Apakah obat kaki kaku dan nyeri kadang bengkak di jempol kaki?

October 25, 2009 Dr Menjawab 97 Comments

kemungkinan anda menderita Gout Artritis, cek as urat dulu, bila tinggi hrs diobati benar jgn anggap enteng krn efek dr gout artritis yg plg bahaya adalah penumpukan uric acid pd ginjal yg tdk disadari tiba2 anda hrs cuci drh krn fungsi ginjal jelek, hrs rutin cek drh,

About author:

97 Responses to “Apakah obat kaki kaku dan nyeri kadang bengkak di jempol kaki?”

  1. dimas says:

    Dokter..saya mau tanya..
    Saya pnya masalah di perselangan pangkal paha yg sangat ngilu..itu sudah krasa dr tahun 2003. Bila kaki saya kesentuh dikit pun sangat sakit.
    Saya udah periksakan kemana mana sampai ke alternatif,, hingga beberapa dokter pun angkat tangan..
    Terakhir saya ke rmh sakit, dokter nya hanya menditeksi bahwa ada radang..tp blum di ketahui dmana adanya..
    Pdahal saya sudah RMI,,scan,,dll…
    Hingga akhir’y penyakit saya sampai skrng blum ada penyelesaian..
    Mulai tahun 2007 saya makin melemah dan sakit,, skrng saya tdk bisa kmana” karna badan saya kaku kaya besi,,lutut kaki kiri saya sudah tdk bs lurus. Nekuk melulu.. Karna sudah lama saya diam d kasur dan di kursi roda…
    Dok..apakah dengan operasi kaki saya bisa lurus lg dan tanpa efek samping..??

    • muki partono says:

      sebaiknya kita evaluasi ulang , masalah yg kita hadapi sekarang adalah kekakuan pd lutut, jd itu dulu agak susah memang krn sdh terlalu lama sekali, tapi kita juga hrs cari tahu penyebab utaamanya apa, kalau bisa kita check kembali

      • agus says:

        Dok, saya mau tanya, ada cara penyembuhan selain operasi untuk saudara saya yg tulang jarinya patah, sudah 3 bulan masih bengkak.
        Terima kasih

      • sopani says:

        dok ibu saya sakit pada kaki udh lama gak smbuh. bengkak dan kdang ga bsa jalan itu kndala apa..?

        • muki partono says:

          bengkak pada kaki pada orang tua sering terjadi , sebaiknya kami periksa lbh lanjut , bisa akibat kekurangan protein

  2. alvin, 21 thn says:

    Dok, daerah (telapak) jempol kaki kanan saya bunyi “krek-krek” (sdh 2 bln). Rasanya ngilu sedikit bngkak. Tidak bgitu sakit memang, tp mmbuat cepat pegal dan ngilu jika berjalan cepat shgga saya tdk bsa beraktifitas dgn efektif bhkan absen lari pagi. Saya mohon saran dan jawabanya dr dokter. Makasih bnyak…

    • muki partono says:

      ada kemungkinan kelainan pada daerah jempol kaki bisa GOUT artritis, Hallux valgus,pengapuran sendi jari jempol, sebaiknya diperiksakan utk memastikannya

  3. Murizal Syah Putra says:

    Di bawah kuku jempol merah dan berdenyut serta nyeri. apa obatnya. Terima kasih Dok.

    • muki partono says:

      anda menderita Paronichia, sebaiknya bila srg berulang dioperasi Roserplasty, bila baru pertama kompres dgn rivanol, dan minum obat sebaiknya berobat krn hrs diberi obat 2an dgn resep dokter

  4. suswadi says:

    saya sakit tulang kering tiap dipakai pakai lari terasa sakit banget …. ap obatnya ?Terima kasih

    • muki partono says:

      anda perlu pemeriksaan lbh lanjut, untk sementara kalau habis lari sebaiknya lakuka kompres es selama 10-20 mnt, bantu dgn obat nyeri , kaki di ganjal bantal

  5. ikmi says:

    sya perempuan usia 22 thn,saat ini saya merasakan ngilu di sekitar pangkal paha kalo sedang rebahan,tapi klo untk jln tdk mrs sakit,kira2 saya sakit apa ya dok,n saya harus konsumsi obat ap

  6. M Hannas S says:

    Setiap habis badminton kaki saya tidak bisa ditekuk dan pinggang saya nyeri.

  7. teguh says:

    tolong …….bagaimana cara menyembuh kan bengka pada jari kaki kanan akibat main futsal……..???

  8. Budi says:

    Dok jempol kaki saya bengkak sehabis potong kuku skrng sudah keluar darah kl kesenggol sakit, obatnya apa y dok.

  9. juwita says:

    saya remaja, perempuan, berusia 19 tahun.
    Pagi hari saat saya bangun tiba-tiba ibu jari kaki kiri saya nyeri sekali.. Kaku namun tidak ada tanda peradangan. Penyakit saya apa ya, Dok? Mohon bantuannya dokter.
    Terima kasih Dokter.

  10. ellyza says:

    dokter bagaimana cara mengatasi bengkak pada ibu jari karna asam urat?apa bisa untuk menghilangkannya dikompres menggunakan air dingin dok?

    • muki partono says:

      bila sdg serangan asam urat, bisa dikompres dingin dan minum obat allupurinol, dan obat nyeri, hindari makanan tertentu spt jeroan, emping

  11. ayu says:

    dok,2 hri yg lalu jempol kaki kanan sy nyeri &skr bengkak, apa ini krn bakteri/pnyakit dalam?bgaimana pngobatannya,trims dok

  12. dhanpevensie says:

    Dok,sya mu nanya,pa obatnya buat jempol sya yang trkena infeksi trus jadi bengkak n warnanya jd agk htam dan skit skali?
    Makasih

    • muki partono says:

      sebaiknya anda diperiksakan takutnya ada penyakit yg serius, krn kami khawatir kalau anda bilang warnanya jd hitam

  13. Murizal Syah Putra says:

    Dok, seminggu yg lalu kaki kanan saya tersandung kursi, akibatnya sakit dan bengkak (terkilir) saya obati dgn thrombophob. Sakitnya sdh mulai reda, tp bengkaknya malah melebar hampir sampai di bawah mata kaki. kalau ditekan lama baru kembali lagi. Sakit apa itu dan apa obatnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

  14. umar says:

    dok kaki saya bengkak tpi kadangsembuh kadang bengkak lagi dan jika saya tekan akan lama kembali kira-kira apa obat yg paling mujarab untuk hal tsb diatas. trma kasih dok.

  15. Rapani says:

    Dokter, saya, Rapani, 69 tahun, saat ini menderita sakit lutut. Terasa nyeri kalau berlutut (saat aholat), kadang2 agak enak, tapi sakit untuk berdiri.
    Kadang2 enak, tapi seringnya sakit nyeri.
    Obat apa, atau apa yang harus saya kerjakan, untuk mengobati sakit saya ini.
    terima kasih atas jawaban dokter.
    rapanislamet@gmail.com

    • muki partono says:

      coba konsumsi glukosamin dan chondroitin dosisnya minimal 1500 mg, bila dalam 1 bulan tdk berkurang nyerinya sebaiknya anda berobat mungkin perlu disuntik pada lututnya diberikan asam hyaluronat

  16. Mintas says:

    Bapak, kemarin kaki kiri saya kejatuhan tabung gas 3kg. cuma lecet sdikit di sekitar jempol. tp malamnya kaku, kl dipake jalan sakit & terasa berat dan kaku sekitar jempol. sy jl pake 1 kaki. kira” kenapa ya Pak. terimakasih

    • muki partono says:

      sebaiknya dilakukan foto rontgen kami khawatir retak/patah tulang jari kaki

    • andry says:

      Dok jempol kaki kanan saya bengkak habis berbenturan saat main futsal langsung saya urut tapi besoknya malah bengkak dan saya kompres pakai rivanol bengkaknya udah hilang,masalahnya sekarang jempol saya ko masih kaku tetapi kalo di perintah kan bergerak masih bisa gerak jempol saya cuman jempolnya tidak mau menekuk masih bengkak dan nyerinya masih terasa,kira2 saya jempol saya kenapa ya dok dan bagaimana solusinya agar jempol kaki saya bisa normal kembali seperti semula soalnya ini sudah 1bln tidak sembuh2!mohon bantuanya dok .terima kasih.

  17. Tri hermawan says:

    Dok saya mau tanya ada ga obat buat ngilangin sakit pada tulang kering kaki saya,akibt prgram latihan …?makasih

  18. diva says:

    dok saya mw tny
    sy pernah keclkaan yang amt sangat parah, kaki saya patah bagian paha dan tenpurung retak…. itu sudah 3 thn ni,trus sampek skrng kaki sy kaku tdk bs ditekuk.sy mengikuti saran dokter untuk terus latihan,terapi, itu pun rutin dilakukan. tp hasilnya tetep saja cm nekuk sampek siku”. menrut dokter sy hrs bagaimna?

  19. ERIKA says:

    dok, kaki saya kemarin kecelakaan dan dijahit di sepanjang pergelangan kaki depan. sdh 3 minggu, kaki saya bengkak dari pergelangan kaki ke telapak kaki. itu kenapa? apa obatnya dan harus terapi apa? boleh diurut kah? terimakasih

    • muki partono says:

      itu hal biasa tak perlu urut, krn ada luka takutnya infeksi, sebaiknya di tinggikan saja dengan ganjalk bantal setiap anda tidur, nanti akan kempes sendiri, cuma memang prosesnya butuh 3 bulan

  20. budi setiawati says:

    Dok, betis saya nyeri saat saya berdiri dan berjalan, sudah beberapa tahun, pernah dirontgen, diagnosa spondylosis lumbalis. minum obt nyeri spt neuralgin, meloxicam, dan obat2 lain dari dokter spesialis saraf, tapi tidak sembuh.sudah pernah diterapi di RSDK 9 kali juga tidak sembuh. sangat mengganggu, Dok. mohon saran, pengobatan/terapi apa yang bisa menyembuhkan? terimakasih

  21. reni says:

    Dok, ibu saya kakinya bengkak dari lutut hingga jempol dan berisi cairan, kira2 obat n terapi apa yg harus dilakukan? tks

  22. erveem says:

    dok, setahun terakhir ini jempol kaki kanan saya sering membengkak di daerah pangkal jempol sampai ke bagian bawah.. ada seperti urat2 yg menonjol halus.. saya sudah cek darah tapi asam urat saya normal,.. beberapa minggu ini seperti menjalar ke jari sebelahnya.
    kira2 kenapa ya dok, dan pemeriksaan apa (ke dokter apa) yang perlu saya lakukan.
    thanks..

  23. astuti says:

    dok, seminggu yang lalu saya kecelakaan. Terdapat luka di mata kaki, sekarang lukanya sdah mengering tp bengkak sampai jari2. Gmana crax mengurangi bengkak tsb? Trus kaki terasa sakit saat berdiri tp saat baring, atau saat kaki diluruskan, tdk terasa sakit. Apa ini hal yg normal? Atau perlu tindakan medis? Trims

    • muki partono says:

      sebaiknya dipastikan apakah ada patah atau tdk dengan pemeriksaan rontgen, kalau hasilnya tidak ada yg patah artinya hanya cedera ankle saja, biasanya pembengkakan pada daerah ankle agak lama bisa sampe 4 bln

  24. purwanto says:

    dok saya mau tanya saya pernah jatuh tahun 2005
    waktu itu sudah sembuh,anehnya tahun 2010 kaki jempol sakit dan sakitnya rasanya kaya baru jatuh
    dan saya mengkomsumsi yang namanya obat VOLTADEK yang dosis 50 setiap minum langsung sembuh anaehnya
    kalau makan kacang2 langsung kambuh kembali,kira2 obat yang saya komsumsi bahaya tidak,balas dok

  25. wahyullah says:

    dok saya mengalami patah tulang pd jari kaki langkah pa yg harus di laksanakan dok tlng di jwb

    • muki partono says:

      pertama kita hrs tahu posisipatahnya spt apa dgn melakukna foto rontgen selanjutkan berdasarkan hsl tsb baru bisa diputuskan apakah operasi atau cukup pasang gips atau hanya elastis verban saja

  26. juhar says:

    Selamat sore dokter,

    saya mau tanya ibu saya sudah lama mengidap sakit pada kedua dengkulnya hingga hasil rotgen terdapat tumbuh tulang muda yang lancip sebenarnya tahun 1996 sudah dianjurkan untuk dikerok tapi ibu saya takut, dan saat ini usia ibu saya 64 tahun, dianjurkan oleh dokter tulang harus dioperasi apakah memungkinkan dokter? karena riwayat ibu saya ada gula (tapii sudah sebulan ini tidak minum obat gue dan melakukan alternatif gulan normal) mohon saran dari dokter, terima kasih

    • muki partono says:

      usia tua tdk masalah utk tindakan operasi apalagi hanya utk tindakan kerok yg anestesinya sebagian bukan total

  27. fia says:

    Dok, anak sy 9 thn, gemuk 43 kg, suka makan jeroan, kuning telor, skrg jempol kaki kirinya bengkak tiba2, bkn keseleo atau radang. Apa mungkin anak kecil asam urat?

  28. Dyan says:

    Dok kaki sy terkena infeksi kuku pada ibu jarinya klu tersentuh sakit skali,sekeliling jempol kaki saya bengkak dan merah serta di selah2 kuku kadang berdarah tlong bntuannya kira2 cra mengobatinya bgaimana dok.?mksh

  29. ari says:

    sya mau tny kaki swaya centangan ,,,gmn solusinya dok,,sya sdh gx than dgn derita ini dok,, tmksh..

  30. hendri says:

    Pagi Dok,lutut kiri saya tiba2 sakit sampai ga bisa jalan,terus besoknya gantian pinggang yang sakit,disusul lagi sakit jempol kaki kanan,dari gejala2 tersebut saya sakit apa ya dok?trim’s.

    • muki partono says:

      gejala HNP (penekanan saraf di pinggang, sebaiknya periksakan ke dokter dan perlu pemeriksaan MRI Lumbal

  31. hendri says:

    Ke dokter spesialist apa Dok?trim’s.

  32. jou says:

    Dok saya punya jari tenlunjuk sering kaku tak bisa digerakan dan ujung jempol yeri sekali berdenyut denyut sampai tak bisa tidur dan kaki saya agak bemngkak saya sudah ke dokter beberapa kali tapi masih tetap tak ada perubahan

  33. Ayunda says:

    Dok, sy mau tnya. Sy menggunting kuku jempol kaki sy t’lalu dlm, akhirnya jd bengkak trus m’ngluarkan nanah dn darah dn timbul sprti gempalan. Rasanya sakit jika tersenggol. Apa obat dalam dn obat luar.y dok agar cpt smbh ?

  34. Dian says:

    dok, jempol kaki saya sering bengkak karena kuku yg tumbuh menusuk ke daging bagian dalam. biasanya saya cukup memotongnya saja untuk mengakhiri rasa sakit, tp kali ini sepertinya tumbuhnya sdh cukup dalam. sy tidak mpu lg mencungkilnya dan memotongnya krena rasanya sangat sakit dan sdh terlalu bengkak. pertanyaanya adalah, ke dokter bagian apa sy harus konsultasikan masalah saya ini? karena sy pikir sy perlu melakukan operasi kecil untuk menyembuhkannya. trims

  35. You’re truly a just right webmaster. The site loading pace is amazing. It kind of feels that you’re doing any unique trick. In addition, The contents are masterwork. you have performed a magnificent task on this matter!

  36. Barbie Aida says:

    Dok,.. td pagi saya kesandung akar pohon hingga terjatuh,.. saya ga tau posisi jatuh nya gmna awalnya,.. tp yg pasti, ibu jari kaki kanan saya sakit sekali, dan susah digerakin, khususnya jika digerakin ke arah atas :(
    sekarang sepertinya kelihatan mulai membengkak dan semakin ngilu rasanya hiksss
    saya tidak bisa ke dokter krn gi tugas dipulau /tengah laut gini,…
    yang ada cuma minyak bokasi ama pain relief cream,..
    apa bisa ea pakai salah satunya?
    bokasi atau pain relief?
    kira2 tulang nya patah atau gmn dok,..?

    makasie

  37. Galih says:

    Dok mau tanya…………
    jempol kaki saya udah lama bengkak……
    ini bermula dari waktu saya memotong kuku jempol kaki saya……..setelah saya potong jempol kaki saya bengkak………
    gimana DOk ea solusinya ……..???

    • muki partono says:

      anda mengalami PARONICHIA , infeksi pada kuku akibat luka tusukan tepikuku terhadap kulit ibu jari anda, sebaiknya berobat, mungkin bisa kita lakukan kompres dan minum obat , bila sdh lama sebaiknya dilakukan tindakan operasi

  38. dewi says:

    dok, telapak kaki dan engkel saya retak, sudah digips tp hny 3 minggu krn gipsnya dah ga pas dikaki lg, skrg sdh sebulan lebih kaki sy sdh tidak sakit lagi, kalo di tapakin jg tdk sakit tetapi masih bengkak, setiap berdiri atau jalan dg tongkat pasti bengkak, tp kalo tidur bengkaknya kempes. itu kenapa ya dok? apakah krn tulangnya msh retak??

  39. Tunas Agus Setyawan says:

    dok, jempol kaki bagian kiri saya kalau di tekan rasanya sangat nyeri seperti terkena strum dan juga kalau saat bangun pagi di daerah ke dua kepalan tangan rasanya seperti mati rasa atau sulit untuk di gerak2an. saya mohon solusinya dok, terima kasih.

    • muki partono says:

      sebaiknya diperiksa ke dokter utk memastikan kelainan anda, kemungkinan anda menderita gejala reumatik atau sebab lain bisa akibta penekanan saraf pinggang dan leher

  40. khumairah says:

    Dok, saya mengalami nyeri pada kaki sampai paha, anehnya ketika dibuat jalan atau aktivitas tidak terasa sakit sama sekali, tapi ketika dibuat berdiri diam rasanya sakit sekali.. solusinya apa yang harus sy lakukan y Dok??

    • muki partono says:

      istirahat, tidur pada alas keras, berenang, minum obat nyeri, kelihatannya anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang

  41. totok.rubianto says:

    Dok sy mempunyai problem setiap tidur malam kaki kiri slalu kram itu sdh berlansung lama dan hampir setiap malam kalo mau tidur/istirahat kedua telapak kaki rasanya nyeri/ panas. kadang2 kalo mau tidur kedua kaki saya naikkan, kira2 dikasih obat/terapi apa?
    trimakasih sebelumnya.

    • muki partono says:

      gejala kram, nyeri dan panas itu sensasi saraf sebaiknya periksakan ke dokter , kami menduga ada gejala penekanan saraf pinggang walaupun tdk ada keluhan nyeri pinggang

  42. evelyn says:

    dok, beberapa hari ini ibu jari kaki saya sebelah kanan persis nya disekitar kuku atas dan bawah terasa sakit ketika bangun tidur,siang hari sakit sedikit ,sakit apa ini dok ? saya umur 57 th .
    terima kasih .

  43. hani laksmono says:

    dok, mau tanya kurang lebih udah 3 bln ini jempol kaki sebelah kanan saya sakit ,bengkak,kayak pegal itu kenapa ya dok, makasih dok.

  44. Nunung N says:

    Dok..beberapa bulan ini ibu saya usia 67 th kakinya dari lutut ke bawah bengkak sehingga sulit dan berat untuk berjalan, telapak kaki kadang dingin2 dan terasa kebas (tdk ada rasa)sebelum kejadian ini dia juga merasa lututnya sakit..hasil cek darah semuanya normal dan foto rongen pada kaki katanya ada syaraf yg kejepit…kira2 dia sakit apa ya dok..dan kalau perlu pengobatan lebih lanjut mohon rujukan rumah sakit mana yg hrs kami tuju…kami berada disekitar jakarta timur..terima kasih

    • muki partono says:

      Jadwal praktek bisa dilihat di web, masalah bengkak kaki pada usia lanjut biasanya krn kekurangan protein atau gangguan aliran darah, sebaiknya berobat utk tahap awal coba konsumsi putih telur 3 butir sehariselama 21 hari

  45. faried says:

    maaf dok saya mau tanya, sekitar seminggu yg lalu ujung jempol kaki sebelah kanan saya terjepit besi yg akhrnya luka dan sedikit bengkak. untuk mengempeskan bengkaknya saya harus bagaimana ya dok, saya sudah minum amoxcilin tetapi blm ada perubahan dan masih sakit. terima kasih dok

  46. adi says:

    Mau tanya dok, bbrp hari yg lalu istri sy keserempet ban kendaraan, shg di dekat jari kaki kelingking kiri luka dan istri sy jd sulit berjalan, krn kalau berjalan telapak kaki jadi nyeri & ngilu.
    Mohon solusi dokter.
    Terima kasih

  47. susilo says:

    mau tanya dok, saya usia 35 thn,sdh beberapa bulan ini jari jempol kaki kiri saya terasa nyeri,kalo diraba seperti kesemutan/tebal,dan akhir2 ini menjalar pd jari jempol tangan kiri,lutut dan pundak, kira2 saya sakit apa dok..?dan gmn pengobatannya scr medis ataupun scr herbal,
    terimakasih.

    • muki partono says:

      Nyeri lbh dari 1 tempat pada tubuh terutama sendi2 biasanya akibat reaksi sistem kekebalan yg manifestasinya pada sendi atau tlang dan otot, saran sebaiknya konsultasikan ke dokter

  48. Adhitya says:

    dok, ayah saya kakinya bengkak pada jempol. trus katanya nyeri. jempolnya warnanya biru. apa bsa diobati ?

    JAWAB ;
    BIASANYA ITU KELAINAN RADANG SENDI AKIBAT ASAM URAT MENINGKAT

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome