Alternatif selain operasi untuk ruptur ACL

September 16, 2011 Dr Menjawab 4 Comments

Dear Dr.Muki,

Dok, saya mengalami cedera lutut saat melakukan latihan rutin. Kejadiannya saat salto dan sy mendarat dgn hyper extensi lutut sebelah kanan. setelah check MRI (saran dari dokter tulang) saya harus operasi rekontruksi ACL. Sayapun terkejut setelah mengetahui biayanya. Maka saya mencari Option di RS lain. Dan ternyata biayanya kurang lebih jg sama. Dok, saya hampir putus asa karena mata pencaharian saya saat ini adalah sbg pengajar gymnastic. Dan menurut Dokter spesialis orthopedi yg sy kunjungi tiada option lain. Pihak tempat saya kerja ingin membantu tetapi keberatan dengan biaya tsb. Dok, apakah benar2 saya tidak mempunyai pilihan lain? Apakah ada biaya yg lebih murah? Sebelumnya terima kasih atas perhatiannya.

Salam Hormat,

Adyaksa
jawab ; kami punya pengalaman ceder ACl asal tdk putus total dan tdk goyang tdk perlu repair kalau memang belum mau, yg kami lakukan hanya repar meniskusnya saja, biaya lbh murah dan anda bisa aktif spt biasa , kisaran biaya 17 jtan

About author:

4 Responses to “Alternatif selain operasi untuk ruptur ACL”

  1. welly says:

    Dear Dr Muki,
    Saya juga mau tanya tindakan operasi untuk acl yg terputus dan berapa biayanya.
    Adapun berikut hasil MRInya:
    tampak tanda2x marrow edema ringan di condylus lateralis femoris dan terutama posterior pada condyles medialis et lateralis tibiae (post bone contusion?), selain itu terlihat juga ruptur parsial ACL serta ruptur horozontal ringan pada cornu posterior meniscus medialis et lateralis yg disertai dgn medial dan terutama lateral serta posterior menisco capsular attacments dan joint capsules yg agak kendur dgn intensitas yg meningkat (overstretched/strained) dan jg effusion/fluid retention intraartikuler, terutama terkonsentrasi pd bursa suprapatellaris dan dgn extensi lbh ringan jg di intercondylar space, selain itu tak terlihat rupture lbh lanjut pd meniscus/tendon/ligamen lainnya pd sendi lutut.

    kira2 begitulah hsl dr MRI saya.

  2. welly says:

    Dear Dr Muki,

    Menyambung perihal hasil sblm nya, berapa lama prakiraan untuk operasi tsb? dan pasca operasi harus menjalani perawatan apa saja (mis Fisioterapi).

    Kebetulan kegiatan saya banyak mengharuskan mengendarai kendaraan (Kend Manual). karena yg cedera adalah kaki kiri saya yg menharuskan menekan kopling dlm suasana macet jakarta, apakah dpt saya menyetir lagi?

    InsyaAllah saya besok akan membawa hasil Rontgen dan MRI ke RS Siaga dok.

    Terima kasih atas penjelasan dokter, sedikit banyak melegakan hati saya.

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome