Bagaimana penyembuhan untuk tulang tumbuh di tumit & cedera ligament lutut?terima kasih

September 14, 2009 Dr Menjawab 106 Comments

tulang tumbuh  di tumit pengobatan ada 3 cara dengan obat2an selama 6-8 minggu, bila tdk berhasil di suntik steriod pd daerah yg nyeri, bila gagal juga (kembali timbul keluhan kurang dr 6 bulan sebaiknya operasi pengikisan tulang yg nonjol, cedera lutut hrs dipastikan dulu apa2 biasanya dgn MRI bila ada robekan dilakukan artroskopi ,dan rehabilitasi

About author:

106 Responses to “Bagaimana penyembuhan untuk tulang tumbuh di tumit & cedera ligament lutut?terima kasih”

  1. yenyeni says:

    Dok…… sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas kebaikan dokter….. saya mempunyai ayah yg telah berumur 70 thn … ayah saya mempunyai penyakit di bahu otot tumbuh tulang bagaimana cara pengobatannya ?

    • muki partono says:

      penyakit ayah bila mengganggu gerakan bahu, sebaiknya tulangnya di ambil dengan tindakan artroskopi bahu, bila tdk mengganggu tdk perlu , mungkin coba fisioterapi

  2. Ruth Rodikyah says:

    Dokter, saya mau bertanya. Apa yang harus saya lakukan dengan adanya tulang baru yang menusuk tulang lama saya di bagian pinggang? Hal ini sudah terjadi selama kurang lebih 2 tahun dok, yaitu setelah saya kecelakaan. Setiap hari yang saya rasakan nyeri di paha hingga kaki, sehingga kadang-kadang sulit untuk berjalan. Cepat lelah dan capek.Dan kalau saya terlalu capek, pinggang saya terasa seperti encok. Pengobatan seperti apa yang bisa menyembuhkan sakit saya dok? Terima kasih.

    • muki partono says:

      dari keluhan anda itu akibat penekanan saraf pinggang oleh krn tulang tersebut atau bantalannya, jgn dibiarkan krn lama2 dapat menyebablan kelumpuhan pada kaki kanan anda, sebaiknya diperiksa lebih lanjut

  3. mei says:

    dok nenek saya (65 thn) mengalami jatuh yg menyebabkan lututnya menjadi hancur akibat benturan yg kuat. gimana cara mengobatinya? kl operasi mahal apa bisa berobat alternatif??

    • muki partono says:

      sebaiknya di tangani secara medis, spy bisa jala spt biasa , bila tempurungnya yg patah sebaiknya di operasi, masalah biaya tergantung rumah sakit (relatif)

  4. adri says:

    dok,lutut saya cedera,sudah hampir 2 tahun tidak sembuh2,,lutut saya cedera karena maen futsal…,apabila saya paksakan maen fusal,sering kumat lagi lutut saya,langsung bengkak besar..,dan saya tidak bisa jalan,sudah hampir ratusan tukan pijet,dan dokter..,tapi tidak sembuh2..bgmna ni penyembuhannya menurut dokter??

    • muki partono says:

      sebaiknya dilakukan prosedur MRI lutut utk memastikan kelainan yg terjd di dalam lutut anda, biasanya pengalaman kami anda menderita robekan bantalan lutut , sebaiknya dilakukan tindakan artroskopi utk memperbaiki kelainan tsb.

  5. WIEN BASHORI says:

    Ass, wr, wb …
    dokter, sejak 4 bulan yg lalu sy mengalami nyeri di tumit kaki sebelah kanan, setelah sy rontgen ternyata ada tumbuh tulang ( seperti jalu ayam ) , sy pernah terapi laser ttp tdk hilang nyerinya, skrg sy memakai sepatu /sandal yg empuk/lentur, ttp ttp sj nyeri terasa saat akan mulai jln, kadang sy berjln jinjit krn nyeri yg tak tertahankan.

    dok, bagaimana cara terbaik ntuk menyembuhkan nyeri tersebut, terus terang sy tdk ingin tergantung dgn obat penghilang rasa sakit.

    demikian, atas bantuannya sy ucapkan terima kasih.
    Wass, Wr, Wb …
    wien bashori

    • muki partono says:

      sebaiknya penulanganya di kerok dgn operasi kecil setelah itu masalah selesai, krn bila kita sdh lakukan pengobatan konservatif selama 2 bulan gagal solusinya operasi

  6. WIEN BASHORI says:

    Ass, wr, wb …
    terima kasih dok. mhn maaf seblmnya dok, apakah setelah dioperasi tulang tersebut akan tumbuh lagi ? terus terang aktivitas sy banyak berjalan kaki, terutama saat sy mengantar jama’ah haji setiap tahun, dan berapa lama luka tersebut akan sembuh ? oh ya umur saya 46 tahun ….

    Demikian kami ucapkan terima kasih…

    Wass, Wr, Wb ….

  7. zarena says:

    dokter,anak sy lk2 usia 7 thn di pergelangan tangan dkt nadi ada tulang yg tumbuh setelah sy rontgen . apakh itu berbahaya n apa solusinya. krn dktr menyarankan tuk di operasi. trms

    • muki partono says:

      Biasanya itu ganglion suatu tumor jinak yg asalnya dari cairan sendi disekitarpergelangan, bila mengganggu fungsi sebaiknya dioperasi

  8. Kusuma says:

    Dok saya bln januari 2010,saya kecelakaan dan tempurung lutut saya patah menjadi tiga bagian.lalu saya mau tanya berapa bln saya dapat sembuh kembali dan juga dapat naik sepeda montor lg?.trims dok

    • muki partono says:

      kalau anda tdk operasi tdk akan sempurna, bila dioperasi butuh waktu utk bisa kembali spt biasa, yg penting program latihan fisioterapi paska operasi

  9. pientje says:

    Dok, saya merasakan sakit yang luar biasa bila berjalan , saya terasa menginjak batu kerikil di telapak kaki bagian belakang ( dekat tumit ).
    kaki kanan lebih terasa sakit dibanding dengan kaki kiri saya.
    nyeri lebih terasa sewaktu bangun tidur.
    apa yang harus saya lakukan dok ?
    terima kasih.

  10. adhi says:

    Dok, saya pernah melakukan rontgen, ternyata di tulang belakang punggung saya ada 4 ruas tulang yang tumbuh tulang baru (tulang jalu ayam). 4 ruas itu tepatnya berada di daerah pinggang apa ya dokter. Rasanya nyeri setiap hari dan punggung selalu terasa kaku, sehingga hampir tiap malam selalu saya beri balsem untuk mengurangi rasa nyeri. Sekarang nyerinya sering terasa sampai ke leher belakang. Saya menderita apa ya dok, dan bagaimana cara mengobati/mengatasinya. Terima kasih dok.

    • muki partono says:

      untuk sementara coba anda berenang utk mengurangi kekakuaannya, sebaiknya kita bertemu untuk memeriksa anda lbh teliti

  11. Ida says:

    Dok seperti pertanyaan pasien lainnya yg ada tulang tumbuh di tumit, apakah setelah operasi kemungkinan bisa tumbuh lagi tulang tsb. Saya sudah di terapi tetapi sakitnya luar biasa pada saat terapi tsb, memang agak enakan setelah selesai terapi, tapi ya hanya sementara saja. Setelah beberapa lama timbul lagi rasa sakitnya. Dua telapak kaki saya ada tulang tumbuhnya, begitu jalan-2 di mall misalnya 15 menit saja sudah mulai rasa sakit menjalar di ke dua kaki saya.

    Terima kasih

    • muki partono says:

      sebaiklnya kita coba dgn suntikan pada tempat yg nyeri , mudah2an berhasil, bila di operasi kemungkinan tumbuh bisa saja tapi butuh waktu lama

  12. julio says:

    Dok, saya ingin bertanya apakah nyeri yang diakibatkan oleh cedera lutut yang sudah 15 tahun bisa sembuh. Dulu saya main basket dan benturan di bagian belakang lutut saya, dan langsung bengkak dan beralan pincang, keesokan harinya saya merasa enakan, saya pakai untuk basket lagi, namun kejadiannya sama seperti itu lagi, karena saya tidak mengerti. Nah setelah saya latih sedkit demi sedikit lutut saya skrg tidak goyang lagi, namun rasa nyeri masih ada, dan tidak enak kalau untuk berjalan ataupun akitivtas yang lain. Saya sudah menemui dokter tulang setempat namun beliau mengatakan bahwa kaki saya tidak apa2 namun memang agak sedikit goyang dibandingkan dengan satunya, dan untuk nyeri itu emang tidak bisa sembuh karena sakit yang terlalu lama dibiarkan, MRI juga belum dilakukan. Bagaimana pendapat dokter? Terima kasih dok.

    • muki partono says:

      sebaiknya di lakukan artroskopi lutut utk diagnosis sekaligus terapi , kelihatannya anda menderita cedera ligament yg serius, ligamen robek tak akan menyembuh kalau tdk diperbaiki atau diganti.

  13. jefri says:

    dok saya mau bertanya dan apa solusinya untuk kaki saya,
    saya mengalami cedera di bagian lutut kiri saya udah 5minggu ini belum sembuh” padaha saya sudah minum kalsium dan saya pijat ke tukang pijat tp gk ada hasil dan pernah pijat d tukang massage dosen unesa pda waktu itu ada hasil tapi pas saya buat lari zig zag kaki saya sakit lagi
    saya atlit wushu sanshou dan akan bertanding bulan 11 tgl 12-14 apa saya masih bisa main??
    padahal kadang buat nahan bantingan kaki saya masih kurang kuat(kadang terasa tulangnya bunyi kluk)
    dan saya mau bertanya kalo operasi kira” biaya nya berapa??
    trus masa penyembuhan nya brpa bln??
    apa saya udah termasuk cacat?

    • muki partono says:

      anda mngalami cedera lutut yg serius bila ingin kembali OR sebaiknya kita lakukan artroskopi pada lutut anda, timing operasi sebaiknya setelah pertandingan , bila ingin bertanding tdk ada keluhan coba kami periksakan 1 hari sebelumnya

      • zulkarnaini says:

        dok…
        mhon maf…

        saya kena lutut swktu saya sedang olahraga…
        sesudah saya berobat ke dukun patah kata nya gak knpa2 cuma kena orat ja…

        tpi sampai skaranglutut msih nyeri wktu saya lompat luntut satu kyak gk fungsi…

        solusi nya dok gmn…

        trma ksih…

  14. Vee says:

    Dr. Saya mengalami kecelakaan hampir 2 minggu lalu,,
    daerah lutut kiri saya bengka karena benturan kuat, saat di IGD kata dokter yg memeriksa lutut saya tidak kenapa-napa hanya lecet saja,, tapi setelah malam keduanya kaki saya tidak bisa berjalan, setelah di bawa tukang urut malam tuh juga, lumayan bisa jalan dan kata tk.urut trsebut engsel lutut saya bergeser..
    Tapi kenapa yah Dr. Setlh 2 minggu berlalu saat kaki saya dari lurus ke bengkok terasa kayak keram ato apa, pokoknya tidak nyaman.. Sebaliknya juga dari bengkok ke lurus..
    Apa yang harus saya lakukan Dr.?

    • muki partono says:

      anda mengalai cedera pada lutut bisa mengenai tulang rawan, bantalan, ligament, sebaiknya tunggu ampai 1minggu lg bila keluhan tdk berkurang juga sebaiknya berobat utk sementara, kompres es dan lakukan latihan sepeda statik

  15. pratiwi says:

    dok sy mglami kclakaan cedera ptah tlag lutut trus sdh oprasi blan kmren abis buka pen. jd skg tggal penymbuhanya lg krna lutut sudh kaku trus susa untk ngelipat. dok gpp di paksa buat ltihan lipat lutut.?? tkut tlang yg ptah bs ptah lg dok. trus klu ltihan, paha bw trasa skit.klu terasa nyeri gpp dok?? umr sy 23 thn

    • muki partono says:

      kadang seperti ini lanjutkan saja terapinya agak sedikit paksa dan yg penting teratur, karena kalau tidak kaku kembali

  16. Hendry says:

    Dok, lutut saya ga sembuh2 akibat kecelakaan olahraga, disuruh lompat corong jatoh kena lutut , di ronsen kyakny ad terliat tulang kecil yg menjauh dari tulang asalny sekitar 2 cm krena retak, udah dipijet pertama x dan diobati ma sinseh slama 6 bulan blum sembuh , mxlahny ga bxa lari tapi jalan biasa aj, kmudian cek k sinseh lain ktany udah lma gt, ga bxa sembuh lg, ap ad solusi lain? Lutut saya jika dilipat dkid terliat ad jarak bhwa tempurung lutut tidak terhubung dngn tulang yg di bwhny, . .

  17. Sri says:

    Dok, saya F,31 th, fraktur 1/3 distal fibula dext undisplace & mall media dext, di gips saja..dan sudah dilepas setelah 1 bulan karena garis fraktur yang difibula sudah tidak tampak tapi masih ada celah di mall med nya, sekarang sudah 6 minggu (lepas gips 2 minggu)..mau belajar jalan tapi saat berdiri menompang tubuh terasa sangat nyeri di dalam tumit kanan jika tidak menompang tidak sakit..apa yang terjadi ya dokt? jika tetap dilatih berjalan dan menompang badan apakah tidak apa-apa?terima kasih..

    • muki partono says:

      memang demikian lanjutkan latihannya secara bertahap saja, sebatas kemampuan anda , kalau masih nyeri juga khawatir tulang belum menyambung

  18. Okta says:

    Lam kenal dok sy okta cilacap
    Sy sudah 1 thn cidera engkel kiri,sudah ke orthopadi katane da tulang yg pth tp blm sembuh 100% sy paksa tuk voly lg,sampe sekarang jalan jg msh skt&bunyi kletuk2..
    Kira apa ckp kalau ni di sembuhkan dgn fisioterapi dok&kira2 berapa lama proses penyembuhanya

  19. alli says:

    Dok di atas mata kaki sy ada benjolan tulang,, jadi mata kakinya seperti menjadi dua,, apa penyebab benjolan itu dok

  20. damarsuhada says:

    ass dok saya damar 19th atlit sepak bola
    lutut saya ditendang dr belakang sampai tidak bisa jalan,lalu perlahan bisa jalan dgn baik stlh di urut.sdh 2 minggu saya tidak bisa main bola tp utk aktifitas sperti biasa tidak ada gangguan.saya konsul ke rmh sakit kata dokter ligamennya putus dan hrs MRI 2mnggu lg.gmn saran dokter?spy dlm wkt singkat saya bisa main bola lg.makasih

    • muki partono says:

      Saran dilakukan tindakan artroskopi, agar kelainan yg terjadi ditangai dan anda bisa aktif kembali sbg atlit

      • damarsuhada says:

        apa itu artroskopi dok?sdh saya coba latian tp sesaat lutut saya sperti bergeser.saya seperti frustasi dgn keadaan saya sperti ini dok

  21. Maya Annisa says:

    dokter saya waktu lebaran idul fitri kemarin keseleo dan selasa kemarin saya jalan cukup jauh sedangkan ketika hari rabunya saya secara bertahap tidak dapat berjalan atau menapak pada kaki kanan dan pada hari kamis setelah rontgen ternyata ada tulang tumbuh di tumit kanan saya alhasil saya disuruh fisiotherapy sebanyak 6 X, kemarin ketika ketemu sepupu dia memiliki pengalaman yg sama hanya dia di operasi. Yang jadi pertannyaan saya apakah kasus pada saya bisa langsung diambil tindakan operasi dan apakah efek samping dari operasi tersebut,saya fikir sayang uangnya kalau satya di fisio tp pd akhirnya saya harus operasi juga karena dari segi ekonomi saya sangat terbatas mohon bantuan dr jawaban dokter karena sampai saat ini sudah 3 kali operasi msh sgt terasa nyeri sedangkan nyeri berkurang krn pengaruh obat saya juga takut klo harus ketergantungan pada obat dok.Terima kasih sebelumnya

    • muki partono says:

      Sebaiknya diperiksa dulu belum tentu kasus anda sama dgn teman yg keseleo juga . Mudah2 an sih tak perlu tindakan operasi, kalau masalah biaya kami blm bisa beritahu sebaiknya kami periksa dulu, apa masalahnya

  22. Maya Annisa says:

    iya dok ternyata kata dokter orthopedy di RS wilayah saya tidak perlu dilakukan operasi, cukup tindakan injection saja, tapi dokter saya belum siap karena tadi saya berangkat periksanya sendirian, yang mau saya tanyakan lagi apakah setelah penyuntikan berlangsung, saya jd sulit berjalan sementara waktu atau apa ada efek samping yang terjadi setelah penyuntikan berlangsung,dan saya juga minta saran dokter apa yang harus saya lakukan dan yang terbaik untuk tubuh saya sekarang menghabiskan obat anti nyeri dulu yg diberikan dkter penyakit dalam (karena kurang teliti kemarin pertama periksa saya bukan periksa ke orthopedy ttp ke internis) atau langsung di lakukan penyuntikan?

  23. Fitri says:

    dok,, saya mau tanya.. lutut saya tiba2 terkilir.. tp saya gak suka maen bola sepak maupun basket atau olehraga lain yg menyebabkan gangguan pada bantalan lutut.. apakah saya juga harus melakukan artroskjopi lutut..?? sudah 3 bulan saya tidak bisa berjalan normal dan terkadang suka kehilangan keseimbangan ketika berjalan..

  24. Galuh says:

    Selamat siang Dok, anak saya 2 minggu yang lalu mengalami kecelakaan dan mengalami luka dilututnya, dagingnya terkoyak sampai terlihat tulangnya. Pada hari itu juga dilaksanakan operasi penutupan luka dan akan dilakukan operasi lagi 2 – 3 bulan ke depan karena didiagnosa ligamentnya putus. Dok, apakah operasi merupakan jalan satu2 nya untuk mengatasi ligament yang putus? Terima kasih.

  25. rizal says:

    dok…saya pernah kecelakaan motor dan cidera pada sendi pangkal paha hingga tidak bisa berjalan. Pengobatan alternatif dan rumah sakit pernah dijalani.Namun setelah 2 tahun, kembali mulai terasa nyeri. Bila dipijat malam sebelum tidur, pagi nyeri hilang. Dan harus menjaga gerak kaki sebab salah sedkit bisa kumat. Apakah otot pada sendi paha saya mulai melemah bersamaan usia 34 saya. hasil ct-scan tidak ada retak/patah. hanya cidera otot paha. mohon pencerahannya

  26. Ida Wahyuni says:

    Assalamu’alaikum
    ‘Afwa Dok,,,mau konsult, kakak saya cidera patah tulang pada lututnya pada saat pertandingan bola volly sekitar kurang lebih 3 bulan yang lalu,kemarin sudah dirawat dan diobati,hasilny sudah lumayan baik, tapi sekarang kalau dipake lari itu tidak sekuat dulu terus tiba-tiba rasanya tulang lututnya seperti mau menekuk dengan sendirinya, itu kira-kira pemulihan dan pengobatannya bagaimana Dokter..Terima kasih

    • muki partono says:

      Kam menduga patah tulang lututnya menyebabkan cedera pula pada bantalan sendi, shg masih nyeri saat lari dan menekuk, sebaiknya dikonsltasikan ke dokter tulang

  27. Dok jika tumbuh tulang muda di sekitar tulang belakang apa solusi yang terbaik? Pasien Usia 67 thn (pr)

    Atas informasinya diucapkan terimakasih.

    • muki partono says:

      Penulangan pada usia lanjut i hal yg lumrah sangat sulit mencegahnya yg penting tdk menekan saraf di tulang bElakang

  28. retno says:

    dok ayah saya punya keluhan rasa nyeri di kedua tumit kakinya. setelah diperiksa ternyata ada daging tumbuh di kedua tumit kakinya. mereka menyarankan agar ayah saya segera dioperasi. ayah saya berumur 55 tahun. sebaiknya pengobatan apa ya yang lebih baik dilakukan selain operasi?

    • muki partono says:

      Rasa nyeri di tumit, bisa banyak sebab yg dpt mengakibatkannya, sebaiknya diperiksakan kembali utk second opini

  29. vie says:

    Selamat malam dok, 3thn yg lalu sy (26thn) kecelakaan. Tumit (bagian belakang)telapak kaki sy patah sehingga dipasang pen, tetapi 6 bulan yg lalu sudah diambil pennya> keluhan saya kenapa klo sy jalan masih ada yg mengganjal ya dok, sprtnya tulangnya ada yg menonjol & klo sy berjalan sakit sekali jd meskipun didlm rumah sy harus menggunakan sandal. Mohon pencerahannya dok utk mengatasi masalah tersebut. Terimakash

    • muki partono says:

      Sebaiknya kami cek ulang, mungkin saja ada masalah lain, kalau sebelum pen dicabut tdk nyeri ada kemngkinan tlangya blm menyambng sempurna, jd krntulang tsb utk menjejak jd adavrasa nyeri

  30. Eva susanti says:

    dok.. sy mhon informasinya, ayah sy berumur 50 tahun, saat dironsen trnyata ada tulang tumbuh di satu tumit beliau sebesar duri mawar. Dokter menyarankan agar dioperasi. Apa tindakan yang harus dilakukan dok? Apakah ini berbahaya? Apakah stelah di operasi bisa terjadi pertumbuhan tulang kembali?

    • muki partono says:

      Pengobatan pada kasus spur calcaneal bisa operasi, bisa dicoba suntik pada daerah yg nyeri, bila ternyata setelah disuntik nyeri tak hilang baru kita sarankan operasi

  31. atiks says:

    Dok,diujung bawah tulang jari tengah tangan kanan saya tumbuh tulang. sdh periksa katanya tdk bahaya. kadang sakit. makanan apa yang harus saya hindari agar tulang tersebut tidak tumbuh besar? terima kasih

  32. wirra says:

    assalamualaikum..
    dokter saya berumur 25tahun.kaki saya retak daerah pergelangn selama 4 minggu kaki saya di gip.setelah gip dilepas sedikit2 saya belajar menapakkan kaki dan selama 3 hari kaki aya bisa menapak dan jalan tanpa memakai krek.yang saya tayakan kaki saya tdk seberapa sakit dipakai jalan tapi kok masih agak pincang knp ya dok ?? atau krn saya cepat bisa jalan ??saya takut tulangx ada yg bermasalah..trmksh dok

  33. wirra says:

    emang kalau seperti itu msh blm sembuh ya dok ?? apa resikonya??

  34. Noor Kamariah Ahmad says:

    Assalamualaikum. Saya berusia 47 tahun. Setahun yang lepas saya mengalami ketumbuhan tulang di tumit kaki. Saya telah membuat x-ray dan semamangnya seperti taji ayam. Malangnya pihak hosp. macam endah x endah. 21 Jun 2012 ini saya ada temujanji lagi di Hosp Sg Buloh di Klinik Pakar Ortopedik. Sakit di tumit kaki tidak berkurangan walaupun saya makan ubat. Tetapi semenjak saya mengambil suntikan tahan sakit tiap 2 minggu sekali, alhamdulillah utk 3 hari dapatlah berjalan laju. Sekarang makin berdenyut2 macam ada benda idup di dalam tumit. Saya tidak mahu disuntik steroid.

    • muki partono says:

      sebaiknya kalau kambuhan terus dilakukan operasi saja, kalau belum mau sebaiknya dilakukan fisioterapi saja

  35. jazuli says:

    ass. Dok sy mau tanya sy cidera dilutut setelah sy berobat didoktr sy diksh obat sendi setelah satu tahun ini kondisi sy sdh enak tapi kadang kala saat olah raga lutut sy msh sering terpelinter tp tdk rasa skt, sebaiknya tindakan apa yg sy lakukan

  36. don lewis says:

    Dok,tendon achilles kaki kanan saya pernah terlepas dari tulang tumit. Kt dokter yg memeriKsa krn ada tumbuh tulang di tempat tsb shg tendon achilles sy tdk bs menempel dgn kuat dan akibatnya terlepas. Sudah ditempel kembali dgn 2 baut di tulang tumit dan sy sudah beraktivitas spt biasa. Mslhnya ibu saya (62thn) juga mengalami pembengkakan di tempat yg sama. Setiap mulai melangkah stlh duduk atau tidur, sangat nyeri apalagi kalau tdk sengaja terbentur. Apakah ada solusinya dok, spy ibu sy tdk nyeri dan bengkak di blkg tumit kanannya lg? Mohon pencerahannya. Terima kasih.

  37. denny says:

    dok saya mau tanya soal cidera yg saya alami hampir 2 tahun rasanya di lutut masih suka nyeri tapi kadang kadang tidak kalau lagi tidak nyeri ga terasa sama sekali tapi kalo sedang bermain sepak bola jatoh sedikit rasanya nyeri sekali dan ngilangin nyerinya bisa sambpai 2 bulan
    apa yang harus di lakukan untuk menyembuhkan total cidera ini

    • muki partono says:

      Anda mengalam cedera bantalan hanya akan mengeluh kala berolah raga, jd kalau mau tetap berolah raga sebaiknya dilakukan tindakan artroskopi

  38. denny says:

    dok saya mau tanya lagi nih
    baru aja kemarin malam saya ngalamin ngengsol pada tulang engkel apa masih bisa di sembuhkajn seperti semula

  39. syuhada says:

    assalamualaikum…
    saya berusia 17th saya mengalami cidera di bagian lutut ,sudah dibawa ke tukang urut ,lumayan sudah bisa jalan ,tapi kok lutut saya berbunyi “kluk-kluk” agak ngilu …
    bunyi nya bisa hilang nggak dok ??
    soalnya mau main futsall lagi…!!!

    mohon di balas..!

    • muki partono says:

      Anda mengalami. Cedera yg cukup serius, bunyi it menandakan adanya robekan bantalan lutut sebaiknya erobat ke dokter tulang, mungkin anda perlu tindakan artroskopi lutut

  40. Fauzan says:

    Aslmkm dokter muki.
    8 bulan yg lalu saya jatoh main sepeda, menah badan yg jungkir balik kedepan dg telapak tangan, ternyata jari manis tangan kiri saya persis di persendian yg dekat kuku terasa sakit ketika itu, spertinya dipaksa terlipat ke arah punggung tlapak tangan. Setelah beberapa kali berurut ke ahli tulang, sakitnya udah mulai berkuang jauh.. Cm yg jd masalah bagi saya, dipersendian tsb, ada tumbuh bengkak, dan gak ilang2, seperti tulang, tp agak lunak atau daging yg keras.. Apa yg terjadi pd persendian jari saya dan apa sebaiknya yg saya lakukan.?
    Trimakasi sebelumnya dok.. Wassalam..

  41. Aprillia Sonie Wiradinata says:

    ass. dokter muki. kakak saya tau2 timbul tulang di tumit seperti taji, gan kalau berjalan merasakan sakit,,
    Dokter apa penyakit itu bisa disembuhkan dan apa istilah kedokterannya.
    terimakasih dokter Muti
    wassalam
    Aprillia

  42. dewi says:

    ass…. dok dr umur15 thn sampai skrg 23 luut sya sering bergeser kesamping setelah sy kembalikn ke tengah lg pasti lutut sya bengkak n sakit bgt….. sy msh bs jln secara normal

    • muki partono says:

      anda mengalami habitual dislokasi krn general joint laxity jd sendi2 kendor jd mudah lepas, saran lakukan latihan penguatan otot paha bagian dalam

  43. cholis says:

    dok mau tanya,suami sy usia 46th hoby lari sdh 4 bln ini mengalami sakit tumit sebelah kiri,sekarang lebih sering nyerinya..gmn sebaiknya utk pengobatan krn tdk ada pembengkakan atau kelainan bentuk,trima kasih atas bantuannya

    • muki partono says:

      nyeri tumit biasanya krn spur pada tulang tumit atau bisa sebab lain ,misalkan spur pada tendon achilesnya saran sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang

  44. dwi rahmawati says:

    dok,lutut sy kmrn cidera ligamentx robek dan sdh melakukan operasi tp knp spt msh longgar dan sdh brp kali kena cidera lg spt tulangx itu membentur ligament dan akhirx sakit, perih, bengkak dan ga bs nekuk. sakit dan nyeri sekaLI DOK. SY HRS GMN LG DOK?

  45. renny says:

    ASS.wr.wb. selamat pagi dokter saya renny saya mau menanyakan saya punya adik laki laki yg berumur 14 tahun ketika bermain bola tulang rusuknya ketendang oleh lawan mainnya,sekarang adik saya merasakan sakit pd bagian tulang rusuknya,apa yg harus sy lakukan untuk memberikan bantuan pd adik saya,mohon bantuannya Dok,sekian dan terima kasih…

    • muki partono says:

      lakukan foto rontgen utk memastikan apakah ada patah tulang rusuk atau tidak , sementara diberikan obat nyeri dan lakukan pembebabtan pada daerah rusuk yg nyeri

  46. iksan says:

    dok.saya iksan umur 21, bulan maret saya mengalami keretakan di engkel dengkul kiri saya dan di bawa ke dukun patah tulang lama kelamaan ko paha dan betis saya jadi mengecil.sudah 3 bulan tulang saya sudah nyatu tapi ko dok setiap saya berjalan dia goyang ke kiri dan jalan pun masih pincang dok

    • muki partono says:

      kami menduga anda masih belum menyambung tulangnya dan otot anda mengalami atropi krn tdk digunakan jangka waktu lama saran sebaiknya konsultasikan ke dokter utk memastikan apakah tulang sdh menyambung dengan benar

  47. gisa says:

    ass dok,mw tanya ajja ..
    kakii saya retak karena jatuh ..
    udah 2 bulan belom smbuh” ..
    uda minum obat yg d saraniin,
    saat sudah mulai kaku,
    kaki saya jd keliiatan bengkong dan seperti rata di telapak kaki ..
    enaknya dii apaiin dok ..
    makasiih sebelumnya ..

  48. Suvi says:

    Dok Muki saya ingin bertanya daerah tumit kaki kiri dan kanan saya ada benjolan yang sampai saat ini saya tidak tau penyebabnya tapi jika saya berjalan terlalu lama dan beraktivitas terlalu lelah pasti di malam hari rasa sakit nya mulai timbul sedikit demi sedikit sampai kadang terasa sangat sakit sekali dok saya kadang bgung ada apa dengan kaki saya dok ??? kadang saya oleskan dengan balsem dan di urut urut dengan tangan walaupun rasa nya sakit tapi lama kelamaan tidak terasa dan akan hilang sendirinya tapi benjolan itu tetap masih ada jika saya melakukan aktivitas yg membuat saya lelah rasa sakit itu akan datang kembali, sampai sekarang masih terasa sakit bahkan sampai 4 hari masih terasa sakit dok. saya takut sekali kalau saya periksa ke RS saya takut mendengar hal hal yang tidak saya inginkan dok… menurut dokter apa penyakit tumit kaki saya ini dok ? mohon penjelasan nya terima kasih

  49. Indra says:

    Dok..tumit saya terasa nyeri ketika berdiri..
    hal itu dikarenakan saya beberapa kali walaupun mengenakan sepatu sempat menginjak batu dan sangat sakit..yaa mungkin karena penekanan berat saya kan ke tumit jadi ketika menginjak batu atau kerikil itu tidak sengaja, rasanya sangat nyeri..
    bagaimana menurut dokter?
    tq dok

    • muki partono says:

      kami rasa ada penyebabnya bukan hanya akibat traumanya biasanya kelainan ditumit itu fasciitis plantaris , saran sebaiknya periksakan ke dokter tulang

  50. Nawawi says:

    Pak Muki,

    Istri saya sudah 1 bulan sakit di tumitnya. Setelah di x ray ternyata ada tulang tumbuh, harus dibedah kata dokternya. Tapi istri tidak mau dan dikasih obat saya lupa nama obatnya. Sampai sekarang masih sakit juga, apa yg harus dilakukan pak? Terima kasih.

  51. Melinda says:

    Dok umur saya 17 tahun saya merasakan tumit kaki kanan saya sakit.. Tapi sakitnya kadang muncul kadang tidak.. Bagaimana solusinya kalau saya tidak mau operasi? Terima kasih

    • Muki Partono says:

      tdk selalu masalah dibidang orthopedi hrs operasi , sebaiknya kami periksa dulu dan pastikan kelainannya apa, nyeri tumit hilang timubul pada usia muda biasanya dari pinggang

  52. Amelia says:

    Dok, sbulan yg lalu saya mngalami cedera. kaki saya trtindih motor tpatnya di bwah lutut shingga mnyebabkn pembengkakkn dan membiru spnjang tungkai. 2mnggu kmudian biru2 & bengkaknya sdh mnghilang, tp saya tdk bsa brjln tnpa bntuan tongkat,krna saat nyeri saat di langkahkn. saya perhatikan,lutut saya agak sdkit bngkok (mngkin akibat bnturan). sebaiknya apa yg hrs saya lakukan dok,spya saya bisa brjln lg tnpa bntuan tongkat. kaki saya blm di ronsent. selama ini saya hnya mnum obat+susu anlene+pijat.

  53. alia says:

    Ass.wr.wb.ibu saya (56 thn)sudah 2bulan ini mengalami nyeri pada pergelangan tangan sebelah kiri dan ada benjolan kecil.stlh di rontgen kata dokter ada duri tulang dan disarankan untuk operasi.tapi ibu saya kurang begitu sreg krn kata beberapa temannya itu jg bkn solusi untuk menyembuhkan krn menurut pengalaman mereka justru akan menimbulkan rasa nyeri ditempat lain.yang ingin saya tanyakan apa betul itu dok?terus bagaimana pengobatan penderita duri tulang supaya sembuh?karena ibu saya jd tdk bisa beraktifitas dgn tangan kirinya krn rasa nyeri tersebut dok.terima kasih sebelumnya atas jwbn dokter.
    Wassalamu’alaikum wr.wb

    • Muki Partono says:

      menurut saya ibu anda mengalami dequarvains sindrome , coba baca di internet buka image apakah gambarnya sama dengan keluhan ibu anda kalau sama sebaiknya memang harus dioperasi utk lbh nyaman dan nyeri hilang

  54. yanri says:

    dok… Saya mengalami bengkak di tumit kaki sebelah kiri… Dan ada luka yang mengeluarkan aroma busuk… saya mohon bantuan dokter…. Gimana cara mengatasinya dan apa nama penyakit itu…. Saya sudah hampir 1 tahun mengalami itu… Tapi sekarang lebih parah dari seblumnya…. Tolong bantuan nya dokter…
    Terimakasih

    • Muki Partono says:

      anda menderita kemungkinan gangren pada kaki biasanya penyebab krn kencing manis , dan pastinya ada infeksi, yg penting di arawat lukanya dgn benar dan pastikan kuman apa penyebabnya

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome