Apakah sakit saya bisa disembuhkan dengan operasi MED?

September 25, 2011 Dr Menjawab 4 Comments

Yth. Dokter Muki.
Saya Asih, wanita usia 39 th, tinggal di Medan.
Sekitar 4 bln yg lalu, pinggang bagian bawah sakit seperti mau patah. Nyerinya terasa dari pantat kiri turun ke betis, & sampai mata kaki. Berdiri lama tidak tahan pinggang saya, berjalanpun semakin ngilu. Sebelumnya sy sdh sering sakit pinggang, tp setelah dipijat ke tukang pijat dan sinshe sembuh sementara. Nanti kambuh lagi. Bulan juni sy konsul ke dokter syaraf & disuruh tes MRI. Hasilnya ada syaraf terjepit. Kesimpulan dr hsl MRI sy sbb:
Spondilolisthesis grade 1 antara L5/S1 + disc extrusion pada L2/3 dan L5/S1 disertai sequester pada L5/S1 + buldging disc L3/4 dan L4/5 yang juga menekan thecal sac + canalis stenosis setentang L2/3.
Oleh dokter sy disuruh bedrest pakai korset & ditarik pinggangnya selama 10 hari. Sy tdk bersedia, jd sy mencari second opinion ke dokter syaraf lain. Oleh dokter yg kedua sy disuruh terapi 10 kali dg treatment hotpack, ultrasound, & IT serta minum obat. Tidur di atas papan. Memang berkurang, pantat & betis sy tdk terlalu sakit lagi. Tp kalau sy capek atau mengangkat beban berat sakitnya datang lg.
Yg ingin sy tanyakan ke dokter sbb:
1. Apakah sakit sy tsb sdh perlu dioperasi dg MED? Atau cukup dg fisioterapi & obat saja?
2. Apakah setelah operasi ada kemungkinan kambuh lg?
3. Apakah setelah operasi perlu treatment fisioterapi?
4. Apakah di Medan sudah ada dokter yg bs melakukan tindakan operasi dg teknik MED?

jawab : anda sdh hrs op, krn sdh sequestrasi, artinya material bantalan sdh keluar dan terperangkap di dalam lubang saraf, setelah akan tdk kambuh l, kecuali pada lefel yg lain yaitu l2-3.
Demikian keluhan saya. Sebelumnya sy ucakan terimakasih.

About author:

4 Responses to “Apakah sakit saya bisa disembuhkan dengan operasi MED?”

  1. asih prasanti says:

    Terima kasih atas saran dokter. Ada lg yg mau saya tanyakan sbb:
    1. Sy ingin konsultasi ke dokter via telpon sebelum sy ke Jakarta. Jam berapa saja dokter bisa dihubungi?
    2. Bisakah saya nanti dijadwalkan operasi paling lama 1 hari setelah sy konsul lgsg dg dokter di Jakarta mengingat sy tinggal di Medan (utk menghemat waktu & biaya)?
    3. Apakah berenang dpt mengurangi sakit atau bahkan bs menyembuhkan sakit sy?
    Terimakasih dokter.

    • muki partono says:

      Says hr ini sdh kembali bekerja , bias kit a buat schedule utk pasien kami yg dr liar Kota, berenang hanya mengurangi Saja tdk menghilangkan penekanannya

  2. Yuri says:

    Selamat Malam Pak Dokter Muki,

    saya sudah divonis terkena HNP pad L5-S1 setelah melakukan MRI dan konsultasi ke dokter SPOT.

    Saya lupa tingkatan HNP saya, mungkin saya perkirakan masih gejala kecil, karena saya masih bisa melakukan gerakan2 membungkuk sedikit, dan rasa kebas/kesemutan tidak terlalu parah, dan kalo duduk terlalu lama sudah tidak enak lagi.

    saya dianjurkan hanya untuk fisioterapi laser, ultrasonic dan listrik dan saya sudah lakukan 2 kali dan sangat membaik.

    apakah saya harus operasi mumpung HNP nya masih ringan atau saya baiknya berenang, dan tidak mengangkat berat2? saya ingin sembuh total dari penyakit ini. tolong saran nya dokter Muki karena saya sering berpergian dengan kereta ke luar kota dan juga kadang2 menyetir.

    Terima kasih.
    Yuri

    • muki partono says:

      Bila pengobatan yg anda lakukan berhasil, sebaiknya kita lakukan injeksi foraminal blok saja dulu, mungkin akan membantu sekali, pengalaman kami banyak menangani kasus spt ini

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome