Bagaimana cara terapi patah tulang lengan atas stlh operasi 3 bln?

November 12, 2009 Dr Menjawab 56 Comments

latihan yg anda hrs sudah bisa menekuk siku , dan meluruskan siku sampai maksimal, utk dpt melakukan ni latihan otot biceps dan triceps

About author:

56 Responses to “Bagaimana cara terapi patah tulang lengan atas stlh operasi 3 bln?”

  1. istantri says:

    ibu saya mngalami kecelakaan yang mengakibatkan patah tulang lengan atas kemudian di oprasi dan di pasang pen,
    ini sudah terjadi 1 bulan yang lalu terapi apa yang bisa dilakukan dok??

    • muki partono says:

      latihannya menekuk siku dan perkuat otot tricep dan bicep, utk bahu latihan pendulum exercise

      • marwoto says:

        dok anak sy umur 10 th hbs operasi siku lengan atas,gmn cara rheraphy agar tidak kesakitan soalnya kl kesakitan anak sayaga mau .trms

        • muki partono says:

          fisioterapi pada anak memang agak sulit perlu kesabaran dan ketekunan , juga yg melatihnya harus suka dengan anak2 kalau tdk hasilnya tdk maksimal

      • seventio ong says:

        dok tulang lengan pengupil saya bengkok trus cara pemulihannya gimna dok ?

        • muki partono says:

          bengkoknya akibat jatuh atau dari kecil krn masalahnya akan berneda saran sebaiknya periksakan ke dokter tulang

  2. saprudin says:

    dok,saya pernah mengalami kecelakaan.operasi sudah saya lalui sebanyak 3 kali.tetapi masih belum sembuh.tulang saya yang patah paha bagian kiri.kecelakaan itu sudah terjadi 1 tahun yang lalu tetapi pen di kaki saya masih bergerak pada saat berdiri.yang pengen saya tanyakan,bagaimana saran dokter untuk penyembuhannya?apakah saya harus operasi lagi?makanan apa yang menjadi pantangan dan yang harus saya konsumsi?bisakah saya ke pengobatan alternatif?saya mohon sekiranya dokter meluangkan waktu untuk membalas surat saya…trimakasih

    • muki partono says:

      kelihatannya anda perlu operasi utk koreksi ulang sebab tlg tdk akan menyambung bila pennya bergerak, makanan jd tdk berguna bila blm dioperasi ulang

  3. nike says:

    saya sudah 2 minggu lebih dioperasi pemasangan pen pd lengan kanan ats dekat siku
    tapi hingga saat ini saya belum bisa meluruskan tgn saya dan meneku tngn saya dengan sempurna
    kata orang saya tidak bisa karena saya sengaja menahannya
    tapi menurut saya tidak
    apa yag harus saya lakkukan dok ??
    trima kasih

  4. nike says:

    jadi kalo sampai skrang tgn saya blm bisa menyentuh bahu dan blm bisa lurus itu normal dok ??
    terima kasih
    saya merasa labih lega

  5. mini says:

    dok saya udah 2 bulan operasi lengan atas dekat sendi. kok sekarang terasa sakit. karena apa ya dok ? apa terlalu banyak gerak ? rasanya berat

  6. yeyen says:

    dok, saya 6 hari yg lalu operasi lengan bagian atas, ini saya kuatnya masih menggenggam dan mengangkat sedikit tangan saya sakit, apa normal dok?
    berapa lama saya bisa menekuk tangan saya? trmksh

  7. damas says:

    pagi Dok, siku tangan kanan saya patah dan remuk, di bulan juni 2010 sudah d operasi dan d pasang pen dan di bulan oktober 2010 pen sudah d lepas.
    Mohon bantuan nya Dok,
    Apakah tangan saya akan kembali normal?
    bagaimana cara melatih nya?
    brp lama target nya untuk bs kmbali normal?
    apakah perlu di operasi lagi untuk dapat kembali normal?
    Trima kasih

  8. safuan says:

    doktor,tgn knn saye pth dibhgian lengn,da genap sebuln,simen da bukak.tulng sye pth dua dan selps sebulan xray,tulng da kembali cantum,tetapi x kuat nk angkt tgn,dan tgn knn yg pth size nye lebh kecik dari seblh kiri,mengapa ea dok?

  9. leo says:

    dok,saya mengalami patah tulang di bagian pangkal jari tengah di tangan kiri saya.sampai saat ini sudah satu bulan tapi belum dioperasi karena dulu blm ada biaya buat operasi.apakah saya masih bisa dioperasi agar jari saya kembali normal?krn sampai saat ini jari saya masih bengkok.

  10. Hilda says:

    malam dokter,
    saya mau tanya, 7 minggu lalu saya sdh dioperasi di kaki kiri dekat ankle,krn tulang sebelah kiri dan kanannya patah dan sudah dipasang pen. Yg saya ingin tanyakan apakah sy bener2 hrs nunggu 3 bln utk belajar jalan lg, krn dokter wanti2 sama saya gak boleh lepas tongkat dulu seblm 3 bln spy tulangnya bertumbuh dng baik, benarkah demikian?

    tks utk infonya ya dok…
    salam

    • muki partono says:

      memang sebaiknya anda ikuti petunjuk dokter yg mengoperasi, krn masing2 pemasangan pen berbeda kekuatannya tergantung bentuk patah dan jenis pen yg dipasang, ada yg memang bisa mobilisasi langsung ada yg hrs menunggu sampai penulangan terjadi.

  11. Nathan says:

    Dok, kakak saya mengalami patah tulang pada betis nya, tulang yg besar di pasang pen,
    saya mau tanya apakan pembengkakan pasca operasi adalah gejala normal,,,karena jika posisi kaki berada di bawah pada saat di jemur matahari,atau berjalan menggunakan tongkat, maka darah akan turun, dan terlihat makin bengkak dan hitam, akibat darah turun..
    Mohon penjelasannya..
    Thanks

    • muki partono says:

      Kondisi normal kok tdk usa khawatir

      • nety says:

        dok mf ggu wktu’y sya mau nanya ni sumi ku udah ampir 3 thun path tulng paha g sembuh2.udah 4kli oprasi.mlhn trus trjdi infesi dan bln depn rencna d oprasi yg k 5 katanya mau d cangkok sebab ada tulng yg d buang g tumbuh2.mhon petunjuknya dok mesty gmna yah spya sumi sya bisa smbuh.mkasih dok.

        • muki partono says:

          Kalau ada di jakarta sebaiknya kami periksa kembali, mudah2 an bisa kam tangani, kami ada penhalaman menanhani kasus spt ini dan rujukan dari daerah-daerah

  12. Nurhakim says:

    Dok, Ibu saya umur 65 tahun,jatuh kepleset di dapur, tulang bongkol sendi paha atas nya patah, setelah dipoto, kini belum ada tindakan. Oh ya, beliau juga mempunyai sakit osteoporosis khususnya punggung atas. Dokter kami menyarankan untuk dioperasi penggantian tulang bongkol sendi tersebut.Mohon second opinion dan saran dari Dokter, untuk mengambil tindakan yang tepat dan memberi keyakinan pada kami. Terimakasih.

    • muki partono says:

      Sebaiknya dilakukan operasi saja spy mobilisasinya lbh cepat, kami banyak pengalaman menangani kasus spt ini dan Rs kaami biasa merawat pasien2 lanjut usia, jd tak perlu khawatir aman kok

  13. Febrian D.J says:

    Dok,, saya sudah 2 minggu operasi,. tetapi saya belum bisa meluruskan siku saya dengan sempurna,. kalo dipaksa rasanya sakit dibagian siku,,apa kondisi saya ini wajar dok?
    saya dianjurkan dokter supaya melatih dengan cara gerakan seperti meremas bola kecil,..

  14. Febrian says:

    tapi kata dokternya tidak ada kelumpuhan pada siku dokk,.
    sampai sekarang belum bisa deluruskan, dokter saya bilang lama-lama bisa diluruskan, tetapi saya masih khawatir dengan keada’an saya..

  15. febrian says:

    bagaimana cara fsioterapinya dok?

  16. febrian says:

    bagaimana cara fsioterapinya dok?
    makanan apa yg harus banyak saya konsumsi dan yg dilarang?

  17. Febrian says:

    dok, sudah 1 bulan ini saya operasi tapi tangan saya masih belum bisa diluruskan, sebenarnya butuh waktu berapa lama untuk dapat diluruskan kembali?

  18. Johan says:

    Ass.wr.wb. Dok sudah 2 bulan ini saya mengalami patah tulang pd pangkal paha .. menurut dokter sdh boleh latihan menumpu tapi kok masih terasa kaku bagaimana ya terapinya ?

  19. arm says:

    Salam Doc. Saya berasal dari Malaysia .sudah hampir 3 bulan tulang lengan atas saya masih belum sembuh.Doc. disini maklum pada saya yang operasi pasang plat/pen besi adalah berisiko tinggi memandangkn area putus itu terlalu hampir dengan saraf lengan atas ..Boleh bagi Pendapat Doc..Saya tertekan.

    • muki partono says:

      Waktu 3 bulan blm cukup, sabarkalau sampai 8 bulan tdk juga sebaiknya periksakan sarafnya dgn EMG

  20. Marfuah says:

    Pagi dok,saya punya teman dia kecelakaan jatuh dari motor m0del Ninja,posisi kaki masih nekuk dan terbentur tempurung lututnya,dan 2 lengannya jg retak..
    Gimana ya cara pengobatannya?

    • muki partono says:

      tulang retak sebaiknya dilakukan pemasangan gips, utk memberikan waktu dan spy posisi tulang yg patah tdk berubah

  21. satria says:

    malam dok z mau nanya aku abis kecelakaan motor 4 hari yg llu setelah diperiksa tangan kanan tulang lengan atas patah tpi kenapa gak ada rasa sakitnx dok cuma ngilu2 ajja dok.trus aku gak bisa angkt tangan saya keatas..
    dok mohon penjelasanx..???

    • muki partono says:

      kemungkinan anda hanya retak saja tdk berpengaruh terhadap kedudukan tulang shg tdk terlalu nyeri dan tidak mengganggu fungsi

  22. dita wulandari says:

    ass
    maaf sblm ny…. dr. sya ud 3 thn menglami bgian lengan atas atau ensel ny bergeser/ lepas dr tmpt semula. dlu sya cma di urut tetapi tdk brhasil, sampe saat ini tngn sya tidak dpt di angkt dan terasa nyeri dr bgian ensel smpe siku”….
    2 minggu yg lalu sya melakukan opersi, kta doktr ny akan mlkukan pemotongn tulang yg tmbuh bru d area skitr tmpt ensel trsebut….. dr hsil ronsen sya liat bahwa bongkol lengn atas sudak keropos atau tdk utuh lagi…. mnurut doktr ap cra operasi yg lkuin dg mnjlni terapi dpt brhsil mnormakn tngn sya lagi???? tlong kmntr ny

    terimaksih

    • muki partono says:

      Kasus yg ibu alam adalah kasus neglected artinya apapun yg kami kerjakan tujuannya spy fungsinya lbh baik dari kondisi saat sebelm operasi, apalag berharap normal kembali kecil kemungkinannya

  23. nana says:

    Dok sy 23thn sbln yg lalu tulang hasta sy patah dua2,1 bln lalu sudah di operasi dan bs bergerak sdh bs meluruskan siku tp msh lom bisa mnyentuh bahu klo dpaksa rasax ckit, yg mw sy tnyakn kira2 brp lama bs normal dan bisa pke mtor soalnya skarang sy hrz mngerjakan skripsi

  24. sulastro says:

    mat sore Dok Sya Usia 51 Tahun 3 bulan yang lalu saya habis dioperasi karena kecelakaan patah tulang di siku untuk mempercepat penyembuhan nya saya diharuskan fisio terapi dan saya udah melakukan fisio terapi namun sampai saat ini tangan belum bisa lurus untuk membantu terapi di rumah cara terapinya hrus bagaimana !

    • muki partono says:

      fisioterapinya hrs rutin dan teratur serta hanya ditangani oleh 1 orang terapis saja agar lbh efektif dan waktu anda masih bisa sampai 8 bulan jadi lanjutkan perjuangannya jgn putus asa

  25. nur kholifah says:

    dokter, sya umur 20thun mangalami ptah tlng tangan bag atas tept dtengah. sdah d.operasi dan
    dpen sudah 2 blan tp telapak tangan msh tdk bsa bergerak.
    bagaimana cra penyembuhannya?
    apakah msh bsa normal kembali?

    terima kasih

  26. supriyati says:

    dok.saya patah tulang bahu kiri dan pergelgn tangn setelh kecelakaan.sudah di operasi dan di pasang pen.kira2 berapa lama bisa kembali normal alna sdh 1 bulan br bisa nekuk siku dan mengepal.trimakasih

  27. Mursid says:

    Pg Dok anak sy umur 11 thn br operasi pd siku krn kt dok mnglami dislokasi 10 hr yg lalu dan di pasang kawat penahan bkn pen kntanya stlh 6 mingg br di lepas, yg sy mau tanyakan kenapa pada saat tangannya di luruskan hanya mampu skitar 45 s/d 50 drjt sj kira2 hrs mnggu brpa lama br bs pulih sptr smula, mksh dok?

  28. Richie Hartanto says:

    Malam dokter. Saya Richie, 21 tahun. Pada tanggal 31 Mei saya mengalami kecelakaan sehingga tulang radius dan ulna pada lengan kanan saya patah. Tgl 4 Juni saya dioperasi dan 2 plat dan sejumlah baut dipasangkan pada tulang saya. Pertanyaan saya adalah, kira-kira butuh waktu berapa lama hingga tulang saya tersambung? Dan apakah saya bisa melakukan gerakan rotasi setelahnya? Karena sekarang saya belum diizinkan dokter yang menangani saya untuk membalikkan telapak tangan saya. Terima kasih sebelumnya dokter.

    • muki partono says:

      tulang mulai menyambung sejak 3 minggu , utk membalikkkan telapak sebaiknya bertahap mulai 1 1/2 bulan saja

  29. ratna kumalasari says:

    Askum doktr 3bln yll sy operasi patah lengan atas tp tdk di pen hanya reposisii..tangan lurusnya cuman 80% ketika dtekuk jg br 80% sy hanya lakukan terapi d rmh tdk k rs ..apakah tindakan sy ini benar dok? Ato sy ttp hrs k rs u fisiotrapi? Tksi

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome