakit tulang mata kakinya.
    Itu sakit apa yaaa Dokter dan pengobatanya gimana? Terima kasih Dokter.

    • muki partono says:

      nyeri pada ankle pada anak2 biasanya akibat bentuk kaki yg ceper atau sebab ada penekanan saraf di pinggang sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang

  104. Mey says:

    Dok kaki saya, terutama pada bagian tumit sering merasakan nyeri, lemah, terkadang ada sensasi menusuk. Kadang pula terasa ngilu pada lutut, pergelangan kaki, dan tangan. Rasa ngilu memang telah saya rasakan sejak saya di bangku SD. Kini saya berusia 24 tahun. Dulu rasa ngilu dll nya hanya saya rasakan sesekali. Tapi akhir2 ini saya rasakan setiap hari. Terutama saat rebahan menjelang tidur setelah beraktifitas seharian. Sudah beberapa dokter yg saya temui, tp tidak ada hasil. Dokter terakhir yg saya temui menganjurkan saya mengkonsumsi “mecobalamin” obat penenang saraf kaki. Kira2 saya sakit apa ya dok? Terima kasih.

    • muki partono says:

      kami menduga anda mengalami kelainan penekanan sarafp pinggang sebaiknya lakukan pemeriksaan MRI Lumbal utk memastikannya

  105. aisyah says:

    dokter kaki saya mengalami pembengkakan di bagian lutut kanan,jika saya bnyk berjaln atu lelah bengkak a semakin parah,bahkan terkadang kaki saya tidak ada daya,apa saya ada gangguan di ginjal???kira2 saya skit apa ya dok

  106. intan nurlaila says:

    dok suami sy usia 31 th,2bln ini mengeluh sakit pd kaki kanan mulai lutut sampai ke pinggang,
    tiap menjelang mgrb sakitnya kian terasa,prnh dperiksa dokter ortopedy katanya akibat akumulasi bekas operasi kaki kiri pd thn 1998,kaki swami panjang sblh jd slm ini tumpuan lbh pd kaki kanan tsb,apalagi swami kerja berat slm ini,
    bagaimana solusi menurut dokter?
    trima kasih,,

    • Muki Partono says:

      menurut hemat kami bisa saja keluhan yg saat ini tdk berkaitan dengan bekas operasi , mungkin ada masalah pada pinggangnya spt saraf terjepit pinggang

  107. linda krisma says:

    Dok..ibu sy 55th..setiap bangun pagi dr telapak kaki sampai lutut terasa berat dan sakit menusuk..jd setiap bangun ibu sy jln’ y pincang..kira2 knp dok? Bahaya tdk? Pdhl udh cek asam urat dan gula darah normal semua. Maksh

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome